cover
Contact Name
Muchammad Saifuddin
Contact Email
saifuddin@uinsby.ac.id
Phone
+6231-8410298.
Journal Mail Official
manova@uinsby.ac.id
Editorial Address
Alamat redaksi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya JL Ahmad Yani 117 Surabaya Telp. +62 31 8410298. Email : manova@uinsby.ac.id
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA)
ISSN : 26854716     EISSN : 2746282X     DOI : https://doi.org/10.15642/manova
Core Subject : Economy, Science,
Fokus jurnal ini berkaitan berbagai tema dan topik yang terkait dengan aspek dari manajemen, seperti : Manajemen Pemasaran Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Manajemen Operasional Manajemen Rantai Pasokan dan Ilmu Manajemen lainnya
Articles 107 Documents
Disiplin Pengelolaan Keuangan (Survei Umkm Di Provinsi Gorontalo) Anas, Muhammad; Ariawan
Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA) Vol. 2 No. 2 (2019): Juli
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/manova.v2i2.187

Abstract

Financial management discipline is a central issue in the field of microfinance studies. The purpose of this study is to investigate and analyze the influence of the role of government, employers competencies, financial administration practice,and financial commitment on financial disciplineof SMEs in the province of Gorontalo either partially or simultaneously. This study was conducted using the survey design to obtain information on issues related to the study variables. Respondents were used as a sample is 200 people with the criteria are the bussinesalready exist at least two years, at aleast has one employee andhas permanent location. The analytical tool used is multiple regression analysis. The results showed that the role of government, employers competencies and financial commitments have a significant impact on the financial discipline of SMEs in the province of Gorontalo. Meanwhile, the practice of financial administration has no significant effect on the financial discipline of SMEs in the province of Gorontalo. This study also shows that SMEs still have a low awareness about how to learn good financial discipline. On the other hand, SMEs have a high financial commitment to expand its business. The role of government is needed to improve the financial discipline SMEs in managing their business.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Aparatur Pemerintah Atas Prosedur Pengadaan Barang/Jasa: (Studi Kasus Pada Aparatur Pemerintah Kabupaten Kediri) Agustina, Nenny Dwi
Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA) Vol. 2 No. 2 (2019): Juli
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/manova.v2i2.188

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kepatuhan aparatur pemerintah atas peraturan pengadaan barang/jasa. Penelitian ini merupakan confirmatory research yang dilaksanakan di instansi pemerintah yang berada di bawah naungan Pemerintah Kabupaten Kediri dengan desain penelitian survey dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Terdapat 116 responden dari 8 instansi pemerintah di kabupaten Kediri yang ikut berpartisipasi dalam pengumpulan data yang kemudian dianalisis dengan alat uji regresi dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil studi menunjukkan bahwa : (1) SPI berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan aparatur pemerintah, (2) sistem kompensasi tidak berpengaruh terhadap kepatuhan aparatur pemerintah, (3) kecerdasan emosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan aparatur pemeriintah, (4) pengamalan nilai-nilai spiritual terhadap kepatuhan aparatur pemerintah dan (5) SPI, sistem kompensasi, kecerdasan emosi, dan pegamalan nilai-nilai spiritual secara simulatan berpengaruh terhadap kepatuhan aparatur pemerintah. Artinya bahwa peran SPI dan kecerdasan emosi dapat terbukti efektif meningkatkan kepatuhan aparatur pemerintah.
Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Attitude Toward Using Dan Behavior Intention To Use Terhadap Actual System Use Dalam Implementasi Teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) System (Studi Pada End User ERP System Di PT Semen Gresik) Muliati, Niswah
Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA) Vol. 2 No. 2 (2019): Juli
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/manova.v2i2.191

Abstract

All dimensions of corporate experience in technology development, therefore the management has to be resourceful and scrupulous to take notice of the latest technological developments as part of efforts to optimize the expected performance and progress. One proof of current information technology advancement is the implementation of Enterprise Resource Planning system (ERP). The results of this research showed an effect of perceived ease of use to perceived usefulness is 72,9% (R 2 = 0,531, t = 12,882) , the perceived ease of use to attitude toward using is 60,1% (R 2 = 0,702, t = 8,927) , the perceived usefulness to attitude toward using is 29,1% (R 2 = 0,702, t = 3,564) , the attitude toward using of behavioral intention to use is 74,1% (R 2 = 0,549, t = 14,778) , and the behavioral intention to use the system to actual system use is 36,2% (R 2 = 0,131, t = 4,603). This research proves that the user acceptance of a technology strongly influenced by perceived ease of use and perceived usefulness which are emerging acceptances and then behavior intention to use where as to reveal the using of a real system in the intensity of usage time
Atribut Produk Instriksik Dan Ekstrinsik Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Membeli Produk Camilan Khas Kota Malang Rasyid, Ahmad Karimur
Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA) Vol. 2 No. 2 (2019): Juli
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/manova.v2i2.193

Abstract

Produk camilan khas merupakan produk yang menampilkan ke khasan suatu daerah selain harus tetap mempertahankan keunggulan bersaingnya sebagai suatu produk makan, dalam menciptakan keunggulan bersaing produknya produsen camilan khas malang perlu mengetahui atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih produk khas malang sehingga produk tersebut memiliki karakteristik yang dapat ditonjolkan dan menjadi sebuah keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan Atribut produk intrinsik (desain, merk, label, harga, polusi terhadap lingkungan, bersih, dan kemasan) yang di pertimbangkan konsumen dalam memilih produk camilan khas Kota Malang, atribut produk ekstrinsik (kandungan gizi, tekstur, kelezatan, rasa, aroma, warna, bentuk) yang di pertimbangkan konsumen dalam memilih produk camilan khas Kota Malang dan menjelaskan atribut produk yang paling dipertimbangkan konsumen dalam memilih produk camilan khas Kota Malang. Penelitian menggunakan metode penelitianexplanatory survey. Di toko tempat penjualan camilan khas Malang di kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 140 orang responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Confirmatory Faktor Analysis (CFA).Temuan penelitian ini ketujuh atribut produk intrinsik yang terdiri dari: kandungan gizi, tekstur, kelezatan, rasa, aroma, warna, dan bentuk serta ketujuh atribut produk ekstrinsik yang terdiri dari: desain, merk, label, harga, polusi terhadap lingkungan, bersih, dan kemasan merupakan atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih produk camilan khas Malang. Serta atribut sensori (rasa dan aroma) merupakan atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam memilih produk camilan khas Malang.
Pengembangan Model Pemasaran Layanan Uinsa Halal Center (UHC) Untuk Mendukung Peningkatan Pendapatan Bisnis Kampus Putranto, Hanafi Adi
Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA) Vol. 2 No. 2 (2019): Juli
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/manova.v2i2.195

Abstract

Fenomena produk halal dan disahkannya Undang-Undang terkait Jaminan Produk Halal menjadi tren industri halal. Dengan diterbitkannya regulasi tersebut, banyak perguruan tinggi yang mendirikannya untuk mengakomodir kepentingan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk pengembangan model pemasaran di UINSA Halal Center. Usaha yang dilakukan pengelola lembaga dengan pengembangan model pemasaran yang berafiliasi terkait produk layanan halal yang tersedia. Dari sisi pemasaran, perlu pengembangan model pemasaran yang inovatif untuk menyokong berjalannya proses bisnis tersebut. Pada penelitian ini pengembangan model pemasaran diketahui dari hasil pengumpulan data-data observasi yang terperinci. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh langsung dari wawancara. Hasil dari penelitian sebagai berikut: (1) Tersedianya peralatan, fasilitas dan sumber daya manusia yang dibutuhkan UINSA Halal Center. (2) Model pemasaran layanan UINSA Halal Center yang sesuai dalam mendukung peningkatan pendapatan kampus melalui; Pemasaran berbasis layanan kebutuhan pokok dan Pemasaran berbasis layanan bahan baku. (3) Kolaborasi bisnis menjadi role model antar lembaga/unit di UIN Sunan Ampel Surabaya untuk peningkatan pendapatan kampus.
Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Pembiayaan Musyarakah Terhadap Laba Bersih Bank Umum Syariah Tahun 2014-2017 Suaidah, Imarotus
Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA) Vol. 3 No. 1 (2020): Januari
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/manova.v3i1.196

Abstract

The purpose of the study is to : 1) analyze the effect of mudharabah financing on net income in syariah commercial bank in 2014-2017. 2) analyze the effect of musyarakah financing on net income in syariah commercial bank in 2014-2017. 3) analyze the effect of mudharabah financing and musyarakah financing on net income in syariah commercial bank in 2014-2017. The benefits of this research is 1) this research can provide knowledge on the effect of mudharabah financing and musyarakah financing on net income at syariah commercial banks. 2) can provide an overview for Islamic banking regarding financing that can increase the net income of syariah islamic banks. 3) for investors, this research can be used as consideration in decision making for their investment. This study is quantitative descriptive research. The population in this study are syariah commercial bank in Indonesia which is included in the Indonesian Stock Exchange in 2014-2017. The data analysis technique used is mutiple linear regression analysis which previously carried out analysis prerequisite tests.. The results showed that 1) mudharabah financing has influence on net income in syariah commercial bank in 2014-2017. 2) musyarakah financing has influence on net income in syariah commercial bank in 2014-2017. 3) mudharabah financing and musyarakah financing has influence on net income in syariah commercial bank in 2014-2017
Penerapan Keamanan Keuangan Dalam Aplikasi E-Money Brahmana, Reynanda Sembiring
Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA) Vol. 3 No. 1 (2020): Januari
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/manova.v3i1.201

Abstract

E-MONEY adalah uang elektronik yang dapat di akses melalui aplikasi dan juga sebagai alat pembayaran yang menggunakan media elektronik. Perbedaan pun mencolok dengan uang konvensional dalam arti uang yang kita simpan di dompet yang membedakan adalah fleksibilitas dan aksesbilitasnya. Hal ini disebabkan karena basis transaksi E-Money menggunakan sistem yang terhubung secara online dan tanpa harus mempertemukan orang yang bertransaksi. Tetapi awal berdiri aplikasi E-Money pada zaman sekarang belum dapat banyak sambutan dari masyarakat karena sistem keamanan yang membuat nasabah itu ragu dengan aplikasi tersebut. Dengan kemajuan teknologi aplikasi tersebut terus memperbaiki sistem keamanannya agar nasabah yang ingin menggunakan aplikasinya dapat merasa aman. Perusahaan seperti makanan,fashion,dan lain lain mereka gencar melakukan kerja sama dengan aplikasi aplikasi yang bisa menawarkan produknya dengan menarik seperti mengadakan diskon,cashback agar produk mereka jauh lebih diminati. Selain itu aplikasi e-money sekarang dapat membayar seperti tagihan listrik, membayar BPJS, membeli pulsa dan banyak lainnya selagi pihak tersebut bekerjasama dengan aplikasi tersebut. Aplikasi e-money  juga dapat transfer ke antar bank jadi nasabah bisa lebih efektif dan efesien tanpa harus jauh-jauh ke bank. Ini sangat bermanfaat bagi nasabah dan juga nasabah dapat jauh lebih hemat. Keywords:aplikasi e-money,sistem keamanan
Implikasi Teori Percampuran Akad Mudharabah Dan Musyarakah Terhadap Perbankan Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Sumenep) Mujaddidi, Ahmad Shibghatullah
Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA) Vol. 3 No. 1 (2020): Januari
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/manova.v3i1.202

Abstract

This paper aims at describing the implications of the theory of mixing and its products towards Islamic banking and Islamic financial institutions. A qualitative research methods with a descriptive approach was implemented in this study. The object of the current study was Sub-Branch Office (KCP) of the Syariah Mandiri Bank in Sumenep Regency. The results of this study indicated that the products of the Syariah Mandiri Bank KCP Sumenep in terms of the Musharaka financing contract consists of Musharaka mutanaqishah and musharaka of network capital. Musharaka mutanaqisha is applied in home financing in which the profits are obtained from the margin agreed by all parties. While, the musharaka of network capital uses a profit sharing system in which the profits are calculated through a revenue sharing system. In terms of juridical law, the Syariah Mandiri bank KCP Sumenep has followed the rules stated in the Sharia banking law of 2008 as well as in the fatwa of the National Sharia Board. Whereas, in the case of the application of musharaka accounting that has been regulated in International Financial Report Standard (PSAK), Sharia Mandiri Bank KCP Sumenep has accordingly applied the contract accounting of musharaka as regulated in PSAK 106. However, in terms of account recording (estimation), Islamic banks have not obeyed the rules stated in PSAK 106. Furthermore, this study concludes that there are still many customers who do not understand the contract of mudharabah at Syariah Mandiri Bank KCP Sumenep. It due to the lack of socialization from the banks to the public. In juridical perspective, the Sharia Mandiri Bank KCP Sumenep do not implements mudharabah contract based on fatwa of the National Sharia Board and do not apply the accounting based on PSAK 105. Therefore, it is categorized as Islamic/ sharia financial engineering.
Desain Balanced Scorecard Terintegrasi Dengan Pendekatan Six Sigma Supriadi, Iman
Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA) Vol. 3 No. 1 (2020): Januari
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/manova.v3i1.203

Abstract

The motivation behind this paper is to give new bits of knowledge into understanding the estimation of incorporating the Balanced Scorecard with Six Sigma. This paper depends on an exhaustive writing audit from BSC and Six Sigma. The writing survey gives the premise to another joining system dependent on the PDCA cycle. The discoveries of this paper show how coordinated frameworks can add further esteem contrasted with the autonomous execution of either BSC or Six Sigma. This investigation gives a structure that can fill in as a reason for the reconciliation of Six Sigma with BSC. This paper adopts another strategy to joining structures by recognizing purposes of incorporation influence through the qualities and shortcomings of BSC and Six Sigma. The fundamental commitment of this paper is that it gives new experiences into seeing how BSC can be coordinated with Six Sigma. In addition, this paper gives guidance for future research that will defeat shortcomings in the manner associations are coordinating BSC with Six Sigma today.
Analisis Penggunaan Public Debt Pada Perusahaan Sektor Industri Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Setiawati, Riska Ayu
Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA) Vol. 3 No. 1 (2020): Januari
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/manova.v3i1.239

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh karakteristik perusahaan terhadap proporsi penggunaan private debt dan public debt. Karakteristik perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah umur perusahaan, ukuran perusahaan, tangible asset, financial leverage, earning volatility, growth opportunity dan public ownership. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi Tobit karena data yang digunakan adalah data campuran. Sampel yang digunakan sebanyak 112 perusahaan yang berada di sektor industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan jangka waktu penelitian 2010 sampai 2014. Hasil penelitian menunjukkan pada perusahaan yang menggunakan private debt, umur perusahaan, earning volatility dan growth opportunity berpengaruh negatif signifikan, sedangkan ukuran perusahaan, tangible asset, financial leverage dan public ownership berpengaruh positif signifikan. Pada perusahaan yang menggunakan public debt, umur perusahaan berpengaruh negatif signifikan, ukuran perusahaan dan public ownership berpengaruh positif signifikan, sedangkan tangible asset dan growth opportunity berpengaruh negatif tidak signifikan, financial leverage dan earning volatility berpengaruh positif tidak signifikan.

Page 1 of 11 | Total Record : 107