cover
Contact Name
Dr. Madekhan
Contact Email
madekhan@unisla.ac.id
Phone
+6285259898639
Journal Mail Official
madekhan@unisla.ac.id
Editorial Address
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/about/editorialTeam
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 25031228     EISSN : 26214172     DOI : 10.30736
Sebagai jurnal kajian penelitian pendidikan dan pembelajaran, kehadiran Reforma dimaksudkan untuk penampung ide, gagasan dan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh para praktisi, pemikir dan ahli di bidang pendidikan dan pembelajaran
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2019)" : 7 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF BAHASA INGGRIS DENGAN TEMA “TRAVELLING” DI KELAS XII MIA-3 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN Muslim Triono
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v8i2.217

Abstract

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang ada di sekolah. Dalam mempelajari Bahasa Inggris dengan tema “Traveling” sebagian siswa kelas XII MIA-3 SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan merasa kesulitan dan sangat membutuhkan media yang cocok karena dalam tema tersebut salah satunya mempelajari bagaimana mendiskripsikan tempat, dalam hal ini objek wisata. Oleh karena itu, untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari tema “Traveling” sangat dibutuhkan sekali media yang sangat menarik, yaitu media gambar. Sehingga proses belajar dan mengajar dapat berjalan dengan lancar dan dapat mencapai hasil yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) apakah penerapan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris dengan tema “Traveling” pada siswa kelas XII MIA-3 SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan, (2) bagaimana media gambar dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris dengan tema “Traveling” pada siswa kelas XII MIA-3 SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA-3 semester genap SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini terbatas pada tema ‘Travelling’. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kegiatan Siswa. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar siswa.Dari analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris dengan tema ”Traveling”, kesiapan belajar, pemahaman dan prestasi belajar siswa di kelas XII MIA-3 SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan, (2) Semangat, antusias, keceriaan dan kreativitas dalam bentuk keaktifan siswa selama proses belajar mengajar mengalami peningkatan, (3) Kemampuan siswa dalam mengungkapkan makna serta mendiskripsikan gambar mengalami peningkatan. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Media Gambar
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SIFAT KOLIGATIF MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO DIKELAS XII MIA-3 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN Asnam Asnam
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v8i2.213

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti sebagai guru Kimia, penilaian portofolio yang dapat melengkapi dan memberikan informasi yang lebih kepada orang tua tentang hasil belajar peserta didik belum diterapkan oleh guru khususnya di kelas XII MIA-3 SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan yang telah menggunakan Kurikulum 2013. Hal ini menyebabkan seluruh siswa belum mengenal penilaian portofolio sebagai salah satu bentuk penilaian autentik.Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang menerapkan penilaian portofolio, 2) untuk mengetahui nilai portofolio siswa pada pokok bahasan Sifat Koligatif dan, 3) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan portofolio pada pokok bahasan Sifat Koligatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas 4 tahap antara lain, (i) rencana kegiatan, (ii) kegiatan dan pengamatan, (iii) refleksi dan, (iv) revisi. Penelitian ini berlangsung sebanyak 3 putaran. Sasaran penelitian adalah penerapan penilaian portofolio pada pokok bahasan Sifat Koligatif dan sebagai sumber data adalah siswa kelas XII MIA-3 yang berjumlah 30 siswa, pengamat, dan guru. Hasil dari penelitian adalah 1) pengelolaan pembelajaran meningkat, pada putaran 1: 4,05 pada putaran 2: 4,12 dan putaran 3: 4,20 yang secara keseluruhan menunjukkan kategori baik. 2) rata-rata nilai portofolio yang meliputi aspek presentasi portofolio, kelengkapan isi dan ketercapaian indikator pembelajaran oleh siswa sebesar 81,70 dan oleh guru sebesar 75,89. Ketuntasan belajar mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar 83,78%. 3) respon siswa cukup kuat terhadap penerapan penilaian portofolio. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif, Penilaian portofolio
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DAN HEWAN DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DI KELAS XI MIA-3 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN Muchammad Sun'an
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v8i2.218

Abstract

Model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) adalah model pembelajaran dimana siswa dalam kelas dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 4 sampai 5 dan setiap kelompok harus heterogen. Siswa dalam kelompok dituntut untuk dapat bekerjasama untuk menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana yang telah diberikan oleh guru. Dengan menggunakan model pembelajaran tersebut diharapkan peserta didik mampu mencari, menganalisis dan menggunakan informasi dengan sedikit atau bahkan tanpa bantuan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada materi sistem pernapasan pada manusia dan hewan, (2) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada materi sistem pernapasan pada manusia dan hewan bila ditinjau dari minat siswa pada mata pelajaran Biologi, dan (3) ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada materi sistem pernapasan pada manusia dan hewan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK, dengan RPP dan LKS sebagai perangkat pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan: Tes Hasil Belajar, Lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa dan angket respon siswa. Hasil pengamatan dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Model pembelajaran CIRC dapat menarik siswa untuk senang belajar sebesar 90% dan membantu memahami pelajaran sebesar 77,5%. Sehingga pembelajaran CIRC merupakan model pembelajaran yang efektif jika digunakan, (2) Hasil belajar siswa meningkat pada setiap putaran yaitu pada putaran I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 80% dengan nilai rata-rata 68,85; putaran II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 97,5% dengan nilai rata-rata 75; dan putaran III diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan nilai rata-rata 79,2. Sehingga penerapan model pembelajaran CIRC ini efektif jika diterapkan. Kata kunci : Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR KEMAMPUAN NARRATIVE WRITING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X IIS-2 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN Bambang Suhartono
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v8i2.214

Abstract

Dalam dunia pendidikan, Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang harus dikuasai oleh anak didik, mulai dari ketrampilan listening, speaking, reading dan writing. Dari keempat ketrampilan tersebut perlu adanya suatu penekanan pada salah satu ketrampilan dalam pembelajaran, yaitu ketrampilan menulis atau lebih jelasnya mengarang. Mengarang adalah ketrampilan bahasa yang rumit dan membutuhkan kemampuan yang ekstra dalam menyusun kalimat yang benar. Sebagai pemula, mengarang bukanlah hal yang mudah karena mereka harus mengembangkan ide – ide sendiri. Kalimat dalam paragraf harus ditulis secara gramatikal ( sesuai tata bahasa Inggris ) dan menggunakan kata – kata yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, (2) ketuntasan belajar belajar yang dicapai oleh siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas X IIS-2 SMA Negeri 1 Ngimbang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini terbatas pada kemampuan menulis Narrative Text. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kegiatan Siswa. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Tes Menulis Narrative Text dan Lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran. Dari analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis Narrative Text berdasarkan gambar siswa Kelas X IIS-2 SMA Negeri 1 Ngimbang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah sangat baik, dalam arti sudah memenuhi kriteria yang peneliti inginkan, hal ini terbukti dengan nilai rata-rata prosentase menurut aspek 85,6% dengan kriteria sangat baik. Kata Kunci: Media Gambar, Narrative Writing
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD KYAI HASYIM SURABAYA Mukhammad Masruri; Mohammad Taufiq; Muhammad Thamrin Hidayat; Syamsul Ghufron
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v8i2.219

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menguji ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Kyai Hasyim Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Kyai Hasyim Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kyai Hasyim Surabaya pada tanggal 22 Oktober 2018. Teknk pengumpulan data adalah menggunakan observasi, angket dan tes yag berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Kyai Hasyim Surabaya setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Peningkatan tersebut disebabkan karena penyajian dalam materi rantai makanan menarik. Jumlah skor dari posttest yakni 3478 dengan rata-rata 86,95, sehingga presentase rata-rata tersebut masuk ke dalam kategori sangat baik. pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas V SD KYai Hasyim Surabaya yakni terdapat perubahan kenaikan skor sebanyak 780 poin sedangkan presentase rata-rata naik sebanyak 19,50, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima. Artinya terdapat perbedaan antara nilai hasil pretest dan post test dan terdapat adanya pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI INTI ATOM DAN RADIOAKTIVITAS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XII MIA-3 SMA NEGERI 1 NGIMBANG Endang Widiastuti
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v8i2.215

Abstract

Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari; sementara siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit, dan dari proses mengkonstruksi sendiri, sebagai bekal untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat. Disamping itu juga, seorang siswa adalah manusia yang memiliki karakteristik atau potensi yang berbeda baik secara jasmani maupun rohani meskipun sebenarnya Tuhan memberikan karakteristik tersebut sama diantara manusia hanya saja banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan dari karakteristik itu sendiri sehingga manusia atau siswa khususnya akan terlihat berbeda satu sama lain. Oleh sebab itu, diperlukan adanya kerja sama atau sikap kooperatif diantara siswa atau manusia pada umumnya demi mencapai suatu tujuan bersama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran sains kontekstual dengan strategi kooperatif (STAD). Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas XII MIA-3 semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang diteliti berjumlah 30 siswa. Penelitian ini terbatas pada materi inti atom dan radioaktivitas. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kegiatan Siswa. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar tes, Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa, dan Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sains berbasis kondisi wilayah industri dengan strategi kooperatif (Model STAD) dalam siklus belajar mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII MIA-3 semester genap SMA Negeri 1 Ngimbang. Peningkatan prestasi belajar siswa terbukti dengan berkurangnya jumlah siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan belajar minimal 75%. Pada siklus I jumlah siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan belajar minimal 75% adalah 9 siswa dan mereka diharuskan untuk mengikuti remidi yang dilaksanakan di luar jam pelajaran sedangkan pada siklus II tidak ada siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan belajar minimal 75% artinya tidak ada siswa yang harus mengikuti remidi. Kata kunci: STAD (Student Team Achievement Divisions)
PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI DRAMA MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS XI IIS-1 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN Luluk Hermiwati
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v8i2.216

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini memiliki tujuan untuk meningkatkan apresiasi drama materi sekitar proklamasi dengan menggunakan metode bermain peran (Role Playing ) pada pokok bahasan drama pendek yang dilakukan di kelas XI IIS-1 SMA Negeri 1 Ngimbang tahun pelajaran 2017/2018 dan melihat bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam mengapresiasi drama. Pada Penilitian Tindakan Kelas ini peneliti mengambil populasinya yakni kelas tinggi (4,5,6 ) pada SMA Negeri 1 Ngimbang akan tetapi yang menjadi sampel penelitian ini pada kelas XI IIS-1 yang berjumlah 32 siswa. Untuk mendapatkan hasil yang baik dan untuk mengetahui perkembangan kemampuan anak maka peneliti melakukan tindakan sebanyak dua siklus. Pada siklus I dan siklus II ternyata mengalami peningkatan kemampuan apresiasi drama materi sekitar proklamasi kearah yang lebih baik walaupun tidak secara signifikan, ini menunjukkan bahwa penelitian dengan menggunakan metode bermain peran ini harus lebih ditingkatkan lagi. Dari hasil perhitungan berdasarkan skor yang diperoleh pada siklus I yaitu 66,02 dan mengalami peningkatan menjadi rata-rata 70,25 pada siklus II. Dari data-data hasil penelitian tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan metode bermain peran ini dapat meningkatkan apresiasi drama pendek materi sekitar proklamasi pada anak-anak kelas XI IIS-1. Hasil positif ini ditunjukkan dengan mulai meningkatnya rasa kepercayaan diri anak dalam memerankan tokoh sesuai dengan karakter yang diinginkan seperti dalam teks drama pendek tersebut. Dengan mulai meningkatnya rasa percaya diri ini memberi efek positif dan merupakan modal dalam mengembangkan apresiasi terhadap drama pendek pada materi sekitar proklamasi. Kata kunci: Metode Bermain Peran (Role Playing)

Page 1 of 1 | Total Record : 7