cover
Contact Name
M. Marizal
Contact Email
psikobuletin@uin-suska.ac.id
Phone
+6285271563331
Journal Mail Official
psikobuletin@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
ISSN : -     EISSN : 27208958     DOI : http://dx.doi.org/10.24014/pib.v1i1.8174
Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi merupakan buletin ilmiah online yang mempublikasikan naskah empirik dan non empirik. Naskah emprik meliputi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis riset dalam bidang psikologi. Sedangkan naskah non empirik meliputi review teoritis dan pemikiran ilmiah dalam bidang psikologi. Naskah yang diterbitkan pada psikobuletin meliputi hasil karya di bidang Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Sosial, Psikologi Klinis, Psikologi Islam dan Psikometri
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi" : 6 Documents clear
Peer Attachment dengan Regulasi Emosi Pada Santri Intan Muthia Luthfi; Desma Husni
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 1, No 2 (2020): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v1i2.9374

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peer attachment dengan regulasi emosi (cognitive reappraisal dan expressive suppression) pada santri Dar El Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian terdiri dari 220 santri dari kelas VIII dan IX. Penelitian ini menggunakan skala regulasi emosi (ERQ-CA) dan skala peer attachment (IPPA) yang disusun untuk mengukur regulasi emosi cognitive reappraisal, regulasi emosi expressive suppression, dan peer attachment. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis pearson product moment diperoleh koefisien korelasi r=0,553, p=0,000 (p≤ 0,05) yang berarti bahwa terdapat hubungan antara peer attachment dengan regulasi emosi cognitive reappraisal. Analisis kedua diperoleh hasil r=0,251, p=0,000 (p≤ 0,05) yang berarti bahwa terdapat hubungan antara peer attachment dengan regulasi emosi expressive suppression. Peer attachment  yang terbentuk melalui interaksi dan komunikasi membantu santri untuk mengelola emosi  saat mengalami masalah, khususnya masalah selama berada di Pondok Pesantren
Sinergitas Orang Tua-Guru dalam Membentuk Karakter Jujur dan Daya Juang Siswa Ayu Sundari
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 1, No 2 (2020): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v1i2.9555

Abstract

Jujur dan daya juang merupakan karakter yang penting bagi siswa. Karakter jujur dan daya juang  merupakan modal dasar bagi siswa untuk meraih prestasi akademik maupun non akademik. Artikel ini mencoba membahas bagimana peran orangtua dan guru dalam membentuk karakter jujur dan daya juang siswa, serta membahas dalam perspektif lapangan (pengalaman personal) maupun teoritis. Dalam membentuk karaktet jujur dan daya juang perlu sinergitas semua pihak terutama keluarga (orangtua) dan sekolah (guru). Peran orangtua sangat penting terutama sebagai pembentukan awal karakter jujur dan daya juang. Orangtua berperan sebagai transfer nilai, dan model bagi siswa. Sementara sekolah merupakan salah satu tempat penerapan karakter jujur dan daya juang bagi siswa. Di sekolah, peran guru menjadi signifikan khususnya dalam transfer nilai dalam  pembentukan  karakter jujur dan daya juang melalui hubungan positif, motivasi, serta lingkungan yang kondusif bagi siswa. Pada akhirnya, sinergitas orangtua dan guru menjadi penting dalam pembentukan karakter jujur dan daya juang siswa.Kata kunci:jujur, daya juang, orangtua, guru
Menyelisik Penampilan Pendidik Dari Kaca Mata Siswa Dalam Pemberian Layanan Psikologis Dengan Konseling Sumarni Sumarni; Elni Yakub
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 1, No 2 (2020): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v1i2.9504

Abstract

Kehadiran guru Bimbingan dan Konseling disekolah diharapkan mampu menjadi solusi dalam upaya pencegahan dan pengentasan dari permasalahan siswa. Melalui berbagai layanan yang diberikan diharapkan dapat menjembatani berbagai keadaan dan hubungan  yang kurang harmonis antara siswa dan guru BK. Keadaan yang dimaksud adalah tidak terungkapnya apa yang menjadi kebutuhan dan  harapan siswa terhadap layanan BK, serta permasalahan yang dihadapi oleh  siswa, baik yang terkait dengan bidang pribadi, sosial, belajar dan karir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang hal-hal yang menjadi perhatian siswa dan yang paling berkesan bagi siswa dari penampilan guru BK dalam memberikan layanan psikologis dengan konseling.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 45 Pekanbaru dan seluruh siswa SMP N 21 Pekanbaru sebanyak 1120 siswa. Instrument yang digunakan adalah kuesioner. Dan data yang diperoleh akan dianalisa dengan cara mencari prosentase dari setiap jawaban responden terhadap setiap butir soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keseluruhan responden di SMP N 45 Pekanbaru dan di SMP N 21 Pekanbaru secara umum memiliki perhatian dan kesan yang sama tinggi terhadap aspek bahasa konselor, sikap penerimaan konselor dan manfaat materi layanan
Kompetensi Multikultural pada Konseling Lesbian Gay Biseksual dan Transgender dalam Perspektif Islam Nike Wahyuni; Amirah Diniaty; Asti Meiza
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 1, No 2 (2020): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v1i2.9488

Abstract

Angka kasus LGBT yang meningkat setiap tahunnya menjadi kekhawatiran dan isu yang harus disikapi bijak dan kompeten oleh konselor dalam praktik konseling. Tulisan ini membahas secara teoritis hasil-hasil penelitian tentang kompetensi multikultural yang harus dimiliki konselor dalam praktik konseling terhadap kasus LGBT dalam perspektif Islam. Gagasan enam kontinum dalam praktik  konseling terhadap kasus LGBT yang harus dikuasai konselor meliputi Self, Relationship, Differential of feeling,Identify, Spiritual Intervention dan Acceptane of environmental. Kode Etik American Counseling Association (ACA)  mensyaratkan penegasan identitas LGBT, termasuk memvalidasi individu LGBT sebagai bagian dari kompetensi yang harus dikuasai konselor. Selain itu konselor sendiri harus mengenali dirinya sendiri, melakukan penilaian biopsikososial menyeluruh terhadap klien LGBT, tidak menyalahkan, dan menjunjung standar etika. Sebagai konselor muslim, pandangan konselor tentang ajaran Islam yang melarang keras LGBT menjadi norma yang dapat disampaikan pada klien sehingga pembingkaian informasinya menjadi tepat
Memahami Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Psikologi Sosial Ivan Muhammad Agung
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 1, No 2 (2020): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v1i2.9616

Abstract

Pandemi COVID-19 menjadi fokus perhatian dunia saat ini. Penyebaran  COVID-19 terus terjadi secara cepat dan luas, yang berdampak pada kehidupan sosial manusia, salah satunya adalah psikologi dan perilaku manusia. Tulisan ini mencoba membahas pandemic COVID-19 dalam perspektif psikologi sosial, yang terdiri dari beberapa bagian. Pertama, membahas tentang pandemi psikologi, karakteirisk dan dampaknya, kedua, dampak pandemi COVID-19 pada proses kognisi, emosi dan perubahan perilaku di masyarakat. Ketiga, dinamika pengaruh sosial dan konformitas dan terakhir apa yang bisa kita lakukan dalam menghadapi COVID-19. Pandemi COVID-19 telah menyebabkan terjadi banyak bias kognisi sosial yang berpotensi mempengarusi emosi dan perubahan perilaku individu. Peran pemerintah dan perilaku kooperatif masyarakt sangat membantu dalam mengurangi penyebaran dan mitigasi  COVID-19. Implikasi dan rekomendasi akan dibahas dalam artikel ini dalam perspektif Psikologi sosial.
Pola Asuh Authoritative dengan Perilaku Asertif Remaja Keturunan Minang di SMA Negeri 11 Pekanbaru Rahmatia Budi Setyaningrum; Alma Yulianti; Yulita Kurniawati Asra
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 1, No 2 (2020): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v1i2.9121

Abstract

Perilaku asertif adalah perilaku yang menunjukkan kemampuan mengungkapkan perasaan dan pikiran secara jujur dan nyaman, dan kemampuan untuk menolak hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan. Perilaku asertif penting untuk dimiliki setiap remaja untuk menghindari mereka dari pengaruh negatif pergaulan bebas. Remaja yang asertif dapat dibentuk melalui pola asuh yang tepat, yakni pola asuh authoritative, dimana orang tua memberikan kebebasan bagi remaja untuk mengungkapkan apa yang ia inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pola asuh authoritative dengan perilaku asertif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner terhadap 87 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson melalui program SPSS versi 21.0 for windows, diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,587 dengan sig. (2-tailed) = 0,000; p<0,05, artinya hipotesis diterima yaitu ada hubungan antara pola asuh authoritative dengan perilaku asertif remaja keturunan Minang di SMA Negeri 11 Pekanbaru. Temuan dari penelitian ini adalah pola asuh orang tua yang authoritative berperan penting dalam membentuk perilaku asertif pada remaja.

Page 1 of 1 | Total Record : 6