cover
Contact Name
Zalik Nuryana
Contact Email
zalik.nuryana@pai.uad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
tajdidukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gedongkuning No.131, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam
ISSN : 19796943     EISSN : 26141361     DOI : 10.31763/tajdidukasi
Core Subject : Education, Social,
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan is a journal of Research and Education Study which contains Classroom Action Research (PTK), and School Action Research (PTS), and Interdisciplinary Education Study at Higher Education published by Muhammadiyah Majelis Pendidikan Dasar and Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta. The articles on the results of PTK and PTS and the study of educational thinking were written by teachers and principals and lecturers in experimenting with learning methods and strategies to improve the quality of education in both Primary Schools / Islamic Primary Schools, Junior High Schools, and Senior High Schools/MA/SMK and Universities. PTK and PTS articles focus on subjects in schools/madrasah, such as Natural Science (IPA), Social Knowledge Science (IPS), Mathematics, Physics, Chemistry, even engineering, such as Mechanical Engineering, Electrical, Informatics, and so forth. Meanwhile, the article of Educational Research is interdisciplinary and multidisciplinary research conducted by Lecturers in Higher Education to Islamic repertoire.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2019)" : 6 Documents clear
Peningkatan hasil belajar sosiologi kompetensi dasar perbedaan dan kesetaraan melalui student teams achievement division Herdiwati Herdiwati
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v9i2.29

Abstract

Masih rendahnya prestasi belajar sosiologi diperlukan cara untuk meningkatkannya antara lain dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas K D perbedaan dan kesetaraan menggunakan metode student teams achievement division (STAD). Penelitian Tindakan Kelas dengan metode observasi dan evaluasi dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif, di kelas XI IIS3 SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, tahun pelajaran 2016-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode student teams achievement division (STAD) untuk mata pelajaran sosiologi dapat memberi motivasi siswa untuk belajar dengan intensif, karena siswa tertantang untuk berkompetisi dengan siswa yang lainnya baik secara individu maupun secara kelompok dalam keanggotannya. Kuis dalan metode student teams achievement division (STAD) menyenangkan untuk siswa, karena dengan menggunakan kuis dapat mengukur keberhasilan belajarnya secara langsung, situasi belajar yang menyenangkan akan mempermudah pemahaman.Berdasarkan motivasi dan situasi belajar yang menyenangkan pembelajaran dengan penggunaan metode student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tingkat ketuntasan pra-siklus 28%, setelah pembelajaran menggunakan metode student teams achievement division (STAD) dengan dua kali siklus/empat pertemuan, khususnya pada KD perbedaan dan kesetaraan meningkat menjadi 75%. 
Meningkatkan minat dan hasil belajar sistem bahan bakar bensin dengan metode think pair share di SMK Muhammadiyah Cangkringan Widiyatmoko Widiyatmoko
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v9i2.30

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar kompetensi sistem bahan bakar bensin dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Muhammadiyah Cangkringan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada siswa kelas XI Kompetensi Keahlian TKR di SMK Muhammadiyah Cangkringan yang beralamat di Jetis Argomulyo Cangkringan Sleman Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini adalah siswa tingkat XI Kompetensi Keahlian TKR yang berjumlah 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan soal test, selanjutnya data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TPSpada kompetensi keahlian sistem bahan bakar bensin dapat meningkatkan minat belajar sebesar 8,12% dan meningkatkan hasil belajar siswa. Data penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus ketuntasan hasil belajar yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 19,44%, selanjutnya pada siklus I ketuntasan hasil belajar yang mendapai KKM  66,67%, dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar yang memenuhi KKM sebesar 86,11%.
Peningkatan prestasi belajar melalui strategi project-based learning mata pelajaran sosiologi SMA Indri Rosiana Dewi
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v9i2.32

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar  peserta didik pada mata pelajaran sosiologi melalui penggunaan strategi pembelajaran Berbasis Proyek (Project  Based Learning) dan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah penerapan strategi pembelajaran PjBL pada kelas XI IIS-3 di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. PTK ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 2  pertemuan di setiap siklusnya . Kegiatan yang dilakukuan disetiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam strategi PjBL proses yang dilakukan dalam pembelajaran adalah pemaparan topik,perumusan masalah dasar, perencanaan proyek,  pelaksanaan proyek, publikasi hasil proyek, dan evaluasi.  Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam membuat proyek mengalami peningkatan kualitas dari 78% ke 81% meningkat 89 % . Peningkatan proyek diimbangi dengan peningkatan prestasi belajar dari 51 % siswa yang tuntas menjadi 67 % dan meningkat menjadi 78 % siswa yang mengalami peningkatan prestasi belajar. Pembelajaran Berbasis Proyek dapat membuktikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa., mendorong peserta didik untuk mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan komunikasi, meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengelola sumber dan memberikan pengalaman kepada peserta didik pembelajaran praktik dalam mengorganisasi proyek, dapat menambah pengalaman belajar  serta membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, sehingga peserta didik maupun pendidik menikmati proses pembelajaran
Peningkatan kreativitas belajar biologi menggunakan model discovery learning pada siswa sekolah menengah atas Sri Laspitorini
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v9i2.34

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar Biologi dengan menggunakan model Discovery Learning pada siswa  kelas  XI MIA-1 SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).  Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu  perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siswa yang dijadikan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2016- 2017 pada semester ganjil, dan peneliti menggunakan sampel kelas XI MIA-1 yang berjumlah 38 siswa, yang terdiri dari 20 siswa putri dan 18 siswa putra. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi serta catatan lapangan. Analisis data dilakukan  dengan metode  analisis deskriptif  kualitatif yaitu dengan membandingkan kreativitas siswa dalam pembelajaran biologi pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam belajar biologi yang dapat dilihat dari: hasil penilaian kreativitas siklus I pertemuan pertama 51 %, pada pertemuan ke dua 63 %. Pada siklus II pertemuan pertama 75 % dan pertemuan kedua menjadi 81,3%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran Biologi.
Peningkatan hasil belajar dan jiwa kompetitif siswa SMK menggunakan team game tournament Dyah Ayu Anggraeni
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v9i2.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan jiwa kompetitif dan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan dengan mengimplementasikan model pembelajaran Team GeamTournament (TGT) bagi peserta didik kelas X TKR 3 SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model TGT. Terjadi peningkatan hasilbelajarpeserta didik setelah diimplementasikan model pembelajaran TGT,rata-rata nilai untuk siklus 1 adalah 46,sedangkan rata-rata nilai siklus 2 adalah 56,79 dan rata-rata nilai untuk siklus 3 sudah mencapai 75,59. Pada siklus 1 hanya satu peserta didik yang nilainya mencapai KKM sedangkan di siklus 2 mengalami peningkatan jumlah peserta didik yang nilainya mencapai KKM sebanyak 3 peserta didik. Pada siklus 3 sebanyak 19 peserta didik, sehingga ada 10 orang peserta didik yang belum dapat mencapai KKM. Selain pada hal hasil belajar, hasil penelitian ini juga menjelaskan bahwa adanya kenaikan jiwa kompetitif peserta didik yaitu adanya persaingan yang sehat untuk mendapatkan skor dan nilai tertinggi di kelas. Selain itu peserta didik juga memiliki motivasi untuk belajar dan bersaing dikelas
Pencapaian hasil belajar melalui model problem-based learning Dewi Qurrotul A'yun
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v9i2.36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas VA-2 SD Muhammadiyah Nitikan pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia setelah pembelajaran Model Problem Based Learning, dan untuk mendeskripsikan proses berlangsungnya pembelajaran IPA pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia dengan menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas VA-2 SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dimana ada kolaborasi (kerjasama) antara praktisi (guru, kepala  sekolah, teman sejawat, siswa dan lain-lain) dan peneliti (dosen/widyaiswara) dalam  pemahaman, kesepakatan tentang permasalah, pengambilan keputusan yang akhirnya  melahirkan  kesamaan tindakan (action). Data yang diambil dalam penelitian ini ada 3: (1) Data hasil belajar IPA selama siklus I; (2) Data hasil belajar IPA selama siklus II; dan (3) Data keterlaksanaan model pembelajaran yang diambil menggunakan lembar observasi guru dan lembar observasi siswa yang dinilai oleh kolaboran dimana bertindak sebagai observer selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata  meningkat dari 73 menjadi 82. Ketuntasan belajar meningkat dari 52,78% menjadi 75 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VA-2 SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta.

Page 1 of 1 | Total Record : 6