cover
Contact Name
Setia Rahmawan
Contact Email
setia.rahmawan@uin-suka.ac.id
Phone
+6285729537765
Journal Mail Official
jtcre@uin-suka.ac.id
Editorial Address
Department of Chemistry Education 2nd floor, Faculty of Education and Teaching Training Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Marsda Adisucipto Street, Yogyakarta Phone +62-274 519739 Fax. +62-274 540971
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Tropical Chemistry Research and Education
ISSN : 2685144X     EISSN : 26855690     DOI : https://doi.org/10.14421/jtcre2020.22-01
Core Subject : Science, Education,
This journal encompasses original research article and review articles related tropical chemistry, but it is not restricted to, including: Lab based research Teaching & Learning Material Learning Learning Media/Multimedia Evaluation & Assessment Higher Order Thinking Skills Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education Chemical Content Learning Strategy School Laboratory Experiment
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020)" : 6 Documents clear
Pengembangan Modul Kimia Bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Makromolekul Hanifah Octa Viani; Agus Kamaludin
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 2 No 2 (2020)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2020.22-01

Abstract

Kompetensi abad 21 menuntut keterampilan 4C peserta didik untuk mampu berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan masalah, namun keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik di Indonesia masih sangat rendah, berdasarkan peringkat Indeks Pengembangan Manusia dalam komposisi pencapaian pendidikan Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D ‎yang terdiri atas 4 tahap, yaitu define, design, development, dan disseminate, namun dibatasi sampai tahap ketiga atau development. Produk dinilai menggunakan instrumen penilaian kualitas skala Likert dan Gutmann. Produk yang ‎dikembangkan dinilaikan kepada dosen ahli media, dosen ahli materi, dan guru kimia SMA/MA dan direspon oleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, modul kimia bermuatan HOTS yang ‎dikembangkan memperoleh persentase 96,00% dengan kategori Sangat Baik (SB). Penilaian oleh ahli media memperoleh persentase 90,90% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian oleh guru kimia SMA/MA memperoleh persentase 85% dengan kategori Sangat Baik (SB), serta modul ini direspon positif oleh peserta didik dengan persentase 95%.
Analisis Kebutuhan Untuk Mengembangkan Media Video Animasi Pada Materi Struktur Atom Dan Ikatan Kimia Wardah Ulyana Wijaya
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 2 No 2 (2020)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2020.22-02

Abstract

Pembelajaran kimia pada materi struktur atom dan ikatan kimia bersifat abstrak. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan belajar menggunakan video animasi. Namun, pengembangan video animasi perlu menyesuaikan kebutuhan peserta didik sehingga dibutuhkan suatu analisis kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristikvideo animasi pembelajaran kimia pada materi struktur atom dan ikatan kimia yang dibutuhkan oleh peserta didik di SMA/MA kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Partisipannya adalah peserta didik dan guru kimia di SMA/MA kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, Focus Group Discussion (FGD), dan angket penilaian contoh video animasi. Keabsahan data yang digunakan adalah Teknik triangulasi dan member check. Adapun Teknik analisis data penelitian untuk angket penilaian contoh video animasi menggunakan Teknik kategorisasi dengan cara mengkonversi data kuantitatif ke data kualitatif, sementara hasil wawancara dan FGD menggunakan metode Miles dan Huberman yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik media video animasi materi struktur atom dan ikatan kimia yang baik mencakup aspek musik, suara, narasi, animasi, warna, tulisan, dan penyajian. Video animasi diberikan banyak contoh kasus terjadinya ikatan dan bentuk ,molekul, animasi elektron tampak bergerak, elektron dari atom yang berbeda diberikan pembeda berupa beda symbol atau beda warna dan masing-masing atom yang berikatan diberikan identitas nama atom.
Kemampuan Siswa Sma Negeri Di Kota Yogyakarta Dalam Menjawab Soal Tipe Representasi Multipel Pada Materi Elektrolit Dan Nonelektrolit Vika Puji Cahyania
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 2 No 2 (2020)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2020.22-03

Abstract

Elektrolit dan nonelektrolit adalah salah satu materi mata pelajaran kimia SMA yang di ajarkan di kelas X yang terdiri dari representasi makroskopik, mikroskopis, simbolik dan matematika. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami konten dalam elektrolit dan non-elektrolit dalam perspektif representasi multipel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa sekolah menengah dalam menjawab soal pilihan ganda berbentuk representasi multipel pada materi elektrolit dan non-elektrolit, untuk menganalisis aspek representasi yang memiliki persentase terendah di antara aspek-aspek lainnya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek yang dilibatkan sebanyak 394 siswa kelas X yang berasal dari tiga sekolah menengah di kota Yogyakarta. Teknik sampling yang dipilih menggunakan teknik stratified purposive sampling karena mewakili sekolah tingkat rendah, menengah, dan tinggi. Instrumen representasi multipel terdiri dari 37 item pilihan ganda yang mencakup aspek makroskopis, mikroskopis, simbolik, dan matematika. Tes diberikan pada akhir proses pembelajaran. Analisis data penelitian ini menggunakan model Rasch untuk menganalisis kemampuan siswa, kriteria penilaian ideal untuk mengkategorikan kemampuan siswa serta ANAVA satu jalur untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata sekolah strata tinggi, sedang dan rendah. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan representasi multipel siswa pada materi elektrolit dan non-elektrolit diklasifikasikan dalam kategori tinggi. Aspek representasi yang memiliki persentase kemampuan terendah di antara aspek-aspek lainnya adalah aspek simbolik.
Pengembangan Android Mobile Learning “Puzzle Of Chemistry” Berbasis Contextual Learning Pada Materi Asam Basa Oky Pamungkas
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 2 No 2 (2020)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2020.22-04

Abstract

Materi kimia SMA/MA lebih banyak diwarnai dengan materi konseptual teoretik keilmuan kimia dibandingkan dengan aplikasi ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari. Media pembelajaran kimia yang memuat contextual learning pada materi asam basa cocok untuk menjadi solusi dari hal tersebut, namun media pembelajaran yang dikembangkan tentunya harus memerhatikan ketertarikan siswa dan kemajuan perkembangan zaman saat ini sehingga perlu dikembangkan media yang interaktif dan mudah diakses oleh siswa. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang memuat contextual learning pada materi asam basa dalam bentuk game android interaktif. Penelitian ini dilakukan dengan metode 4-D. sebelum produk dinilai oleh lima guru kimia SMA/MA dan direspon oleh sepuluh siswa kelas XI MIA, produk yang dikembangkan divalidasi oleh dosen ahli media dan ahli materi. Produk yang dinilaikan dengan menggunakan skala likert dan guttman. Hasil penlitian yang diperoleh bahwa media game android puzzle of chemistry berbasis contextual learning pada materi asam basa memiliki karakteristik game yang memuat contextual learning. Berdasarkan penilaian validasi ahli materi dan ahli media bahwa produk yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori baik, sedangkan respon guru kimia mendapatkkan persentase keidealan sebesar 96,3% termasuk kategor Sangat Baik (SB), dan respon siswa SMA/MA kelas XI MIA memperoleh persentase keidealan sebesar 87% termasuk kategori Sangat Baik (SB).
Analisis Persepsi Mahasiswa Tentang Pendidikan Inklusif Nur Indah Nugraheni; Karmanto
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 2 No 2 (2020)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2020.22-05

Abstract

Mahasiswa kependidikan merupakan mahasiswa yang dipersiapkan sebagai calon pendidik. Salah satunya adalah mahasiswa pendidikan kimia yang dipersiapkan sebagai calon guru kimia. Mahasiswa pendidikan kimia hendaknya memiliki pemahaman yang komprehensif terkait pendidikan inklusif karena fakta dilapangan memperlihatkan tidak ada siswa yang sempurna. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa pendidikan kimia UIN Sunan Kalijaga tentang pendidikan inklusif, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa, dan merumuskan model matematis untuk persepsi mahasiswa tentang pendidikan inklusif. Kajian identifikasi persepsi mahasiswa tentang pendidikan inklusif dilakukan dengan metode survei, instrumen yang digunakan adalah kuisioner, serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa tentang pendidikan inklusif dilakukan dengan metode survei, instrumen yang digunakan adalah kuisioner, serta teknik analisis data dengan kategorisasi. Merumuskan model matematis untuk persepsi mahasiswa tentang pendidikan inklusif berdasarkan faktor yang mempengaruhi dilakukan dengan metode statistika regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa pendidikan kimia UIN Sunan Kalijaga memiliki persepsi sedang tentang pendidikan inklusif sebesar 39,09% dengan mean 111,26. Berdasarkan hasil penelitian, faktor internal yang berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa adalah aspek pengetahuan. Sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa adalah aspek kerjasama. Berdasarkan analisis yang dilakukan, model matematis yang sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa tentang pendidikan inklusif dirumuskan sebagai Y = 8,202 + 3,696X1 + 4,201X2.
Hubungan Antara Kecerdasan Logis-Matematis Dengan Hasil Belajar Dan Kecerdasan Interpersonal Dengan Motivasi Belajar Kimia Fatikah Giyana Cahyani
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 2 No 2 (2020)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2020.22-06

Abstract

Kecerdasan yang seseorang terdiri dari delapan jenis atau kecerdasan majemuk. Kecerdasan logis-matematis dan kecerdasan interpersonal dibutuhkan pada pembelajaran kimia. Hasil belajar kimia berkaitan dengan kecerdasan logis-matematis siswa. Sedangkan motivasi belajar kimia berkaitan dengan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, perlu menentukan hubungan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar kimia siswa XI MIA di SMA N 1 Banguntapan. Selain itu, untuk mengkaji hubungan antara kecerdasan interpersonal terhadap motivasi belajar kimia siswa XI MIA di SMA N 1 Banguntapan.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Partisipan dalam penelitian sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk memperoleh data kecerdasan interpersonal dan motivasi. Selain itu, tes untuk memperoleh data kecerdasan logis-matematis dan hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi. Berdasakan hasil penelitian diketahui hubungan antara kecerdasan logis-matematis dengan hasil belajar kimia siswa XI MIA di SMA N 1 Banguntapan linier positif dan signifikan dengan nilai r = 0,864 dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan motivasi belajar kimia siswa XI MIA di SMA N 1 Banguntapan linier positif dan signifikan dengan nilai r = 0, 392 dalam kategori rendah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6