cover
Contact Name
Ali Idrus
Contact Email
pvteunj@gmail.com
Phone
+6281389043955
Journal Mail Official
pvteunj@gmail.com
Editorial Address
Kompleks UNJ Kampus A Gd. L. Lt.2 Jl. Rawamangun Muka Jakarta Timur 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika (JVoTE)
ISSN : -     EISSN : 26227029     DOI : -
The Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika (JVoTE) is dedicated to all electronics engineering practitioners. JVoTE covers topics related to: 1. Teaching and Learning in TVET 2. Evaluation, Assessment, and Certification in TVET 3. Human Resources Management in TVET 4. Vocational Resources in TVET 5. Contemporary Issues in TVET: Policy in TVET
Articles 30 Documents
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ROBOT NAO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ROBOT HUMANOID PADA PEMBELAJARAN ROBOTIKA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA briyan priyo saputro; syufrijal; Pitoyo Yuliatmojo
JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Vol 3 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Volume 3, No.1, July 2020
Publisher : PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jvote.v3i1.18161

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat pengembangan modul pembelajaran robot humanoid menggunakan robot Nao pada pembelajaran Robotika di Universitas Negeri Jakarta. Dalam penelitian ini membuat modul pembelajaran robot humanoid dengan menggunakan robot Nao . Dengan adanya modul pembelajaran robot ini, robot Nao dapat difungsikan untuk mengeluarkan suara, berjalan, menggunakan sensor sentuhan yang ada di kepala dan kaki, menari, mendeteksi wajah dan mendeteksi benda. Metode yang digunakan pada pada penelitian ini adalah Research and Development. Tahap pengembangan meliputi 1). Studi identifikasi dan masalah, 2). Desain 1 buah modul, 3). Validasi, 4). Revisi dan 5). Evaluasi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi 1). Pengujian unjuk kerja, 2). Angket penelitian. Validasi media pembelajaran melibatkan ahli materi dan ahli media pembelajaran. Ujicoba pemakaian dilakukan oleh 15 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase kelayakan modul diperoleh sebesar 88,33% dari ahli materi, 89,20% dari ahli media, dan 85,13% dari hasil ujicoba terhadap mahasiswa. Dari ketiga data perolehan tersebut, modul pembelajaran ini masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan pada mata kuliah robotika di program studi Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Jakarta.
INSTALASI RADIO POINT TO POINT MIKROTIK TIPE CERAGON FIBEAIR 1500P DARI CIKARANG KE CIMANGGIS dimas setiaji; efri sandi
JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Vol 3 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Volume 3, No.1, July 2020
Publisher : PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jvote.v3i1.18162

Abstract

Perangkat Ceragon FibeAir® IP-MAX2 (G) adalah perangkat radio Point to Point berkapasitas tinggi yang memungkinkan untuk men-deliver data dengan kapasitas besar. Sebuah penyedia jasa jaringan dituntut untuk meningkatkan layanan dalam kualitas suara dan data. Untuk memberikan pelayanan yang semakin baik, maka perlu dioptimalkan layanan yang sudah ada maupun layanan yang akan dibuat. Makalah komprehensif ini bertujuan untuk mengintalasi radio point to point mikrotik tipe Ceragon FibeAir 1500P untuk membackup jaringan dan meningkatkan kualitas layanan data di PT. Citra Sari Makmur. Dalam menginstal radio point to point harus sesuai dengan tahapan dan memperhatikan frekuensi kerja agar dapat mempertimbangkan noise dan daya yang diterima serta melakukan pointing antenna supaya parameter yang didapat sesuai dengan yang diinginkan.
ANALISIS PERANCANGAN SISTEM (WAVELENGTH DIVISION MULTIPLEXING) WDM-PON PADA TEKNOLOGI XG-PON DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE OPTISYSTEM Dini Anggraini; efri sandi; arum setyowati
JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Vol 3 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Volume 3, No.1, July 2020
Publisher : PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jvote.v3i1.18163

Abstract

Teknologi XG-PON merupakan pengembangan dari teknologi G-PON. Perbedaan XG- PON dengan G-PON adalah bitrate nya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perancangan dari sistem WDM-PON pada teknologi XG-PON dengan menggunakan software optisystem. Pada perancangan penelitian memiliki beberapa parameter data yang diambil, antara lain Q-Factor, Bit Error Rate dan Power Link Budget. Rancang jaringan WDM-PON pada teknologi XG-PON menggunakan software optisystem melalui tahap simulasi dengan cara mengubah jarak 10-50 Km dan mengubah PTx sebesar 2-8 dBm pada software optisystem. Hasil yang didapatkan dari rancangan WDM-PON pada teknologi XG-PON adalah layak dengan memenuhi standar jaringan yang ada dengan Power Link Budget sebesar -27.54 dBm. Serta mendapatkan hasil dari penelitian Bit Error Rate terhadap jarak dimana semakin dekat jarak maka Bit Error Rate akan semakin bagus dan bila semakin jauh jarak maka Bit Error Rate akan semakin buruk.
PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN MACAM-MACAM GERBANG DASAR RANGKAIAN LOGIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK dhery saputra; Muhammad Yusro
JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Vol 3 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Volume 3, No.1, July 2020
Publisher : PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jvote.v3i1.18159

Abstract

Abstrak Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Teknik Elektronika Dasar Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam-macam Gerbang Dasar Rangkaian Logika dengan Model Pembelajaran Talking Stick. Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta 2016. Makalah Komprehensif ini ditulis bertujuan untuk membuat Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Teknik Elektronika Dasar Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam-macam Gerbang Dasar Rangkaian Logika Dengan Model Pembelajaran Talking Stick. Perencanaan Pembelajaran ini bertujuan untuk membantu memudahkan proses kegiatan belajar mengajar serta untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di SMK. Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan di SMK Jakarta merupakan mata pelajaran Kejuruan yang kompetensinya wajib dikuasai oleh peserta didik. Perencanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Talking Stick diharapkan pada peserta didik akan lebih mudah memahami materi pelajaran dan menyelesaikan permasalahan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.
ANALISIS KONTINGENSI SISTEM TRANSMISI GPON (GIGABIT PASSIVE OPTICAL NETWORK) AREA NETWORK KT2 (MANGGA BESAR) Asyah Tri Astiningsih; baso maruddani; arum setyowati
JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Vol 3 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Volume 3, No.1, July 2020
Publisher : PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jvote.v3i1.18160

Abstract

Penelitian dan penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisis jalur kotingensi mana yang paling baik dalam upaya menyelamatkan data saat jalur tranmisi yang mengalami gangguan, berdasarkan perhitungan dan analisis link budget. Penelitian ini akan mengukur total loss yang terjadi pada core di setiap link yang telah ditentukan. Kemudian akan dilakukan perhitungan total loss dan power link budget menggunakan yang dipengaruhi oleh panjang fiber optik yang digunakan, jenis fiber optik yang digunakan serta jumlah konektor dan jumlah splice yang digunakan. Lalu hasil pengukuran dan perhitungan akan dibandingkan dengan spesifikasi SFP/XFP 10Gb. Berdasarkan pengukuran dan perhitungan yang dilakukan pada ketiga link yang diteliti, link yang paling baik untuk dijadikan jalur kontingensi adalah link KT2 – KT1.
RANCANG BANGUN ROBOT LINE FOLLOWER PEMADAM API MEMANFAATKAN FLAME SENSOR DAN BLUETOOTH BERBASIS ARDUINO Jusuf Bintoro; Badrut Tamam; Pitoyo Yuliatmojo
JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Vol 1 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Volume 1, No. 2, October
Publisher : PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jvote.v1i2.17340

Abstract

Abstrak - Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem monitoring ruangan yang berfungsi untuk memantau keberadaan api di dalam ruangan, dan membuat robot yang bisa memadamkan api secara otomatis berdasarkan hasil monitoring ruangan dengan memanfaatkan flame sensor yang digunakan untuk mendeteksi api di dalam ruangan dan memanfaatkan komunikasi bluetooth untuk mengirim informasi dari ruangan ke robot.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang meliputi perencanaan, analisis kebutuhan perancangan, pengujian, implementasi perangkat keras (Hardware) dan implementasi perangkat lunak (Software). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa robot line follower pemadam api memanfaatkan flame sensor dan bluetooth berbasis Arduino yang telah dirancang sebelumnya berhasil dibuat, dan robot line follower pemadam api memanfaatkan flame sensor dan bluetooth berbasis Arduino ini sudah di coba di track yang mempunyai permukaan yang rata dengan ukuran 3m x 3m dengan 3 prototype ruangan berukuran 90cm x 60cm yang berada di dalam ruangan yang tidak tertembus cahaya matahari dan dengan api yang berasal dari nyala lilin. Pada saat tidak ada api di ruangan robot akan dalam kondisi diam di start dan saat ada api di ruangan, maka robot dapat langsung memadamkan api di ruangan yang terdeteksi terdapat titik apinya secara otomatis. Kata-Kata Kunci: Robot Line Follower, Robot Pemadam Api, Flame Sensor, Bluetooth, Arduino. Abstract - The purpose of this Researh is to Create a monitoring Room system that serves to monitor the presence of fire in the room, and make a robot that can extinguish the fire automatically based on the results of monitoring the room by using a flame sensor used to detect fire in the room and utilize bluetooth communication to send information From room to robot. This research is conducted by using research and development method which includes planning, design requirement analysis, testing, hardware implementation and software implementation.The results of the research show that the robot line follower fire extinguisher utilizes flame sensors and bluetooth-based Arduino that has been designed previously successfully made, and the robot line follower fire extinguisher utilizing flame sensor and bluetooth-based Arduino is already on the track that has a flat surface with the size 3m x 3m with 3 prototype room measuring 90cm x 60cm which is indoors indestructible sunlight and with fire coming from a candle flame. When there is no fire in room robot will be in silent condition at start and when there is fire in room, hence robot can directly Extinguish the fire in the detected room there is a fire point automatically. Keywords: Line Follower robot, Fire Extinguisher Robot, Flame Sensor, Bluetooth, Arduino.
ANALISIS JARINGAN GSM 1800 MHZ PADA SEKTOR YANG MENGGUNAKAN FREQUENCY REUSE TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BTS DKI JAKARTA DI PT. TELKOMSEL INDONESIA, TBK. Ariska Cahya; Wisnu Djatmiko; Aodah Diamah
JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Vol 1 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Volume 1, No. 2, October
Publisher : PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jvote.v1i2.17338

Abstract

Abstrak- Tujuan dari penelitian ini adalah mencari hubungan antara Co – Channel Interference pada konsep Frequency Reuse terhadap kualitas pelayanan BTS DKI Jakarta.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana data diolah dengan menggunakan korelasi product momment dengan bantuan microsoft excell. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari PT, Telkomsel, tbk. yang diambil dengan metode drive test. Sampel yang diambil berjumlah 7 tempat di DKI Jakarta. Data yang diambil merupakan data dari nilai Carrier to Interference (C/I), juga nilai Rx Level dan jarak antara sel asli dan sel co – channel.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Rx Level berpengaruh terhadap nilai Carrier To Interference. Dimana Peneliti menggunakan Carrier To Interference. Dimana peneliti menggunakan Carrier To Interference untuk melihat kualitas dari pelayanan jaringan GSM 1800 MHz dan menggunakan Rx Level sebagai parameternya. Kata kunci : Co – Channel Interference, Frequency Reuse, GSM 1800 MHz, Carrier To Interference, Rx Level. Abstract - The purpose of this research is to find a relationship between the Co - Channel Interference in Frequency Reuse concept of service quality BTS Jakarta.This research uses quantitative method where data is processed by using product moment correlation with the help of microsoft excell. This study uses secondary data sourced from PT, Telkomsel, tbk. captured with drive test method. The sample is 7 places in DKI Jakarta. The data taken is data from Carrier to Interference (C / I) value, also Rx Level and distance between original cell and co-channel cell.The results of this study indicate that the value of Rx Level effect on the value of Carrier To Interference. Where Researchers use Carrier To Interference. Where the researcher uses Carrier To Interference to see the quality of GSM 1800 MHz network service and use Rx Level as its parameter. Keywords: Co - Channel Interference, Frequency Reuse, GSM 1800 MHz, Carrier To Interference, Rx Level
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK LISTRIK DI SMK N 39 JAKARTA Dewi Bilqis Mariska; Rusmono; Moch.Sukardjo
JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Vol 1 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Volume 1, No. 2, October
Publisher : PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jvote.v1i2.17335

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar teknik listrik antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran teams games tournament dan numbered heads together di SMK N 39 Jakarta.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh peserta didik di jurusan Teknik Audio Video. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling.dan diperoleh peserta didik kelas X TAV 1 adalah kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran teams games tournament dan peserta didik kelas X TAV 2 adalah kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran numbered heads together. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest untuk mengukur hasil belajar teknik listrik.Uji instrumen penelitian meliputi validasi ahli dan realibilitas instrumen.Analisis data terdiri dari uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher.Hasil perhitungan uji normalitas pada kelas yang menggunakan model pembelajaraan teams games tournament sebesar 1,154 dan kelas yang menggunakan model pembelajaran numbered heads together sebesar 1,116 dengan Ltabel 1,161 maka data berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh hasil Fhitung 1,75 kurang dari Ftabel 1,87 maka data tersebut berdistribusi homogen.Perhitungan hipotesis statistik menggunakan uji-t dengan thitung 2,12 lebih besardari ttabel 2,00, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat terdapat pengaruh hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together Kata Kunci : model pembelajaran, Teams Games Tournament, Numbered Heads Together Abstract - This research aims to determine the outcomes of differencesin electrical engineering learning among learners who were taught using learning model teams games tournament and numbered heads together in SMK N 39 Jakarta. This kind of research is experimental research with design using Pretest-Posttest Control Group Design. The population in this research are the students majoring in Audio Video Engineering. The sample is taken using simple random sampling technique and obtained that students class X TAV 1 are the experimental class which given treatment with learning model teams games tournament and students class X TAV 2 are the control class which given treatment with model numbered heads together learning. The instrument used in this research is posttest to measure the learning outcomes of electrical engineering. Research instrument test includes expert validation and instrument reliability. Data analysis consisted of normality test using Lilliefors test and homogeneity test using Fisher test.The calculations results of the normality test towards the classes that use the model of learning games tournament teams are 1.154 and classes that use model learning numbered heads together are 1.116 with Ltabel 1.161 then the data is normally distributed. Homogeneity test obtained result Fhitung 1.75 less than Ftabel 1.87 then the data is homogeneous distributed.Calculation of statistical hypothesis using t-test with thitung 2,12 bigger than ttabel 2,00, so it can be concluded that there is influence of learning outcomes between learners who used Teams Games Tournament learning model and learners that using the model of learning Numbered Heads Together Keywords : learning model, Teams Games Tournament, Numbered Heads Together
PERANCANGAN PROTOTIPE PENDETEKSI KERUSAKAN POMPA AIR PADA SISTEM PENGISIAN AIR OTOMATIS MENGGUNAKAN FLOWMETER DAN MEMANFAATKAN SIM800L SEBAGAI PEMBERI NOTIFIKASI SMS BERBASIS ARDUINO MEGA 2560 Dyan Prabowo; Wisnu Djatmiko
JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Vol 1 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Volume 1, No. 2, October
Publisher : PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jvote.v1i2.17336

Abstract

Abstrak- Perancangan Prototipe Pendeteksi Kerusakan Pompa Air Pada Sistem Pengisian Air Otomatis Menggunakan Flowmeter dan Memanfaatkan SIM800L Sebagai Pemberi Notifikasi SMS Berbasis Arduino Mega 2560. Komprehensif. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Dosen Pembimbing, Wisnu Djatmiko. Tujuan penulisan komprehensif adalah merancang prototipe yang dapat mendeteksi kerusakan sistem distribusi pengisian air otomatis berdasarkan pembacaan debet aliran air, serta dapat mengirimkan informasi kerusakan melalui SMS. Prototipe pendeteksi kerusakan pengisian air otomatis yang dirancang terdiri dari 6 subsistem, antara lain; subsistem pembacaan ketinggian air dalam tangki menggunakan sensor water level, subsistem pengisian air menggunakan pompa secara otomatis, subsistem pembacaan debet pompa air menggunakan sensor flowmeter, subsistem pengirim notifikasi berupa SMS menggunakan SIM800L, subsistem tampilan informasi menggunakan LCD dan subsistem pengolah data menggunakan Arduino Mega 2560. Metode penelitian yang diterapkan adalah R&D, namun hanya sampai tahap desain produk atau tanpa pengujian. Hasil Penulisan ini menunjukan perancangan prototipe pendeteksi kerusakan pengisian air otomatis menggunakan flowmeter dan memanfaatkan SIM800L sebagai pemberi notifikasi SMS berbasis arduino mega 2560 dalam bentuk diagram blok sistem dan flowchart. Kata-kata Kunci : Pendeteksi kerusakan, Pengisian air, Sensor Flowmeter, SMS Abstract- Designing a Water Pump Damage Detection Prototype in an Automatic Water Filling System Using a Flowmeter and Utilizing SIM800L as an Arduino Mega 2560 Based SMS Notification Giver. Comprehensive. Jakarta: Electronics Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, Jakarta State University, 2017. Advisor, Wisnu Djatmiko. The aim of comprehensive writing is to design a prototype that can detect damage to the automatic water filling distribution system based on the water flow debit reading, and can send damage information via SMS. The prototype for detecting automatic water filling damage which is designed consists of 6 subsystems, among others; the water level reading subsystem uses a water level sensor, the water filling subsystem uses a pump automatically, the water pump debit reading subsystem uses a flowmeter sensor, the notification sending subsystem uses the SIM800L, the information display subsystem uses an LCD and the data processing subsystem uses the Arduino Mega 2560. The research method applied is R&D, but only up to the product design stage or without testing. The results of this writing show the design of an automatic water filling damage detection prototype using a flowmeter and utilizing the SIM800L as an arduino mega 2560 based SMS notification in the form of a system block diagram and flowchart. Keywords: Damage detector, Water filling, Flowmeter sensor, SMS
PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING SCHOOLOGY PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK MITRA INDUSTRI MM2100 KELAS X JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI muhammad najib; Moch Sukardjo; Wisnu Djatmiko
JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Vol 2 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE) Volume 2, No. 2, December
Publisher : PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jvote.v2i2.13592

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi pengaruh implementasi media pembelajaran berbasis e-learning schoology pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di smk mitra industri mm2100 kelas x jurusan teknik elektronika industri. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen yaitu menggunakan metode Preexperimental Design dengan desain penelitian “One Group Pretest-Postest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK Mitra Industri MM 2100 Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik Pengambilan sample menggunakan Teknik Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling, sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X Elind 1 Teknik Elektronika Industri MM 2100 sebagai kelas eksperimen yang belajar menggunakan media pembelajaran berbasis E-Learning Schoology pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Instrumen Penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 72 butir soal. Uji persyaratan analisis dilakukan melalui uji normalitas. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Chi Kuadrat pada pretest, diperoleh yaitu 4,880 < 11,070 sehingga data berdistribusi normal, sedangkan pada posttest diperoleh yaitu 7,756 < 11,070sehingga data berdistribusi normal untuk kedua pretest dan postest. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t untuk dua sample related yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 38,60 > 1,68 pada taraf signifikansi = 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterimasehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran berbasis e-learning schoology pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di smk mitra industri mm2100 kelas X Elind 1 jurusan teknik elektronika industri di SMK Mitra Industri MM 2100.

Page 1 of 3 | Total Record : 30