cover
Contact Name
Florensius Tijan
Contact Email
admin@unka.ac.id
Phone
+6281227902049
Journal Mail Official
admin@unka.ac.id
Editorial Address
Jl.YC.Oevang Oeray, Desa Sungai Ana, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang
ISSN : -     EISSN : 25993518     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
FOKUS, Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, kali ini memulai tampil dalam kemasan baru. Tampilan dan gaya baru bukanlah berarti menafikkan eksistensi dan substansi keilmuan, terutama ranah kajian administrasi publik. Terbitan ke 17 nomor 1, Maret 2019, tentunya banyak harapan dan tantangan yang masih harus dibenahi oleh Tim Penyunting. terutama yang berkaitan dengan isi, dimana edisi Jurnal kali ini belum dapat menyatukan tulisan dalam satu tofik (monograf). Namun demikian, tidaklah berarti mengurangi telaah substansi pembahasan sebuah persoalan keilmuan. Kritik yang bermanfaat sangat dihargai, namun bukan berarti kritik yang tidak bermanfaat tidak dihargai, hanya barangkali cara menempatkan kritik itu yang berbeda. Sebab semua kritik tentulah bermanfaat terlebih untuk Jurnal FOKUS ini. Semoga Jurnal FOKUS kedepan akan tampil semakin sempurna dan mampu menggugah kesadaran untuk menampilkan tulisan yang sangat erat terkait dengan ruang lingkup Ilmu Administrasi Publik dan mencapai tujuan bernegara yang bermuara pada penyelesaian persoalan publik (masyarakat), tentunya kontribusi yang tidak sebatas ide semata, namun yang sangat utama tentulah aksi-aksi (actions) konkrit.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 21 No 2 (2023): FOKUS" : 18 Documents clear
UPAYA PENJUALAN PERLENGKAPAN OUTDOOR PADA ADVENTURE STORE SINTANG Evy Ratnasari
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 21 No 2 (2023): FOKUS
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Adventure Store merupakan toko penjualan produk pakaian dan perlengkapan outdooryang cukup lengkap di kota Sintang. Berbagai merk dan jenis produk cukup banyak dijual ditoko Adventure Store ini, walaupun masih belum lengkap terutama berkaitan dengan ukuranatau size dan warna produk yang tersedia, Dalam penelitian ini, metode yang digunakanadalah metode penelitian deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui danmendeskripsikan Upaya Penjualan pada Adventure Store Sintang. Subyek dalampenelitian ini adalah Pemilik, Karyawan dan Konsumen Adventure Store. . Promosi yangdilakukan oleh Adventure Store dalam rangka meningkatkan penjualan sudah cukupberhasil dengan efektif, dimana berbagai kegiatan setiap tahun secara rutin dilakukan.Media promosi yang digunakan adalah media sosial, dan terbukti cukup memberikandampak terhadap peningkatan penjualan produk outdoor. Sudah ada target penjualanyang ditetapkan oleh Adventure Store, penjualan yang sering mencapai target yaitupada saat liburan. Perlu dilakukan penambahan persediaan barang-barang, untukmemberikan banyak pilihan pada para konsumen. Diperlukan upaya promosi yang lebihintens lagi terutama menggunakan media lain selain media sosial. Perlu peningkatanpelayanan agar target penjualan yang diinginkan dapat tercapai.Kata Kunci : Upaya; Penjualan; Perlengkapan Outdoor; Produk.
DINAMIKA PANDEMI COVID-19 DI KALURAHAN SUMBERMULYO Susi Krisjuyani
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 21 No 2 (2023): FOKUS
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstak: Pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya penyakit Corona Virus Disease 2019disingkat COVID-19 di seluruh dunia untuk semua Negara. Penyakit ini disebabkan oleh Coronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2. Pemerintah di seluruh dunia telah dipaksa untukmembatasi pergerakan publik dan menutup bisnis serta tempat hiburan untuk memperlambatpenyebaran COVID-19. Peneliti tertarik menjawab masalah tersebut dengan mencoba menjawabrumusan masalah: Bagaimana Dinamika Pandemi COVID-19 di Kalurahan Sumbermulyo.Tujuan Penelitian ini adalah untuk menceritakan atau mengatakan (to tell) suatu cerita secaradetail dari suatu kejadian yang terjadi berkaitan dengan Dinamika Pandemi COVID-19 diKalurahan Sumbermulyo. Maka metode yang digunakan, yaitu metode penelitian kualitatifdengan pendekatan naratif. Objek penelitian ini adalah Dinamika Pandemi COVID-19 diKalurahan Sumbermulyo Kapanewon Bambanglipuro Kabupaten Bantul Daerah IstimewaYogyakarta. Teknik yang digunakan adalah teknik purposive. Informan penelitian ini sebanyak10 orang. Terjadinya Dinamika Pandemi COVID-19 di Kalurahan Sumbermulyo menyebabkantingginya angka kematian dan kemerosotan ekonomi yang perlahan-lahan "membunuh"masyarakat. Hal ini dilihat dari jumlah total kasus positif COVID-19 di Indonesia setiapbulan selalu mengalami peningkatan yang cukup drastis. Masyarakat harus membatasi dirimelakukan interaksi dengan sesama warga lainnya, dikarenakan khawatir akan memiliki potensipenularan COVID-19. Selain hal tersebut, COVID-19 mempengaruhi sistem Pendidikan danKebudayaan, perayaan-perayaan yang identik dengan keramaian dihentikan sejenakaktivitasnya. Maka dari itu peneliti memberikan saran; Pertama, pemerintah desa harusmembuat regulasi dan membuka lapangan pekerjaan baru kepada Masyarakat, melaluipelatihan pemasaran produk pertanian dan perkebunan kemudian memasarkan secaraonline menggunakan jejaring sosial media. Kedua, masyarakat harus mematuhiperaturan, berinteraksi antar masyarakat dilakukan secara online, dan selalu menjagaKesehatan.Kata Kunci: Dinamika; Pandemi; COVID-19.
Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa Dalam Perencanaan Pembangunan abang zainudin; Mangut Riadi
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 21 No 2 (2023): FOKUS
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v21i2.814

Abstract

Absrtak: Untuk melaksanakan pelayanan yang baik maka perlu adanya pengawasan BPDsehingga fungsi pengawasan BPD sangat penting artinya dalam pelaksanaan pembangunan desasejak perencanaan sampai pengawasan.Selain itu pengawasan berfungsi menentukan efektif atautidak perencanaan pembangunan yang dilakukan tersebut. Dengan demikian pengawasan BPDyang menjadi sasaran adalah pelaksanaan pembangunan agar sesuai dengan perencanaan yangtelah ditentukan. Selanjutnya mekanisme pengawasan dilaksanakan sesuai dengan pedoman danteknik pengawasan yang menjadi tugas pokok dan fungsi BPD yaitu mengawasi kinerja KepalaDesa dengan melakukan koordinasi dan komunikasi bersama Kepala Desa maupun sesamaanggota BPD. Komunikasi dengan Kepala Desa dalam rangka mencari data-data yang berkaitandengan pelaksanaan tugas pokok Kepala Desa. Demikian juga jenis pengawasan yangdilaksanakan adalah secara langsung dan tidak langsung, pengawasan tidak langsung BPDmenerima informasi dari masyarakat maupun laporan tertulis, tujuan pengawasan agarpelaksanaan tugas yang terdapat kekeliruan segera diperbaiki sehingga tidak terdapatpenyimpangan.Kata Kunci : Perencanaan; Pengawasan; Pembangunan.
PENGEMBANGAN APARATUR SIPIL NEGARA MELALUI BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) PADA KANTOR SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN SINTANG Mikael Mahin
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 21 No 2 (2023): FOKUS
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v21i2.846

Abstract

Abstrak: Bimbingan teknis (Bimtek) pada Kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat DaerahKabupaten Sintang dilaksanakan sebagai proses belajar dalam rangka peningkatan kemampuansumber daya manusia ASN yang profesional dan berkualitas untuk melaksanakan tugastugasnya. Tujuan penelitian ini untuk menjawab permasalahan yang diteliti serta menganalisis,untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Pengembangan Aparatur Sipil Negara MelaluiBimbingan Teknis (Bimtek) Pada Kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat DaerahKabupaten Sintang. Penelitian ini jenisnya penelitian deskriptif, yakni penelitian yangdimaksudkan untuk membuat gambaran atau mengambarkan keadaan ataupun kejadian.Terutama yang berkenaan dengan Pengembangan Aparatur Sipil Negara melalui BimbinganTeknis (Bimtek) Pada Kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bimbingan Teknis (Bimtek) itu meliputi BimtekTentang Legal Drafting pada Sekretariat DPRD di Jakarta. Bimtek tentang penguatan jabatan,kinerja dan optimalisasi peran Setwan selaras dengan system kerja DPRD dalam menghadapiTahun Politik 2024. Bimtek tentang fasilitasi penyusunan properda, penilaian mandiripelaksanaan reformasi birokrasi di Jakarta. Workshop nasional Asdeksi di Bandung Jawa Barat.Workshop Nasional Asdeksi di Yogyakarta. Kendala-kendala Pengembangan Aparatur SipilNegara meliputi biaya (dana pengembangan).
Strategi Inovasi Pada Kolam Renang imam asrori
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 21 No 2 (2023): FOKUS
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Kolam Renang Kurnia Waterpark Nanga Pinoh dibuka sejak tahun 2013 menyediakanfasilitas meliputi kolam renang, area bermain, dan sarana outbound. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis Strategi Inovasi pada Kolam RenangKurnia Waterpark. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Inovasi produk yang dilakukanyaitu menambah wahana kolam renang anak dan kolam splash, menyediakan aula pertemuan,acara ulang tahun, rapat atau acara keagamaan. Inovasi pelayanan antara lain pelayanan tiketmasuk, inovasi pelayanan baru yang sudah ada yaitu tempat penyewaan alat renang, dan jugatempat untuk penjualan aksesoris. Pelanggan di permudah dengan adanya paket Gathering yangdi tawarkan untuk pengunjung, terutama rombongan akan diberikan potongan harga khusus.Inovasi pemasaran yang telah dilakukan dengan media sosial, media cetak seperti baliho, radiodan memberikan voucher diskon untuk pelajar.Kata Kunci : Strategi; Inovasi; Produk; Pelayanan; Pemasaran
PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA DI DESA LEMBAH BERINGIN Petrus Atong; Jabriadi
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 21 No 2 (2023): FOKUS
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian penyusunan perencanaan pembangunan desa di desa lembah beringindilakukan untuk kajian dalam aspek prinsip, mekanisme dan partisipasi masyarakat desa.Metode penelitian bersifat deskriptif, subyek penelitian terdiri dari kepala desa dan ketua dananggota badan permusyawaratan desa. Instrumen penelitian terdiri atas wawancara,dokumentasi dan observasi. Analisis data bersifat analisis kualitatif. Hasil penelitian sepertiprinsip dan mekanisme belum semuanya sesuai dengan aspirasi masyarakat. Kemudian kegiatanpartisipasi masyarakat kurang aktif terlibat dalam penyusunan perencanaan pembangunan didesa, mereka lebih aktif dalam melaksanakan pembangunan di desa.Kata Kunci: Penyusunan; Perencanaan; Pembangunan; Desa.
PERAN MASYRAKAT DALAM PENGELOLAAN HUTAN PENAM LEBU’ SENGKUANG DI DESA EMPAKA KABIAU RAYA KECAMATAN BINJAI HULU KABUPATEN SINTANG Emiliani Nindy Diana Sim; Nikodimus
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 21 No 2 (2023): FOKUS
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Peran masyarakat dalam pengelolaan hutan sangat diperlukan untuk menjagakelestarian hutan dan sumber penghidupan masyarakat di sekitar hutan. Penelitian ini bertujuanuntuk menguraikan peran masyarakat dan faktor penghambat dalam pengelolaan hutan PenamLebuk’. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif di mana data dikumpulkan melaluiwawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran masyarakat dalampengelolaan masih belum maksimal disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Padafaktor internal, berkaitan dengan tingkat pengetahuan dan pendidikan yang masih rendah sertapekerjaan yang menyita waktu masyarakat untuk ikut berperan. Pada faktor eksternal, berkaitandengan masih mendominasinya peran lembaga desa sehingga kesempatan masyarakat untukberperan aktif menjadi minim.Kata Kunci: Peran; Masyarakat; Pengelolaan Hutan
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA MENABUNG DI KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) (studi Kasus di KSP CU Tri Tapang Kasih) Paulus Paulus
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 21 No 2 (2023): FOKUS
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak :Kualitas Pelayanan mempengaruhi perilaku konsumen yang selanjutnya konsumen membuat keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas pelayanan terhadap Keputusan anggota menabung di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union (CU) di Branch Office Imbun Kasih. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode. Responden yang ditetapkan merupakan anggota yang menabung di lembaga KSP CU Tri Tapang Kasih berjumlah 94 orang. Analisis Data menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian menujukkan persamaan regresi linear sederhana diperoleh persamaan : Y = – 2,093 + 0,724X. Dengan nilai konstanta sebesar – 2,093 dan nilai variabel kualitas pelayanan ( x ) sebesar 0,724. Nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan terima Ha artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel kualitas pelayanan terhadap keputusan anggota menabung. Hasil koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,939 atau 93,90 % kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan anggota menabung, sisanya 6,10 % faktor lain yang turut serta mempengaruhi minat anggota menabung yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kata Kunci : Kualitas ; Pelayanan, Keputusan ; Anggota
UPAYA MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT MEMINJAM PADA BUMDES SAHABAT DESA LAMAN RAYA KECAMATAN SUNGAI TEBELIAN KABUPATEN SINTANG Lin Magdalena
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 21 No 2 (2023): FOKUS
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Hadirnya BUMDES Sahabat memberikan kesempatan kepada masyarakat khususnyadi desa Lama Raya untuk mendapatkan pinjaman karena masyarakat desa memiliki akses yangterbatas untuk mendapatkan pinjaman di bank karena terkendala syarat-syarat pinjaman.Hadirnya BUMDES Sahabat ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat DesaLaman Raya untuk mendapatkan pinjaman yang digunakan untuk membuka usaha maupununtuk keperluan produktif lainnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui upaya apa saja yangdilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat meminjam pada BUMDES Sahabat DesaLaman Raya Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang. Teknik pengumpulan data yaituwawancara, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yaitu pedoman wawancara,pedoman observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksidata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwamasyarakat meminjam pada BUMDES Sahabat Desa karena ingin mendapatkan bunga pinjamanrendah dengan syarat pinjaman yang tidak rumit. Namun menurut peminjam, bunga pinjamanmasih dirasakan tinggi, jumlah pinjaman dibatasi, angsuran per bulan dirasakan besar.Kesimpulan: pelayanan belum maksimal, menyelesaikan masalah tunggakan yang meminjamsudah baik dengan mengedepankan kekeluargaan, bunga pinjaman 18% per tahun, pinjamanmaksimal Rp10.000.000 dengan jangka waktu pinjaman 1 (satu) tahun.Kata Kunci : Bumdes; Minat; Masyarakat.
ETIKA PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN KAPUAS KIRI HULU KECAMATAN SINTANG Jhony Fredy Hahury
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 21 No 2 (2023): FOKUS
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini membahas etika pelayanan publik di Kantor Kelurahan Kapuas Kiri Hulu.Tujuan penelitian untuk melihat sejauhmana etika yang diterapkan dalam pelayanan kepadamasyarakat. Informan penelitian yakni Lurah, Sekretaris Lurah, Seksi Trantib dan PelayananUmum dan masyarakat yang mendapatkan pelayanan. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatifdengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasidan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penerapan etika pelayanan sudahdilakukan dengan baik oleh perangkat kelurahan sebagai bentuk tanggung jawab pelayananyang diberikan sesuai prinsip-prinsip pelayanan. Oleh karena itu, etika harus menjadi standarmoral dalam pelayanan publik agar meningkatkan layanan yang santun dan professional.Kata Kunci : Etika; Pelayanan; Publik.

Page 1 of 2 | Total Record : 18


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 21 No 2 (2023): FOKUS Vol 21 No 1 (2023): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 21, No 1 (2023): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 20 No 2 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 20, No 2 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 20, No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 20 No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 19, No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 19 No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 19 No 1 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 19, No 1 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 18, No 2 (2020): FOKUS Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Ka Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 17, No 2 (2019): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 17, No 1 (2019): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 16, No 2 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 16 No 2 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Ka Vol 16, No 1 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 15, No 1 (2017): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 14, No 2 (2014): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 14, No 1 (2013): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K More Issue