cover
Contact Name
Muhammad Fadhli
Contact Email
fadhlikhan88@gmail.com
Phone
+6281361619291
Journal Mail Official
journal.jetl@gmail.com
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar No. K-2/22, Pos: 20222, Medan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Education and Teaching Learning (JETL)
Published by Pusdikra Publishing
ISSN : -     EISSN : 26560283     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Education and Teaching Learning (JETL) invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to education, which include textual and field studies with various perspectives, Education Management, Education Policy, Technology Education, Educational Psychology, Curriculum Development and Learning Strategies as well as the results of contemporary research in the field of Education. Scope Kategori pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020): Journal of Education and Teaching Learning (JETL)" : 5 Documents clear
Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menggunakan Metode Percakapan Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IX-3 SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang T.A 2017/2018 Nilawati Nilawati
Journal of Education and Teaching Learning Vol 2 No 2 (2020): Journal of Education and Teaching Learning (JETL)
Publisher : CV. Pusdikra Mitra Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jetl.v2i2.58

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, dengan menggunakan Metode Percakapan dengan sasaran utama untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara pada pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IX-3 SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya keterampilan siswa dalam berbicara pada materi memperagakan teks percakapan di telepon di Kelas IX-3 SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah dengan penggunaan Metode Percakapan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada materi pokok memperagakan teks percakapan di telepon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan Metode Percakapan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka peneliti melakukan observasi dan tes. Adapun observasi yang dilakukan meliputi observasi guru dan siswa. Sedangkan tes dilaksanakan pada pre tes, siklus I dan II. Dari hasil observasi yang diperoleh dari 20 orang siswa pada tes awal (pre tes) hanya terdapat 5 siswa yang terampil berbicara dengan persentase 25%. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 57,75. Maka dilakukan siklus I untuk melihat peningkatan keterampilan berbicara siswa. Dari siklus I diperoleh hasil 13 siswa yang terampil berbicara dengan persentase 65% dan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 71,7. Pada siklus I keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan sebesar 40% dibandingkan pada pre tes. Namun hasil tersebut belum mencapai target yang diharapkan oleh peneliti yaitu siswa yang terampil berbicara mencapai 80%. Selanjutnya peneliti melakukan siklus II agar hasil yang diperoleh siswa sesuai dengan yang diharapkan. Dari siklus II diperoleh hasil 18 siswa dinyatakan terampi berbicara dengan persentase 90% dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 83. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Metode Percakapan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IX-3 SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Dari hasil temuan peneliti di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu dengan menggunakan Metode percakapan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IX-3 SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang T.A 2017/2018 dapat diterima.
Perbaikan Kompetensi Mengajar Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah Di MAN 1 Medan T.A. 2018/2019 Maysaroh Maysaroh
Journal of Education and Teaching Learning Vol 2 No 2 (2020): Journal of Education and Teaching Learning (JETL)
Publisher : CV. Pusdikra Mitra Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jetl.v2i2.60

Abstract

Rancangan penelitian bentuk tindakan sekolah dengan memakai tindakan awal dan dua siklus selama tiga bulan, yang dimulai pada bulan Agustus sampai bulan Oktober 2018. Tujuan penelitian adalah 1) mengetahui tingkat prestasi dalam pelaksanaan tugas mengajar 2) mengetahui peningkatan prestasi kerja guru melalui supervisi objek penelitian guru MAN 1 Medan yang berstatus guru tidak tetap dengan masa kerja antara 1 s.d 3 tahun. Instrumen penelitian menggunakan observasi, studi dokumen dan dialog. Pada identifikasi masalah prestasi kerja kategori kurang pada dua indikator yang diteliti. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus pertama dan kedua dapat diperoleh perbaikan prestasi dengan rincian sebagai berikut : 1) Indikator RPP diperoleh kategori baik 60%, cukup 40%. 2) Indikator 2 penyajian materi diperoleh kategori baik 70% cukup 30%, yang kurang 0%. Memperhatikan hasil siklus 1 dan 2 dapat disimpulkan bahwa prestasi guru dapat diperbaiki melalui tindakan supervisi.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Reading: Memahami Makna Teks Tulis Fungsional Dan Esai Pendek Sederhana Berbentuk Narrative Dan Report Melalui Metode Snowball Drilling Di Kelas IX-B SMPN 2 Pahae Jae T.P 2016/2017 Darmauli Gultom
Journal of Education and Teaching Learning Vol 2 No 2 (2020): Journal of Education and Teaching Learning (JETL)
Publisher : CV. Pusdikra Mitra Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jetl.v2i2.61

Abstract

Metode Snowball Drilling adalah metode pembelajaran yang dilakukan guru dengan memberikan bentuk latihan yang dituliskan di dalam selembar kertas dan kemudian kertas tersebut dibentuk menjadi bola- bola salju yang akan dilemparkan atau digelindingkan kepada setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris siswa SMPN 2 Pahae Jae Kelas IX-b dalam Reading: Memahami Makna Teks Tulis Fungsional Dan Esei Pendek Sederhana Berbentuk Narrative dan report melalui Metode Snowball Drilling T.P 2016/2017, termasuk peningkatan aktivitas dan respon belajar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Pahae Jae kabupaten Tapanuli Utara dengan subjek penelitian siswa Kelas IX-b sejumlah 20 orang. Data aktifitas siswa diperoleh dari hasil observasi melalui instrumen penilaian aktifitas, data hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir hasil belajar setiap siklus, dan data respon belajar siswa diperoleh dari hasil tes melalui instrumen penilaian respon. Hasil penelitian menunjukkan, (1) pada siklus 1 nilai rata-rata aktifitas belajar siswa 70,5 %, nilai rata-rata hasil belajar siswa 66,75 %, dan nilai rata-rata respon belajar 72,00 %, (2) pada siklus 2, nilai aktifitas belajar siswa rata-rata adalah 85,75 %, nilai rata-rata hasil belajar 75,25 %, dan nilai rata-rata respon belajar siswa 85,5 %. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar sesuai data hasil pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris siswa SMPN 2 Pahae Jae Kelas IX-b dalam Reading: Memahami Makna Teks Tulis Fungsional Dan Esei Pendek Sederhana Berbentuk Narrative dan report melalui Metode Snowball Drilling T.P 2016/2017.
Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi “Teks Panjang” Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 173346 Dolok Martumbur Kecamatan Muara Kelas IV T.P 2018/2019 Tinurbaya Lumbangaol
Journal of Education and Teaching Learning Vol 2 No 2 (2020): Journal of Education and Teaching Learning (JETL)
Publisher : CV. Pusdikra Mitra Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jetl.v2i2.62

Abstract

Strategi Mind Mapping adalah pendekatan pembelajaran dalam bentuk visualisasi berupa simbol atau gambar yang dapat digunakan sebagai ganti catatan tertulis dan hasilnya lebih cepat untuk diingat.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia siswa SDN 173346 Dolok Martumbur Kelas IV pada materi ‘Teks panjang” melalui Strategi Mind Mapping T.P 2018/2019, termasuk peningkatan aktivitas dan respon belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 173346 Dolok Martumbur, kecamatan Muara, kabupaten Tapanuli Utara dengan subjek penelitian siswa Kelas IV sejumlah 16 orang. Data aktifitas siswa digali dari hasil obervasi melalui instrumen penilaian aktifitas, data hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir hasil belajar setiap siklus, dan data respon belajar siswa digali dari hasil tes melalui instrumen penilaian respon. Hasil penelitian menunjukkan, (1) pada siklus 1 nilai rata-rata aktifitas belajar siswa 71,88 %, nilai rata-rata hasil belajar siswa 70,63 %, dan nilai rata-rata respon belajar 72,81, (2) pada siklus 2, nilai aktifitas belajar siswa rata-rata adalah 85,31 %, nilai rata-rata hasil belajar 75,93, dan nilai rata-rata respon belajar siswa 85,63. Berdasarkan data hasil belajar pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui Strategi Mind Mapping Pada Materi ‘Teks panjang” mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 173346 Dolok Martumbur, kec. Muara Kelas IV T.P 2018/2019.
Recruitment of Educators: Efforts to Improve the Quality of Education in MTS Negeri 2 Medan Muhammad Fuad Zaini, Oda Kinata Banurea, Mansur Hidayat Pasaribu
Journal of Education and Teaching Learning Vol 2 No 2 (2020): Journal of Education and Teaching Learning (JETL)
Publisher : CV. Pusdikra Mitra Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jetl.v2i2.63

Abstract

This study examines how the recruitment management pattern was carried out by Madrasahs at MTs Negeri 2 as an effort to improve the quality of education, how recruitment is in its implementation, and whether there are obstacles during implementation and the solutions offered by madrasah management. The research method used is descriptive qualitative with a case study technique. The results of the study include the recruitment process which includes the socialization of the announcement of the admission of new educators, administrative selection, written tests, Madrasah interview tests, and school tests (microteaching, school interviews, computer tests, and Al-Qur'an reading and writing tests) carried out accordingly. procedures prepared by the Recruitment Team. Recruitment is carried out following the implementation procedure by prioritizing the main objective of selecting the most qualified educators according to the standards set by MTs Negeri 2 Medan. Supervision of the Recruitment Team carried out by Madrasahs and Heads of MTs Negeri 2 Medan to avoid the possibility of misappropriation or deviation from the Recruitment Team. Meanwhile, for the supervision and evaluation of new educators obtained from the recruitment selection results, they are given time for internships. Internships are carried out to evaluate new educators, see efforts to improve themselves, and see innovations made even to evaluate moral behavior and work behavior during the internship.

Page 1 of 1 | Total Record : 5