cover
Contact Name
Johannes Kurniawan
Contact Email
famejournal@ubm.ac.id
Phone
+6285773331792
Journal Mail Official
famejournal@ubm.ac.id
Editorial Address
Jl. Ancol Barat IV, RT.12/RW.2, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal FAME (Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services
ISSN : 26221292     EISSN : 26230488     DOI : -
Core Subject : Education,
The purpose of this journal is to collect various kinds of articles from various fields, especially with topics in Food and Beverage, Product and Services, Accommodation Industry, Entertainment Service
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020): JOURNAL FAME Journal Food and Beverage, Product and Services, Accommodation Indu" : 6 Documents clear
Industri Perhotelan Di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19: Analisis Deskriptif Lanang Diayudha
Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services Vol 3, No 1 (2020): JOURNAL FAME Journal Food and Beverage, Product and Services, Accommodation Indu
Publisher : Akademi Pariwisata Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/fame.v3i1.2166

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini mengakibatkan industry perhotelan di Indonesia menerima dampak yang sangat besar. Pemberitaan di media massa terkait dengan penutupan usaha hotel di Bali dan kota-kota lainnya menjadikan Pandemi Covid19 ini menjadi bencana bagi industry perhotelan di Indonesia. Berbagai macam cara telah dilakukan oleh pengusaha hotel, pengusaha pariwisata, asosiasi perhotelan serta pemerintah dalam mengurangi dampak kerugian bagi industry hotel terutama di Indonesia. Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia menjadi garda terdepan para pengusaha untuk menyampaikan dan mengusulkan aspirasi mereka demimengurangi kerugian semakin besar. Usulan relaksasipun disusun dan diajukan kepada pemerintah. Dasar lainnya adalah kondisi para pengusaha hotel  yang mengunakan perbankan sebagai modal usaha menghadapi sulitnya melakukan pembayaran pinjaman juga memperparah kondisi industry perhotelan. Analisa ini dilakukan selama dua bulan dengan mengumpulkan berita berita dari berbagai sumber dan juga pengambilan dan kutipan dari kegiatan webinar yang dilakukan selama kebijakan pemerintah untuk tetap dan bekerja dari rumah selama kurang lebih dua bulan ini. Adapun hasil dari analisa deskrptif ini didapati industry perhotelan memerlukan relaksasi yang lebih nyata dari pemerintah untuk menyelamatkan industry perhotelan.                                                    
Dampak Promosi Digital Line Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Dunkin Donuts Dina Mayasari Soeswoyo; David Tumbelaka
Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services Vol 3, No 1 (2020): JOURNAL FAME Journal Food and Beverage, Product and Services, Accommodation Indu
Publisher : Akademi Pariwisata Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/fame.v3i1.2162

Abstract

Kemajuan teknologi dan komunikasi memicu peningkatan dalam penggunaan media sosial di Indonesia. Media sosial sebagai sarana komunikasi kemudian dipilih oleh pemasar sebagai salah satu peluang untuk melakukan promosi  sebagaimana dilakukan oleh Dunkin Donuts yang memanfaatkan Jejaring sosial LINE. Banyaknya jumlah pengikut dan aneka ragam bentuk promosi yang dilakukan, sangat menarik untuk dikaji untuk mengetahui dampaknya terhadap keputusan pembelian para pelanggannya.   Penelitian   ini   menggunakan   pendekatan   kuantitatif   dengan  sampel penelitian sebanyak 100 responden yang merupakan  pengguna  aktif  LINE pelanggan Dunkin Donuts Sukasari Bogor  yang  mengikuti  akun  resmi  Dunkin Donuts.  Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji asumsi klasik dilakukan sebagai prasyarat regresi. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana, Uji-T, Uji koefisien Korelasi serta  Koefisien Determinan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa promosi digital LINE memberi dampak yang positif signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggannya di Dunkin Donuts Sukasari-Bogor dengan kontribusi pengaruhnya  sebesar 58,2%,  sedangkan sisanya sebesar 41,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
Pengaruh Kebiasaan Minum Teh Berkualitas Terhadap Gaya Hidup Konsumen Di Tea Addict Lounge, Jakarta Dikki Zuchradi Choesrani
Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services Vol 3, No 1 (2020): JOURNAL FAME Journal Food and Beverage, Product and Services, Accommodation Indu
Publisher : Akademi Pariwisata Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/fame.v3i1.2167

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang berdampak pada perilaku manusia dan kehidupan manusia yang lebih bersosialisasi, Lounge menjadi bagian gaya hidup dan kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari hari dalam melepas rasa penat setelah menjalankan kegiatan rutinitas harian. Dengan adanya bagian gaya hidup bersosialisasi, maka berkumpul di satu tempat bersama kawan - kawan, sahabat di luar lingkungan kegiatan harian sudah merupakan rutinitas di akhir hari, hanya untuk sekedar bertukar pikiran dan berbagi pengalaman. Hal ini membuat para pebisnis juga mulai melirik usaha di bidang penyajian teh dengan mendirikan berbagai bisnis tea house atau café yang menawarkan beragam jenis teh dari berbagai penjuru dunia. Salah satunya Tea Addict Lounge, menawarkan berbagai jenis teh dari Indonesia.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan minum teh dengan gaya hidup konsumen di Tea Addict Lounge. Dimana dalam penelitian ini membahas lebih dalam apakah konsumen yang datang ke Tea Addict Lounge berdasarkan pengetahuan yang mereka miliki tentang teh atau hanya sekedar gaya hidup saja. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang menggunakan skala likert 1-5 dan wawancara konsumen di Tea Addict Lounge sebanyak 62 responden dalam kurun waktu 3 bulan. Penelitian ini menggunakan korelasi pearson untuk menghitung hasil dari hubungan kedua variable.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut sebesar 0,123. Dimana angka tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat lemah antara kebiasaan minum teh dan gaya hidup konsumen di Tea Addict. Sementara itu, kebiasaan minum teh mempengaruhi gaya hidup konsumen sebesar 1,5%, sisanya sebesar 98,5% dipengaruhi oleh hal – hal lain yang tidak diuji dalam karya tulis ini.
The Impact Of Food Quality And Price On Millennials Satisfaction In Mcdonald’s South Tangerang Hendry Sugiharto; Robert La Are
Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services Vol 3, No 1 (2020): JOURNAL FAME Journal Food and Beverage, Product and Services, Accommodation Indu
Publisher : Akademi Pariwisata Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/fame.v3i1.2163

Abstract

Berdasarkan perbandingan terhadap nilai merek, McDonald's menempati peringkat pertama di antara restoran lain secara internasional. Namun, McDonald's Indonesia hanya menempati posisi kedua dalam hal top of mind share, market share & commitment share. Ketiga parameter ini akan mempengaruhi kemungkinan keputusan pembelian kembali, yang merupakan hasil dari kepuasan pelanggan. Saat ini, gerai McDonald's di Tangerang Selatan mengalami masalah dalam mendapatkan peringkat bintang penuh dan dapat diasumsikan bahwa pelanggan McDonald's di Tangerang Selatan tidak sepenuhnya puas. Seperti yang bisa dilihat, sebagian besar pelanggan mengeluh tentang kualitas dan harga makanan. Oleh karena itu, penelitian ini akan menguji dampak kualitas dan harga makanan terhadap kepuasan generasi millennial di McDonald's South Tangerang. Studi ini akan membawa pembaca lebih lanjut ke dalam tinjauan pustaka yang telah dikumpulkan dan ditinjau. Penelitian ini telah berhasil mengumpulkan sejumlah 187 responden, yang dianggap sebagai generasi millennial dan telah mengonsumsi produk McDonald’s di Tangerang Selatan setidaknya sekali. Analisis yang dilakukan  menggunakan Analisis Regresi Berganda, dengan perangkat lunak SPSS 25. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas dan harga makanan berpengaruh positif terhadap kepuasan generasi millennial di McDonald's South Tangerang, yang dimana variabel kualitas makanan memberikan dampak yang lebih besar daripada harga makanan
Evaluasi Penerapan Standar Operasional Prosedur Housekeeping Department Dalam Penyediaan Bath Towel di The Acacia Hotel Jakarta Fristi Bellia Annishia; Riswanto Riswanto
Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services Vol 3, No 1 (2020): JOURNAL FAME Journal Food and Beverage, Product and Services, Accommodation Indu
Publisher : Akademi Pariwisata Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/fame.v3i1.2164

Abstract

Pada umumnya tujuan tamu yang berkunjung kebanyakan untuk menginap. Seiring banyaknya hotel yang berdiri yang tentunya menjadi pesaing, maka pelayanan kamar serta segala kelengkapannya harus diperhatikan dan dipersiapkan sebaik mungkin. Kelengkapan pada kamar tamu yang juga menjadi kebutuhan pada saat menginap, salah satunya adalah bath towel. Akan tetapi melalui penelitian yang telah dilakukan, terlihat adanya masalah yang timbul akibat sangat kurangnya persediaanpar stockbath towel yang dimiliki Hotel The Acacia Jakarta. Hal ini mengakibatkan timbulnya keluhan pada tamu yang disebabkan karena tidak terdapatnya bath towel di kamar hotel. Salah satu departemen yang paling penting dalam mempertahankan dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para tamu, adalah Housekeeping. Housekeeping Department dibagi menjadi beberapa bagian salah satunya adalah room section yang mempunyai tugas untuk menjaga kebersihan, keamanan, kenyamanan dan kelengkapan kamar tamu.Dengan demikian peranan housekeeping sangatlah penting dalam memenuhi kelengkapan fasilitas di setiap kamar yang salah satunya yaitu kelengkapan bath towel di kamar hotel guna mencapai tingkat kepuasan tamu yang menginap.
Pengaruh Efikasi Terhadap Minat Berwirausaha Studi Kasus Mahasiswa Diknas Hotel Angkatan 2012 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Jakarta Muhammad Yodha Prananda
Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services Vol 3, No 1 (2020): JOURNAL FAME Journal Food and Beverage, Product and Services, Accommodation Indu
Publisher : Akademi Pariwisata Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/fame.v3i1.2165

Abstract

Efikasi diri mengacu pada keyakinan akan kemampuan-kemampuan yang dimiliki individu untuk menggerakkan minat, kemampuan kognitif dan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan situasi. Jadi efikais berperan penting dalam minat berwirausaha, penelitian ini bertujuan untuk (1) Bagaimana efikasi pada mahasiswa diknas hotel angkatan 2012 STP Trisakti untuk menjadi wirausahawan,(2) Seberapa besar pengaruh efikasi terhadap minat kewirausahaan pada mahasiswa diknas hotel angkatan 2012 STP Trisakti. Metodologi yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Variabel yang digunakan adalah efikasi (X) dan minat (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan data primer yang terdiri dari data observasi dan juga kuesioner, data skunder yaitu studi pustaka. Data yang telah terkumpul selanjutnya akan diolah menggunakan SPSS version 22 for windows. Mean dari efikasi sebesar 4,36 menunjukan bahwa tingkat kepercayaan diri (efikasi) sangatlah berpengaruh terhadap minat untuk berwirausaha. Penelitian menunjukan bahwa tingkat efikasi diri mahasiswa perhotelan diknas 2012 adalah 99,0% hal tersebut menunjukan bahwa pengaruh efikasi terhadap minat berwirausaha sangatlah besar. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6