cover
Contact Name
Anggun Fergina
Contact Email
anggun.fergina@nusaputra.ac.id
Phone
+6282214066121
Journal Mail Official
restikom@nusaputra.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra Jl. Raya Cibatu Cisaat No.21, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kab. sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Restikom : Riset Teknik Informatika dan Komputer
Published by Universitas Nusa Putra
ISSN : 26864800     EISSN : 26864797     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer ini diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra, sebagai jurnal yang terbit setiap empat bulan sekali yang fokus menyajikan tulisan-tulisan tentang Ilmu Komputer, Informatika dan Teknologi Informasi. Jurnal ini berisi artikel-artikel penelitian atau pengembangan konsep yang berkaitan dengan bidang-bidang Komputer Komputasi, Kemananan Komputer, Kecerdasan Buatan, Internet Of Thing, Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Lainnya. Jurnal RESTIKOM menerbitkan naska 3 kali dalam setahun yakni setiap bulan April, Agustus dan Desember.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2023): April" : 8 Documents clear
Implementasi Ujian Online untuk Menyeleksi Calon Sumber Daya Manusia (SDM) Furnitur dan Interior Guna Mendukung Ketersediaan SDM Pembangunan IKN Fesa Putra Kristianto
Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer Vol 5 No 1 (2023): April
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/restikom.v5i1.97

Abstract

Penetapan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru membutuhkan banyak SDM salah satunya adalah sektor sektor furnitur dan interior. Kebutuhan SDM furnitur dan interior mencapai 143.119 orang pertahun atau 4,51% dari total kebutuhan SDM. Oleh karena itu untuk mencukupi kebutuhan SDM di Sektor furnitur dan interior, Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu mencari calon-calon SDM Furnitur yang berkualitas. Salah satu caranya adalah melakukan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional melalui ujian online. Tujuan perancangan ujian online adalah agar proses seleksi dapat dilakukan secara nasional dan tetap menjaga integritas proses seleksi. Ujian online ini menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang merupakan metode ujian dengan menggunakan sistem komputer terpadu. Sistem CAT ini dikembangkan menggunakan framework codeignaiter dan metode water fall sehinngga lebih cepat dan mudah dalam penyelesaiannya. Penelitian ini meghasilkan Website CAT dengan variasi model soal yang sangat luas serta sudah memenuhi kebutuhan system dengan sangat baik. Dari penelitian ini diharapkan Politeknik industri dan Pengolahan Kayu mendapat calon SDM furnitur dan interior dengan kualitas bagus yang nantinya akan disalurkan untuk membantu kebutuhan SDM dalam pembangunan IKN.
Analisa Sosialisasi Netiket dalam Berkomunikasi di Aplikasi Pesan Instan dan Media Sosial DEWI WULANDARI
Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer Vol 5 No 1 (2023): April
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/restikom.v5i1.103

Abstract

Teknologi telepon seluler yang canggih memungkinkan beragam aplikasi dapat terinstalasi di dalamnya. Aplikasi pesan instan dan media sosial ramai digunakan masyarakat dalam berkomunikasi teks, gambar, audio, dan video. Berkomunikasi kepada kolega, keluarga, dan kepada siapa pun kian mudah, kian cepat, dan kian kaya akan konten yang dapat tersampaikan. Komunikasi langsung atau tatap muka memerlukan etika berkomunikasi, demikian pula beretika di Internet (Netiket). Netiket diperlukan untuk meminimalisir kemungkinan berkomunikasi dengan etika yang kurang sesuai di masyarakat daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab keresahan pada etika berkomunikasi via aplikasi yang dapat dijawab dengan memahami kondisi masyarakat pada penggunaan teknologi, jumlah aplikasi, dan durasi penggunaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data primer hasil survei, menggunakan non-probability sampling dan analisis deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan perangkat formulir elektronik Microsoft Form yang kemudian didistribusikan ke komunitas melalui pesan instan WhatsApp. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 61% mayoritas responden menginstalasi 3-6 aplikasi pesan instan dan media sosial dengan durasi penggunaan 64% di 4-8 jam sehari. Responden mayoritas di 53% memahami definisi dari netiket, dan 75% beranggapan sangat penting untuk diimplementasikan dalam berkomunikasi menggunakan pesan instan dan media sosial di kehidupan sehari-hari. Kemudian 95% responden menganggap perlu netiket ini disosialisasikan ke masyarakat
Sistem Informasi Inventaris Barang di Badan Pusat Statistika Kabupaten Sukabumi Berbasis Web Anggun Fergina; Gisni Ariyanti; Alyanissa Putri Iskandar; Jelita Asian; Umar Aditiawarman; Dini Oktarina Dwi Handayani; Deshinta Arovva Dewi
Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer Vol 5 No 1 (2023): April
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/restikom.v5i1.105

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web di Badan Pusat Statistika Kabupaten Sukabumi guna membantu bagian inventaris barang dalam peminjaman barang, informasi kondisi barang, penomoran barang dan pendataan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi dan menggunakan metode Waterfall sebagai metode pembangunan perangkat lunak. Web Sistem Informasi Inventaris Berbasis Informasi di Badan Pusat Statistika Kabupaten Sukabumi Buer ini dibangun dengan menggunakan bahasa Java Server Pagess (jsp), dan database MySQL
Perancangan Sistem Manajemen Dokumen Berbasis Paperless Buku Syarat Kecakapan Umum Pramuka Siaga Rafie Djajasoepena; Eko Sulistyo; Putri Yuni Lestari; Ery Eryanto; Muhammad Agni Catur Bhakti
Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer Vol 5 No 1 (2023): April
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/restikom.v5i1.114

Abstract

Buku Syarat Kecakapan Umum (SKU) digunakan adik-adik Pramuka Siaga dalam mendokumentasikan sejumlah pencapaian keahlian terkait Pramuka Indonesia. Tiap keahlian yang telah dicapai merupakan hasil uji dari Pembina maupun Pembantu Pembina yang kemudian memberi verifikasi dengan membubuhkan tanggal uji dan tandatangan. Buku SKU berukuran saku ini rentan untuk hilang dan rusak. Hal ini dapat merugikan adik-adik Pramuka Siaga baik perorangan maupun beregu yang tengah berupaya untuk naik tingkat ke Siaga, Mula, Tata, dan Bantu. Perlu diteliti dan dirancang sebuah sistem manajemen dokumen paperless yang tersentralisasi agar buku SKU dapat tetap merekam pencapaian keahlian adik-adik Pramuka Siaga dengan menghindari duplikasi dokumen. Sistem manajemen dokumen memfasilitasi Pembina untuk dapat memberikan persetujuan hasil uji di tiap butir keahlian, dan adik-adik juga dapat memonitor pencapaian mereka. Adik-adik Pramuka Siaga dapat menggunakan ponsel pintar dalam memantau progres pencapaian, dan Pembina juga dapat membubuhkan tandatangan elektronik melalui perangkat komputer seperti desktop maupun laptop. Kombinasi teknologi antara media penyimpanan berbasis awan tersinkronisasi Google Drive dan fitur tandatangan elektronik pada dokumen Portable Document Format (PDF) dapat memberi solusi pada permasalahan serta memberikan kemudahan di masa yang akan datang dengan tetap berpegang pada aturan yang telah ada selama ini.
ANALISIS TINGKAT KUALITAS LAYANAN E-LAPKIN MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL PADA PEMERINTAH KOTA PALEMBANG Arief Algiffary
Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer Vol 5 No 1 (2023): April
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

e-LAPKIN merupakan suatu perwujudan dari e-Government dalam bentuk aplikasi pelaporan kinerja pegawai berbasis web yang digunakan untuk melakukan analisis terhadap kebutuhan tertentu yang kemudian dijadikan sebagai dasar penilaian prestasi kerja dan pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kota Palembang. Penelitian bersifat kuantitatif yang menggunakan metode e-Servqual ini bertujuan untuk mengukur tingkat kualitas layanan pada e-LAPKIN. Populasi dalam penelitian terdiri dari PNS Pemerintah Kota Palembang yang aktif menggunakan e-LAPKIN pada tahun 2023. Penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling untuk memilih sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang disebar melalui Google Form dan dianalisis menggunakan teknik uji F dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi-dimensi pada variabel e-ServQual secara signifikan berdampak positif terhadap kualitas layanan e-LAPKIN.
Implementasi Fitur Assistance Virtual Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Sindy Dwi Lestari; Achmad Zakki Falani
Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer Vol 5 No 1 (2023): April
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/restikom.v5i1.121

Abstract

Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan berkembang dengan pesat, berbagai media pembelajaran baru muncul untuk mencari tingkat pembelajaran yang efisien. Oleh sebab itu dalam penelitian ini diterapkan virtual asisten yang interaktif dalam bentuk chatbot sebagai media pembelajaran interaktif bagi siswa. Tujuan penelitian ini yakni untu mengembangkan media pembelajaran yang masih konvensional agar dapat megikuti perkembangan teknologi serta meningkatkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yakni observasi, wawancara serta studi literatur. Pengujian dilakukan dengan metode black box dan uji validator serta pengujian respon guru dan tingkat kepuasan penggunaan siswa. Penelitian ini menghasilkan Chatbot sebagai virtual asisten yang interaktif bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.
Penggunaan Teknologi 5G Untuk Mendukung Manajemen Pelayanan Pelangan Telkomsel Menggunakan ITIL V3 Pada Telkomsel Palembang Dimi Krismayanti; Resky Klarasati; Tata Sutabri
Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer Vol 5 No 1 (2023): April
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/restikom.v5i1.125

Abstract

Manajemen pelayanan pelanggan adalah proses yang melibatkan perencanaan, pengoperasian, dan pengendalian pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Hal ini mencakup semua aspek yang terkait dengan pemberian layanan yang memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Untuk mencapai tujuan ini, Telkomsel dapat mengadopsi pendekatan yang didasarkan pada ITIL V3 (Information Technology Infrastructure Library). ITIL V3 adalah suatu kerangka kerja terstruktur yang dirancang untuk memperbaiki pengelolaan layanan TI. Itu terdiri dari seperangkat praktik dan proses terbaik yang dapat diterapkan dalam lingkungan TI untuk meningkatkan pengiriman layanan dan kepuasan pelanggan. Beberapa proses utama dalam ITIL V3 yang relevan untuk manajemen pelayanan pelanggan Telkomsel menggunakan teknologi 5G adalah yang pertama Strategi Layanan (Service Strategy), kedua Desain Layanan (Service Design), ketiga Transisi Layanan (Service Transition), keempat Operasi Layanan (Service Operation), dan yang ke lima Peningkatan Layanan (Continual Service Improvement). Dari pernyataan di atas, diperlukan pengukuran penggunaan teknologi 5G untuk mendukung manajemen pelayanan pelangan telkomsel menggunakan ITIL V3 Pada Telkomsel Palembang, untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan data kuantitatif dengan didukung domain ITIL V3 guna mendapatkan nilai maturity level, tahapan pengumpulan data peneliti melakukan penyebaran kuesioner secara virtual yang kuisioner telah dibuat menggunakan google form, sehingga dari pengolahan data ini dapat di analisis tingkat keberhasilan atau kemajuan Teknologi Informasi serta mengukur tingkat efektif dan efesien pada Telkomsel Palembang, maka dimasa mendatang akan menjadi rekomendasi serta dapat di evaluasi oleh penelitian selanjutnya agar mendapatkan perkembangan teknologi informasi yang mendukung manajemen pelayanan yang lebih baik.
Pemodelan Sistem Dinamik dalam Peningkatan Profitabilitas Produksi Menggunakan Ventana Simulation Habi Baturohmah
Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer Vol 5 No 1 (2023): April
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/restikom.v5i1.145

Abstract

Pertumbuhan UMKM menyebabkan persaingan ketat antar pelaku bisnis. Salah satunya bisnis makanan. Pemasaran menggunakan sosial media marketing telah dilakukan, namun keuntungan yang didapat masih kurang. Order backlog atau produksi terhenti adalah permasalahan didalam penelitian ini. Oleh karena itu, diperlukan sebuah pemodelan yang merepresentasikan strategi peningkatan profit pada bisnis tersebut yaitu simulasi sistem dinamik menggunakan aplikasi ventana simulation. Berdasarkan variabel, causal loop diagram (CLD) dan stock and flow diagram (SFD) yang dibangun, terdapat 3 skenario untuk peningkatan profitabilitas produksi yaitu meningkatkan produksi, menurunkan biaya alat bahan, dan keduanya. Hasilnya, dalam 12 bulan ketika meningkatkan produksi dengan menurunkan biaya alat bahan secara signifikan dapat meningkatkan penjualan, pendapatan, dan keuntungan bagi bisnis. Selain itu, penelitian selanjutnya perlu mengidentifikasi lebih dalam terkait dengan variabel perubahan proses produksi sebagai salah satu yang meningkatkan variabel produksi terhenti.

Page 1 of 1 | Total Record : 8