cover
Contact Name
Muhammad Alif
Contact Email
muhammad.alif@uinbanten.ac.id
Phone
+6281381871727
Journal Mail Official
holistic.alhadis@uinbanten.ac.id
Editorial Address
Gedung Fuda Lt. Dasar UIN SMH Banten Jl. Jenderal Sudirman No. 30 Kota Serang Banten 42118
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Holistic Al-Hadis : Jurnal Studi Hadis, Keindonesiaan, dan Integrasi Keilmuan
ISSN : 24608939     EISSN : 26227630     DOI : https://doi.org/10.32678/holistic
The Journal seeks to place Hadith as its central focus of academic inquiry and to encourage comprehensive consideration of its many facets; to provide a forum for the study of Hadith in its global context; to encourage interdisciplinary studies of the Hadith that are crossnational and comparative; to promote the diffusion, exchange and discussion of research findings; and to encourage interaction among academics from various traditions of learning.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2020): July - Desember 2020" : 5 Documents clear
MUHAMMAD MUSTAFA AZAMI: Kontribusi Pemikiran dan Bantahannya Terhadap Kajian Hadis Di Kalangan Orientalis muhammad fajar adyatama
Holistic al-Hadis Vol 6 No 2 (2020): July - Desember 2020
Publisher : Jurusan Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin, Dakwah dan Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/holistic.v6i2.4597

Abstract

One of the controversial opinions of orientalists about hadith is that hadith is not as authentic as Muslims believe. According to orientalists, it is difficult to trust the hadith literature as a whole as an authentic record of all the sayings and actions of the Prophet Muhammad. This speculation caused reactions from Muslim scholars, including Muhammad Mustafa Azami. Azami found that the orientalists' doubts about the sanad system were caused by their methodological errors in studying the sanad system. This is because they generally do not examine the chain of transmission based on the main books of hadith, but on the books of fiqh and sirah which are compiled in a different way from the books of hadith. Azami refuted the conclusions of the orientalists by proving the authenticity of the hadith with various approaches. These include comparing the hadiths of many students' narrations with those of their teachers, comparing the statements of scholars from different times, comparing them with written documents, and comparing the hadiths with relevant verses of the Koran.
IKHTILAF AL-HADITS ananda alam Mar'atus Sholikha
Holistic al-Hadis Vol 6 No 2 (2020): July - Desember 2020
Publisher : Jurusan Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin, Dakwah dan Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/holistic.v6i2.4797

Abstract

Abstrak Ikhtilaf merupakan bentuk ism fa’il dari mukhtalif yang merupakan sebuah perbedaan, perselisihan baik dalam hal perbedaan pendapat, pikiran, sikap, terkait dua perkara yang saling bertentangan dalam merealisasikan prihal bathil. Hal tersebut terjadi karena dilatar belakangi oleh beberapa faktor seperti; faktor historis, faktor internal yang meliputi teks hadis, perawi hadis, dan faktor eksternal yang meliputi keterbatasan pembaca dalam memahami teks, ketidaktahuan terhadap qarinah, serta asbab al-wurud. Oleh karenanya dirasa penting dan sangat perlu ulama’ di berbagai disiplin ilmu untuk mengetahui, memahami, mendalami, serta mempelajari ilmu mukhtalif al-hadits. Terkait dengannya terdapati ulama’ yang ahli dalam bidang fiqih serta hadis yang memberikan sumbangsih besar serta menjadi pelopor terkahap kajian ini yaitu Imam Syafi’i [150-204 H] dengan metode penyelesaiannya terhadap hadis mukhtalif, lalu kajiannya tersebut dikembangkan dan diikuti oleh ulama’-ulama generasi selanjutnya seperti Ibnu Qutaibah [213-276 H], Al-Thahawi [293-321 H], dan Ibn Furak [330-406 H]. Kata kunci : mukhtalif al-hadits, faktor, metode.
KEWAJIBAN ISTRI TERHADAP SUAMI DALAM PERSPEKTIF HADIS Dina Nuryani
Holistic al-Hadis Vol 6 No 2 (2020): July - Desember 2020
Publisher : Jurusan Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin, Dakwah dan Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/holistic.v6i2.5278

Abstract

Hak suami adalah kewajiban istri dan hak istri adalah kewajiban suami. Namun, selain mengetahui hak dan kewajiban, suami istri juga harus mengetahui apa saja yang tidak boleh dilakukan terhadap pasangannya. Dengan mengetahui hal itu maka pertengkaran dalam rumah tangga bisa dihindari. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja Kewajiban Istri Terhadap Suami Dalam Perspektif Hadis? 2) Bagaimana Hadis-hadis Tematik tentang Kewajiban Istri Terhadap Suami?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apa saja Kewajiban Istri Terhadap Suami Dalam Perspektif Hadis. 2)Untuk mengetahui Hadis-hadis Tematik tentang Kewajiban Istri Terhadap Suami. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) yaitu mengumpulkan data dan informasi dengan bermacam-macam materi yang ada di perpustakaan, seperti buku, kitab, majalah, dokumen catatan dari kisah-kisah sejarah dan lain-lain.
HADIS-HADIS TENTANG PENDIDIKAN ANAK DALAM SHAHIH BUKHARI: Iim Nurhalimah
Holistic al-Hadis Vol 6 No 2 (2020): July - Desember 2020
Publisher : Jurusan Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin, Dakwah dan Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/holistic.v6i2.5281

Abstract

Al-Qur’an menempatkan kewajiban berbuat baik kepada orang tua, khususnya kepada ibu pada urutan kedua setelah kewajiban taat kepada Allah, bukan hanya disebabkan ibu memikul beban yang berat dalam mengandung, melahirkan, dan menyusui anak. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan (Library Researh) yaitu suatu metode penelitian literatur dengan menganalisis isi buku dan menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah, metode seorang ibu dalam mendidik anak yaitu: Dengan menggunakan beberapa metode, yang pertama Metode keteladanan, yaitu dimulai dari perilaku baik seorang ibu yang dicontohkan kepada anaknya.. Kedua, metode Pembiasaan, yaitu dengan cara mendidik anak semenjak kecil agar mereka terbiasa dan tidak merasa berat untuk melaksanakannya ketika sudah dewasa. Ketiga Metode Nasihat, yaitu dengan cara mendidikan anak dengan petuah dan memberikan kepadanya nasehat-nasehat. Keempat Metode Memberi Perhatian, Kelima metode Hukuman, metode hukuman dapat diambil sebagai metode pendidikan apabila terpaksa atau tak ada alternatif lain yang bisa di ambil.
MEMBACA SHALAWAT DALAM PERSPEKTIF HADIS Suti Sunengsih
Holistic al-Hadis Vol 6 No 2 (2020): July - Desember 2020
Publisher : Jurusan Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin, Dakwah dan Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/holistic.v6i2.5277

Abstract

Membaca shalawat merupakan ungkapan yang berisi persembahan, pujian, pemberian rasa hormat sebagai rasa takzim akan kemuliaan Rasulullah dihadapan Allah dan keagungannya dibandingkan semua makhluk. Para ulama sering kali berbeda pendapat tentang tata cara membaca shalawat dan boleh tidaknya membaca shalawat pada waktu-waktu tertentu. Hal ini yang menyebabkan para ulama berbeda pendapat tentang membaca shalawat kepada Nabi Muhammad. Dalam kitab hadis yang berkaitan dengan membaca shalawat ditemukan ada 52 hadis yang menjelaskan tentang membaca shalawat diantaranya yaitu hadis-hadis tentang membaca shalawat pada waktu shalat (Tasyahud ), dan membaca shalawat setelah adzan, membaca shalawat pada hari Jumat dan keutamaan membaca shalawat. Hadis tersebut berasal dari beberapa kitab diantaranya kitab shahih Bukhari, shahih Muslim, Shahih Ibnu Hibban, Shahih Ibnu Khuzaimah, Sunan at-Tirmidzi, Sunan an-Nasa’i, Musnad Ahmad, Musnad Syafi’i, Sunan Abu daud, Sunan Ibnu Majah, Sunan Darimi, dan Muwatta al-Imam Malik

Page 1 of 1 | Total Record : 5