cover
Contact Name
SAFITRI JUANITA
Contact Email
idealis.fti@budiluhur.ac.id
Phone
+6283898928000
Journal Mail Official
idealis.fti@budiluhur.ac.id
Editorial Address
Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Idealis : Indonesia Journal Information System
ISSN : -     EISSN : 26847280     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Indonesia Journal Information System (Idealis) adalah jurnal penelitian Program Studi Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur. Topik pada Jurnal ini adalah Decision Support System, E-Commerce/E-Business, Datawarehouse/BI, Enterprise System, Data Mining, Sistem Penunjang Keputusan selamat membaca,  Admin Jurnal Idealis
Articles 77 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 6 (2019): Jurnal IDEALIS November 2019" : 77 Documents clear
Implementasi E-Commerce dengan Model Business Model Canvas pada Toko OBAMA Berbasis Content Management System Wordpress Muhammad Fiqri Hidayatullah; Bima Cahya Putra
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 6 (2019): Jurnal IDEALIS November 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Toko OBAMA (Oren Bang Mamat) adalah toko yang menjual beraneka ragam merchandaise seperti syal, kaus dan jersey klub sepak bola Persija Jakarta. Dalam proses penjualan pada toko OBAMA (Oren Bang Mamat) masih melalui system manual, dimana pembeli harus datang langsung ke toko untuk membeli barang. Hal ini membuat penjualan dan pemasaran produk kurang optimal karena penjualan produk hanya berada disekitar toko saja. Penulis akan membuat suatu sistem e-commerce menggunakan business model canvas untuk diterapkan pada toko oren bang mamat. Hadirnya e-commerce sebagai media transaksi jual beli pada toko OBAMA (Oren Bang Mamat) akan memberikan keuntungan seperti kemudahan informasi yang didapat, kemudahan cara pembayaran, pemrosesan pemesanan yang lebih cepat, meningkatkan jangkauan pemasaran produk atau jasa menjadi lebih luas dan mendapatkan keperayaan yang lebih dari pelanggan. Untuk itu, pada penelitian ini penulis akan membuat “ Implementasi E-Commerce dengan Model Business Model Canvas pada Toko OBAMA Berbasis Content Management System Wordpress ” untuk mengatasi permasalahan yang ada pada toko OBAMA.
PENJUALAN ONLINE PADA TOKO FRIEND SHOES JKT DENGAN MENGGUNAKAN WOOCOMMERCE Sila Permoni; Atik Ariesta
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 6 (2019): Jurnal IDEALIS November 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Friend Shoes Jkt merupakan sebuah toko dengan usaha yang bergerak dalam bidang jual beli sepatu, kaos dan aksesoris fashion lainnya dengan kualitas premium. Proses bisnis yang dilakukan pada toko ini ialah dengan cara pelanggan datang langsung ke toko atau dapat melakukan pemesanan lewat Instagram atau Whatsapp, untuk pelaporan penjualan staf meng-input data kedalam Microsoft Excel. Saat ini kendala yang terjadi pada Friend Shoes Jkt ialah belum maksimalnya penjualan lewat Instagram, pembuatan laporan penjualan masih input manual kedalam Microsoft Excel. Berdasarkan kendala yang terjadi maka perlu dibuatkan sebuah website E-commerce yang dapat digunakan sebagai media untuk memudahkan penjualan secara online. Dalam perancangan website E-commerce ini digunakan Business Model Canvas, Activity Diagram, Use Case Diagram, Interaction Flow Modeling Language dan System Sequence Diagram. Pengembangan website menggunakan aplikasi web open source Wordpress dengan plugin Woocommerce. Dengan adanya website ini diharapkan dapat menjadi sarana penjualan online yang lebih efektif sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan pada toko Friend Shoes Jkt.
PERANCANGAN E-COMMERCE DENGAN METODE PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA TOKO SURYA AGUNG ELEKTRIK Anggi Ramadhan; Lusi Fajarita
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 6 (2019): Jurnal IDEALIS November 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

E-Commerce (Elektronic commerce) juga di sebut perdagangan elektronik merupakan sebuah pelangganan, penjualan, pemasaran Produk dan jasa melalui internet dan jaringan komputer. Semua komponen yang ada dalam transaksi penjualan di aplikasikan dalam E-Commerce seperti layanan produk, cara pembayaran, dan cara promosi. Penulis mengambil studi kasus pada Toko Surya Agung Elektrik, Surya Agung Elektrik merupakan sebuah toko listrik yang berlokasi di Jalan Kedoya Duri Raya, Kelurahan Kedoya Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Masih banyak masalah yang dihadapi pada Toko Surya Agung ini dikarenakan tempat penjualan yang kecil dan berada di pinggir jalan sehingga tidak ada lahan parkir dan pelanggan malas untuk antri, pihak pemilik pun tidak memiliki media khusus untuk promosi Produk, serta untuk pengecekan stok Produk, pembuatan nota transaksi, dan pembuatan laporan masih dilakukan secara manual. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun website e-commerce menggunakan Content Management System CMS yaitu wordpress. Penelitian ini juga menggunakan metode Bussiness Model Canvas (BMC) dan Search Engine Optimization (SEO) untuk membantu Toko Surya Agung Elektrik dalam penjualan. Hasil dari penelitian ini untuk membangun sebuah website e-commerce yang bertujuan untuk mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi tanpa adanya batasan waktu dan tempat, serta memudahkan pemilik toko dalam meningkatkan penjualan dan membuat laporan yang dibutuhkan.
PENERAPAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA ANIMAUX PET SHOP Yuni Ardi; Agus Umar Hamdani
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 6 (2019): Jurnal IDEALIS November 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Animaux Pet Shop adalah merupakan toko yang bergerak di bidang penjualan yang menyediakan makanan, aksesoris dan obat-obatan hewan yang berlokasi di Warung Jati Barat Raya No.40 B Pasar minggu, JakartaSelatan.Pada toko Animaux Pet Shop, melakukan suatu perancangan sistem e-commerce supaya mempermudahpenjualan. Dalam menjalankan usahanya pada toko Animaux Pet Shop masih mengalami kendala dalammengetahui informasi pesanan dari customer karena pemesanan masih lewat telpon dan tidak ada dokumenuntuk merekam pesanan dari customer barang yang diterima tidak sesuai pesanan. Untuk menyelesaikanpermasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah sistem untuk mendukung sistem penjualan pada toko Animaux Pet Shop. Berdasarkan kondisi diatas, penulis melakukan penelitian yang membantu Toko Animaux Pet Shop menyelesaikan masalah yang terjadi saat ini. Metode dalam mengembangkan dalam merancang website dengan menggunakan Waterfall Development, dan implementasi sistem E-commerce mengunakan tool ContentManagement System (CMS). Dengan adanya aplikasi e-commerce diharapkan dapat mempermudah customer membeli barang melalui website dan mengatasi masalah masalah yang sering terjadi di toko Animaux Pet Shop
WEBSITE ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH BPR DHANA SEMESTA Puspa Budiarti; Bullion Dragon Andah
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 6 (2019): Jurnal IDEALIS November 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dunia perbankan di tanah air kini semakin agresif untuk menarik perhatian nasabahnya dengan iming-iming kemudahan, keamanan dan kenyamanan, terutama dalam BPR yang semakin banyak bertumbuh di Indonesia khususnya di Tangerang. Jalinan hubungan baik dengan pelanggan merupakan kunci penting untuk pertumbuhan BPR itu sendiri dimana pelanggan dalam dunia perbankan dapat disebut juga sebagai nasabah. CRM merupakan strategi yang tepat untuk menciptakan hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan pelanggan-nya dan dengan teknologi informasi yang sudah banyak dikembangkan sebagai indikator dalam memuaskan dan mempertahankan pelanggan yang setia, maka BPR Ciledug Dhana Semesta berusaha semampu mungkin menyediakan teknologi informasi guna mendukung kegiatan jasa-nya. BPR Ciledug Dhana Semesta merupakan salah satu BPR yang menyediakan jasa simpanan dan pinjam meminjam dengan beberapa masalah di dalamnya terkait dengan loyalitas pelanggan. Mulai dari kurangnya penghargaan untuk nasabah lama, nasabah kredit yang dapat tertagih lebih dari satu kali, tertundanya penanganan keluhan dan ketidakpercayaan masyarakat karena sulitnya mencari tahu penilaian nasabah lama terkait BPR Ciledug Dhana Semesta. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) yang dapat diakses melalui website. Sistem ini dibangun dengan metodologi waterfall dan dapat menjadi perantara komunikasi antara BPR Ciledug Dhana Semesta dan para nasabah, dapat menyelesaikan permasalahan yang ada serta dapat meningkatkan jumlah, rasa kepuasan dan loyalitas pelanggan.
PENERAPAN E-COMMERCE GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PENJUALAN PADA KARTIKA OPTIK Febryan Kuncahyo; Lusi Fajarita
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 6 (2019): Jurnal IDEALIS November 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kartika Optik adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam kacamata. Proses bisnis pada bagian penjualan barang di Toko Kartika Optik masih dilakukan secara offline, dimana customer harus mendatangi toko untuk membeli barang yang diinginkan. Masalah penjualan secara langsung berkaitan dengan ruang lingkup dan waktu yang terbatas. Dari permasalahan tersebut maka penulis membuat sebuah website E-Commerce. Adapun langkah pengumpulan data yang dilakukan yaitu analisa dokumen, wawancara, pengamatan, dan studi pustaka. Kemudian dilanjutkan dengan membuat Business Model Canvas (BMC), dapat membantu untuk mempercepat proses analisis kekuatan dan kekurangan bisnis. Serta untuk analisis desain sistem menggunakan diagram yang ada dalam UML, yaitu activity diagram, use case diagram, class diagram, dan system sequence diagram. Fokus Penulis pada penelitian ini adalah penyampaian informasi produk dan penjualan produk kepada customer secara online. Maka Penulis juga menggunakan teknik SEO agar website Kartika Optik bisa lebih optimal dan dikenal. Manfaat yang didapat dari penerapan sistem E-Commerce ini adalah customer tidak perlu bertatap muka langsung dengan penjual sehingga proses transaksi akan lebih efisien, dan keuntungan berupa ruang lingkup yang lebih luas dan waktu yang banyak sehingga dapat menjawab persoalan penjualan secara langsung.
PENERAPAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ALAT LISTRIK BERBASIS E-COMMERCE STUDI KASUS TOKO LISTRIK MILLENIUM Erick Candra; Agus Umar Hamdani
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 6 (2019): Jurnal IDEALIS November 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Toko Listrik Millenium ini merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang penjualan alat-alat listrik. Toko ini mengharapkan dapat memperoleh keuntungan yang maksimal tanpa keterbatasan waktu dan tempat, sehingga customer dapat berinteraksi dan berperan secara aktif dalam proses jual-beli tanpa dibatasi waktu dan tempat. Masalah yang sering terjadi pada Toko Listrik Millenium adalah sulitnya mengetahui sisa stok barang dikarenakan pencatatan masih menggunakan tulis tangan, sehingga produk hanya tersimpan didalam gudang. Berdasarkan masalah yang terjadi, maka diperlukan sebuah sistem untuk mempermudah Toko Listrik Millenium untuk memaksimalkan penjualannya. Sistem tersebut diusulkan berdasarkan permasalahan yang ada pada proses bisnis yang sekarang sedang berjalan. Dengan memanfaatkan E-Commerce pada sistem yang baru diharapkan kelemahan-kelemahan yang terdapat sebelumnya dapat diatasi sehingga dapat menghasilkan informasi yang akurat. Pada penelitian ini penulis, penulis melakukan analisa model bisnis menggunakan Business Model Canvas, analisis dan perancangan sistem usulan menggunakan pendekatan Object-Oriented Analysis and Design dan implementasi sistem E-Commerce menggunakan Content Management System. Hasil akhir dari penelitian ini adalah prototipe E-Commerce yang dapat membantu Toko Listrik Millenium dalam memaksimalkan penjualan produk.
PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK PENJUALAN BARANG DI OPTIK KITA Muhammad Ardhian Pramesta; Agus Umar Hamdani
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 6 (2019): Jurnal IDEALIS November 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Optik Kita adalah sebuah badan usaha yang bergerak dalam bidang penjualan Frame dan Lensa Kacamata di dirikan pada 10 November 2002. Pemilik dari Optik Kita adalah Mike Yani, AMd. RO. Pada Optik Kita tersebut, peneliti melakukan perancangan e-commerce untuk mempermudah penjualan dan pembuatan laporan. Dengan adanya teknologi yang berkembang pesat pada saat ini, sangat mungkin untuk mendukung proses mempermudah penjualan menjadi lebih efisien. Dengan merancang sistem mempermudah penjualan secara online dengan memanfaatkan teknologi, yang mampu memberikan dampak positif pada Optik Kita. Sehingga dapat memudahkan kegiatan penjualan serta mampu bertahan dan bersaing dengan badan usaha yang serupa. Peneliti mengimplementasikan dengan menggunakan Content Management System (CMS), dan menggunakan database MySQL. Dengan adanya aplikasi e-commerce ini, maka dapat mempermudah penjualan secara online, serta dapat membantu Optik Kita dalam menyelesaikan masalah yang ada saat ini..
RANCANGAN E-CRM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. DIGITAL TRAVEL INDONESIA Aldis Fakhri Sorengpati; Bullion Dragon Andah
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 6 (2019): Jurnal IDEALIS November 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi informasi menyebabkan kita harus menerapkan teknologi informasi kedalam suatu bisnis. Salah satu cara yang dapat diterapkan agar perusahaan dapat mendapatkan pelanggan baru dan mempertahan pelanggan setia adalah dengan menerapkan teknologi informasi kedalam proses bisnis. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Customer Relationship Management (CRM) agar perusahaan terus mendapatkan pelanggan baru dan juga tetap memperhatikan pelanggan yang ada. PT. Digital Travel Indonesia adalah sebuah biro jasa perjalanan wisata mancanegara, setelah 5 tahun berdiri untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mencari pelanggan baru perusahaan dapat terbilang masih sulit, sehingga menyebabkan target penjualan perusahaan tidak tercapai. Beberapa masalah yang dihadapi oleh perusahaan adalah lambatnya merespon keluhan dikarenakan perusahaan harus mencari paket tour yang digunakan, belum adanya testimoni dari pelanggan sehingga perusahaan sulit mendapatkan calon pelanggan, tidak adanya informasi ketersediaan paket tour dan informasi slot paket tour, dan tidak adanya informasi pelanggan yang loyal sehingga perusahaan sulit untuk memberikan diskon kepada pelanggan yang loyal. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis web untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, dan diharapkan dapat menjawab masalah target penjualan tidak tercapai yang dialami oleh PT. Digital Travel Indonesia.
E-CRM DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DI PT.ARFA MUTIARA MULIA Anisa Mufidah; Bullion Dragon Andah
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 6 (2019): Jurnal IDEALIS November 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada era globalisasi saat ini semua kegiatan ditunjang melalui teknologi sistem informasi dan ilmu pengetahuan yang berkembang semakin pesat. Perkembangan yang semakin maju ini menuntut para pelaku bisnis agar lebih inovatif serta kreatif dalam mengembangkan bisnis. Suatu perusahaan dapat dikatakan berhasil memperoleh faktor penting untuk kelanjutan perusahaan jika menjadikan pelanggan sebagai prioritas utamanya dan memberikan perlakuan khusus agar pelanggan bertahan dalam perusahaan tersebut. PT. Arfa Mutiara Mulia adalah perusahaan biro perjalanan umroh dan haji yang melayani paket umroh dan haji. PT. Arfa Mutiara Mulia mengalami kendala dalam penanganan keluhan yang belum optimal sehingga pelanggan masih merasa tidak puas. Selain itu pengiriman informasi rencana perjalanan dikirim melalui grup chat, menyebabkan terkadang pelanggan tidak menerima informasi perihal rencana perjalanan. Penyebab lainnya pelanggan ragu untuk mendaftar karena belum adanya review dari pelanggan lain. Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi yang bertujuan untuk adanya interaksi dengan pelanggan untuk mendapatkan informasi yang cukup tentang pelanggan dan mengolah informasi tersebut menjadi nilai tambah perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis website yang menyediakan interface antara pelanggan dengan pihak PT.Arfa Mutiara Mulia untuk menyelesaikan permasalahan yang ada sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.