cover
Contact Name
Rz. Ricky Satria Wiranata
Contact Email
redaksialfahim@gmail.com
Phone
+6285877335253
Journal Mail Official
redaksialfahim@gmail.com
Editorial Address
Jl. Mengdung Warih No 125 Giwangan Umbulharjo Yogyakarta 55163
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Al-fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 2656226X     EISSN : 26566036     DOI : -
Core Subject : Education,
ÁL-FÂHIM adalah jurnal Manajemen Pendidikan Islam yang diterbitkan secara berkala selama enam bulan sekali oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Terpadu Yogyakarta berdasarkan Keputusan Ketua STAIT Jogja Nomor 001/A.KEP/STAITJOGJA/II/2019 tanggal 18 Februari 2019. Jurnal ÁL-FÂHIM adalah sarana kaum intelektual sebagai media informasi dan penyebarluasan hasil studi penelitian dan artikel ilmiah dibidang Manajemen Pendidikan Islam. Naskah yang dikirim akan diseleksi dan dipublikasikan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Karya Ilmiah yang dimuat di Jurnal ÁL-FÂHIM tidak selamanya mencerminkan pendapat redaksi. Fokus kajian Jurnal ÁL-FÂHIM meliputi Manajemen Pendidikan Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 74 Documents
Implementasi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Hubungan Baik Antara Sekolah Dengan Wali Siswa di SD IT Harapan Bunda Semarang Jawa Tengah Eka Khoirunnisa; Denas Hasman Nugraha
Al-fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2019): AL-FAHIM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : STAI Terpadu Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54396/alfahim.v1i1.47

Abstract

Implementasi manajemen humas dalam meningkatkan hubungan yang baik dengan masyarakat membutuhkan strategi yang tepat dalam merencanakan kegiatan sekolah yang bermanfaat bagi masyarakat. Masalah penelitian ini difokuskan pada Implementasi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Hubungan Baik antara Sekolah dengan Wali Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan, bagaimana pelaksanaannya, dan juga implikasi pelaksanaannya dalam meningkatkan hubungan baik antara sekolah dengan wali siswa. Hasil penelitian yang peneliti lakukan, maka sampailah kepada kesimpulan bahwasannya strategi yang dilakukan manajemen Humas SD IT Harapan Bunda Semarang yaitu go public, bekerjasama dengan kesiswaan, penyusunan struktur organisasi, menggerakkan anggota-anggota organisasi dan berkoordinasi dalam mencapai tujuan yang ditetapkan lembaga, pengarahan dan pengawasan kepada personel sekolah, bekerjasama dengan tokoh masyarakat, bekerjasama dengan orang tua/ wali siswa, bekerjasama dengan komite sekolah,bekerjasama dengan organisasi masyarakat dan publikasi. Kemudian implementasi manajemen humas di SD IT Harapan Bunda yaitu hampir seluruh strategi yang direncanakan ada kerjasama antara pihak internal maupun eksternal, akan tetapi ada beberapa progam yang tidak terealisasi secara optimal yaitu pengelolaan website dikarenakan kesibukan dari penanggungjawab progam tersebut. Implikasi manajemen humas dalam meningkatkan hubungan baik antara sekolah dengan orang tua/ wali siswa SD IT Harapan Bunda berjalan dengan sangat baik hal ini ditunjukkan dengan data rerata skala tanggapan responden dengan jumlah 4,27. Selain itu banyaknya kegiatan-kegiatan bersama ortu/ wali siswa dalam meningkatkan hubungan baik.
Kontribusi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Kepercayaan Wali Siswa Kepada Sdit Bias Giwangan Yogyakarta Siti Aminatun; Ahyar
Al-fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2019): AL-FAHIM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : STAI Terpadu Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54396/alfahim.v1i1.48

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif peranan humas SDIT BIAS Giwangan Yogyakarta dalam rangka meningkatkan kepercayaan wali siswa kepada sekolah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik dan waktu.
Manajemen Pembelajaran Moral Agama Berbasis Habbit Forming di SDIT BIAS Sampang Sudaryati; Adin Suryadin
Al-fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2019): AL-FAHIM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : STAI Terpadu Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54396/alfahim.v1i1.50

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen pembelajaran moral agama berbasis habbit forming di SDIT BIAS Sampang. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan metode analisis data secara kualitatif untuk menggambarkan dan memaparkan hasil penelitian berupa keadaan manajemen pembelaran moral agama berbasis habbit forming di SDIT BIAS Sampang. Dari penelitian ini didapatkan kesimpulan berupa langkah-langkah manajemen pembelajaran moral agama berbasis habbit forming di SDIT BIAS Sampang
Strategi Pengelolaan Posisi Duduk Anak Dalam Mengoptimalkan Efektivitas Pembelajaran di Kelas IV SDIT BIAS Cilacap Tyas Wahyu Untari; Syarif Hidayat
Al-fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2019): AL-FAHIM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : STAI Terpadu Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54396/alfahim.v1i1.51

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menempatkan siswa sebagai obyek penelitian. Tujuan dari metode ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang penataan posisi duduk siswa dalam upaya mengefektifkan pembelajaran dikelas, kejelasan penampaian materi serta memperoleh hasil pengelolaan kelas yang telah dilakukan guru di kelas IV SDIT BIAS Cilacap. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penataan duduk siswa di dalam kelas IV yang tepat adalah model duduk tradisional, dan yang kurang baik adalah duduk model U karena keterbatasan tempat.
Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa-Siswi Kelas VIII SMPN 1 Gembong Pati Jawa Tengah Tahun Ajaran 2013-2014 Umi Susiana Dewi; Ratri Nuria
Al-fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2019): AL-FAHIM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : STAI Terpadu Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54396/alfahim.v1i1.52

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa-siswi kelas VIII SMPN 1 Gembong Pati. Hipotesis yang diajukan terdapat pengaruh atau hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa-siswi SMPN 1 Gembong Pati Jawa Tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi, yakni melihat bentuk hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Gembong Pati Jawa Tengah dengan jumlah 125 siswa.
Konsep Pemikiran Pembaharuan Muhammad Abduh dan Relevansinya dalam Manajemen Pendidikan Islam Di Era Kontemporer (Kajian Filosofis Historis) Rz. Ricky Satria Wiranata
Al-fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2019): AL-FAHIM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : STAI Terpadu Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54396/alfahim.v1i1.53

Abstract

Gagasan Pembaharuan adalah keniscyaan bahwa dunia selalu berubah-ubah dari masa kemasa tidak terkecuali Manajemen Pendidikan Islam. Manajemen yang baik akan menghantarkan Lembaga Pendidikan Islam yang berkualitas, Lembaga Pendidikan Islam yang berkualitas akan menghasilkan siswa yang sempurna. Siswa yang sempurna adalah mereka yang memiliki akal yang maju dan aqidah yang kuat. Menurut Abduh, Lembaga Pendidikan Islam harus memiliki menajamen yang dapat menjembatani dua produk budaya besar di dunia yaitu Islam dan Barat. Penelitian ini penting karena mencoba merekontruksi pemikiran Muhammad Abduh tentang pokok-pokok pembaharuan dan relevansinya dengan Manajemen Pendidikan Islam, kemudian dianalisis kritis melalui pendekatan filosofis historis untuk mengetahui sejauh mana pemikiran Muhammad Abduh membekas di era Kontemporer dalam konteks Manajemen Pendidikan Islam.
Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam Fahmi Khumaini; Rz. Ricky Satria Wiranata
Al-fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2019): AL-FAHIM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : STAI Terpadu Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54396/alfahim.v1i2.54

Abstract

Leadership comes together with the existence of human civilization that is since the time of the prophets and human ancestors. Since then there has been cooperation between people, and there is an element of leadership. Leadership is a social fact that can not be avoided to regulate relationships between individuals who are members of a community Leadership is a matter of relations between leaders and those who are led. The leadership appears and develops as a result of automatic interaction between leaders and individuals who are led. The ideal nature of leaders in Islam is extensive knowledge, there is a spirit to encourage goodness, noble character, istiqomah, patience, fairness, honesty, discipline, responsible spirit and have the spirit to develop, leaders who inspire, instill the spirit of mutual cooperation to realize the vision and joint mission. The most important point of the function and purpose of leadership in Islamic education is to be able to grow wise new leaders as regulated in Islamic teachings
Upaya Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan Pegawai Tata Usaha di SMA Negeri 1 Pseksu Kabupaten Lahat Andrianto
Al-fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2019): AL-FAHIM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : STAI Terpadu Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54396/alfahim.v1i2.56

Abstract

This study takes the title "Efforts of School Principals in Empowering Administrative Employees in SMA Negeri 1 PSEKSU Kab. Lahat ". The problem in this thesis is how the principal's efforts in empowering administrative staff in SMA Negeri 1 PSEKSU Kab. Lahat? And what are the supporting and inhibiting factors of school principals in empowering administrative staff in SMA Negeri 1 PSEKSU Kab. Lahat ?. The purpose of this study was to determine the efforts of school principals in empowering administrative staff in SMA Negeri 1 PSEKSU in Lahat Regency and to know the supporting and inhibiting factors of school principals in empowering civil servants in the SMAN region.There is a type of data in research is a qualitative data that includes information about things that are related to the head of the school in empowerment of employees or businesses in SM Anegeri 1 PSEKSU Kab. Lahat. Sources of data in this study consisted of primary data and secondary data, primary data consisted of school principals, administrative staff and teachers, while secondary data were a number of supporting data in the form of documentation, archives and literature-literature that were subject to the research discussed. For data collection, researchers used observation techniques, interviews and documentation.Then it was concluded that the efforts of the headmaster in empowering the administrative staff obtained in this study were, first, the principal had empowered quite well and was connected with the vision of the school. Second, the principal conducts empowerment directed towards using examples, third, establishes good communication with administrative staff, fourth, the principal reviews the school's organizational structure so that staff can find out their positions and tasks, fifth, the principal strengthen team / group keraja by means of communicating well, holding joint meetings, involving administrative staff to attend training, sixth, the principal encourages personal development of administrative staff with, seventh, the principal makes the service a focus so that it can attract interest community to register their children and can increase the number of students in high schools 1 Pseksu Kab. Lahat, and finally the principal conducts an evaluation. The supporting factors in empowering administrative staff are: First, there is trust between superiors and subordinates Second, mutual respect and mutual understanding of the opinions expressed Third, believe that empowerment will bring benefits to the school being led. While the inhibiting factors in the empowerment are: the number of administrative staff still little, the education level of administrative staff is still low, and the lack of funding to implement empowerment.
Pola Manajemen Pembelajaran Akidah Akhlaq Di MTs Negeri 6 Sleman Ahmad Dwi Nur Khalim
Al-fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2019): AL-FAHIM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : STAI Terpadu Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54396/alfahim.v1i2.57

Abstract

This study aims to look at the pattern of management of moral learning. This research is a field research with a qualitative approach. The research subjects in this study were moral teachers and students of class VIII MTs N 6 Sleman. Data collection techniques through the method of observation , interview methods and documentation method. And analyzed with descriptive analysis method. The results of the analysis show the pattern of the management of moral learning in MTs N 6 sleman according to management functions namely Planning, Organizing, Actuating and Controlling. In organizing and actuating activities merge into one in the implementation phase. The pattern of management of moral learning in the MTs N 6 Sleman starts from the planning, implementation and controling. The existing problems include evaluation, media and the role of MGMP not yet maximized. The completion strategy includes tahfid activities / programs, using the environment as a learning medium and using many approaches in evaluation
Ontologi Pendidikan Islam Fajar Dwi Mukti; Ayu Sholina
Al-fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2019): AL-FAHIM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : STAI Terpadu Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54396/alfahim.v1i2.58

Abstract

Ontology is built from the greek roots “Ontos”which means what exists and “Logos” which mens the study. Globally, the term ontology can be interpreted as a study of being and by extension of existence. Ontology studies is the actual state of something, not a temporary state that is always changing. Ontology is an analysis of material objects from science, namely empirical matters that discuss about what you want to know, analyze about the objects studied by science, what is the actual form of the object, how the relationship between these objects with human capture (for example: thinking, feeling and sensing) that produces knowledge.