cover
Contact Name
-
Contact Email
redaksi@jurnal.aikom.ac.id
Phone
+6281393278536
Journal Mail Official
redaksi@jurnal.aikom.ac.id
Editorial Address
Jl. Batu Angus, Kel. Dufa Dufa, Kec. Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara, 97727
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
JAMINFOKOM
ISSN : -     EISSN : 27461114     DOI : -
Core Subject : Science,
JAMINFOKOM merupakan Sebuah wadah untuk para akademisi, guru dan praktisi dalam menyebarluaskan artikel ilmiah pada bidang ilmu Informatika dan Komputer agar bermanfaat bagi masyarakat. Artikel ilmiah ini diterbitkan 2 kali dalam setahun pada bulan Maret dan September, pertama kali diterbitkan pada September 2020
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): Maret 2021" : 12 Documents clear
Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Perubahan Jabatan Kepegawaian Menggunakan Decision Table Arizona Firdonsyah; Ammar Fauzan
Jurnal Manajemen Informatika dan Komputer Vol 2 No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : Manajemen Informatika, Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengolahan data karyawan dan proses pengambilan keputusan saat terjadi perubahan jabatan atau jenjang karier di sebuah kantor cabang perusahaan rekrutmen konsultan swasta di Yogyakarta masih dikerjakan dengan MS-Excel. Pengelola menghendaki satu sistem pendukung keputusan yang lebih efisien untuk membantu pengontrolan, pengolahan data dan pengambilan keputusan agar menjadi lebih mudah dan cepat. Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dirancang membutuhkan masukan berupa: data diri karyawan, data absensi, data kinerja, data gaji, data cuti, data masa kerja, dan data rekam jejak. Keluaran aplikasi ini akan menghasilkan laporan yang berisi: biodata karyawan, presensi, gaji, masa kerja, cuti, rekam jejak, dan rekomendasi perubahan jabatan. Perancangan sistem pendukung keputusan ini akan dideskripsikan dalam bentuk bagan alir. Proses perhitungan rekomendasi perubahan jabatan pada sistem, akan menggunakan metode tabel keputusan atau decision table
Rancang Bangun Website Online Percetakan Menggunakan Metode Rapid Application Development Studi Kasus Percetakan Radja Digital Printing Muhammad Irfan; Muhammad Zulfariansyah M.T.I; Dedy Mirwansyah M.Si
Jurnal Manajemen Informatika dan Komputer Vol 2 No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : Manajemen Informatika, Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam membantu proses administrasi pada percetakan dalam hal penjualan, media promosi maupun pengelolaan file cetakan maka dibuatlahsistem informasi dan website pada percetakan Radja Digital Printing. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah RAD (RapidApplication Development) dan alat bantu yang digunakan dalam pengembangan sistem skripsi adalah flowchart, FOD, CD, DFD dan HIPO. Relasitabel dan struktur tabel serta pembuatan sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database management system MySQL, hasil pengujiandengan menggunakan Black Box Testing berjalan dengan baik dan sesuai harapan penguji. Saran dari aplikasi ini adalah penambahan fitur chatting atau pesan agar konsumen dapat langsung menanyakan kabar dari cetakannya atau menanyakan perihal produk apa saja yang tersedia diRadja Digital Printing serta pemesanan online
Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Upah Jasa pada Cv Sartika Express Berbasis Desktop Wiku Mukti Vambudi
Jurnal Manajemen Informatika dan Komputer Vol 2 No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : Manajemen Informatika, Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

CV Sartika Express adalah jasa konveksi yang artinya industri kecil skala rumah tangga yang merupakan tempat pembuatan pakaian, dalam proses upah menggunakan buku besar dan proses perhitungan upah dilakukan secara manual. Dari proses tersebut terjadi keterlambatan dan sering terjadi salah perhitungan upah. Untuk mengatasi hal tersebut maka perusahaan membutuhkan sistem yang mampu mengolah data upah, sehingga dalam penelitian ini dibuatlah Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Upah Jasa pada CV Sartika Express Berbasis Desktop. Metode yang digunakan dalam perancangan dan pembuatan perangkat lunak ini adalah metode Prototype, bahasa pemrograman yang digunakan sebagai pembuatan perangkat lunak adalah Visual Studio 2012, reporting adalah Crystal Reports 13.0.5.891, dan database SQL Server 2012 sebagai penyimpanan data. Sedangkan metode yang dipakai dalam pengujian adalah Black Box. Penelitian ini akan dihasilkan suatu Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Upah Jasa pada CV Sartika Express Berbasis Desktop yang membantu proses upah khususnya dalam penyimpanan data dan mempermudah pengguna dalam proses perhitungan upah, selain itu sistem yang iusulkan juga menghasilkan informasi seperti laporan data karyawan, laporan data rekapan pesanan, laporan data upah, slip upah karyawan dan list pekerjaan karyawan
Perancangan Animasi 2D Pada Perangko Indonesia Seri Hewan Dengan Teknologi Augmented Reality (AR) Verdo Asrial
Jurnal Manajemen Informatika dan Komputer Vol 2 No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : Manajemen Informatika, Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prangko merupakan bukti pelunasan biaya pengiriman surat yang di tempelkan pada bagian luar amplop. Pada awalnya prangko hanya gambar petinggi seperti raja dan ratu. di dalam desain perangko terdapat lambang negara dan angka yang digunakan sebagai identitas harga nominal, namun pada perkembangannya zaman prangko membuat desain beranekaragam, salah satunya membuat desain prangko Indonesia seri hewan memilih beberapa Jenis hewan yaitu Gajah, Badak, Harimau, Orang utan, burung kakak tua dan burung merak, yang dapat mengenalkan prangko Indonesia seri hewan dengan cara berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain prangko seri hewan dengan konsep animasi 2D menggunakan teknologi augmented reality(AR) menghasilkan karya dengan gaya geometrik yang menarik, informatif dan edukatif untuk generasi millenial. Metode pengumpulan data memalui studi literature dan studi banding. Menggunakan animasi 2D bergerak dengan teknologi augmented reality (AR) sebagai media memperkenalkan kembali prangko Indonesia, memperindah prangko indonesia dan memberikan warna baru yang modern untuk generasi millennial yang menarik perhatian audience
Sistem Informasi Pengaduan Kekerasan Perempuan dan Anak pada DP3A Kota Ternate Berbasis Website dengan Menggunakan PHP dan Mysql Melissa Von Emster; Muksin Hi. Abdullah; Junaidi Sabtu
Jurnal Manajemen Informatika dan Komputer Vol 2 No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : Manajemen Informatika, Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dengan judul Sistem Informasi Pengaduan Kekerasan Perempuan dan Anak Pada DP3A Kota Ternate Berbasis Website dengan Menggunakan PHP dan Mysql ini bertujuan mempermudah korban Kekerasan Dalam Rumah Tanggara (KDRT) dalam mengakses informasi pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Kota Ternate dan admin dalam mengolah data aduan. Sistem ini dirancang berbasis website menggunakan model perancangan waterfall dengan tools DFD, ERD, dan bahasa pemrograman PHP, serta MySql sebagai basis data pada perancangan sistem. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan observasi, interview dan studi pustaka
Peracangan Ilustrasi Digital “New Normal New Habit” Sebagai Informasi Edukasi Pencegahan Covid-19 Haris, Abdul
Jurnal Manajemen Informatika dan Komputer Vol 2 No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : Manajemen Informatika, Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Wabah Covid-19 membawa dampak pada berbagai sektor kehidupan, ruang gerak manusi serba dibatasi dengan berbagai macam penerapan protokol kesehatan. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran dari pada Covid-19 tersebut. Sebagai bentuk dukungan terhadap penerapan protokol kesehatan yang sedang berjalan, penulisan ini mengangkat tentang merancang media informasi edukasi berupa Ilustrasi Digital dalam memudahkan masyarakat memahami protokol pencegahan covid-19. Karya Ilustrasi Digital yang berjudul “New Normal New Habit” dapat diartikan sebagai kebiasaan baru yang menjadi budaya baru. Pada ilustrasi akan ditampilkan 3 pola protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunaka masker. Pemanfaat Ilustrasi Digital sebagai medium kampanye protokol Covid-19 dilihat sebagai alternatif yang cocok karena ilustrasi digital dapat ditampilkan pada berbagai platform salah satunya sosial media sehingga mudah disebarluaskan. Tahapan atau metode yang dilakukan dalam merancang karya adalah pengumpulan data dan referensi terkait dengan protokol pencegahan covid, membuat konsep ilustrasi, studi visual, layout dan final art work. Hasil dari post karya ilustrsai digital “New Normal New Habbit” menunjukan 97,8% responden menyatakan dalam ilustrasi terdapat informasi edukasi menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan. Melalui media ilustrasi digital ini diharapkan mampu mengajak masyarakat untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan pencehan Covid-19.
Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Perubahan Jabatan Kepegawaian Menggunakan Decision Table
Jurnal Manajemen Informatika dan Komputer Vol 2 No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : Manajemen Informatika, Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengolahan data karyawan dan proses pengambilan keputusan saat terjadi perubahan jabatan atau jenjang karier di sebuah kantor cabang perusahaan rekrutmen konsultan swasta di Yogyakarta masih dikerjakan dengan MS-Excel. Pengelola menghendaki satu sistem pendukung keputusan yang lebih efisien untuk membantu pengontrolan, pengolahan data dan pengambilan keputusan agar menjadi lebih mudah dan cepat. Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dirancang membutuhkan masukan berupa: data diri karyawan, data absensi, data kinerja, data gaji, data cuti, data masa kerja, dan data rekam jejak. Keluaran aplikasi ini akan menghasilkan laporan yang berisi: biodata karyawan, presensi, gaji, masa kerja, cuti, rekam jejak, dan rekomendasi perubahan jabatan. Perancangan sistem pendukung keputusan ini akan dideskripsikan dalam bentuk bagan alir. Proses perhitungan rekomendasi perubahan jabatan pada sistem, akan menggunakan metode tabel keputusan atau decision table
Rancang Bangun Website Online Percetakan Menggunakan Metode Rapid Application Development Studi Kasus Percetakan Radja Digital Printing Muhammad Irfan; Muhammad Zulfariansyah M.T.I; Dedy Mirwansyah M.Si
JAMINFOKOM - Jurnal Manajemen Informatika dan Komputer Vol 2 No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : Manajemen Informatika, Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam membantu proses administrasi pada percetakan dalam hal penjualan, media promosi maupun pengelolaan file cetakan maka dibuatlahsistem informasi dan website pada percetakan Radja Digital Printing. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah RAD (RapidApplication Development) dan alat bantu yang digunakan dalam pengembangan sistem skripsi adalah flowchart, FOD, CD, DFD dan HIPO. Relasitabel dan struktur tabel serta pembuatan sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database management system MySQL, hasil pengujiandengan menggunakan Black Box Testing berjalan dengan baik dan sesuai harapan penguji. Saran dari aplikasi ini adalah penambahan fitur chatting atau pesan agar konsumen dapat langsung menanyakan kabar dari cetakannya atau menanyakan perihal produk apa saja yang tersedia diRadja Digital Printing serta pemesanan online
Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Upah Jasa pada Cv Sartika Express Berbasis Desktop
Jurnal Manajemen Informatika dan Komputer Vol 2 No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : Manajemen Informatika, Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

CV Sartika Express adalah jasa konveksi yang artinya industri kecil skala rumah tangga yang merupakan tempat pembuatan pakaian, dalam proses upah menggunakan buku besar dan proses perhitungan upah dilakukan secara manual. Dari proses tersebut terjadi keterlambatan dan sering terjadi salah perhitungan upah. Untuk mengatasi hal tersebut maka perusahaan membutuhkan sistem yang mampu mengolah data upah, sehingga dalam penelitian ini dibuatlah Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Upah Jasa pada CV Sartika Express Berbasis Desktop. Metode yang digunakan dalam perancangan dan pembuatan perangkat lunak ini adalah metode Prototype, bahasa pemrograman yang digunakan sebagai pembuatan perangkat lunak adalah Visual Studio 2012, reporting adalah Crystal Reports 13.0.5.891, dan database SQL Server 2012 sebagai penyimpanan data. Sedangkan metode yang dipakai dalam pengujian adalah Black Box. Penelitian ini akan dihasilkan suatu Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Upah Jasa pada CV Sartika Express Berbasis Desktop yang membantu proses upah khususnya dalam penyimpanan data dan mempermudah pengguna dalam proses perhitungan upah, selain itu sistem yang iusulkan juga menghasilkan informasi seperti laporan data karyawan, laporan data rekapan pesanan, laporan data upah, slip upah karyawan dan list pekerjaan karyawan
Perancangan Animasi 2D Pada Perangko Indonesia Seri Hewan Dengan Teknologi Augmented Reality (AR)
Jurnal Manajemen Informatika dan Komputer Vol 2 No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : Manajemen Informatika, Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prangko merupakan bukti pelunasan biaya pengiriman surat yang di tempelkan pada bagian luar amplop. Pada awalnya prangko hanya gambar petinggi seperti raja dan ratu. di dalam desain perangko terdapat lambang negara dan angka yang digunakan sebagai identitas harga nominal, namun pada perkembangannya zaman prangko membuat desain beranekaragam, salah satunya membuat desain prangko Indonesia seri hewan memilih beberapa Jenis hewan yaitu Gajah, Badak, Harimau, Orang utan, burung kakak tua dan burung merak, yang dapat mengenalkan prangko Indonesia seri hewan dengan cara berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain prangko seri hewan dengan konsep animasi 2D menggunakan teknologi augmented reality(AR) menghasilkan karya dengan gaya geometrik yang menarik, informatif dan edukatif untuk generasi millenial. Metode pengumpulan data memalui studi literature dan studi banding. Menggunakan animasi 2D bergerak dengan teknologi augmented reality (AR) sebagai media memperkenalkan kembali prangko Indonesia, memperindah prangko indonesia dan memberikan warna baru yang modern untuk generasi millennial yang menarik perhatian audience

Page 1 of 2 | Total Record : 12