cover
Contact Name
Sutiyo
Contact Email
sutiyobanyumasan@yahoo.com
Phone
+6285747444485
Journal Mail Official
jurnalpkp@ipdn.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Hukum Tata Pemerintahan Kampus IPDN Jatinangor Jl. Ir. Soekarno Km.20, Jatinangor, Jawa Barat, Sumedang, Jawa Barat 45363
Location
Kab. sumedang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pemerintahan dan Keamanan Publik (JP dan KP)
ISSN : 26861836     EISSN : 27160742     DOI : https://doi.org/10.33701/jpkp
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Pemerintahan dan Keamanan Publik (JP dan KP) menyambut baik kontribusi dalam bentuk artikel dari para ilmuwan, cendekiawan, profesional dan peneliti yang berkaitan dengan studi masalah pemerintahan, manajemen dan kebijakan bencana, perlindungan masyarakat, keselamatan publik, dan keamanan publik dalam arti luas di daerah, tingkat nasional dan internasional.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Jurnal Pemerintahan dan Keamanan Publik (JP dan KP), Vol. 4, No. 1, Februari 2022" : 5 Documents clear
KAJIAN LITERATUR: FAKTOR PENENTU PERTOLONGAN PERTAMA MASYARAKAT AWAM PADA PASIEN SESAK DENGAN SUSPECT COVID-19 Syafari Nur Shidiq; Vitria Wuri Handayani; Azhari Baedlawi; Fakrul Ardiansyah
Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP dan KP) Jurnal Pemerintahan dan Keamanan Publik (JP dan KP), Vol. 4, No. 1, Februari 2022
Publisher : Program Studi Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik IPDN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33701/jpkp.v4i1.2409

Abstract

Latar Belakang: Sesak sebagai salah satu tanda penderita Covid-19 pada kondisi pandemik sulit dibedakan dengan kondisi sesak lainnya dan sulit untuk dilakukan screening secara tepat dan cepat terutama oleh masyarakat awam. Belajar dari kondisi darurat akibat pandemi Covid-19, faktor-faktor seperti pengetahuan, kecemasan, keterampilan masyarakat dan memberikan pertolongan pertama bagi pasien sesak Covid19 dapat mempengaruhi kecepatan penanganan pertama sesak pada pasien Covid-19 atau suspect Covid-19. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pertolongan pertama oleh masyarakat awam pada pasien sesak dengan suspect Covid-19 berdasarkan hasil review literature. Bahan dan Metode: Metode penelitian ini menggunakan Study Literature Review. Literatur ini didapatkan dari menggunakan Google scholar dan ResearchGate dan 5 literatur review dilakukan analisaPICO. Hasil: Dalam penelitian yang direview, ada dua artikel yang menunjukkan bahwa determinan faktor pertolongan pertama pada pasien sesak Covid-19 dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan serta keterampilan masyarakat awam dalam menangani pasien sesak Covid-19. Review jurnal ini memberi gambaran secara literatur tentang penelitian yang dilakukan untuk mengetahui faktor pertolongan pertama pada pasien sesak Covid-19 yang dilakukan oleh masyarakat awam. Kata Kunci: Pertolongan Pertama; Pasien Covid-19; Sistem Pernafasan
KOMPETENSI APARATUR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG Dana Mahmuda; Romi Saputra; Agung Nurrahman
Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP dan KP) Jurnal Pemerintahan dan Keamanan Publik (JP dan KP), Vol. 4, No. 1, Februari 2022
Publisher : Program Studi Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik IPDN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33701/jpkp.v4i1.2418

Abstract

Terjadinya ketimpangan atau kekurangan aparatur untuk jabatan pelaksana pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pesawaran menjadi salah satu fokus permasalahan penelitian. Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran umum dan menganalisis kompetensi aparatur dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Temuan penelitian, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pesawaran masih menghadapi masalah terkait kuantitas dan kualitas aparatur. Selain itu masih terdapat penempatan jabatan pegawai yang belum sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Kesimpulannya, terkait dengan kompetensi aparatur Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung telah memenuhi keempat dimensi yaitu membantu dan melayani orang lain,mampu mempengaruhi dan menciptakan dampak, memiliki kemampuan manajerial dan kemampuan efektivitas pribadi. Namun terdapat satu dimensi yang masih kurang baik dalam penyelenggaraan kompetensi aparatur yaitu dimensi berorientasi pada prestasi dan tindakan, dimana pegawai yang menduduki jabatan belum sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Kata Kunci: Kompetensi, Aparatur, Pelayanan Publik
PERAN DINAS PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI LASIANA DI KOTA KUPANG PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR Mulyana Mulyana; Daryl Christo Fanggi
Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP dan KP) Jurnal Pemerintahan dan Keamanan Publik (JP dan KP), Vol. 4, No. 1, Februari 2022
Publisher : Program Studi Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik IPDN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33701/jpkp.v4i1.2450

Abstract

Terjadinya tumpang tindih status kepemilikan lahan masyarakat atau swasta, dan kurangnya jumlah sarana dan prasarana serta fasilitas yang tersedia di Pantai Lasiana menjadi fokus permasalahan penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran umum peran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam pengembangan objek wisata Pantai Lasiana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti melakukan wawancara kepada 13 orang informan, observasi dan dokumentasi serta melakukan analisis data dengan reduksi dan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kurangnya fasilitas yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat baik dari aspek kuantitas maupun kualitas menjadi salah satu faktor pendorong minat kunjungan wisatawan. Disamping itu, penyebarluasan informasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat dinilai kurang efektif sehinggapemerintah daerah perlu memperhatikan kualitas informasi yang disajikan dalam melakukan promosi. Masyarakat lokal sudah diberikan pelatihan dan pembinaan serta sosialisasi dalam rangka peran pemerintah sebagai terapi pada pengembangan objek wisata Pantai Lasiana. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kota Kupang telah menyelenggarakan peran sebagai kebijakan, strategi, alat komunikasi, alat penyelesaian sengketa dan terapi. Namun masih terdaat hambatan dalampelaksanaannya. Penulis menyarankannya agar pemerintah daerah dapat merumuskan kebijakan terkait, mengevaluasi kegiatan promosi yang telah dilakukan dan memperbaiki serta meningkatkan fasilitas objek wisata Pantai Lasiana. Kata Kunci: peran, pemerintah daerah, objek wisata
KEBIJAKAN MANAJEMEN PEMERINTAHAN DALAM INOVASI PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KABUPATEN KARAWANG (STUDI PADA APLIKASI TANGGAP KARAWANG ATAU TANGKAR) Irena Anggrayni
Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP dan KP) Jurnal Pemerintahan dan Keamanan Publik (JP dan KP), Vol. 4, No. 1, Februari 2022
Publisher : Program Studi Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik IPDN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33701/jpkp.v4i1.2458

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pemerintahan dalam aplikasi pengaduan masyarakat oleh Pemerintah Kabupaten Karawang berupa pembuatan aplikasi TANGKAR dalam mengorganisasi dan menyelesaikan pengaduan dari masyarakat Karawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang didasarkan pada teori manajemen yang dikemukakan oleh George R Terry yang ditinjau oleh beberapa aspek seperti: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang bersifat naratif. Sumber data yang diperoleh yaitu berupa data primer yang berasal dari informan secara langsung dan data sekunder berasal dari data-data pendukung lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi secara langsung, wawancara yang mendalam kepada narasumber dan instrumen pendukung yang diperkuat dengan adanya dokumentasi, dan didukung oleh data sekunder yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen aplikasi ini cukup baik dan aplikasinya cukup bermanfaat dalam menangani berbagai pengaduan yang diberikan dan di bagikan di media sosialnamun ada beberapa hal yang menjadi sebuah evaluasi dan perbaikan bagi aplikasinya yaitu berupa admin yang harus diperbanyak, aplikasi yang butuh perawatan lanjutan agar tidak sering terjadinya error. Kata Kunci: Manajemen, Pengaduan Masyarakat, TANGKAR
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DAMAGE AND LOSS ASSESSMENT (DaLA) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PEMULIHAN PASCA BENCANA DI KABUPATEN BOGOR PROVINSI JAWA BARAT Farhan Mulyo Nugroho; Ida Yunari Ristiani
Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP dan KP) Jurnal Pemerintahan dan Keamanan Publik (JP dan KP), Vol. 4, No. 1, Februari 2022
Publisher : Program Studi Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik IPDN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33701/jpkp.v4i1.2552

Abstract

Kabupaten Bogor yang juga memiliki potensi bencana yang termasuk sangat tinggi, yang dapat dilihat dari segi banyaknya jumlah kejadian bencana maupun dampak yang dihasilkan berupa kerusakan/kerugian yang ditimbulkan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bogor dalam mengkaji tingkat kerusakan dan kerugian akibat bencana menggunakan metode Damage and Loss Assessment (DaLA). Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Damage and Loss Assessment (DaLA) dalam meningkatkan pelayanan pemulihan pasca bencana di Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa metode ini dinilai sudah efektif pada dimensi pemahaman program, ketepatan sasaran, tercapainya tujuan dan juga perubahan nyata. Tetapi masih ditemukan kekurangan dalam ketepatan waktu, yang mana pengkajian menggunakan metode ini sangat tergantung pada kondisiakibat bencana untuk mengetahui lamanya pengkajian. Kata Kunci: efektivitas, metode Damage and Loss Assessment (DaLA), pelayanan pemulihan pasca bencana

Page 1 of 1 | Total Record : 5