cover
Contact Name
Asep Dadan Suganda
Contact Email
asep.dadan@uinbanten.ac.id
Phone
+6281229604000
Journal Mail Official
asep.dadan@uinbanten.ac.id
Editorial Address
Jurusan Asuransi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jalan Jend. Sudirman No.30 Ciceri, Serang, Banten, Indonesia
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Syar'Insurance: Jurnal Asuransi Syariah
ISSN : 24605484     EISSN : 27236897     DOI : http://dx.doi.org/10.32678/sijas.v4i2
Core Subject : Economy,
Syar Insurance: Jurnal Asuransi Syariah is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on Insurance especially in Islamic Insurance.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2022): Juni 2022" : 5 Documents clear
DETERMINAN PERMINTAAN ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA: ANALISIS VARIABEL MAKROEKONOMI Sakina Cahayati; Darwanto Darwanto; Mochammad Ardani
Syar'Insurance: Jurnal Asuransi Syariah Vol 8 No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/sijas.v8i1.6150

Abstract

Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan asuransi syariah di Indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Autoregressive Distributed Lag - Error Correction Model (ARDL-ECM) dengan rangkaian data bulanan dari Januari 2015 sampai Desember 2019. Hasil estimasi ARDL-ECM model (1,0,0,0,0,0) menunjukan bahwa permintaan asuransi syariah tidak bergantung pada variabel inflasi dan premi asuransi konvensional dalam jangka pendek dan panjang. Adapun permintaan asuransi syariah ditentukan oleh pendapatan perkapita masyarakat, SBIS rate, dan pertumbuhan sektor keuangan dalam jangka pendek dan panjang.
PERANAN TEKNOLOGI PADA INDUSTRI ASURANSI (INSURTECH) MASA PANDEMIC COVID-19 Nina Agustina; Asep Dadan Suganda
Syar'Insurance: Jurnal Asuransi Syariah Vol 8 No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/sijas.v8i1.6118

Abstract

Dampak buruk adanya pandemic Covid-19 yang menggoncangkan berbagai bidang terutama kesehatan dan ekonomi, justru menjadi peluang positif bagi perkembangan teknologi digital. Termasuklah dalam teknologi keuangan yang dikenal dengan Financial Technology (FinTech). Artikel ini disusun untuk mengetahui peran Financial Technology yang merupakan inovasi finansial dengan basis teknologi modern yang diharapkan mampu memfasilitasi aktifitas keuangan khususnya pada perusahaan asuransi dengan penggunaan teknologi (Insurance Technology). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana peneliti sebagai instrument kunci yang berperan sebagai perencana, pelaksana, pengumpul data, penganalisis data dan pelaporan hasil penelitian. Untuk mengetahui fenomena yang ada pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan pendekatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini diantaranya yaitu bahwa FinTech diklasifikasikan kepada; Peer-to-Peer Lending, Crowdfunding, E-Wallet, Micro Finance, Payment Gateway, Investasi, dan Bank Digital. Dengan adanya kemajuan teknologi dalam lembaga keuangan asuransi memberikan dampak positif seperti; memudahkan perusahaan dalam menjangkau nasabah walaupun dengan posisi jarak jauh, memudahkan perusahaan dalam memberikan edukasi serta fasilitas kepada nasabah, memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai macam transaksi seperti pembayaran premi, pengajuan klaim, dan pengisian SOP, juga memudahkan perusahaan untuk memperkenalkan asuransi Syariah kepada masyarakat umum, memudahkan perusahaan dalam proses marketing dengan jangkauan yang lebih luas dan dengan cara yang efektif, dan memudahkan perusahaan untuk melakukan berbagai macam kolaborasi dengan Lembaga lain dalam melakukan inovasi terbaru.
PENGARUH PENDAPATAN KONTRIBUSI, KLAIM, DAN HASIL INVESTASI TERHADAP PERTUMBUHAN ASET PERUSAHAAN PT ASURANSI ALLIANZ LIFE UNIT SYARIAH jajuli jajuli
Syar'Insurance: Jurnal Asuransi Syariah Vol 8 No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/sijas.v8i1.6400

Abstract

Kebutuhan akan jasa perasuransian makin dirasakan baik oleh perorangan maupun dunia usaha di Indonesia. Asuransi merupakan sarana finansial dalam tata kehidupan rumah tangga baik dalam menghadapi resiko yang mendasar seperti resiko kematian atau resiko atas harta benda yang dimiliki. Rumusan Masalah Penelitian: 1) Bagaimana Kontribusi, Klaim, dan Hasil Investasi secara bersamaan berpengaruh terhadap Pertumbuhan Aset Perusahan pada PT Asuransi Allianz Life Indonesia Unit Syariah Tahun 2014 – 2020?. Tujuan Penelitian ini adalah : Untuk mengetahui secara bersamaan pengaruh Kontribusi, Klaim, dan Hasil Investasi terhadap Pertumbuhan Aset Perusahaan PT Asuransi Allianz Life Indonesia Unit Syariah Tahun 2014 – 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan analisis deskriptif. Penelitian deskriptif ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan menerangkan keadaan perusahaan yang tergambar melalui Laporan Keuangan dan Annual Report.. Hasil dari penelitian ini adalah : Hasil pengujian hipotesis variable Kontribusi, Klaim, dan Hasil Investasi berpengaruh secara signifikan terhadap Aset. Hal ini dapat dilihat dari uji-f atau uji simultan yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai f > f (8,519 > 2,760) dengan demikian H4 diterima atau dapat disimpulkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat.
PENGANTAR KLAUSA BAKU ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA Wida Andina; Iza Hanifudin
Syar'Insurance: Jurnal Asuransi Syariah Vol 8 No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/sijas.v8i1.5305

Abstract

Manusia adalan Zoon Politicion, karna antara yang satu dengan yang lain akan saling membutuhkan. Hal itulah yang mendasari manusia untuk saling berhubungan atau dalam islam disebut dengan Hablum Minannas. Aktivitas-aktivitas yang membuat manusia saling berhubungan adalah aktivitas ekonomi baik secara syariah maupun konvensional. Aktivitas ekonomi yang berdasarkan syariah adalah yang berdasarkan prinsip agama islam atau syariah islam. Asuransi syariah adalah salah satu aktivitas ekonomi yang berdasarkan prinsip syariah, yang pedoman pelaksanaanya adalah berdasarkan rasa takwa kepada tuhannya, adil tidak zalim, rasa tolong menolong santara umat beragama, kepercayaan, dann terbebas dari unsur-unsur riba. Akan tetapi, mayoritas masyarakat masih belum merespon sesuai dari yang diharapkan, entah itu krna kurangnya sosialisasi atau penanaman dasar-dasar keagamaan yang kurang mendalam.
- PENERAPAN PEMASARAN BERJENJANG BERDASARKAN SEOJK NO.19/SEOJK.05/2020 TENTANG SALURAN PEMASARAN PRODUK ASURANSI DALAM PERSPEKTIF ISLAM Wahyudin Rahman; Kamaradika .
Syar'Insurance: Jurnal Asuransi Syariah Vol 8 No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/sijas.v8i1.6026

Abstract

MLM atau pemasaran berjenjang sudah diterapkan secara luas namun dalam prakteknya masih terdapat perdebatan, pertentangan, ataupun permasalahan seperti penipuan. Terbitnya SEOJK No. 19/SEOJK.05/2020 yang salah satunya mengenai pemasaran berjenjang perlu ditelaah lebih dalam secara perspektif Islam agar penerapan dan prakteknya dapat digunakan dalam Industri Asuransi Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran berjenjang pada SEOJK No. 19/SEOJK.05/2020 tidak bertentangan dengan syariat Islam selama memenuhi fatwa DSN MUI No. 75/DSN MUI/ VII/2009. Perusahan asuransi syariah harus menerapkan akad wakalah bil ujrah antara perusahaan asuransi dengan agen dan akad ju’alah untuk pemberian bonus sesuai yang disepakati, berlaku adil dalam pemberian komisi dan bonus, terbebas dari unsur ighra`, melakukan pengawasan dan pembinaan serta tidak melakukan money game.

Page 1 of 1 | Total Record : 5