cover
Contact Name
nurratri kurnia sari
Contact Email
jurnaldikdasbantara@gmail.com
Phone
+628112635883
Journal Mail Official
jurnaldikdasbantara@gmail.com
Editorial Address
Jl. Letjend. S. Humardani No. 1 Sukoharjo - Jawa Jengah Indonesia
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
jurnal dikdas bantara
ISSN : 26154285     EISSN : 26155508     DOI : -
Core Subject : Education,
Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Berisi artikel-artikel yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian di bidang kependidikan baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021)" : 8 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI KEGIATAN BUZZ GROUP DISCUSSION Erna Kusrini
Jurnal Dikdas Bantara Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/dikdasbantara.v4i1.1237

Abstract

Dari hasil pantauan peneliti selaku Kepala Sekolah, selama ini para guru  di SD Negeri 2 Karangduren Kecamatan Pakisaji masih jarang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Hasil kegiatan prasiklus menunjukkan bahwa semua guru belum memaksimalkan penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini untuk memberikan penjelasan tentang pelaksanaan kegiatan buzz group discussion dan meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SD Negeri 2 Karangduren Kecamaan Pakisaji. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek  penelitian ini  adalah seluruh guru kelas sejumlah 6 orang guru di SD Negeri 2 Karangduren Kecamatan Pakisaji. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi diskusi, penilaian skenario pembelajaran dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Hasil observasi  pada kegiatan diskusi terdapat peningkatan sebesar 65,17 menjadi 79,50 pada siklus I dan 88,50 pada siklus terakhir. Pada penilaian skenario pembelajaran terdapat peningkatan sebesar 62,50 menjadi 80,00 pada siklus I dan 88,33 pada siklus terakhir. Pada penilaian pelaksanaan pembelajaran peningkatan sebesar 60,50 menjadi 80,00 pada siklus I dan 87,22 pada siklus terakhir. Berdasarkan hasil observasi dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pembinaan dengan metode bimbingan diskusi kelompok kecil atau (buzz group discusion) terbukti mampu meningkatkan kemampuan guru-guru di SD Negeri 2 Karangduren dalam menggunakan dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar peserta didiknya.Kata Kunci: sumber belajar, buzz groud discussion
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA Winarni Winarni
Jurnal Dikdas Bantara Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/dikdasbantara.v4i1.1234

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa melalui model pembelajaran aktif CRH pada siswa kelas VIII A semester I SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Desember 2016 di SMP Negeri 2 Nguter. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan   teknik   dokumentasi, observasi, dan  tes tertulis.  Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir  soal tes, dan dokumen  daftar  nilai. Analisis data  menggunakan  analisis deskriptif  komparatif  yang dilanjutkan  refleksi. Setiap  siklus terdiri dari  empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPA siswa, nilai rata-rata prestasi belajar IPA siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 69,8, pada siklus I sebesar 75,9 dan pada siklus II sebesar 82,9. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 53,1%, siklus I sebesar 65,6% dan siklus II sebesar 93,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran aktif CRH dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII A semester I SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2016/ 2017”. Kata kunci:   Prestasi Belajar IPA, Model Pembelajaran Aktif CRH
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN Wardoyo Wardoyo
Jurnal Dikdas Bantara Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/dikdasbantara.v4i1.1235

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran kooperatif Time Token untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris kelas VIII B SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2017/ 2018.  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas VIII B semester I SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2017/ 2018, sejumlah 32 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa  hasil belajar bahasa Inggris pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Nguter dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Time Token. Persentase ketuntasan belajar siswa, yaitu: sebelum tindakan 20 siswa atau 62,5%, pada siklus I sebanyak 24 siswa atau 75% dan pada siklus II sebanyak 31 siswa atau 96,9%. Sedangkan rata-rata hasil belajar Bahasa Inggris siswa sebelum tindakan sebesar 70,9, pada siklus I sebesar 73,4, dan pada siklus II sebesar 81,7. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif Time Token, hasil belajar bahasa Inggris.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KESENIAN (SBK) MELALUI METODE ASISTENSI Hasto Mulyoko
Jurnal Dikdas Bantara Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/dikdasbantara.v4i1.1233

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar SBK  materi Memainkan Asambel Musik  Tradisional Nusantara melalui metode asistensi pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2016/ 2017. Penlitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada kelas VIII C sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi,  wawancara, dan observasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Indikator  keberhasilan pelaksanaan PTK ini adalah meningkatnya hasil belajar SBK siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya persentase ketuntasan siswa minimal 85% dan meningkatnya nilai rata-rata kelas, minimal menjadi 70,00. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa “Metode asistensi dapat meningkatkan hasil belajar SBK materi Memainkan Asambel Musik  Tradisional Nusantara pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2016/ 2017”.Kata Kunci: hasil belajar SBK, asistensi.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAME TURNAMENT Sri Mulyani
Jurnal Dikdas Bantara Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/dikdasbantara.v4i1.1229

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Nguter setelah  penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).Penelitian ini menggunakan metode Peenelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, tindakan ,observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Nguter, yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil  belajar IPA siswa, nilai rata-rata hasil  belajar IPA siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 69,255 pada siklus I sebesar 75,5 dan pada siklus II sebesar 81,8. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 62,5%, siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 93,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan hasil  belajar IPA siswa kelas VIII B semester 1 SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2017/ 2018”.Kata-kata kunci: hasil belajar IPA siswa, model pembelajaran kooperatif TGT.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) widodo widodo
Jurnal Dikdas Bantara Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/dikdasbantara.v4i1.1236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Nguter semester 1 tahun pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII C SMP Negeri 2 Nguter semester 1 tahun pelajaran 2017/ 2018 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 75,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70,0 mencapai ≥ 85%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas VIII C semester 1 SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2017/ 2018. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya nilai keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa dari 69,1 meningkat menjadi 77,6 ≥ 75,0 dan persentase ketuntasan belajar siswa dari 46,88% meningkat menjadi 87,5% ≥ 85%. Kata Kunci: Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), prestasi belajar bahasa Indonesia 
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DENGAN MODEL PEMBELAJAAN JIGSAW MELALUI IN HOUSE TRAINING Rusiati Rusiati
Jurnal Dikdas Bantara Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/dikdasbantara.v4i1.1228

Abstract

Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah 1) Pembelajaran model jigsaw dapat meningkatkan proses pelaksanaan pembelajaran melalui in house training di SDN 4 Wonoboyo tahun pelajaran 2019/2020. 2) Pembelajaran model jigsaw dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru  3) Pembelajaran Model Jigsaw dapat meningkatkan perubahan perilaku guru.Penelitian ini didesain dalam dua siklus. Prosedur siklus mencakup tahap-tahap : 1) perencanaan tindakan perbaikan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) analisis dan refleksi, 4) tindak lanjut. Data hasil observasi dideskripsikan, diinterpretasikan, kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Data hasil tes hasil belajar dianalisis antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas sesuai indikator kinerja, yakni  1) mencapai ketuntasan klasikal proses pembelajaran 83%, 2) memperoleh ketuntasan kemampuan belajar mencapai 83% 3)Mencapai perubahan  perilaku 83% dari jumlah peserta keseluruhan.Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Persentase proses pembelajaran pada prasiklus diperoleh rata-rata persentase sebesar 16,67% dengan kategori kurang baik. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase  sebesar  61,11% berada pada kategori  cukup baik. Pada siklus  II diperoleh rata-rata persentase sebesar 88,89% berada pada kategori  baik 2) Peningkatan ini ditunjukkan dengan  persentase ketuntasan pada prasiklus 50%, pada Siklus I yang tuntas menjadi 83,33% dan pada siklus II menjadi 100%.Kata kunci : In House Training,Model Jigsaw,Proses Pembelajaran,Kemampuan Mengajar dan Perilaku pembelajaran
Peningkatan Keterampilan Menyimak Dengan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X SMP Negeri 02 Sukoharjo kenang tri hatmo
Jurnal Dikdas Bantara Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/dikdasbantara.v4i1.1325

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian adalah meningkatkan penelitian menyimak/mendengarkan melalui penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMP Negeri 02 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diadakan di SMP Negeri 02 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini siswa dan guru kelas X, objek penelitian ini adalah keterampilan menyimak melalui penggunaan media audio visual. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi partisipasif dan tes. Instrument yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu: lembar observasi, daftar kelas X SMP Negeri 02 Sukoharjo, dan daftar nilai. Teknik analisis dengan menggunakan teknik kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian siklus I menunjukan siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 42,4% dan siklus II 84,39%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa kelas X SMP Negeri 02 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: keterampilan menyimak, media audio visual.

Page 1 of 1 | Total Record : 8