cover
Contact Name
Lilis Satriah
Contact Email
lilis.satriah@uinsgd.ac.id
Phone
+628172315449
Journal Mail Official
jurnal.irsyad@uinsgd.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/about/editorialTeam
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
ISSN : 20864116     EISSN : 20864116     DOI : https://doi.org/10.15575/irsyad
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2008. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan dengan kajian Bimbingan dan Konseling Islam meliputi bimbingan konseling pendidikan Islam, bimbingan konseling mental Islam, bimbingan konseling karir Islam, bimbingan konseling Keluarga sakinah, bimbingan konseling paska bencana, bimbingan konseling Rohani Islam; penyuluhan Islam: penyuluhan sosial agama, penyuluhan penanggulangan NAPZA, penyuluhan keluarga berencana, penyuluhan remaja; media BKI: e-counseling Islam; training Islam, dan motivasi Islami. Naskah yang masuk ke editor jurnal sebelum dipublikasikan akan melewati penilaian melalui double blind review, artinya baik penulis maupun reviewer tidak saling mengetahui.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 4 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam" : 6 Documents clear
Bimbingan PrasekolahProgram After School Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Ashri Nurul Fauziah; Dadang Ahmad Fajar
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 4 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.521 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v6i4.905

Abstract

The purpose of performance of this research areto know the process of implementation guidance of the preschool through the program before and after school in improving emotional intelligence. Both to find out the results of the process of the implementation of the guidance of preschool through the program before and after school in improving emotional intelligence. The methods used in this study i.e., descriptive methods with qualitative approach, i.e. describe systematically and accurately about the phenomenon that is being investigated. While the technique was taken in data collection i.e. observation, interview and documentation. The results of the program before and after school child's emotional intelligence against even the son became sensitive to the feelings of others and being able to work together, to resolve the conflict with friends, happy to share, learn responsible, communicative, relationship a good friend, cheerful, and able to listen to others. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan prasekolah melalui program after school dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak, untuk mengetahui hasil dari proses pelaksanaan bimbingan prasekolah melalui program after school dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai fenomena yang sedang diselidiki. Sedangkan teknik yang diambil dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil dari program after school terhadap kecerdasan emosional anak yaitu anak menjadi peka terhadap perasaan orang lain, mampu bekerja sama, dapat menyelesaikan konflik dengan teman, senang berbagi, belajar bertanggung jawab, komunikatif, membina hubungan yang baik dengan teman, ceria, dan mampu mendengarkan orang lain.
Bimbingan Karir dalam Menumbuhkan Motivasi Entrepreneurship Peserta Didik Bili Hakiki Jenawi
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 4 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.964 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v6i4.906

Abstract

This paper aims to find out how the process, the program and the results of career guidance in fostering motivation Entrepreneurship learners in JampangKulonSukabumi. This research method using direct method through two way discussion from supervisor to learners and from learners to mentors, then also through lecture, observation method observed directly with the parties of high learning, consultation method that is after observation learners are given the opportunity to consult directly with the parties from the college. The results of this study show the implementation of career guidance in Vocational High School Al-Mubarokatusaa'adillah indirectly has been practicing career guidance activities to the learners. Each type of career guidance is also able to inspire and encourage the learners to remain confident that they can enter various types of work world even though they do not have much expertise. Because with the guidance of this career of course the learners will be ready when continuing life in the community, as for the indicator Entrepreneurship: a) Innovative means to introduce a new, b) Creative which means have the ability to create or produce something new, and c ) Productive which means willingness to produce something or a lot to bring something result from work. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses, program dan hasil dari bimbingan karir dalam menumbuhkan motivasi Entrepreneurship peserta didik di Jampang Kulon Sukabumi. Metode penelitian ini menggunakan metode direct (metode langsung) melalui diskusi bersama dua arah dari pembimbing kepada peserta didik dan dari peserta didik kepada pembimbing, kemudian pula melalui ceramah, metode observasi mengamati secara langsung dengan pihak-pihak peguruan tinggi, metode konsultasi yakni setelah melakukan observasi peserta didik diberikan kesempatan berkonsultasi langsung dengan pihak-pihak dari perguruan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan bimbingan karirdi Sekolah Menengah Kejuruan Al-Mubarokatusaa’adillah secara tidak langsung telah mempraktikkan kegiatan bimbingan karir kepada para peserta didik. Setiap jenis bimbingan karirnya juga mampu menginspirasi dan memberi semangat kepada para peserta didik untuk tetap percaya diri bahwa mereka bisa memasuki berbagai jenis dunia kerja meskipun tidak mempunyai banyak keahlian. Karena dengan adanya bimbingan karir ini tentu para peserta didik akan siap ketika melanjutkan kehidupan di dalam bermasyarakat, adapun indikator Entrepreneurshipnya : a) Inovatif yang artinya memperkenalkan suatu yang baru, b) Kreatif yang artinya memiliki kemampuan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru, dan c) Produktif yang berarti kemauan untuk menghasilkan sesuatu atau banyak mendatangkan sesuatu hasil dari berkarya.
Teori Behavior dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Surat Pendek Al-Quran Marlina Marlina
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 4 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.626 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v6i4.907

Abstract

This research reveals the processes, outcomes and factors that influence from the implementation of behavioral theory with reward techniques in improving the motivation of memorizing the Quran short letter to class B in Kondergarten Al-Quran Darussalam. The method used in this research is descriptive method by using qualitative approach. Data collection techniques are done through observation, principal direct interview with classroom teacher, and documentation, using data reduction analysis, data presentation and final conclusion (verivication). The results obtained in this study indicate that the giving of rewards by classroom teachers to their students in improving the motivation of memorizing the Quran short letter to the child in TKA Darussalam Pameungpeuk, has effective results and very influential in improving the motivation of rote children. Reward provided by the supervisor/ teacher is reward verbal and reward non-verbal. Penelitian ini mengungkapkantentang proses, hasil dan faktor-faktor yang mempengaruhi dari pelaksanaan teori behavior dengan teknik reward dalam meningkatkan motivasi hafalan surat pendek Al-Quran pada kelas B di Taman Kanak-Kanak Al-Quran (TKA) Darussalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara langsung kepala sekolah dengan guru kelas, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penyimpulan akhir (verifikasi).Hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian reward yang dilakukan oleh guru kelas kepada siswanya dalam meningkatkan motivasi hafalan surat pendek Al-Quran pada anak di TKA Darussalam Pameungpeuk, memiliki hasil yang efektif dan sangat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi hafalan anak-anak. Reward yang diberikan oleh pembimbing/guru yaitu, reward verbal reward non-verbal.
Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Asertif pada Siswa Rina Nurviani; Lilis Satriah
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 4 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (586.41 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v6i4.908

Abstract

Assertive behavior holds important guidelines for the formation of a person's personality can be improved in group guidance, because in group guidance can be utilized the influence of a person or some individual against other members. This study aims to determine (1) the large influence of group guidance on assertive behavior in the expression of the mind, (2) large influence group guidance on assertive behavior in the expression of feeling, and (3) large influence group guidance on assertive behavior in the expression of mind to students. The research method used in this research is a simple correlation research method. The result of calculation obtained by value of porsentase influence group guidance to assertive behavior in expression of mind equal to 2,5%, in expression of feeling of porsentasenya equal to 4,4%, whereas in expression action only equal to 0,1%. So it can be concluded that group guidance has little effect on assertive behavior in the expression of thoughts, feelings, and actions. The overall influence of group guidance on assertive behavior is only 2.5%. Perilaku asertif memegang pedoman penting bagi pembentukan kepribadian seseorang dapat ditingkatkan dalam bimbingan kelompok, karena dalam bimbingan kelompok dapat dimanfaatkan pengaruh-pengaruh seseorang atau beberapa individu terhadap anggota lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) besar pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku asertif dalam ekspresi pikiran, (2) besar pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku asertif dalam ekspresi perasaan, dan (3) besar pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku asertif dalam ekspresi pikiran pada siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian korelasi sederhana. Hasil perhitungan diperoleh nilai porsentase pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku asertif dalam ekspresi pikiran sebesar 2,5%, dalam ekspresi perasaan porsentasenya sebesar 4,4%, sedangkan dalam ekspresi tindakan hanya sebesar 0,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh kecil sekali terhadap perilaku asertif dalam ekspresi pikiran, perasaan, dan tindakan. Yang secara keseluruhannya pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku asertif hanya sebesar 2,5%.
Bimbingan Keagamaan Melalui Peer Group Dalam Membentuk Perilaku Disiplin Remaja Di Panti Asuhan Siti Alawiyah; Mu'minatul Zanah
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 4 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.248 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v6i4.909

Abstract

This paper aims to find out religious guidance through peer group at the orphanage Griya Orphans and disadvantaged Bandung, condition behavior discipline adolescents in orphanages for orphans and disadvantaged Griya Bandung before got religious guidance, and influence religious guidance through peer group in shaping behavior discipline adolescents in orphanages Griya Orphans and disadvantaged children. Knowing the religious guidance activities through peer group at the orphanage Griya Orphans and disadvantaged Bandung, as well as the conditions of behavior discipline adolescents in orphanages for orphans and disadvantaged children before Griya got religious guidance. Research methods method using survey techniques using quantitative data types, data collection was done through observation, interview, questionnaire and the study of librarianship, data analysis was performed by means of test validity, reliability, analysis descriptive, a test of normality, the simple regression model and the product moment correlation. The results of this research show that the religious Guidance through peer group gives a positive and significant effect against Teen Discipline Behavior variables, that is, the better the Religious Guidance through Peer Group it will have an impact on improved the behavior of the discipline. Multiple regression analysis produces the model Y = 14,664 + 0.815 (X) and the coefficient of determination of 0693, meaning Religious Guidance, through peers give influence on the behavior of Teenage Discipline of 69.3%, while 30.7% is the influence of other variables that are not observed. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan keagamaan melalui peer group di panti asuhan Griya Yatim dan Dhuafa Bandung, kondisi perilaku disiplin remaja di panti asuhan Griya Yatim dan Dhuafa Bandung sebelum mendapat bimbingan keagamaan, dan pengaruh bimbingan keagamaan melalui peer group dalam membentuk perilaku disiplin remaja di panti asuhan Griya Yatim dan Dhuafa Bandung. Mengetahui kegiatan bimbingan keagamaan melalui peer group di panti asuhan Griya Yatim dan Dhuafa Bandung, serta kondisi perilaku disiplin remaja di panti asuhan Griya Yatim dan Dhuafa sebelum mendapat bimbingan keagamaan. Metode penelitian menggunakan metode teknik survey dengan menggunakan jenis data kuantitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan, analisis data dilakukan dengan cara uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, model regresi sederhana dan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bimbingan Keagamaan melalui peer group memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Perilaku Disiplin Remaja, artinya semakin baik Bimbingan Keagamaan melalui Peer Group maka akan berdampak pada peningkatan Perilaku Disiplin. Analisis regresi berganda menghasilkan model Y = 14.664 + 0.815(X) dan koefisien determinasi sebesar 0.693, artinya, Bimbingan Keagamaan melalui teman sebaya memberikan pengaruh terhadap Perilaku Disiplin Remaja sebesar 69,3%, sedangkan 30,7% sisanya merupakan pengaruh dari variabel lainnya yang tidak diamati.
Proses Bimbingan Fi’ah Qalillah dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Masyarakat Sely Diana Al Basyar; Zainal Abidin
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 4 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.436 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v6i4.910

Abstract

This research is a purpose to know and analyzing to the community about good religion behavior in accordance with religion syari'at like religion understanding, religion experience and religion practice. there are five dimensions of diversity dimension of belief, religion practice, experience, knowledge and consequences. The research method used is descriptive research. Which aims to systematically describe the facts or characteristics of a particular population in a factual and accurate manner. The data collection using observation techniques, interviews and literature study as a complement. The reason for using this descriptive research method is because with the descriptive method can be described clearly about the symptoms that exist in the community Blok Rengas desa Jatibarang Indramayu (a) condition objektif Majlis Ta’lim Al-Quran blok rengas desa jatibarang indramayu (b) condition community Blok Rengas Desa Jatibarang Indramayu (c) the results achieved in the implementation of the guidance of fi'ah qalillah in improving the religious behavior of the community Block Rengas desa Jatibarang Indramayu. From this research obtained the result that the process of guidance fi'ah qalillah in improving religious behavior of society blok rengas desa jatibarang indramayu categorized as able to minimize behaviors that are not in accordance with religious behavior, that is: 1) Morals to god 2) morals to fellow human beings 3) morals to onself 4) akhlak to the environment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepada masyarakat tentang perilaku keagamaan yang baik yang sesuai dengan syari’at agama seperti pemahaman agama, pengalaman agama dan pengamalan agama. Ada lima dimensi keberagamaan yaitu dimensi keyakinan, praktik agama, pengalaman, pengetahuan dan konsekuensi-konsekuensi.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Yang bertujuan melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu secara factual dan cermat. Adapun pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi pustaka sebagai pelengkap. Alasan menggunakan metode penelitian deskriptif ini adalah karena dengan metode deskriptif dapat digambarkan dengan jelas tentang gejala yang ada di dalam masyarakat Blok Rengas Desa Jatibarang Indramayu (a) kondisi objektif Majlis Ta’lim Al-Quran Blok Rengas Desa Jatibarang Indramayu (b) kondisi masyarakat Blok Rengas Desa Jatibarang Indramayu yang diberikan bimbingan fi’ah qalillah (c) hasil yang dicapai dalam pelaksanaan bimbingan fi’ah qalillah dalam meningkatkan perilaku keagamaan masyarakat Blok Rengas Desa Jatibarang Indramayu. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa proses bimbingan fi’ah qalillah dalam meningkatkan perilaku keagamaan masyarakat Blok Rengas Desa Jatibarang Indramayu dikategorikan mampu meminimalisirkan perilaku-perilaku yang tidak sesuai dengan perilaku keagamaan yaitu: 1) Akhlak kepada Allah 2) Akhlak kepada sesama manusia 3) Akhlak kepada diri sendiri 4) Akhlak kepada lingkungan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 1 (2021): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 8 No 4 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 8 No 3 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 8 No 2 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 8 No 1 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 4 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 3 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 2 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 1 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 4 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 3 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 2 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 1 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 4 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 3 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 2 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 1 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 1 No 1 (2008): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam More Issue