cover
Contact Name
Malkan
Contact Email
malkanmannan@gmail.com
Phone
+6285244035231
Journal Mail Official
abdul_jaliil@iainpalu.ac.id
Editorial Address
Jl. Diponegoro No. 23 Palu
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah
ISSN : -     EISSN : 26866625     DOI : https://doi.org/10.24239/jipsya.v2i1.20.1-23
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah diterbitkan oleh Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Palu.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2021)" : 6 Documents clear
PENGARUH PERSEPSI DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu) Nur Asriana; Sofyan Bacmid; Syaifullah MS; Abdul Jalil
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah Vol 3 No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/jipsya.v3i2.50.82-100

Abstract

Investasi merupakan salah satu instrumen pembangunan yang di butuhkan oleh suatu negara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, termasuk negara Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabel persepsi dan modal minimal terhadap minat investasi di pasar modal syariah baik secara simultan maupun parsial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kuesioner (angket). Objek penelitian ini adalah masiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu angkatan 2017 baik yang sudah membuka account di pasar modal maupun yang belum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel persepsi dan modal minimal terhadap minat investasi di pasar modal syariah dengan nilai signifikansi (Sig.) kedua variabel tersebut yaitu 0,000 < 0,05. Selain itu, secara simultan variabel persepsi dan modal minimal mempunyai pengaruh positif terhadap minat investasi dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05. Begitu pula dengan membandingkan Fhitung dan Ftabel, maka diperoleh nilai Fhitung sebesar 82,237 > Ftabel 3,12. Nilai koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,684. Hal ini berarti bahwa variasi perubahan variabel minat investasi (Y) dipengaruhi oleh perubahan variabel persepsi (X1) dan modal minimal (X2) sebesar 68,4%. Sedangkan, sisanya (100%- 68,4% = 31,6%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti atau diluar dari penelitian ini.
PENGARUH PEMBIAYAAN ULTRA MIKRO PT. PEGADAIAN CABANG PALU TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI MASA PANDEMI COVID-19 Nur Wanita; Ryna Pratiwi; Nurysamsu
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah Vol 3 No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/jipsya.v3i2.51.101-120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembiayaan Ultra Mikro (UMi) terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) PT. Pegadaian Cabang Palu di masa pandemi covid-19 periode tahun 2020. Jenis Penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penentuan sampel yang diigunakan adalah sampel jenuh, sebanyak 30 orang memperoleh pembiayaan Ultra Mikro di tahun 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, digunakan beberapa tahap pegujian antara lain uji asumsi klasik, uji parsial (uji t), koefisien determinasi (R Square), dan regresi linear sederhana. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa bahwa koefisien thitung -0,331 < ttabel 12,706 sehingga variabel independen tidak berpengaruh terhadap variabel dependen dan signifikansi bernilai 0,743 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN PERSEPSI RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI KASUS DI BANK SYARIAH INDONESIA CABANG SEMARANG) nurudin nurudin; Hida Alfathin Mila Ulwiya
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah Vol 3 No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/jipsya.v3i2.53.142-156

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Persepsi Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus di Bank Syariah Indonesia Cabang Semarang). Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penelitian lapangan (Field Reserch). Data penelitian yang digunakan adalah nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunkan adalah purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Persepsi Religiusitas. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Indonesia. Jumlah sampel penelitian ini adalah 95 sampel. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan atau secara keseluruhan dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Minat Menabung. Sedangkan secara persial variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan bernilai positif sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai thitung (3,500) > ttabel (1,986). Variabel promosi bernilai positif sebesar dapat dilihat bahwa nilai signifikan 0,013 < 0,05 dan nilai thitung (2,530) > ttabel (1,986). Dan variabel religiusitas dapat dilihat bahwa nilai bernilai positif variabel sebesar 0,000<0,05 dan nilai thitung (4,032)>ttabel (1,986)
PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) Nurdin; Difa Restiti; Rizki Amalia
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah Vol 3 No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/jipsya.v3i2.55.157-173

Abstract

Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS telah menjadi sarana baru dalam bertransaksi secara online. Namun edukasi terhadap masyarakat dalam menggunakan QRIS masih sangat minim. Akibatnya masyarakat kebanyakan memperoleh pengetahuan tentang QRIS lebih banyak dari sumber tidak resmi seperti media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial terhadap pengetahuan tentang QRIS yang diperoleh mahasiswa di peguruan timggi. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan sampel mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu. Hasil penelitian ini menunjukkan baha media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap pemerolehan pengetahuan tentang QRIS. Hal ini dinyatakan berdasarkan hasil uji SPSS 21 dengan nilai Fhitung sebesar 109.066 > Ftabel 3,95, dan nilai signifikansi (Sig) ,000 < 0,05 dengan nilai dapat disimpulkan bahwa secara simultan variable Media sosial (X) berpengaruh signifikan terhadap Pengetahuan tentang QRIS (Y). Dengan demikian madia sosial telah menjadi sarana yang efektif dalam pemerolehan pengetahuan baru seperti QRIS.
DETERMINASI NILAI PERUSAHAAN MELALUI PROFITABILITAS : Studi Pada Bank Umum Syariah di Indonesia andi sultan andi; Arung Gihna Mayapada; Muhammad Darma Halwi; Jurana; Muhammad Syafaat
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah Vol 3 No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/jipsya.v3i2.57.174-184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pembiayaan mudharabah, murabahah dan musyarakah terhadap nilai perusahaan dengan perofitabilitas sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah bank umum syariah yang terdaftar di Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mana berjumlah lima dengan periode penelitian 2013-2020. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh parsial signifikan pembiayaan mudharabah dan musyarakah terhadap profitabilitas sementara pembiyaan murabahah tidak berpengaruh signifkan terhadap profitabilitas. Sedangkan ini juga mengungkap profitabilitas berpengaruh parsial signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan pembiyaan mudharabah, murabahah, musyarakah tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Pembiayaan mudharabah dan murabahah memiliki pengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas dan pembiayaan musyarakah tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan melalui perofitabilitas.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEBUTUHAN DAN PELUANG MASYARAKAT MENJADI NASABAH DI BANK MANDIRI SYARIAH Dilla Arista Dilla; Muhtadin; Ermawati; Nuriatullah
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah Vol 3 No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/jipsya.v3i2.58.121-141

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis faktor-faktor kebutuhan dan peluang masyarakat menjadi nasabah di Bank Mandiri Syariah ( KCP Parigi Moutong ). Rumusan masalah yang diangkat adalah “Faktor apa sajakah yang mempengaruhi kebutuhan masyarakat menjadi nasabah di Bank Mandiri Syariah Cabang Parigi Maoutong dan faktor apa sajakah yang mempengaruhi peluang masyarakat menjadi nasabah di Bank Mandiri syariah tersebut? Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara di lakukan terhadap Branch Manager dan Masyarakat Kelurahan Masigi kemudian dokumentasi peneliti digunakan sebagai bukti penelitian. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor kebutuhan masyarakat Masigi sangat beragam, mulai dari untuk modal berdagang, membeli buah dan sayur, membangun rumah, membeli kendaraan serta kebutuhan lainnya. Masyarakat menginginkan dari hasil meminjam dana pada lembaga keuangan akan mendapat keuntungan besar tanpa harus terbebani dengan bunga dan terhindar dari riba.

Page 1 of 1 | Total Record : 6