cover
Contact Name
Agus Riyanto
Contact Email
aagusriyanto105@gmail.com
Phone
+6281227115446
Journal Mail Official
stikesbh03@gmail.com
Editorial Address
STIKES Bhakti Husada Bengkulu Jl. Kinibalu 8 RT. 012 RW. 002 Kebun Tebeng, Ratu Agung Bengkulu 38227 Telp./Fax. 0736-23422, Website : stikesbhaktihusada.ac.id
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Mitra Raflesia (Journal of Health Science)
Core Subject : Health,
MITRA RAFLESSIA Journal of Health Science is an international, open access, peer reviewed and evidence-based scientific journal published by STIKES BAKTI HUSADA BENGKULU. The Journals mission is to promote excellence in nursing and a range of disciplines and specialties of allied health professions. It welcomes submissions from international academic and health professionals community. The Journal publishes evidence-based articles with solid and sound methodology, clinical application, description of best clinical practices, and discussion of relevant professional issues or perspectives. Articles can be submitted in the form of research articles, reviews, case reports, and letters to the editor or commentaries. The Journals priorities are papers in the fields of nursing, physical therapy, medical laboratory science, environmental health, and medical imaging and radiologic technologies. Relevant articles from other disciplines of allied health professions may be considered for publication. This journal is indexed or abstracted by Google Scholar
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2020)" : 5 Documents clear
HUBUNGAN POSISI DUDUK, LAMA WAKTU MENGEMUDI, DAN MASA KERJA DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA SOPIR ANGKUTAN KOTA BENGKULU Agus Widada; Dwi Pratomo; Mely Gustina
Mitra Raflesia (Journal of Health Science) Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : LPPM STIKES BHAKTI HUSADA BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51712/mitraraflesia.v12i1.25

Abstract

Ergonomi adalah ilmu yang memanfaatkan informasi – informasi mengenai sifat, kemampuan dan keterbatasan manusia dalam merancang suatu sistem kerja, sehingga dapat bekerja pada suatu sistem yang baik. Faktor penyebab NPB adalah posisi duduk yang tidak sesuai, lama waktu mengemudi dan masa kerja. Mengetahui hubungan posisi duduk, lama waktu mengemudi dan masa kerja dengan keluhan nyeri punggung bawah pada sopir angkutan Kota Bengkulu. Penelitian ini deskriptif analitik, menggunakan metode cross sectional dan uji statistik chi – square. Ada hubungan posisi duduk dengan keluhan NPB (P value  = 0,019 ) dengan OR 11,29. Tidak ada hubungan antara lama waktu mengemudi dengan keluhan NPB (P value = 0,573) dengan OR 2,778. Dan ada hubungan masa kerja dengan keluhan NPB (P value = 0,000) dengan OR 32,609. Diharapkan institusi yang terkait dapat memberikan informasi kepada sopir angkutan Kota Bengkulu, dan dapat menjadi gambaran untuk penelitian selanjutnya.Kata Kunci : Posisi Duduk, Lama Mengemudi, Masa Kerja
HUBUNGAN IMT, SHIFT KERJA DAN STRES KERJA DENGAN KADAR GLUKOSA DARAH SEWAKTU PADA KARYAWAN DI PT PERSADA HARAPAN KAHURIPAN Megawati Megawati; Entianopa Entianopa; Renny Listiawaty
Mitra Raflesia (Journal of Health Science) Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : LPPM STIKES BHAKTI HUSADA BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51712/mitraraflesia.v12i1.26

Abstract

Secara global, jumlah penderita diabetes mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun. Diabetes Atlas edisi ke-8 yang diterbitkan oleh Federasi Diabetes Internasional 2017 menyatakan bahwa 425 juta dari total populasi seluruh dunia Di Indonesia mencapai 8,5 persen. Berbagai dampak kesehatan dan keselamatan dapat muncul akibat kerja salahsatunya kadar gula dalam darah jauh diatas nilai normal. Beberapa faktor yang mempengaruhi kadar gula darah, yaitu  : IMT, stres dan shift kerja Derajat IMT sebanding dengan tingkat akumulasi lemak tubuh. Peningkatan akumulasi lemak tubuh akan meningkatkan kadar gula darah puasa yang berdampak negatif salah satunya yaitu gangguan metabolisme glukosa.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional bertujuan untuk mengetahui hubungan IMT, shift kerja dan stres kerja dengan kadar Glukosa Darah Sewaktu pada karyawan di PT Persada Harapan Kahuripan Kabupaten Tebo. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 59 orang sayur dengan jumlah sampel sebanyak 51 orang, teknik pengambilan sampel dengan teknik total  sampling. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 15-20 Juni tahun 2020. Data diperoleh dengan cara wawancara menggunakan kuesioner dan lembar ceklist. Data dianalisa univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square. Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara IMT (p-value 0,001), shift kerja (p-value 0,006) dan stress kerja ((p-value 0,011) dengan kadar glukosa darah  sewaktu pada karyawan di PT Persada Harapan Kahuripan Kabupaten Tebo.Diharapkan agar pekerja melakukan olahraga setiap hari agar mencapai berat badan ideal, dan menjaga pola makan untuk menurunkan kadar glukosa darah dan mempergunakan waktu sebaik mungkin untuk istirahat serta melakukan manajemen stres.Kata kunci : IMT, shift kerja, stres kerja GDS
HUBUNGAN PROMOSI KESEHATAN DENGAN PENINGKATAN CAKUPAN IMUNISASI DI DESA EMBONG IJUK KABUPATEN KEPAHIANG Veby Fransisca Rozi; H. Rusiandy; Eliza Kurniati
Mitra Raflesia (Journal of Health Science) Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : LPPM STIKES BHAKTI HUSADA BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51712/mitraraflesia.v12i1.27

Abstract

Imunisasi adalah upaya untuk meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit,sehingga bila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. survey awal didapatkan 10 ibu yang memiliki balita di desa embong ijuk dari 7 balita tidak mendapatkan imunisasi dasar lengkap dan 3 balita yang mendapatkan imunisasi dasar lengkap. Tujuan dalam penelitian ini adalah diketahuinya Hubungan Promosi Kesehatan Dengan Cakupan Imunisasi didesa Embong Ijuk Kabupaten Kepahiang. Metode penelitian dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki balita yang berdomisili didesa Embong Ijuk bulan januari – februari tahun 2017  yaitu 46 balita. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian ini adalah Sebagian besar ( 69,56%) responden menyatakan tidak mendapatkan Promosi Kesehatan. Sebagian besar (60,9%) responden Cakupan Imunisasi tidak lengkap dan disimpulkan Ada Hubungan Promosi Kesehatan Dengan Cakupan Imunisasi Didesa Embong Ijuk Kabupaten kepahiang,  dengan ρ Value = 0,003 (<0,05). Ada hubungan promosi kesehatan dengan cakupan imunisasi di desa embong ijuk kabupaten kepahiang. Saran dari penelitian ini adalah Hasil Penelitian  ini  diharapkan  agar  dapat  meningkatkan  wawasan  dan  mutu  pendidikan,  juga  diharapkan  akan  menambah  pengetahuan dan pengalaman  dalam  memberikan  pelayanan  serta  dapat  menerapkan  ilmu  dari  perkuliahan tentang  promosi kesehatan dan imunisasi.Kata kunci: Promosi Kesehatan, Cakupan Imunisasi.
KUALITAS PELAYANAN : REALIBILITY, RESPONSIVENESS DENGAN KEPUASAN PASIEN DI LOKET PENDAFTARAN RSUD KABUPATEN KEPAHIANG Novega Novega
Mitra Raflesia (Journal of Health Science) Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : LPPM STIKES BHAKTI HUSADA BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51712/mitraraflesia.v12i1.28

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam pemanfaatan layanan kesehatan. Penilaian terhadap kualitas pelayanan yang baik tidak terbatas pada kesembuhan penyakit secara fisik, tetapi juga terhadap sikap, pengetahuan dan ketrampilan petugas dalam memberikan pelayanan, komunikasi, informasi, sopan santun, tepat waktu, tanggap dan tersedianya sarana serta lingkungan fisik yang memadai. Kepuasan pasien adalah ”a persons feeling of pelasure or disappointment resulting from comparing a product’s received performance (or outcome) in relations to the person’s expectation” perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara persepsi atau produk yang dirasakan dan diharapkan oleh pasien. Penelitian ini menggunakan pendekatan uji hubungan antar variabel dengan pendekatan kuantitatif. pengambilan sampel dengan metode Simple Random Sampling,  Sampel penelitian adalah pasien yang menggunakan jasa Rumah Sakit terdiri dari  pasien rawat jalan sebanyak 98 orang, dengan menggunakan metode cross sectional, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan Chi Square. Realibility (59,2%) , responsiveness (58,2%), dan analisis Chi-Square diperoleh nilai ρ= 0,034< 0.05. Berdasarkan uji statistik dan pembahasan diketahui bahwa ada hubungan realibility, responsiveness dengan kepuasaan pasien di loket pendaftran RSUD Kabupaten Kepahiang.Kata Kunci : Realibility, Responsiveness, Kepuasaan Pasien.
PENGARUH PEMBERIAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN PENDERITA HIPERTENSI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT SULTAN THAHA SAIFUDDIN Diana Tri Astuti; Eti Kurniawati; Cici Wuni
Mitra Raflesia (Journal of Health Science) Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : LPPM STIKES BHAKTI HUSADA BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51712/mitraraflesia.v12i1.30

Abstract

Hipertensi yang tidak mendapat penanganan yang baik menyebabkan komplikasi seperti stroke, penyakit jantung koroner, diabetes, gagal ginjal dan kebutaan. Penyakit hipertensi yang ada di rawat jalan RSU Sultan Thaha Saifuddin pada tahun 2018 ke tahun 2019 mengalami peningkatan. Pada tahun 2017 jumlah pasien hipertensi di rawat jalan sebanyak 1328 kasus dan meningkat menjadi 1789 kasus pada tahun 2019. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen. Penelitian dilakukan di Rawat Jalan RS Sultan Thaha Saifuddin Kabupaten Tebo pada bulan Juli 2020. Sampel penelitian adalah pasien hipertensi rawat jalan RS Sultan Thaha Saifuddin sebanyak 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah leaflet dan kuesioner. Teknik pengumpulan data dengan pemberian leaflet dan kuesioner melalui wawancara. Data dianalsis menggunakan uji T Dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pengetahuan responden sebelum diberikan leaflet sebesar 26,5 dan meningkat menjadi 30,9 setelah diberikan leaflet. Hasil bivariat diketahui ada pengaruh pemberian leaflet terhadap pengetahuan penderita hipertensi rawat jalan di Rumah Sakit Sultan Thaha Saifuddin Kabupaten Tebo Tahun 2020 (p=0,000). Diharapkan kepada rumah sakit untuk menyediakan leaflet, poster tentang hipertensi sehingga pasien hipertensi yang berobat jalan ke rumah sakit dapat membaca leaflet dan poster tersebut, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan pasien tentang hipertensi Kata Kunci      :           Pengetahuan, Leaflet, Hipertensi

Page 1 of 1 | Total Record : 5