cover
Contact Name
Chairun Nas
Contact Email
chairun.nas@cic.ac.id
Phone
+62231-220250
Journal Mail Official
lppm@cic.ac.id
Editorial Address
Jl. Kesambi 202, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133, Indonesia
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Digit : Digital of Information Technology
ISSN : 2088589X     EISSN : 27209636     DOI : -
Jurnal Digital Of information Technology (DIGIT) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) Cirebon. Jurnal DIGIT di terbit dua kali dalam satu tahun yaitu setiap bulan Mei dan November Jurnal DIGIT berfokus pada makalah dan penelitian yang memuat Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Kompilasi, Desain Basis Data, Penambangan Data, Teknologi Layanan Web, Business Intelligent, Kecerdasan Buatan, Logika Fuzzy, Visi Komputer, Sistem Tertanam, Robotika, Sistem Pakar, Pembelajaran Mesin, E-Commerce, Digital dan Keamanan Jaringan, Neuro Fuzzy, E-Government, Bioinformatika, Sistem Informasi Geografis, Aplikasi Seluler, Teknologi Game, Jaringan Komputer, Cloud Computing.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2022)" : 10 Documents clear
PERANCANGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) (STUDI KASUS : PT. CITRA KREASI MAKMUR) Agus Priyatna; Ivan Susanto; Agus Sevtiana
Jurnal Digit Vol 12, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i2.297

Abstract

ABSTRAKKnowledge memegang peranan penting dalam kelangsungan suatu perusahaan. Dengan memanfaatkan knowledge yang ada, perusahaan dapat meningkatkan kinerjanya. Namun, tidak hanya knowledge saja yang dibutuhkan, melainkan pengelolaannya juga dibutuhkan. PT Citra Kreasi Makmur memiliki knowledge yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan, tetapi knowledge tersebut masih tersimpan di masing-masing karyawan sehingga sering terjadinya brain dain (kehilangan pengetahuan). Metode pengembangan yang digunakandalam merancang knowledge management system adalah Rapid Application Development (RAD). Perancangan sistem menggunakan Unified Modelling Language (UML). Pengkodean sistem dilakukan dengan menggunakan PHP dan MYSQL. Hasil dari penelitian ini adalah rancang bangun sebuah sistem yang membantu karyawan dalam mendapatkan knowledge, memudahkan sharing knowledge antar karyawan, sehingga meningkatkan kualitas kinerja karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah sistemsharing informasi aktivitas perusahaan dengan merancang knowledge management system untuk membantu karyawan dalam meningkatkan pengetahuan karyawan, sehingga knowledge yang dimiliki karyawan dapat bertambah dan kinerja karyawan menjadi meningkat.Kata Kunci : Knowledge Management Systsem, Rapid Application Development, Unified Modeling Language, PHP, sharing knowledge.
PENERAPAN FUZZY TIME SERIES UNTUK MEMPREDIKSI CURAH HUJAN KOTA BANDUNG Endang Habinuddin
Jurnal Digit Vol 12, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i2.288

Abstract

ABSTRAKPeramalan curah hujan sangat diperlukan untuk dijadikan informasi penting untuk berbagai aktifitas kehidupan. Metode peramalan kuantitatif dari data historis yang dapat digunakan adalah metode Fuzzy Time Series. Metode ini merupakan metode peramalan berdasarkan konsep himpunan Fuzzy, Metode ini digunakan untuk meramalkan curah hujan bulanan Kota Bandung dengan data curah hujan periode Januari 2017 – Desember 2021. Hasil analisis data menunjukkan bahwa metode permalan metode Fuzzy Time Series berbasis rata-rata (Average Based) menghasilkan nilai MSE (Mean Square Error) sebesar 9260,295Kata kunci: Fuzzy Time Series , Average Based, Peramalan, MSE
PENGEMBANGAN APLIKASI PENCATATAN AKUNTANSI ATAS TRANSAKSI SIMPAN DAN PINJAM Anjas Perdana; Aan Kanivia; Viar Dwi Kartika; Rifqi Fahrudin
Jurnal Digit Vol 12, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i2.293

Abstract

ABSTRAKKoperasi Siswa SMK Negeri 1 Kedawung yaitu Koperasi sekolah yang beranggotakan seluruh siswa yang masih aktif di SMK Negeri 1 Kedawung. Koperasi ini berada di jalan Tuparev No.12, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Aktivitas yang dilakukan pada koperasi adalah transaksi simpan dan pinjam. Pencatatan transaksi pada koperasi ini masih dilakukan secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pencatatan transaksi harian baik dari prosuder dan dokumen maupun catatan yang digunakan oleh koperasi serta untuk mengetahui bagaimana penerapan pengendalian intern pada transaksi harian di Koperasi Siswa SMK Negeri 1 Kedawung. Sistem pencatatan transaksi harian meliputi tabungan, pinjaman, simpanan wajib dan persediaan barang dagang. Pada tahap perancangan sistem terdiri dari DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram), diagram konteks, flowmap dan relasi antar tabel. Adapun tahap perancangan menggunakan database, XAMPP, bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor), HTML dan MySQL. Dalam sistem pencatatan transaksi harian yang dibuat secara terkomputerisasi menghasilkan buku transaksi harian, buku tabungan siswa, kartu pinjaman siswa, kartu simpanan wajib, kartu persediaan barang dagang, jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas, jurnal penyesuaian, neraca lajur, laporan SHU, neraca, alokasi pembagian SHU, neraca setelah pembagian SHU dan rekapitulasi bulanan.Kata kunci: sistem akuntansi, prosedur, penerimaan kas, pengeluaran kas
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN WILAYAH RAWAN BENCANA ALAM Dwi Prasetyo; Arfan Yeheskiel Mauko; Axel Christian Kolokota
Jurnal Digit Vol 12, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i2.289

Abstract

ABSTRAKKota Kupang merupakan salah satu wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang rawan terdampak bencana alam selain itu wilayah ini juga tercatat pernah dilanda oleh beberapa bencana alam. Kehadiran sistem informasi geografis pemetaan daerah rawan bencana di Kota Kupang dapat membantu masyarakat untuk melihat informasi sebaran wilayah di Kota Kupang yang rawan terdampak bencana alam seperti nama bencana, nama lokasi, foto lokasi serta potensi dampak dari bencana tersebut. SIG ini dirancang secara terstruktur dan juga sistematis menggunakan metode pengembangan waterfall. dengan metode pengujian sistem yang digunakan yaitu menggunakan metode black box, yang dimana menunjukan bahwa hasil pengujian yang dilakukan dari berbagai komponen sistem seperti input, read, delete, update dan modul lainnya dapat berjalan dengan baik. Kesimpulan yang didapat bahwa Sistem Informasi Geografis pemetaan daerah rawan bencana alam di Kota Kupang dapat berjalan dengan baik dan bisa dioperasikan dengan baik oleh para pengguna.Kata kunci: Sistem Informasi Geografis, SIG, Pemetaan Daerah Rawan Bencana Alam, Waterfall, Black Box.
APLIKASI LAYANAN E-COUNSELING MENTAL HEALTH (MECARE) DENGAN PENDEKATAN AGILE SCRUM Sherina Natasya Sugandi; Fikri Ananda; Lena Magdalena; Muhammad Hatta
Jurnal Digit Vol 12, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i2.294

Abstract

ABSTRAKPada saat pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, menjadi masa-masa yang sulit dan membawa banyak dampak perubahan di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Salah satunya adalah Kota Cirebon, tak heran banyak masyarakat Kota Cirebon yang mulai mengalami kesulitan baik secara sosial, ekonomi maupun kesehatannya. Dengan munculnya Covid-19 di Kota Cirebon ini, menjadi masa-masa terberat bagi masyarakat, karena semua aktivitas kegiatan mereka dibatasi. Sehingga, banyak dari masyarakat Kota Cirebon yang mengalami culture shock dari adanya masa pandemi ini. Tak heran juga dari adanya culture shock yang mereka hadapi, kesehatan mental mereka menjadi terganggu. Untuk mengatasi masalah kesehatan mental yang mereka alami saat ini, bisa dengan melakukan konseling. Konseling bisa menjadi cara agar masyarakat dapat memahami keadaan kesehatan mental mereka. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dibuatlah suatu aplikasi yang dapat menjadi alat bantu masyarakat dalam melakukan kegiatan konsultasi di masa pandemi saat ini. Aplikasi tersebut adalah aplikasi konseling online dengan menggunakan metode Agile Scrum. Aplikasi konseling ini berupa website yang dapat diakses oleh masyarakat Kota Cirebon dalam melakukan kegiatan konseling secara online. Website ini nantinya dapat mempertemukan konseli (pasien) dengan konselor (psikolog). Dengan adanya aplikasi ini nantinya dapat memudahkan konseli dan konselor dalam melakukan kegiatan konseling secara online.Kata kunci: Kesehatan Mental, Konseling, Metode Agile Scrum
PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN NAMA OLAHRAGA BERBAHASA INGGRIS BAGI SISWA SEKOLAH DASAR Abdullah Azzam
Jurnal Digit Vol 12, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i2.290

Abstract

ABSTRAKGame edukasi pengenalan nama olahraga dalam bahasa Inggris merupakan sebuah game pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai proses bahan pembelajaran tentang pengenalan nama-nama olahraga dalam bahasa Inggris untuk membantu guru dan siswa dalam metode pembelajaran pengenalan nama olahraga dalam bahasa Inggris. Terdapat kajian tentang media pembelajaran berbasis game edukasi untuk dapat memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran melalui teknologi yang digunakan berbasis teknologi Construct 2. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengembangkan game edukasi pengenalan nama olahraga dalam bahasa Inggris sebagai media pembelajaran siswa SDIT Al-Urwatul Wutsqo serta sebagai referensi untuk penelitian lainnya. Metodologi pengembangan menggunakan metode ADDIE yaitu melalui lima tahapan Analisis, Design, Development, Implementation, Evaluation, metodologi ini dirancang memiliki beraneka macam dalam media pembelajaran tersebut yang berupa grafik, film, slide, foto, dan pembelajaran dengan menggunakan perangkat komputer, tentunya metode ini adalah metode yang tepat dalam melakukan penelitian pengembangan game edukasi pengenalan nama olahraga dalam bahasa Inggris bagi siswa SDIT Al-Urwatul Wutsqo. Penelitian melibatkan siswa pelajar kelas IV SDIT Al Urwatul Wutsqo beserta Guru pengajar Bahasa Inggris dan Wali Kelasnya. Hasil yang diperoleh menggunakan perhitungan SUS (System Usability Scale) menyatakan bahwa dari jumlah responden sebanyak 30 didapat hasil dengan Skor 74,5 untuk Acceptability Ranges dan termasuk kedalam kategori Acceptable karena masuk dalam penilaian 71-100. Skor untuk Adjectives Rating termasuk Excellent karena masuk kedalam nilai 74-85. Dengan hasil ini maka pengembangan game edukasi pengenalan nama olahraga berbahasa Inggris dapat dinyatakan layak sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi siswa kelas IV SDIT Al-Urwatul Wutsqo di Indramayu.Kata kunci: Game, Media, Olahraga, Teknologi.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PUPUK PADA TANAMAN BUAH MANGGA MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS WEB Diki Andriyan Harta Kusuma; Kusnadi Kusnadi; Wanda Ilham; Chairun Nas; Petrus Sokibi; Ridho Taufiq Subagio
Jurnal Digit : Digital of Information Technology Vol 12, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i2.295

Abstract

ABSTRAKPertumbuhan tanaman buah mangga yang sehat dan hasil produksi yang baik membutuhkan unsur hara seimbang, cukup, dan unsur hara yang lengkap agar dapat tumbuh dengan baik agar menghasilkan produk berkualitas, tidak semua memiliki kesuburan tanah yang baik, untuk menghasilkan unsur hara yang cukup maka diperlukan pupuk yang sesuai. pemupukan merupakan terpenting, terutama penentuan pupuk dasar berdasarkan kebutuhan unsur hara makro, gejala kerusakan seperti kerusakan daun, kerusakan bunga, kerusakan buah, kerusakan batang, kerusakan akar. Mangga (Mangifera indica L) merupakan tanaman perkebunan, buah tropis yang digemari berbagai kalangan dan banyak dibudidayakan di Indonesia. Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk menentukan alternatif yang ditawarkan dari penyelesaian masalah, Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan Extreme Programming (XP). Analisis dan perancangan sistem menggunakan Unified Modelling Language (UML). Pembuatan perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter (CI) dan basis data MySQL.Aplikasi berbasis komputer yang berfungsi untuk menentukan pupuk yang sesuai dengan tingkat gejala kerusakan dan menerapkan perhitungan menggunakan metode TOPSIS dengan beberapa komponen penilaian dan beberapa kriteria. Dapat membantu petani dalam mengambil keputusan untuk menentukan pupuk, hasil pengujian sistem, aplikasi sudah sesuai dengan analisis dan perancangan sistem.Kata kunci: Pupuk, Mangga, Unsur Hara, Pemupukan, Dosis, TOPSIS.
PERANCANGAN APLIKASI MOOC UNTUK KURSUS ONLINE BERBASIS ANDROID DAN IOS MENGGUNAKAN PROTOTYPING MODEL Nunung Hidayatun; Susafa’ati Susafa’ati; Hidayanti Murtina
Jurnal Digit Vol 12, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i2.291

Abstract

ABSTRAKSistem pembelajaran yang masih menggunakan cara manual dengan mengadakan kelas offline, seminar, workshop dan lainnya memang cukup efektif di laksanakan apabila cakupan pesertanya tidak terlalu banyak. Namun pada saat peserta yang mengikuti kegiatan tersebut melebihi kapasitas kegiatan, hal tersebut menjadi tidak efektif. Kendala lainnya pada kegiatan belajar mengajar dalam skala yang besar membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Kursus dan pelatihan online adalah sarana yang dapat menjawab masalah-masalah tersebut. Kursus online yang dirancang menerapkan konsep MOOC (Massive Open Onlince Course) pada platform mobile application dengan operating system Android dan IOS. Metode pengembangan software yaitu prototyping model. Aplikasi MOOC memiliki video materi, memiliki ujian yang berjadwal dan dinilai. Hasil dari perancangan MOOC ini adalah sebuah aplikasi yang fleksibel dan praktis karena terdapat pada perangkat telepon pintar yang dimiliki, low budget serta dapat diakses dimana pun dan kapan pun.Kata kunci: Kursus, Online, MOOC.
PERANCANGAN COMPANY PROFILE CV. AAF PRINT CIREBON MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI PROMOSI USAHA Wiwiek Nurkomala Dewi; Chairun Nas; Jamaludin Aries; Linda Norhan
Jurnal Digit Vol 12, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i2.296

Abstract

ABSTRAKDalam sebuah perusahaan perlu adanya company profile agar memudahkan perusahaan dalam menawarkan jasanya kepada konsumen, masih banyak perusahaan yang belum memiliki company profile salah satunya adalah CV. AAF Print Cirebon. Oleh karena itu penulis merancang company profile dalam bentuk video animasi agar memudahkan CV. AAF Print Cirebon dalam menawarkan jasanya. Dalam perancangan company profile ini penulis merancangnya dalam bentuk video animasi agar memudahkan konsumen dalam mengetahui profil perusahaan secara detail, dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pengumpulan data dan perancangan, kemudian dalam proses pembuatan video animasi company profile ini penulis menggunakan software CorelDraw untuk membuat ilustrasinya, Adobe After Effect untuk membuat animasinya dan Adobe Premiere Pro untuk menyusunnya menjadi sebuah video. Dalam video animasi company profile ini memiliki beberapa tampilan diantaranya tampilan pembuka, tampilan isi dan tampilan penutup. Dengan adanya company profile dalam bentuk video animasi ini diharapkan dapat digunakan dengan mudah oleh CV. AAF Print dalam menawarkan jasanya.Kata kunci : Video, Animasi, Company Profile, Promosi
ANALISIS PERBANDINGAN RASIO BUNGA ANTARA BANK KONVENSIONAL DAN BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA BANK MAYAPADA DAN BANK MUAMALAT) Gytha Nurhana Dhea Praadha Gitama; Suwandi Suwandi; Sudadi Pranata; Turini Turini
Jurnal Digit Vol 12, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i2.292

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis perbandingan rasio bunga antara Bank Konvensional dan Bank Syariah, pada Bank Mayapada dan Bank Muamalat pada tahun 2002–2006. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan melalui teknik sample purposive (tidak acak) agar memberikan penjelasan yang lebih baik di dalam menjawab permasalahan penelitian. Penelitian ini dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan metode statistika t-tes yaitu suatu prosedur untuk menguji hipotesis komparatif dari dua sampel independen melalui perbedaan rata-ratanya, untuk mengetahui pengaruh dari variabel-variabel di atas, maka digunakan analisis regresi dengan menggunakan metode regresi sederhana melalui software program SPSS, dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa nilai thitung (3,565) > ttabel (2,353) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya Rasio Beban Bunga terhadap Pendapatan Bunga Bank Konvensional lebih tinggi daripada Bank Syariah.Kata kunci: Rasio Bunga Bank Mayapada dan Rasio Bagi Hasil Bank Muamalat

Page 1 of 1 | Total Record : 10