cover
Contact Name
Ardimen
Contact Email
elhekam@iainbatusangkar.ac.id
Phone
+6281363493524
Journal Mail Official
elhekam@iainbatusangkar.ac.id
Editorial Address
http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/elhekam/about/editorialTeam
Location
Kab. tanah datar,
Sumatera barat
INDONESIA
El-Hekam : Jurnal Studi Keislaman
ISSN : 25282506     EISSN : 25498940     DOI : http://dx.doi.org/10.31958/jeh
Core Subject : Education, Social,
ournal of eL-Hekam: Journal of Islamic Studies (Print ISSN: 2528-2506, Online ISSN: 2549-8940) is a journal published by IAIN Batusangkar Graduate Program. This is a peer-reviewed professional journal with an editorial board of scholars in the field of Islamic studies. This journal seeks to spread research around Islamic studies around the world. This journal warmly welcomes the contributions of scientists and related disciplinary experts. This publication was created as an interactive journal, not an electronic version of traditional print publications. The journal publishes two issues per year.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020)" : 6 Documents clear
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MTSN DI KABUPATEN TANAH DATAR Rahmawati, Rahmawati
El -Hekam Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : State Institute for Islamic Studies Batusangkar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31958/jeh.v5i1.2293

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang dipertimbangkan dalam memilih metode pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam pada MTsN di Kabupaten Tanah Datar, untuk mengetahui perancangan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada MTsN di Kabupaten Tanah Datar, dan untuk mengetahui alasan guru menggunakan metode pembelajaran ini pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada MTsN di Kabupaten Tanah Datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif etnografi, penelitian ini dilakukan pada MTsN di Tanah Datar, yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang merupakan informan kunci. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik menguji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa implementasi penggunaan metode mengajar di mulai dari memilih metode yang akan digunakan yaitunya disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai dan materi yang akan diajarkan, dan dalam melaksanakan metode mengajar guru mempersiapkan bahan ajar, RPP, Silabus dan bahan pendukung lainnya, serta menggunakan metode mengajar guru lebih mudah mengajarkan materi pelajaran dan siswa lebih mudah memahami materi yang diterimanya.
PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK BERDASARKAN PERMENDIKBUD NOMOR 23 TAHUN 2016 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP KOTA BATUSANGKAR Muliya, Ade Putri
El -Hekam Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : State Institute for Islamic Studies Batusangkar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31958/jeh.v5i1.2290

Abstract

ABSTRAK            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 di SMP Kota Batusangkar. Jenis penelitian ini ialah field research (penelitian lapangan). Metode penelitian yang penulis gunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan ialah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian pelaksanaan penilaian autentik pada aspek kognitif dilaksanakan dengan menggunakan tes tertulis, tes lisan dan penugasan. Pelaksanaan penilaian afektif dilaksanakan dengan menggunakan jurnal penilaian sikap positif dan negatif peserta didik dan pelaksanaan penilaian psikomotor dilaksanakan dengan penilaian mempraktekan materi-materi pembelajaran seperti sholat, wuduk, dan tayamum. Bagi siswa yang belum tuntas dalam penilaian aspek kognitif, afektif dan psikomotor akan dilakukan program remedial dan pengayaan.  
REKONSTRUKSI KURIKULUM, STUDI KASUS PADA PONDOK PESANTREN JABAL RAHMAH KECAMATAN SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATAR Erdawati, Erdawati
El -Hekam Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : State Institute for Islamic Studies Batusangkar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31958/jeh.v5i1.2291

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk rekonstruksi kurikulum, strategi pimpinan, implikasi hasil rekonstruksi dan kendala-kendala yang dihadapi dalam merekonstruksi kurikulum. Penulis menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara secara langsung dengan sumber data, yang terdiri dari pimpinan pesantren, guru, siswa dan masyarakat di sekitar pesantren, dan studi dokumentasi, sedangkan untuk pengujian keabsahan data penulis menggunakan teori trangulasi yaitu wawancara secara mendalam dan berulang-ulang dengan sumber yang berbeda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1). Bentuk Rekonstruksi Kurikulum pada Pesantren Jabal Rahmah Kecamatan Sungai Tarab adalah: pertama, materi pelajaran yang diberikan di pesantren adalah mata pelajaran yang bersumber dari kitab-kitab klasik, kedua, dalam proses belajar mengajar dilaksanakan secara klasikal, dimana diberikan materi keterampilan dan pendidikan berorganisasi, ketiga, dalam pola ini materi pelajaran telah dilengkapi dengan pelajaran umum dan ditambah aneka macam pendidikan, dan keempat, Pengajarannya lebih menitik beratkan pada pelajaran umum. (2). Strategi pimpinan pesantren dalam merekonstruksi kurikulum, yaitu: Mendengarkan ide/saran dari para guru, mengemukakan keinginan dan menjelaskan keinginan pimpinan, memberikan masukan, membagi tugas secara bersama, dan membangun komunikasi positif dengan pemerintah setempat. (3). Implikasi dari Hasil Rekonstruksi Kurikulum, yaitu: Sistem pengajaran dari perseorangan atau sorogan menjadi sistem klasikal yang kemudian disebut sebagai madrasah, diberikannya pengetahuan umum, bertambahnya komponen pendidikan pondok pesantren. (4). Kendala-kendala dalam melakukan rekonstruksi kurikulum, yaitu: Terbatasnya sarana dan prasarana, minimnya dana dan kesejahteraan pengajar dan lemahnya sumber daya manusia (SDM).
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE DIRECTOR 11 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS X SMAN 2 BATUSANGKAR Ekstrada, Erik
El -Hekam Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : State Institute for Islamic Studies Batusangkar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31958/jeh.v5i1.2292

Abstract

This study begins with the findings at SMAN 2 Batusangkar on PAI and Budi Pekerti class X learning that teachers only use the packet book in the learning process in the classroom. The package book was less able to attract attentionand increase students' understanding of learning materials. The aims of study to develop a valid and practical interactive multimedia in order to overcome these problems. The type of research that the authors use is research and development. Instruments used are observation guides, interview guides and questionnaires. Data collection techniques that the author uses are observation, interviews and questionnaires. Data analysis technique consists of two ways, qualitative data analysis techniques by Miles and Huberman and quantitative descriptive data analysis techniques. Interactive multimedia has been feasible to be used as a learning PAI and Budi Pekerti. This is taken in accordance with the level of validity and practicality that has been analyzed in this study.
MEMBINGKAI AGAMA DAN KEBANGSAAN Zaini, Hasan
El -Hekam Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : State Institute for Islamic Studies Batusangkar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31958/jeh.v5i1.2289

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menempatkan agama dan kebangsaan dalam satu wadah atau kotak yang serasi, seimbang dan sinergis. Kemudian tema tersebut ditinjau dan dikaji menurut perspektif politik, ekonomi, pendidikan dan kebudayaan serta sains dan teknologi kemudian dikemukakan peran PTKI dalam bingkai agama dan kebangsaan .Dapat disimpulkan bahwa paham kebangsaan sama sekali tidak bertentangan  dengan ajaran Al-Quran dan Sunnah. seorang muslim yang baik pastilah seorang anggota bangsa yang baik. Adanya perbedaan agama, kepercayaan, bahasa, suku, dan ras merupakan ketentuan dari Allah SWT. Agama sangat menjunjung tinggi hidup rukun dan damai baik bertetangga, bermasyarakat, dan bernegara. diyakini bila masyarakat indonesia betul-betul memahami ajaran agam dan konsep kebangsaan, niscaya persatuan dan kesatuan tetap terjaga dan NKRI akan terjamin.
APPLICATION OF PEER TEACHING LEARNING METHOD TO IMPROVE THE ABILITY TO READ THE QUR'AN CLASS IV AT SDN 21 SIJUNJUNG Fitriawati, Hemnel
El -Hekam Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : State Institute for Islamic Studies Batusangkar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31958/jeh.v5i1.2251

Abstract

This study aims to determine the improvement of students' reading ability of Q.S Al-Fiil with the application of peer teaching methods in class IV SDN 21 Sijunjung. This research method is Classroom Action Research that is: "before-after" which compares the ability to read Q.S Al-Fiil students before and after the application of the "peer teaching" method. Each hypothesis cycle was tested through data on the values of 27 students through observation and documentation techniques. The data analysis technique used is qualitative and quantitative analysis. Tests carried out using paired paired sample t test with the following results: aspects of the knowledge of reading Q.S Al-Fiil obtained tcount (0.575) is greater than ttable (0.317). While the aspect of reading skills in Q.S Al-Fiil obtained tcount (0.905) is also greater than ttable (0.317). Then it can be concluded that the application of the method of peer teaching can improve the reading ability of Q.S Al-Fiil fourth grade students of SDN 21 Sijunjung

Page 1 of 1 | Total Record : 6