cover
Contact Name
Siti Khusniyati Sururiyah
Contact Email
alghazali@stainupwr.ac.id
Phone
+6287728622005
Journal Mail Official
sitikhusniyati@stainupwr.ac.id
Editorial Address
Jl. Pahlawan No.05, Rw. I, Kledung Kradenan, Kec. Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54171
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Al Ghazali: Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam
ISSN : -     EISSN : 25992724     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Al Ghazali merupakanJurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAINU Purworejo. Jurnal ini fokus pada studi kajian teoritis dan kritis seputar pendidikan islam. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, setiap bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi kajian ilmiah baik berupa kajian pustaka atau penelitian lapangan, kajian teoretis maupun kajian kritis yang meliputi beberapa ranah kajian sebagai berikut: 1. Pendidikan agama islam secara umum 2. Problematika Pendidikan Agama Islam 3. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam 4. Metodologi Pembelajaran PAI 5. Eavluasi Pembelajaran PAI 6. Kurikulum PAI 7. Kebijakan seputar PAI 8. Media Pembelajaran PAI 9. Pengembangan Materi PAI 10. Dan masalah lain seputar pendidikan agama islam
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2023): Vol 6 No 1 Bulan Januari-Juni, 2023" : 8 Documents clear
Praktik PRAKTIK BAIK TEACHERPRENEURSHIP PADA GURU MI MA’ARIF MALEBO, KANDANGAN, TEMANGGUNG Agus Ilmi Samudin
Al Ghazali Vol 6 No 1 (2023): Vol 6 No 1 Bulan Januari-Juni, 2023
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/al_ghazali.v6i1.339

Abstract

This study aims to find out about entrepreneurial activities or what is known as the practice of teacherpreneurship vaik in the MI Ma'arif Malebo Educational Environment with the implementation of teacherpreneurship directly at MI Ma'arif Malebo. This study used qualitative studies whose data were obtained from various observation activities, interviews and hypotheses in the study. In addition, this research approach also uses case and descriptive study studies so that in this study it also aims to analyze the quality of MI ma'arif Malebo teachers applying good teacherpreneuship practices in generating social profits so that aspects of their welfare are more guaranteed, in addition to finding social profits in this study, it is explained that teachers are also expected to be able to improve non-academic competencies other than academics. The subject of this study is in teachers as locomotors driving entrepreneurial activities. This research focuses on the issue of about the hononarium of teachers which is not comparable to what the teachers have been devoted to, the teachers only receive a wage of around Rp.250,000-Rp.500,000 for each of these data from the background of the problem to the theory, concept and practical application of teacherpreneurship are used as the basis of scientific theory so that it can measure the extent of the quality of good practice of teacherpreneurship. In addition, the prodak presented in covering teacherpreneur activities is a conventional system by depositing from warung-kewarung, as well as a digital system by being peddled through marketplaces, one of which is the Shopee application.
KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TENTANG KEUTAMAAN ILMU (KAJIAN QS. AT-TAUBAH AYAT 122) Siti Fatimah
Al Ghazali Vol 6 No 1 (2023): Vol 6 No 1 Bulan Januari-Juni, 2023
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/al_ghazali.v6i1.371

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui isi kandungan surah At-Taubah ayat 122. Kedua, untuk mengetahui konsep Pendidikan Islam tentang Keutamaan Ilmu dalam QS. At-Taubah ayat 122. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian kepustakaan (library seseach) adalah penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan kepustakaan atau literature baik berupa buku laporan atau catatan hasil penelitian yang sudah lama. Sumber data yang digunakan berasal dari sumber data primer tafsir Q.S At-Taubah dan sumber data sekunder yaitu artikel-artikel, majalah, jurnal dan situs-situs internet yang berkaitan dengan pembahasan dalam skripsi. Mengumpulkan data menggunakan metode studi dokumentasi dan penelusuran data online, dengan Teknik analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kandungan dalam Q.S At-Taubah ayat 122 yaitu tidak sepatutnya semua mukmin pergi ke medan perang, hendaklah sebagian mukmin lainnya memperdalam ilmu pengetahuan agama agar dapat memberi peringatan kepada kaum musyrikin dan dapat menjaga diri mereka sendiri. Keutamaan ilmu dan orang yang menuntut ilmu adalah ilmu dapat mengangkat derajat orang yang menuntut ilmu maupun yang mengamalkan serta mengajarkan ilmunya tersebut.
Studi Pendidikan Pluralis dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Kemajemukan Wawan Kardiyanto Badrus Zaman
Al Ghazali Vol 6 No 1 (2023): Vol 6 No 1 Bulan Januari-Juni, 2023
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/al_ghazali.v6i1.393

Abstract

Pendidikan agama pada hakikatnya urgen bagi semua peserta didik. Tujuannya untuk meminimalisasi munculnya konflik yang akhir-akhir ini marak terjadi diberbagai kalangan. Di mana semua umat beragama saling mengkultuskan agamanya dan menyatakan kebenaran. Indonesia terdiri dari berbagai suku, kelompok dan juga keagamaan menagih kehidupan bangsanya yang aman dan damai. Demikian ini melatarbelakangi urgensi pendidikan pluralis di semua lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri dan mengkaji aspek pendidikan pluralis perspektif agama Islam. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah kajian pustaka. Hasil dari penelitian ini menemukan aspek penting yaitu pendidikan pluralis merupakan alternatif dalam menumbuhkan sikap solidaritas, simpati, toleransi, meneguhkan keyakinan diri dalam setiap umat beragama.
Metode Pembelajaran Al-Qur'an Berbasis Digital Learning Hawalia Hastani
Al Ghazali Vol 6 No 1 (2023): Vol 6 No 1 Bulan Januari-Juni, 2023
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/al_ghazali.v6i1.403

Abstract

Berkat perkembangan teknologi, al-Qur’an kini dapat kita pelajari melalui media digital dengan menggunakan akses internet. Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mengeksplorasi media digital yang dapat digunakan sebagai alternatif belajar Al-Qur’an dan memberi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari platform belajar Al-Qur’an digital. Agar kita dapat mengetahui dan menentukan cara yang terbaik untuk membaca dan mempelajari al-Qur’an di era modern. Sebab, mengingat pesatnya penggunaan media dan pentingnya kebutuhan belajar Al-Qur’an dalam memberantas buta huruf al-Qur’an. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.
Peran Majelis Taklim An-Nur dalam Pendidikan Kemandirian Perempuan di Desa Trenten Nurul Afifah
Al Ghazali Vol 6 No 1 (2023): Vol 6 No 1 Bulan Januari-Juni, 2023
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/al_ghazali.v6i1.473

Abstract

The majority of women are not aware of the rights they should have. Lack of self-confidence of women in showing their potential. Lack of awareness of the role of women in terms of independent behavior. Low knowledge related to the independence of women's behavior. So women are expected to have independence in dealing with all life's problems, assertive in the action of carrying out its role in the family and community environment and confident in applying their knowledge correctly through education at the Taklim Council. The research method used is with a phenomenological research approach. Research data collection is done in a way observation, interview, and documentation. The subject is the management and several members of the Taklim An-Nur Assembly. Women's Independence Education in Trenten Village through routine activities at the An-Nur Taklim Assembly that is weekly, monthly or annual activities. Through these activities women's self-reliance education appears in the behavioral aspect. Supporting factors for women's self-reliance education at the An-Nur Taklim Assembly, that is all Muslim communities, there is motivation from the taklim board of directors, get family support, get adequate infrastructure and there are speakers as well as very supportive environmental conditions. The inhibiting factor is lack of funds, lack of awareness from members, and the activities of each member. The implications of the role of the Taklim An-Nur Assembly on women's self-reliance education very good contribution. Because of the taklim assembly has a very big role for society, including in individual development. As well as women have self-confident, women are given the opportunity to be leaders in routine activities, women can participate in the management of women's bodies and women have fatigue in making a decision.
STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI MENGGUNAKAN KOMBINASI E-LEARNING MADRASAH DAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS XI MIPA DI MAN PURWOREJO Nur Rohmah Hayati
Al Ghazali Vol 6 No 1 (2023): Vol 6 No 1 Bulan Januari-Juni, 2023
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/al_ghazali.v6i1.486

Abstract

Abstrak Sri Astuti Nugroho, Strategi Pembelajaran Guru PAI Menggunakan Kombinasi E- learning Madrasah dan PTMT Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Guna Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XI MIPA di MAN Purworejo. STAINU Purworejo, 2022. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Bagaimana implementasi kombinasi e- learning madrasah dan PTMT pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis guna meningkatkan pemahaman siswa kelas XI MIPA di MAN Purworejo (2) Bagaimana strategi pembelajaran guru menggunakan kombinasi e-learning madrasah pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis pada siswa kelas XI MIPA di MAN Purworejo (3) Apa faktor pendukung dan penghambat kombinasi e-learning madrasah dan PTMT pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas XI MIPA di MAN Purworejo Jenis penelitian: penelitian lapangan dan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian: guru Al-Qur’an Hadis, siswa kelas XI MIPA, Wakil Ketua Kurikulum dengan objek: segala hal mengenai strategi pembelajaran, e-learning dan PTMT. Teknik pengumpulan data: pengamatan, wawancara, dokumen. Teknik analisis data: reduksi data, display data, kesimpulan. Keabsahan data: ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian (1) penerapan e-learning dan tatap muka berawal dari kondisi penyebaran covid-19 kemudian pembelajaran dilakukan secara daring/luring berdasar pada kebijakan MAN dan keputusan Kemenag. (2) strategi guru sesuai dengan RPP, guru berinovasi, berkreasi serta memotivasi siswa. (3) faktor penghambat, pendukung guru dan siswa yakni kemampuan menggunakan e-learning, karakter dalam pembelajaran, inovasi, kreasi, dan motivasi.
IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN UNTUK MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS X DI SMK N 3 PURWOREJO Prawidya Lestari
Al Ghazali Vol 6 No 1 (2023): Vol 6 No 1 Bulan Januari-Juni, 2023
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/al_ghazali.v6i1.487

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kegiatan keagamaan untuk mengembangkan pendidikan karakter dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila siswa kelas X SMK Negeri 3 Purworejo dan faktor penghambat dan factor pendukung dari implementasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research. Informan penelitian ini adalah waka kesiswaan, waka kurikulum, guru keagamaan dan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut.1) implementasi kegiatan keagamaan siswa kelas X di SMK Negeri 3 Purworejo dilaksanakan melalui: a) intrakurikuler, b) ekstrakurikuler, c) kokurikuler. 2) implementasi kegiatan keagamaan untuk mengembangkan pendidikan karakter dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila siswa kelas X di SMK Negeri 3 Purworejo terdiri kegiatan ketarunaan dan proyek kolaborasi dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKN. 3) faktor pendukung dari implementasi kegiatan keagamaan untuk mengembangkan pendidikan karakter dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila siswa kelas X di SMK Negeri 3 Purworejo adalah semua warga sekolah dan faktor penghambatnya adalah dari internal kurang kekompakan, kurangnya komunikasi, kurang kesiapan, dan kurang solidaritas, faktor penghambat dari eksternal yaitu kurangnya sosialisasi, kurangnya pemahaman orang tua, dan pengaruh media sosial.
الإسلام والدستور والتحول الاجتماعي نحو التعايش الحضاري دراسة تحليلية في التشريع الدستوري الإسلامي والعقد الاجتماعي الاندونيسي (Pancasila) Baidar Muhammad hasan
Al Ghazali Vol 6 No 1 (2023): Vol 6 No 1 Bulan Januari-Juni, 2023
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/al_ghazali.v6i1.496

Abstract

تهدف الدراسة إلى تحليل البعد التشريعي الدستوري الإسلامي وأهميته في التحول الاجتماعي والثقافي وبناء علاقات إنسانية سليمة نحو التعايش الحضاري. كما تسعى الدراسة إلى تحليل دور الدستور الإسلامي في تحقيق التحول الاجتماعي والثقافي نحو التعايش الحضاري ودراسة أهم مبادئه وهي: الحفاظ على حقوق الإنسان، وتحقيق العدالة والسلام في المجتمع. يعتبر الدستور الإسلامي المصدر الأساس للقوانين والتشريعات التي تنظم حياة الناس في الدولة، وتضمن الحقوق والحريات الأساسية للجميع بغض النظر عن العرق، أو الجنس، أو الدين، أو اللون، أو الجنسية، أو الثقافة. كما ستحاول الدراسة استقراء علاقة العقد الاجتماعي الاندونيسي (Pancasila) بالتشريع الدستوري والإسلامي والنظر في أثره الايجابي في تعززي التحول الاجتماعي نحو التعايش الحضاري في اندونيسيا. وتركز الدراسة على ثلاثة محاور رئيسه وهي: المحور الأول: الإسلام والدستور والتحول الاجتماعي نحو التعايش الخضاري. والمحور الثاني: مدى إمكانية استثمار القيم والمبادئ الدستورية الإسلامية في تحقيق التحول الاجتماعي نحو التعايش الحضاري في مجتمعاتنا اليوم. والمحور الثالث: التحول الاجتماعي نحو التعايش الحضاري من خلال العقد الاجتماعي الدستوري (Pancasila). استخدمت الدراسة المنهج الوصفي التحليلي وجمعت البيانات من خلال تحليل بعض البنود المتعلقة بموضوع الدراسة من المصادر التشريعية الإسلامية القرآن الكريم والسنة النبوية وبعض المصادر الأخرى ذات العلاقة. وخلصت الدراسة إلى أن البعد التشريعي الدستوري الإسلامي له أهمية كبيرة في تحقيق التحول الاجتماعي نحو

Page 1 of 1 | Total Record : 8