cover
Contact Name
tekat dwi cahyono
Contact Email
jurnalmasohi@gmail.com
Phone
+6285243000030
Journal Mail Official
jurnalmasohi@gmail.com
Editorial Address
Lantai II Gedung LP3MP Universitas Pattimura Ambon Jl Ir M.Putuhena Kampus Poka Ambon 97233
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Masohi
Published by DPD FDI Maluku
ISSN : -     EISSN : 27233251     DOI : -
Awal tahun 2020, DPD Maluku, Forum Dosen Indonesia menyiapkan arena ekspresi untuk mewujudkan ide, gagasan menjadi karya tulisan yang dapat dinikmati oleh kolega dan masyarakat. Untuk mengawalinya, kami mempersiapkan Jurnal yang fokus ke Ilmu Sosial dan Humaniora. Nama yang kami pilih adalah "Masohi", salah satu kata dari Maluku yang berarti "gotong-royong". Menurut KBBI, istilah masohi juga berarti "tolong-menolong". Selain fokus ke sosial humaniora, elaborasi dari bidang lain yang berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat dipertimbangkan untuk diterbitkan.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Masohi" : 3 Documents clear
Pengaruh Motivasi, Faktor Keluarga dan Lingkungan terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Yuvita Sri Rejeki
Jurnal Masohi Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Masohi
Publisher : DPD FDI Maluku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36339/jmas.v2i2.349

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui motivasi yang mempengaruhi prestasi seorang mahasiswa, dalam menempuh pendidikan dibangku kuliah. Berikutnya adalah merumuskan faktor apa saja yang mendukung akan timbulnya motivasi para mahasiwa sehingga prestasi mereka meningkat atau malah menurun dalam akademik yang ditempuh. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini yaitu jenis kualitatif studi pustaka menjelaskan redaksi pada skenario jenis penelitian kualitatif studi pustaka. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif melalui studi pustaka. Tahapan penelitian dilaksanakan dengan menghimpun sumber kepustakaan, baik primer maupun sekunder. Penelitian ini melakukan klasifikasi data berdasarkan formula penelitian. Hasil dari penelitian ini menjabarkan tentang motivasi sangat mempengaruhi hasil akhir dari sebuah prestasi yang dicapai mahasiswa. Dengan adanya motivasi seorang mahasiswa akan mengejar target kepuasan yang telah ditentukan oleh dirinya sendiri (internal). Motivasi mahasiswa dalam berprestasi juga dipengaruhi oleh lingkungannya atau dari luar dirinya (eksternal), hal ini berupa rangsangan yang memicu seseorang atau mahasiwa untuk bergerak, berubah,berinovasi bahkan mempertahankan ekistensinya dengan menarik perhatian melalui sebuah prestasi. faktor yang mempengaruhi munculnya minat karena adanya Motivasi prestasi (achievement motivation), adalah dorongan dalam diri seseorang untuk mengatasi segala tantangan dan hambatan dalam mencapai tujuan.
Loyalitas Konsumen: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi dalam Pemilihan Merek Sepatu Olahraga Aisah Asnawi
Jurnal Masohi Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Masohi
Publisher : DPD FDI Maluku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36339/jmas.v2i2.415

Abstract

Tidak mudah membangun loyalitas konsumen dalam industri fashion yang dikenal sangat kompetitif. Loyalitas konsumen dalam memilih sepatu olahraga ditentukan oleh banyak faktor sehingga dibutuhkan penelitian yang mengarah pada variabel-variabel yang spesifik dan tepat. Atribut Produk, Kepercayaan Merek dan Harga menjadi beberapa faktor yang menentukan loyalitas konsumen terhadap salah satu merek sepatu olahraga. Penelitian ini bertujuan menguji seberapa besar faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen di Kota Ambon dalam menentukan merek sepatu olahraga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, deskriptif dengan menggunakan analisis regresi linier menguji tiga hipotesis yang hendak di teliti. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang berdomisili di Kota Ambon. Berdasarkan hasil uji regresi berganda dapat di ketahui bahwa variabel atribut produk memiliki pengaruh lebih besar terhadap loyalitas konsumen dibandingkan variabel kepercayaan merek dan harga dengan hasil regresi sebesar 0.316. Sedangkan pengaruh variabel kepercayaan merek adalah sebesar 0.209 dan pengaruh harga adalah 0.172. variabel atribut produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sepatu olahraga adidas di kota Ambon. Hal ini menunjukkan bahwa atribut produk yang melekat pada sepatu olahraga menjadi hal utama yang menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli dan melakukan pembelian ulang sebuah merek yang sama.
Konsep Perilaku Konsumen dalam Prespektif Islam Erlita Nur Shofa Julianti
Jurnal Masohi Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Masohi
Publisher : DPD FDI Maluku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perilaku konsumen adalah kegiatan yang berhubungan dengan membeli dan menggunakan produk untuk memenuhi kebutuhan. Perilaku konsumen timbul atas dasar untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan. Perilaku konsumen dalam Islam merupakan aktivitas pemenuhan kebutahan yang mengedepankan kehendak dan sesuai dengan prinsip prinsip syariat Islam. Ada dua perbedaan yang mendasar antara perilaku konsumen dalam perspektif Islam dan konvensional yaitu terletak pada pola pemenuhannya. Islam lebih mengedepankan pada kehendak atau pada kebutuhan yang mendasar sedangkan dalam konvensional berfokus pada keinginan dimana mengacu pada kepuasan untuk hawa nafsu dan kurang mementingkan kebutuhan. Konsumsi sendiri merupakan kegiatan menghabiskan manfaat, baik barang maupun jasa untuk pemenuhan kebutuhan. Dalam Islam kegiatan konsumsi ini harus memiliki maslahah baik untuk diri sendiri dan orang lain. Maslahah merupakan pemenuhan kebutuhan manusia yang sesuai dengan syariah, mendatangkan kebaikan bersama, serta tidak menimbulkan kemudharatan dan memiliki keseimbangan antara dunia dan akhirat. Dalam konsep maslahah ini ada tiga konsep utama yaitu : 1. Darurriyah, ini adalah tujuan yang harus ada dan mendasar (Primer), 2. Hajiyyah, yaitu tujuan untuk memudahkan kehidupan dan menghilangkan kesempitan (Sekunder), 3.Tahsinniyyah, dalam syariah menghendaki untuk memiliki kehidupan yang nyaman dan indah (Tersier).

Page 1 of 1 | Total Record : 3