cover
Contact Name
Anggun Fergina
Contact Email
anggun.fergina@nusaputra.ac.id
Phone
+6282214066121
Journal Mail Official
restikom@nusaputra.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra Jl. Raya Cibatu Cisaat No.21, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kab. sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Restikom : Riset Teknik Informatika dan Komputer
Published by Universitas Nusa Putra
ISSN : 26864800     EISSN : 26864797     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer ini diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra, sebagai jurnal yang terbit setiap empat bulan sekali yang fokus menyajikan tulisan-tulisan tentang Ilmu Komputer, Informatika dan Teknologi Informasi. Jurnal ini berisi artikel-artikel penelitian atau pengembangan konsep yang berkaitan dengan bidang-bidang Komputer Komputasi, Kemananan Komputer, Kecerdasan Buatan, Internet Of Thing, Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Lainnya. Jurnal RESTIKOM menerbitkan naska 3 kali dalam setahun yakni setiap bulan April, Agustus dan Desember.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022): April" : 5 Documents clear
Sistem Informasi Geografis Pemetaan Fasilitas Kesehatan di Kota Sukabumi Berbasis Web Gina Purnama Insany; M. Raiga Agusti Rustandi; Anggun Fergina
Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer Vol 4 No 1 (2022): April
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/restikom.v4i1.96

Abstract

Fasilitas kesehatan di Kota Sukabumi terbilang cukup memadai dengan tersebarnya beberapa fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit yang tersebar di setiap kecamatan. Namun, masyarakat masih kesulitan menemukan fasilitas kesehatan karena kurangnya informasi mengenai lokasi keberadaan fasilitas kesehatan tersebut.Untuk itu peneliti perlu merancang suatu Sistem Informasi Geografis (SIG) pemetaan fasilitas kesehatan di wilayah kota sukabumi agar masyarakat mudah mencari fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, dan Klinik. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kota Sukabumi. Metodologi yang digunakan dalam membangun sistem ini adalah metode Waterfall. Teknik pengujian yang digunakan dalam sistem ini yaitu pengujian black box testing. Sistem yang dibuat berbasis web dengan menggunakan PHP, Mysql, dan LeafletJS untuk menampilkan peta. Hasil dari pengembangan Sistem Informasi Geografis ini yaitu sistem dapat menampilkan pemetaan persebaran fasilitas kesehatan yang nantinya sistem dapat mencari lokasi fasilitas kesehatan dan juga menampilkan rute dari fasilitas kesehatan. Dengan dibuatnya Sistem Informasi Geografis diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mencari lokasi fasilitas kesehatan yang lebih spesifik dan dapat menghasilkan informasi secara tepat.
Sistem Informasi Penyimpanan Data untuk Pengelolaan Arsip Berbasis Website Zaenal Alamsyah; Alun Sujjada; Mohamad Salman Farizi
Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer Vol 4 No 1 (2022): April
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/restikom.v4i1.100

Abstract

Arsip merupakan kumpulan dokumen berharga yang disimpan secara sistematis karena mempunyai kegunaan agar setiap kali diperlukan dapat secara cepat ditemukan kembali. Oleh karena itu sebaiknya arsip dikelola menggunakan sistem pengelolaan arsip yang baik dan benar. Apabila suatu arsip sulit untuk ditemukan akan menjadi hambatan dalam proses pengambilan keputusan dan akan mempersulit proses hukum dan pertanggungjawaban. Pada dinas kearsipan membutuhkan sistem manajemen arsip kegiatan yang berisi tentang kegiatan dari dinas lain meliputi sub kegiatan, anggaran biaya dan indikator apa saja yang menjadi tolak ukur kegiatan tersebut berhasil atau tidak. Pembuatan sistem informasi penyimpanan data melalui beberapa tahapan. Tahapan pertama dalam membangun sistem ini adalah tahapan perancangan yang digunakan meliputi pengumpulan data seperti melakukan wawancara, studi dokumen, pembuatan UML(Unifiel Modelling Languange), ERD (Entity Relationship Diagram). Tahapan kedua yaitu mebuat desain tampilan. Tahap terakhir yaitu programming, testing dan implementasi. Setelah melakukan tahapan perancangan dan analisa data maka didapatkan rancangan table databse sebanyak 5 buah yang terdiri dari table user, indicator, arsip, employee dan field. Semua table ini saling berhubungan dan digunakan sebagai peyimpanan data. Adapun pengujian yang dilakukan menggunakan black box untuk memastikan semua sistem berjalan dengan sesuai harapan yaitu memudahkan pegawai dinas kearsipan dan perpustakaan(diarpus) untuk mengengelola data kegiatan agar datanya tersentralilasi.
Penyisipan Pesan Pada Media Teks Menggunakan 2-Wrap Lenght dan Karakter Non-Breaking Space Muhammad Ikhsan Thohir; Alun Sujjada; Reni Andian; Zaenal Alamsyah
Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer Vol 4 No 1 (2022): April
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/restikom.v4i1.101

Abstract

Steganografi merupakan teknik penyembunyian pesan yang dianggap rahasia ke dalam file lain dengan cara menyamarkan isi pesan. Proses steganografi membutuhkan pesan dan cover. Cover adalah media yang digunakan untuk penyisipan atau penyembunyian pesan. Penelitian ini,menggunaan metode 2-wrap length untuk menentukan file teks yang akan disisipkan pesan. Metode ini didasari oleh konsep seperti file teks akan dikonversi ke bilangan ASCII untuk diubah menjadi bilangan biner. Proses selanjutnya yaitu menambahkan karakter nonbreaking space untuk membuat file baru yang secara kasat mata akan tampak mirip dengan file aslinya.
ANALISIS UJIAN ESSAY MENGGUNAKAN METODE COSINE SIMILARITY Anggun Fergina; Kamdan; Moh. Iqbal Maulana
Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer Vol 4 No 1 (2022): April
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/restikom.v4i1.107

Abstract

Setiap proses pembelajaran memerlukan suatu evaluasi berupa ujian. Berdasarkan jenis ujian dapat dilakukan dalam tiga bentuk, yaitu pilihan ganda, ujian isian singkat dan ujian esai. Ujian dalam bentuk pilihan ganda dan ujian esai merupakan jenis ujian yang seringkali digunakan khususnya dalam ujian kenaikan kelas, namun dua jenis ujian tersebut memiliki kelemahan, terutama untuk materi-materi tertentu jika dibandingkan ujian dalam bentuk esai. Ujian dengan sistem esai dapat melatih penyampaian informasi secara verbal. Ujian esai juga menuntut pemahaman yang lebih baik akan suatu ilmu dan dapat digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman manusian akan suatu ilmu secara lebih mendalam. Pada proses e-learning jenis ujian esai, perangkat komputer yang menjadi komponen penting lebih mudah dalam melakukan penilaian ujian pilihan ganda dan ujian esai secara akurat dibandingkan dengan melakukan penilaian dalam ujian esai secara langsung.
Rancang Bangun Penyiram Tanaman Otomatis Berbasis Internet of Things Menggunakan NodeMCU dan Telegram Alun Sujjada; Rizki Maulana; Anggun Fergina
Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer Vol 4 No 1 (2022): April
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/restikom.v4i1.115

Abstract

Berkebun tanaman hias adalah salah satu hobi yang sangat digemari masyarakat Indonesia saat ini. Salah satu yang paling diminati adalah berkebun tanaman hias Aglonema sp. Namun, biasanya permasalahan yang muncul adalah sering kali kita tidak mempunyai waktu atau lupa untuk melakukan penyiraman, karena masih dilakukan secara manual. Berdasarkan dari permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu alat yang dapat membantu proses penyiraman tanaman secara otomatis. Alat yang dikembangkan memanfaatkan sistem berbasis Internet of Things yang dapat bekerja secara otomatis menggunakan Soil Moisture Sensor untuk mengukur nilai kelembaban tanah yang dikontrol oleh NodeMCU dan dikoneksikan ke Telegram. Soil Moisture Sensor berfungsi sebagai pendeteksi kelembaban dalam tanah yang dikontrol oleh NodeMCU digunakan untuk mengolah inputan yang kemudian yang akan ditampilkan pada Liquid Crystal Display nilai kondisi tanah tanaman. Alat ini menggunakan Pompa Air untuk mengalirkan air ke tanaman dengan perintah dari NodeMCU. Sistem Sprinkler yang telah dibuat mampu menyirami tanaman secara otomatis. Aplikasi Telegram akan menerima dan menampilkan nilai-nilai kondisi tanah yaitu kering, lembab atau basah sesuai hasil pembacaan dari sensor kelembaban tanah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5