cover
Contact Name
Setia Rahmawan
Contact Email
setia.rahmawan@uin-suka.ac.id
Phone
+6285729537765
Journal Mail Official
jtcre@uin-suka.ac.id
Editorial Address
Department of Chemistry Education 2nd floor, Faculty of Education and Teaching Training Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Marsda Adisucipto Street, Yogyakarta Phone +62-274 519739 Fax. +62-274 540971
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Tropical Chemistry Research and Education
ISSN : 2685144X     EISSN : 26855690     DOI : https://doi.org/10.14421/jtcre2020.22-01
Core Subject : Science, Education,
This journal encompasses original research article and review articles related tropical chemistry, but it is not restricted to, including: Lab based research Teaching & Learning Material Learning Learning Media/Multimedia Evaluation & Assessment Higher Order Thinking Skills Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education Chemical Content Learning Strategy School Laboratory Experiment
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022)" : 6 Documents clear
Pengembangan Buku Bacaan Berjenjang Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa Sekolah Dasar Anisa Nur Izza Fitria
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 4 No 1 (2022)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2022.41-01

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model 4D, yaitu Define, Design Develope, dan Disseminate. Namun, pengembangan ini hanya pada sampai tahap Develope. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik produk buku bacaan berjenjang dan mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Penilaian dilakukan melalui ahli materi, ahli media, dan guru IPA SD yang meliputi 9 aspek penilaian dengan menggunakan instrumen lembar penilaian skala 4. Hasil penilaian berupa data kuantitatif dan kualitatif yang kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku bacaan berjenjang. Produk yang dikembangkan direkomendasikan untuk kelas IV tema 2 pokok bahasan energi dan kelas V tema 3 pokok bahasan sistem pencernaan manusia yang diberi judul “Yuk, Cari Tahu”. Karakteristik produk terdiri dari 20 halaman yang dikemas dalam bentuk cerita dan terdiri dari satu gambar tiap halaman. Berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan bahwa kualitas buku Baik (SB) dengan skor 2 dari total skor 2, penilaian ahli media menunjukkan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 6 dari total skor 6 dan penilaian guru IPA SD menunjukan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 31,2 dari total skor 36 dengan persentase keidealan sebesar 87%. Oleh karena itu, produk pengembangan layak dijadikan sebagai media pembelajaran.
Pengembangan Watak (Wayang Kertas Kimia) Sebagai Media Pembelajaran Ikatan Kimia Berbasis Pendidikan Karakter Dan Kearifan Lokal Untuk Peserta Didik SMA/MA Friska Putri Normayanti; Muhammad Zamhari
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 4 No 1 (2022)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2022.41-02

Abstract

Pendidikan yang berhasil dalam pandangan Ki Hajar Dewantara adalah pendidikan yang tidak memisahkan masyarakat dari kebudayaan yang menjadi pedoman dalam melakukan tindakan. Pendidikan seharusnya berdasarkan pada kebudayaan tanpa menutup diri dari arus globalisasi. Globalisasi memberikan dampak negatif juga positif. Fenomena menyelesaikan masalah dengan kekerasan, kasus bullying merupakan tanda adanya krisis pada karakter dan moral peserta didik. Hal ini dikarenakan pendidikan memfokuskan pada aspek kognitif dan mengabaikan aspek moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menilai kualitas dan mengetahui hasil respon pengguna terhadap media WATAK. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan mengadaptasi model 4-D (define, design, develop and disseminate) yang dibatasi sampai pada tahap develop. Pengembangan WATAK (wayang kertas kimia) ini dibimbing oleh dosen pembimbing dan mendapat masukan dan saran oleh peer reviewer, ahli media, ahli materi dan ahli budaya. Penilaian dilakukan oleh 5 guru kimia SMA/MA dan direspon oleh 10 peserta didik yang telah mendapatkan materi ikatan kimia. Berdasarkan penilaian validasi ahli materi memperoleh kategori sangat baik dengan persentase keidealan 94,44%, sedangkan penilaian ahli media memperoleh kategori sangat baik dengan persentase keidealan sama yaitu 94,44%. Serta mendapatkan respon guru kimia SMA/MA dengan persentase keidealan 89% dengan kategori sangat baik dan respon 10 peserta didik mendapatkan persentase keidealan 85 % dengan kategori sangat baik.
Pengaruh Program Latihan Profesi (PLP) Terhadap Minat Dan Kesiapan Menjadi Calon Guru Kimia Yang Profesional Arum Dwi Jayanti
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 4 No 1 (2022)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2022.41-03

Abstract

Guru mempunyai peranan sangat penting di bidang pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga profesional. Dalam rangka mewujudkan guru yang profesional maka harus dilakukan dari dasar. Seorang guru sebelum mengajar harus memiliki kesiapan mengajar yang matang. Salah satu cara untuk mengasah kompetensi mengajar mahasiswa calon guru dengan mengikuti kegiatan Program Latihan Profesi (PLP). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Program Latihan Profesi (PLP) terhadap minat dan kesiapan menjadi guru profesional pada mahasiswa pendidikan kimia. Serta mengetahui pengaruh minat dan kesiapan menjadi guru yang profesional pada mahasiswa pendidikan kimia. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik yaitu menjabarkan dan menganalisis fenomena yang ditemukan di lapangan sehingga akan menghasilkan kesimpulan yang obyektif berupa data-data deskriptif. Subjek penelitian ini dalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia angkatan 2015 dan 2016 yang telah lulus dalam mata kuliah micro teaching dan telah mengikuti Program Latihan Profesi (PLP) serta mahasiswa alumni pendidikan kimia yang bekerja sebagai guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini antara lain: wawancara, dokumentasi, dan angket (kuesioner). Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif menggunakan persentase. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Secara keseluruhan persentase proses Program Latihan Profesi (PLP) yang dilaksanakan mahasiswa yaitu sebesar 85,9% artinya mahasiswa telah melaksanakan kegiatan Program Latihan Profesi (PLP) dengan sangat baik. Dimana selama proses Program Latihan Profesi (PLP) tersebut juga menimbulkan minat bagi mahasiswa menjadi seorang guru. Persentase minat mahasiswa menjadi guru didapat angka sebesar 86,8%. Hal ini menunjukkan bahwa minat mahasiswa terhadap profesi guru sangat baik. Program Latihan Profesi (PLP) dapat dikatakan menjadi salah satu faktor eksternal yang berpengaruh terhadap minat tersebut. Keberminatan mahasiswa calon guru tersebut selaras dengan hasil persentase kesiapan mahasiswa yaitu sebesar 79,9%, angka tersebut menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru profesional adalah sangat baik. Kesiapan inilah yang diperlukan untuk menjadi guru profesional.
Pengembangan Alat Peraga GUFUS Sebagai Sumber Belajar Mandiri Pada Materi Gugus Fungsi Bayu Setiawan
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 4 No 1 (2022)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2022.41-04

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan alat peraga Gufus sebagai sumber belajar mandiri pada materi gugus fungsi, 2) Mengetahui kualitas alat peraga Gufus sebagai sumber belajar mandiri berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan reviewer (guru kimia SMA/MA). Pengembangan alat peraga Gufus ini menggunakan model 4-D yang meliputi 4 tahap yakni: (1) Define (definisi), (2) Design (desain), (3) Develop (pengembangan), (4) Disseminate (penyebarluasan). Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop. Produk alat peraga Gufus pada materi gugus fungsi ini divalidasi oleh dosen pembimbing, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, serta tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan empat reviewer (guru kimia). Instrumen yang digunakan untuk penilaian kualitas produk berupa lembar angket skala lima yang terdiri dari delapan aspek.. Karakteristik alat peraga Gufus yang dikembangkan terdiri dari beberapa komponen, diantaranya huruf C-H-O, batang penghubung, angka dan penomoran yang disetiap komponen dipasangi magnet untuk dapat ditempelkan pada papan tulis bermagnet. Penilaian kualitas alat peraga Gufus dilakukan oleh satu dosen ahli materi mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 97,14%. Menurut penilaian satu dosen ahli media kualitas alat peraga Gufus mendapat kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 89%. Penilaian kualitas alat peraga Gufus oleh empat reviewer (guru kimia) mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 93,61%.
Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia SMA/MA Materi Hidrokarbon Dan Minyak Bumi Berwawasan Lingkungan Hidup Izza Kamilah; Retno Aliyatul Fikroh
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 4 No 1 (2022)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2022.41-05

Abstract

Interaksi antara aktivitas manusia dan lingkungan sangat mempengaruhi kondisi suatu lingkungan, sehingga sikap peduli lingkungan perlu ditanamkan sejak dini. Integrasi permasalahan lingkungan ke dalam materi pembelajaran adalah salah satu cara menanamkan sikap peduli lingkungan. Permasalahan lingkungan yang disajikan dalam pembelajaran akan menuntut peserta didik untuk mengamati dan mempelajari keadaan lingkungan sekitar sehingga dapat menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kualitas modul materi hidrokarbon dan minyak bumi berwawasan lingkungan hidup berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik kimia SMA/MA, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (define. design, develop, disseminate) namun hanya dibatasi sampai tahap develop. Hasil penilaian kualitas produk mendapatkan kategori sangat baik, sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul materi hidrokarbon dan minyak bumi berwawasan lingkungan hidup yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran kimia.
Hubungan antara Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 7 Purworejo Heni Astuti
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 4 No 1 (2022)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2022.41-06

Abstract

Pelaksanaan pendidikan karakter dapat dilakukan dengan penerapan program full day school. Kemandirian belajar sangat penting dalam proses belajar terutama dalam mata pelajaran kimia, karena kimia dianggap sulit oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kategori kemandirian belajar kimia kelas X SMA N 7 Purworejo dan menganalisis hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar kimia kelas X SMA N 7 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bersifat Ex- Post Facto dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskripsi data, analisis regresi linier sederhana, dan korelasi Kendall’s Tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 7 Purworejo berdasarkan hasil data angket pada kategori sedang sedangkan kemandirian belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 7 Purworejo berdasarkan hasil data observasi pada kategori tinggi serta terdapat hubungan positif dan signifikan pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 7 Purworejo tahun 2017/2018 yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (R) data angket sebesar 0,288, nilai (R2) 0,121 dan nilai sig. 0,000 dengan taraf sig. 0,05 dan persamaan regresi Y = 40,457 + 0,299 X. Dan nilai koefisien korelasi (R) data observasi sebesar 0,611, nilai (R2) 0,334 dan nilai sig. 0,000 dengan taraf sig. 0,05 dan persamaan regresi Y = 18,801 + 0,622 X.

Page 1 of 1 | Total Record : 6