cover
Contact Name
Milian Tengker
Contact Email
tumoutoujkak@gmail.com
Phone
+6285256544641
Journal Mail Official
tumoutoujkak@gmail.com
Editorial Address
Jl. BougenvilleTateli Satu, Kec. Mandolang, Minahasa, Sulawesi Utara
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Tumou Tou
ISSN : 23553308     EISSN : 27459527     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Tumou Tou adalah jurnal ilmiah Institut Agama Kristen Negeri Manado yang dikelolah oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat untuk membantu para akademisi dan juga peneliti untuk membagikan hasil penelitiannya dalam hubungannya dengan Kristianitas, Ajaran dan Kemasyarakatan. Terbit edisi pertama tahun 2014 dengan nama Tumou Tou yang merupakan falsafah hidup, jalan hidup dan tujuan hidup yang dapat meningkatkan pengetahuan, produkfitas, mutu dalam bidang pendidikan dan penelitian. Jurnal yang diterbitkan telah melalui proses peer-review dan proses editing secara profesional dan berkualitas pada bidangnya yang merupakan salah satu prasyarat untuk dapat Terakreditasi pada ARJUNA RISTEKBRIN dan juga terindeks pada SINTA. Tumou Tou merupakan jurnal yang telah diterbit sejak tahun 2014 dalam bentuk cetak dengan ISSN 2355-3308 dan secara online menggunakan OJS dimulai sejak tahun 2020
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Volume IV, Nomor 2, Juli 2017" : 7 Documents clear
PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI KOTA MANADO Rogahang, Jerry Heldy
Tumou Tou Volume IV, Nomor 2, Juli 2017
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.613 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kepemimpinan, komitmen organisasi dan kepercayaan terrhadap kinerja guru SMP Kota Manado.Metodeyang digunakan adalah analisis jalur. Kepemimpinan, komitmen organisasi dan kepercayaan adalah variabel independen dan kinerja guru adalah variabel dependen.Sampel penelitian adalah guru SMP di Kota Manado yang ditentukan dengan rumus Taro Yamane yaitu 101 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru, (2) komitmen organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru, (3) Kepercayaan berpengaruh langsung positifterhadap kinerja guru (4) Kepemimpinan berpengaruh langsung positif terhadap komitmen organisasi dan (5) Kepemimpinan berpengaruh langsung positif terhadap kepercayaan.
“ISA ADALAH SANG PECINTA” Penghayatan Jalaludin Rumi Tentang Isa Almasih Selly Marsela Sinulingga
Tumou Tou Volume IV, Nomor 2, Juli 2017
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.45 KB)

Abstract

Kontroversi tentang Yesus Kristus telah muncul selama beberapa tahun.Tulisan ini hadir untuk mendiskusikan mengenai hal tersebut dari perspektif Jalaludin Rumi.Yesus adalah Nabi Kasih dalam perspektif Rumi.Penelitian ini berdasarkan buku-buku dari Jalaludin Rumi, yaitu Fihi Ma Fihi dan Matsnawi. Yang terakhir, penelitian ini akan menjelaskan citra diri Yesus pada kedua buku yang merujuk pada Rumi, Yesus adalah pola anutan, Sufi, guru spiritual dan nabi pada masanya.
Internalisasi Nilai-nilai Inklusivisme dalam Pembelajaran PAK di SMA Negeri 1 Tomohon Lilly Yulia Wasida
Tumou Tou Volume IV, Nomor 2, Juli 2017
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.175 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai inklusifisme dalam pembelajaran PAK di SMA Negeri 1 Tomohon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tomohon. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian maka disimpulkan: 1). Proses internalisasi nilai-nilai inklusifisme dalam pembelajaran PAK di SMA Negeri 1 Tomohon telah dilaksanakan dengan baik namun belum maksimal. 2). Faktor-faktor pendukung dalam proses internalisasi nilai-nilai inklusifisme dalam pembelajaran PAK di SMA Negeri 1 Tomohon yaitu dukungan dan kerja sama dari sekolah dalam menciptakan budaya inklusif dan ketersediaan buku paket siswa sesuai kurikulum 2013 yang sangat membantu proses pembelajaran yang dilakukan guru. 3) Sedangkan factor penghambat proses internalisasi nilai-nilai inklusifisme dalam pembelajaran PAK adalah beban kerja guru yang melebihi batas maksimal dan jumlah siswa dalam kelas yang sudah melebihi jumlah ideal. Dari kesimpulan tersebut maka disarankan supaya SMA Negeri 1 Tomohon menambah tenaga guru PAK baik PNS maupun tenaga honor namun yang berlatar belakang pendidikan Sarjana Pendidikan Kristen, bagi guru PAK supaya lebih berusaha dalam memperlengkapi diri sebelum melaksanakan pembelajaran dengan memberikan inovasi-inovasi dalam kegiatan atau praktek bagi siswa.
PENDAMPINGAN PASTORAL BAGI ORANGTUA YANG MEMILIKI ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) YANG BELUM DAPAT MENERIMA KONDISI ANAK DI JEMAAT GMIM GALILEA TELING MANADO Novita P. Sianturi
Tumou Tou Volume IV, Nomor 2, Juli 2017
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.53 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran penerimaan orangtua yang memiliki anak ADHD serta bagaimana pendampingan pastoral yang diberikan pendeta terhadap orangtua yang memiliki anak ADHD di Jemaat GMIM Galilea Teling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Selama penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Setelah mendapatkan data, peneliti melakukan analisa data sesuai dengan informasi yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data yang dilakukan, maka diperoleh hasil penelitian bahwa pada umumnya orangtua yang memiliki anak ADHD belum dapat menerima perilaku anaknya yang berbeda dengan anak lain, serta masih kurang memiliki pemahaman tentang bagaimana memperlakukan anak ADHD. Selain itu, diperoleh hasil bahwa belum pernah dilakukan pendampingan pastoral bagi orangtua yang memiliki anak ADHD.
PENGARUH KREATIFITAS DAN KETRAMPILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP DI KABUPATEN MINAHASA SELATAN Paultje P. Tampa
Tumou Tou Volume IV, Nomor 2, Juli 2017
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.314 KB)

Abstract

Menjadi bangsa yang maju tentu merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh setiap negara di dunia. Salah satu faktor yang mendukung bagi kemajuan adalah pendidikan. Proses pendidikan yang terencana itu diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran, hal ini berarti pendidikan tidak boleh mengesampingkan proses belajar, akan tetapi bagaimana memperoleh hasil atau proses belajar yang terjadi pada diri anak didik. Tujuan utama proses belajar mengajar adalah terjadinya perubahan tingkah laku siswa berupa kognitif, afektif maupun psikomotor. Indikator nyata keberhasilan proses belajar mengajar tersebut biasanya tercermin dari prestasi belajar yang dicapai siswa. Tanpa keterampilan mengajar yang baik serta kreatifitas yang tinggi, maka seorang guru tidak akan dapat membentuk siswa berprestasi tinggi. Berdasarkan analisis regresi dan korelasi yang telah dilakukan dapat disimplkan bahwa dukungan terhadap hipotesis penelitian baik secara parsial maupun secara simultan dari dua variabel X1 dan X2 terdapat hubungan yang positif secara signifikan dengan hasil Y. Dari hasil penelitian ini memberi temuan sebagai berikut : Pertama, hubungan antara variabel X1 (Kreatifitas) secara nyata berhubungan positif dengan hasil Y (Prestasi Belajar) melalui regresi Ŷ = 10.231 + 509 X1. Konsekuensi peningkatan pada variabel X1 akan diiringi secara linear oleh peningkatan hasil Y. Hal ini memberi arti secara umum, pentingnya meningkatkan kemampuan X1 (Kreatifitas) dalam (Prestasi Belajar Siswa SMP) Y. Kedua, hubungan antara variabel X2 secara nyata berhubungan positif dengan (Prestasi Belajar Siswa) Y melalui regresi: Ŷ = 103.805 + - 104 X2 Konsekuensi peningkatan pada variabel X2 akan diiringi secara linear oleh peningkatan hasil (Prestasi Belajar) Siswa di SMP. Hal ini memberi arti secara umum, pentingnya meningkatkan (keterampilan mengajar guru PAK) X2 dalam perspektif keterampilan mengajar guru PAK untuk meningkatkan (prestasi belajar) siswa Y. Ketiga, di dalam penelitian ini variabel X1 dan X2 secara bersama-sama menunjukkan hubungan yang signifikan terhadap hasil variabel Y melalui regresi Ŷ = 12.503 + 0,762X1 + -0,267X2. Hal ini memberi makna bahwa, semakin tinggi unsur-unsur X1 dan unsur-unsur X2 maka akan semakin tinggi hasil Y. Hal ini memberi arti secara umum, pentingnya meningkatkan kreatifitas X1 dan keterampilan mengajar guru PAK X2 dalam perspektif kreatifitas dan keteramplan mengajar guru PAK sebagai dua prediktor meningkatkan prestasi belajar siswa Y.
URGENSI KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENCIPTAKAN PROSES PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF Kaunang, Rolina A. E.
Tumou Tou Volume IV, Nomor 2, Juli 2017
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.194 KB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi sosial guru PAK di SMA Negeri 1 Tomohon dan menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PAK dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tomohon. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian maka disimpulkan: 1). Guru PAK di SMA Negeri 1 Tomohon memiliki kompetensi sosial yang sangat baik. 2). Kendala-kendala yang dihadapi guru PAK di SMA Negeri 1 Tomohon yaitu beban kerja yang melebihi batas maksimal. Setiap guru mengajar rata-rata 30 jam pelajaran setiap minggunya sehingga tidak memiliki waktu untuk mengerjakan dan mempersiapkan RPP. Dari kesimpulan tersebut maka disarankan supaya SMA Negeri 1 Tomohon menambah tenaga guru PAK sesuaikan dengan rasio guru dan siswa, bagi STAKN Manado supaya memperlengkapi mahasiswa PAK dengan kemampuan konseling salah satu caranya dengan menambah bobot SKS untuk mata kuliah pastoral konseling dan bagi peneliti sebagai pendidik Kristen agar meningkatkan kompetensi sosial dalam mempersiapkan calon-calon guru PAK.
KEHIDUPAN DALAM MASYARAKAT MAJEMUK MELALUI PENDIDIKAN KRISTEN DI JEMAAT HKBP MANADO
Tumou Tou Volume IV, Nomor 2, Juli 2017
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.229 KB)

Abstract

Masyarakat majemuk merupakan salah satu kekayaan bangsa Indonesia, Oleh sebab itu perlu upaya untuk tetap mewujudkan kehidupan bermajemuk. Pendidikan Kristen memiliki peran yang penting dalam membentuk peserta didik untuk mampu hidup dalam kemajemukan. Dengan menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif penelitian ini dapat mengkaji tentang kehidupan Bermajemuk dan Pendidikan Kristen serta mendeskripsikan implementasi kehidupan bermajemuk melalui Pendidikan Kristen di HKBP Manado. Penelitian ini mendeskripsikan tentang masyarakat suku Batak merupakan salah satu suku yang memegang erat adat istiadatnya namun mampu menunjukkan kehidupan bermajemuk sehingga masyarakat suku Batak Toba dapat hidup bersama-sama dengan masyarakat yang ada di Sulawesi Utara Khususnya Manado.

Page 1 of 1 | Total Record : 7