cover
Contact Name
Novi Andri Nurcahyono
Contact Email
pmtk@ummi.ac.id
Phone
+62816566265
Journal Mail Official
jurnalpeka@ummi.ac.id
Editorial Address
Editor in Chief: Novi Andri Nurcahyono, M.Pd. (Scopus ID: 57211052188, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sukabumi, Indonesia) Editor: Komarudin, M.Pd. (Scopus ID: 57208301453, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, Indonesia) Fauzi Mulyatna, M.Pd. (Scopus ID: 57208625743, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia) Aritsya Imswatama, M.Pd. (ID Sinta: 6037801, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sukabumi, Indonesia) Ganjar Susilo, M.Pd. (Sinta ID: 6000718, Universitas Balikpapan, Balikpapan, Indonesia) Hamidah Suryani Lukman, S.Si., M.Pd. (Scopus ID: 57211269789, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sukabumi, Indonesia.
Location
Kab. sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
ISSN : 25986422     EISSN : 25986422     DOI : https://doi.org/10.37150/jp.v4i1
Core Subject : Education, Social,
Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) (E-ISSN: 2598-6422) menerbitkan artikel kajian ilmiah atau hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Matematika. Adapun lingkup jurnal ini adalah : 1. Desain didaktis pembelajaran matematika 2. Media pembelajaran matematika 3. Kurikulum pendidikan matematika 4. Teori belajar matematika 5. Penelitian tindakan kelas
Articles 62 Documents
Eksperimentasi Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Motivasi Siswa Fatma Nurlambi
Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) Vol. 1 No. 1 (2017): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jp.v1i1.188

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui mana yang lebih baik antara model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan model pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep; (2) untuk mengetahui mana yang lebih baik antara motivasi tinggi dengan motivasi rendah terhadap pemahaman konsep; (3) untuk mengetahui pada masing-masing motivasi belajar, mana yang memberikan pemahaman konsep lebih baik antara model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan model pembelajaran langsung; (4) untuk mengetahui pada masing-masing model pembelajaran mana yang memberikan pemahaman lebih baik siswa pada motivasi tinggi dengan siswa motivasi rendah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen semu, dengan desain faktorial 2 X 2. Populasi yang digunakan seluruh kelas VII MTs Negeri Cikembar tahun ajaran 2014/2015, dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Sampel yang digunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 40 siswa dan kelas kontrol sebanyak 42 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar tes kemampuan pemahaman konsep, dan lembar angket motivasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dalam penelitian ini menggunakan analisis variansi (ANAVA) dua jalur sel tak sama dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan: 1) model pembelajaran Learning Cycle 7E menghasilkan pemahaman konsep lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung; 2) motivasi tinggi dan motivasi rendah tidak memberikan pemahaman konsep lebih baik; 3) pada setiap tingkatan motivasi belajar tidak memberikan pemahaman lebih baik pada model pembelajaran Learning Cycle 7E dan model pembelajaran langsung; 4) pada masing-masing model pembelajaran tidak memberikan pemahaman lebih baik pada siswa yang memiliki motivasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi rendah.
Penerapan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Epi Aprilia
Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jp.v3i2.781

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan bahan ajar berbentuk Lembar Kerja Siswa berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan LKS berbasi RME diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dikarenakan dalam LKS berbasis RME tersebut. (1) memfasilitasi atau mendukung siswa dalam pembelajaran matematika yaitu menemukan dan mengkontruksi pengetahuan siswa. (2) berisikan soal-soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari atau kehidupan nyata yang diberikan kepada siswa. (3) siswa menjadi termotivasi dalam pembelajaran matematika karena menggunakan permasalahan dikehidupan sehari-hari, dilatih serta diikut sertakan untuk menemukan konsep-konsep matematika secara terbimbing. (4) mengubah pandangan siswa terhadap matematika yang dinilai abstrak menjadi menarik danĀ  mudah dipahami.
Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis RME Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis dede indriani
Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jp.v3i2.786

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan kemampuan komunikasi dan penalaran matematis di Indonesia tergolong rendah.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bahan ajar matematika berbasis RME terhadap kemampuan komunikasi dan penalaran matematis siswa. Bahan ajar dibuat dengan menggunakan soal kontekstual dalam memperkenalkan konsep matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar matematika berbasis RME berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi dan penalaran matematika, hal ini disebabkan karena dalam bahan ajar tersebut dapat (1) memfasislitasi siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan meraka, (2) memahamai masalah kontekstual (3) menyelesaikan masalah kontekstual 4) mendiskusikan penyelesaian masalah 5) membuat kesimpulan
Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Melalui Perangkat Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Fidi Dwi Anita Rahmatunisa
Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jp.v3i2.787

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Realistics Mathematics Education melalui perangkat pembelajaran seperti RPP dan LKS yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan RME melalui perangkat pembelajaran seperti RPP dan LKS dapat meningatkan motivasi belajar matematika siswa. LKS yang dibuat relavan dengan kehidupan nyata dari masalah kontekstual pada LKS dilengkapi dengan gambar-gambar, sehingga membantu siswa memahami apa yang mereka temui. Melalui kegiatan mendiskusikan dan membandingkan jawaban, siswa dilatih berbicara, bertanya serta berdiskusi mengenai materi agar membuat siswa berkembang. Dan melalui kegiatan mempresentasikan hasil diskusi, siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri sehingga mereka memiliki motivasi serta semangat dalam belajar matematika.
Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa salma salma Aprianka
Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) Vol. 2 No. 1 (2018): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jp.v3i2.796

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji penggunaan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kepustakaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan bahan ajar matematika yang berbasis Realistic Mathematics Education (RME) diharapkan dapat menunjukan pengaruh yang baik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Terdapat faktor yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya 1) di dalam bahan ajar terdapat permasalah konstektual, 2) siswa lebih termotivasi karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Yesi lusiana Septia
Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jp.v3i2.797

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji kemampuan berfikir kreatif matematis siswa melalui penerapan bahan ajar matematika yang bebasis RME. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Dalam Penerapan model pembelajaran RME, suatu kegiatan pembelajaran dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga didapatkan hasil bahwa penggunaan bahan ajar matematika berbasis Realistic mathematics Education (RME) berpengaruh positif terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis siswa.
Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Menggunakan Lembar Kerja Siswa Restu Melawati
Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jp.v3i2.800

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dipilih untuk mengembangkan kemampuan dan kepribadian siswa agar berguna ketika terjun dimasyarakat, maka dari itu dalam proses pembelajaran siswa harus dihadapkan pada situasi kehidupan nyata. Realistic mathematics education (RME) merupakan salah satu model pembelajaran yang menggunakan permasalahan kontekstual, untuk memudahkan siswa dalam memahami mata pelajaran matematika. Dalam penerapan model pembelajaran RME dapat menggunakan bahan ajar berupa lembar kerja siswa, agar pembelajaran menjadi terarah dan efektif. Dalam sederet aktivitas yang dilakukan pada proses pembelajaran ini maka akan terbentuk kemampuan komunikasi matematis siswa, karena siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Kemampuan komunikasi inilah yang akan membantu siswa dalam menyelesaikan masalah baik secara lisan dan tulisan serta mengembangkan kemampuan dan kepribadian.
Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Siti Syifa Sedaryati
Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jp.v4i1.802

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa agar kedepannya siswa mampu menyelesaikan persoalan lain yang serupa dengan menerapkan konsep tersebut. Salah satu pembelajaran yang dianggap efektif digunakan untuk memperoleh kemampuan pemahaman matematis siswa adalah pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan pemahaman matematis siswa melalui penerapan bahan ajar berbasis RME. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan atau riset kepustakaan. Dalam RME matematika dihubungkan dengan ralitas dan sebagai aktivitas manusia, matematika yang dianggap abstrak dapat lebih mudah dipahami secara konkrit oleh siswa. Sehingga didapatkan hasil bahwa penggunaan bahan ajar berbasis RME berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.
Penerapan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Destiana Oktaviani
Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jp.v4i1.803

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara tertulis, apakah penerapan bahan ajar berbasis realistic mathematic education (RME) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. jenis penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara tetulis penerapan bahan ajar berbasis realistic mathematic education (RME) memiliki kecenderungan untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal tersebut disebabkan karena bahan ajar dalam penelitian ini membuat pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan tidak monoton, selain itu juga siswa dapat mengetahui penggunaan matematika dalam kehidupan dan siswa menjadi berperan aktif dalam pembelajaran.
Eksplorasi Etnomatematika pada Kepercayaan Penentuan Hari Baik Masyarakat Baduy Imat sopiah Imat
Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37150/jp.v4i1.805

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep-konsep matematika dalam kepercayaan masyarakat Baduy seperti menentukan hari yang baik untuk pergi, untuk mulai bekerja dan menentukan hari baik untuk menikah di Desa Kenekes, Cibolenger, Provinsi Banten, Indonesia, yang dapat digunakan sebagai sumber belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Sumber data penelitian diperoleh dari menelaah buku, literatur, dan laporan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh konsep-konsep matematika, yaitu konsep bilangan, konsep himpunan dalam alfabet Jawa Sunda, dan konsep aritmatika modulo pada penentuan hari baik untuk pergi dan untuk memulai pekerjaan, dan juga konsep aljabar untuk penentuan hari baik melangsungkan pernikahan.