cover
Contact Name
Zalik Nuryana
Contact Email
zalik.nuryana@pai.uad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
tajdidukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gedongkuning No.131, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam
ISSN : 19796943     EISSN : 26141361     DOI : 10.31763/tajdidukasi
Core Subject : Education, Social,
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan is a journal of Research and Education Study which contains Classroom Action Research (PTK), and School Action Research (PTS), and Interdisciplinary Education Study at Higher Education published by Muhammadiyah Majelis Pendidikan Dasar and Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta. The articles on the results of PTK and PTS and the study of educational thinking were written by teachers and principals and lecturers in experimenting with learning methods and strategies to improve the quality of education in both Primary Schools / Islamic Primary Schools, Junior High Schools, and Senior High Schools/MA/SMK and Universities. PTK and PTS articles focus on subjects in schools/madrasah, such as Natural Science (IPA), Social Knowledge Science (IPS), Mathematics, Physics, Chemistry, even engineering, such as Mechanical Engineering, Electrical, Informatics, and so forth. Meanwhile, the article of Educational Research is interdisciplinary and multidisciplinary research conducted by Lecturers in Higher Education to Islamic repertoire.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2020)" : 5 Documents clear
Kepemimpinan instruksional dalam implementasi pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 Achmad Muhammad
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 10, No 2 (2020)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v10i2.313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kepemimpinan instruksional atau kepemimpinan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di sekolah/madrasah Muhammadiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini mengambil jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian survei yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang dibagikan melalui google form. Berdasarkan signifikansinya bentuk dari penelitian berikut merupakan penelitian mendasar atau basic research, yakni penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena penerapan kepemimpinan instruksional (kepemimpinan pembelajaran) di masa pandemi Covid-9. Limitasi dan keterbatasan penelitian ini dibatasi dengan hanya menjadikan Kepala Sekolaah/Madrasah Muhammadiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai subyek penelitian, yakni sejumlah 76 Kepala SMA/SMK dan MA Muhammadiyah. Analisis data dilakukan menggunakan model analisis Miles & Huberman, yaitu data reduction, data display dan data conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan kepemimpinan instruksional (pembelajaran) kepala sekolah/madrasah Muhammadiyah di DIY pada masa pandemi Covid-19 dalam implementasi kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) perlu dioptimalkan dalam bentuk beberapa kegiatan; mulai dari memahami kebijakan, Mendesiminasikan kebijakan kepada warga sekolah dan stakeholder, melakukan monitoring dan evaluasi sampai ikut menyelesaikan berbagai kendala, sehingga pembelajaran jarak jauh (PJJ) lebih efektif, layanan pendidikan yang maksimal bagi seluruh peserta didik dapat diberikan, dan di sisi lain tetap berupaya menjaga mutu pembelajaran.
Penggunaan modul elektronik berbasis siklus belajar 7E pada pembelajaran online untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa di era pandemi covid-19 Istiqomah Fenica Yusnita Sari
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 10, No 2 (2020)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v10i2.317

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan preatasi belajar siswa kelas XI IPA 4 semester genap di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melalui penggunaan modul elektronik berbasis siklus belajar 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) dalam materi pokok larutan asam basa pada pembelajaran online di era pandemi COVID-19 pada tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa. Sumber data berasal dari siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (observasi, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas belajar siswa dengan kategori “Sangat Baik” meningkat dari 8,6% menjadi 25,7%, kategori ‘Baik” sebanyak meningkat 42.9% menjadi 48,6%, (2) prestasi siswa pada aspek kognitif dari 51,43% meningkat menjadi 71,43%, aspek afektif dengan kategori “Sangat Baik” pada siklus I sebanyak 11,43% meningkat menjadi 34,29% pada siklus II, kategori “Baik” pada siklus I sebanyak 45,71% meningkat menjadi 51,43% pada siklus II, sedangkan pada siklus I aspek psikomotor telah melampaui target yaitu diperoleh 77,14%.
Supervisi akademik sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan program BDR (Belajar Dari Rumah) di SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta Hindun Yafa Chotijah; Enung Hasanah
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 10, No 2 (2020)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v10i2.324

Abstract

Adaptasi kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam masa pandemi covid 19 dilakukan dengan sistem Belajar dari Rumah (BDR). Sistem ini tentu berbeda dengan pembelajaran saat normal yang membutuhkan berbagai persiapan sarana, prasarana, administrasi dan strategi. Guru menjadi subjek utama yang sangat menentukan keberhasilan KBM saat Pandemi ini. Banyak guru yang belum memiliki kesiapan terutama dalam penguasaan teknologi dan mendesain pembelajaran yang interaktif. Memperhatikan hal ini diperlukan suatu evaluasi bagi para guru melalui supervisi yang sitematis melalui penlitian tindakan sekolah (PTS). Dalam PTS ini mengambil subyek para guru SD Muhammadiyah I Kleco yang berjumlah 17 orang. PTS dilakukan dalam dua siklus. Data diperoleh dari wawancara dan pengamatan kegiatan belajar mengajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru mengalami peningkatan di siklus II dengan predikat baik di semua komponen. Kesimpulan dari penelitian tindakan sekolah ini adalah Supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan BDR.
Ajaran Tri-N Ki Hajar Dewantoro berbantuan LKS terstruktur untuk meningkatkan hasil belajar matematika Slamet Widada
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 10, No 2 (2020)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v10i2.339

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi bilangan siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Depok tahun 2019/2020 dengan menerapkan ajaran Tri-N Ki Hajar Dewantara berbantuan LKS terstruktur pada materi bilangan. Data penelitian tindakan kelas diperoleh dengan cara observasi (pengamatan dan pencatatan), dokumentasi proses pembelajaran, angket siswa, dan hasil belajar siswa. Data yang telah dikumpulkan pada siklus I, didiskusikan bersama observer dan pendamping, kemudian dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II. Data yang dikumpulkan pada siklus I dan II dibandingkan, dibahas, dan disimpulkan, bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa, rata-rata nilai meningkat dari 70,21 menjadi 77,50, sedangkan jumlah siswa yang mencapai KKM dari 50% menjadi 84%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ajaran Tri-N Ki Hajar Dewantoro berbantuan LKS Terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan pada siswa kelas IXA SMP Muhammadiyah 2 Depok tahun 2019/2020, dengan peningkatan pencapaian KKM dari 50% menjadi 84%. Hasil capaian ini di atas kriteria yang ditetapkan 70%. Sehingga ajaran Tri-N Ki Hajar Dewantoro berbantuan LKS terstruktur ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika agar hasil belajarnya meningkat.
Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada materi persamaan lingkaran menggunakan konteks permainan putar koin Dewi Malihatud Darojah; Fathurrahman Fathurrahman
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 10, No 2 (2020)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v10i2.337

Abstract

Prestasi belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan pembelajaran di sekolah. Konsep matematika yang dianggap begitu abstrak memerlukan pendekatan realistik agar siswa lebih memahami konsep yang sedang mereka pelajari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XI dalam pembelajaran materi lingkaran. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 5 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase prestasi belajar pada saat pra siklus adalah 57,71%, kemudian pada Siklus I mengalami peningkatan menjadi 74,91%, dan mengalami peningkatan kembali pada Siklus II sebesar 85,11%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PMRI dengan konteks Permainan Putar Koin dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA 5 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Page 1 of 1 | Total Record : 5