cover
Contact Name
Nur Kholis
Contact Email
suarasaljuq@gmail.com
Phone
+6285268170465
Journal Mail Official
azzahra.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cendrawasih No. 01 Way Jepara Lampung Timur
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Azzahra : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 2714982X     DOI : -
Core Subject : Education,
Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus & scope sebagai berikut: Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Hubungan anak dengan keluarga dan masyarakat Observasi perkembangan dan asesmen Lingkungan dan kurikulum Kesehatan, keselamatan, dan nutrisi Profesionalisme dan kepemimpinan Administrasi dan manajemen Artikel menganalisis isu-isu terkini, masalah, kebijakan, dan praktik, serta menawarkan kebaruan dan implikasi praktis dalam pengembangan pendidikan anak. Kami mengundang para peneliti, cendekiawan, akademisi, dan mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dijurnal kami.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 45 Documents
MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK MELALUI PUZZLE HURUF PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KOBER KUNTUM MELATI INDAH DESA BRAJA INDAH KECAMATAN BRAJA SELEBAH KABUPATEN LAMPUNG TIMUR Dewi Purwati; Sumaryati Sumaryati; Ahmad Ardiyansah
AZZAHRA Vol 1 No 1 (2019): ENAM ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi dengan perkembangan kognitif anak didik masih kurang berkembang dikarenakan anak belum dapat memahami warna, bentuk, huruf, berhitung, antara banyak dan sedikit, besar atau kecil. Berdasarkan asumsi diatas maka penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model permaianan puzzle huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kognitif anak khususnya pada anak usia 3-4 tahun di Kober Kuntum Melati Indah Desa Braja Indah Kabupaten Lampung Timur. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, metode ini cocok dan releven dengan objek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik usia 3-4 tahun di Kober Kuntum Melati Indah Desa Braja Indah Kabupaten Lampung Timur yang berjumlah 10 siswa. Tehnik pengumpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitan ini dilakukan pada siklus 1 dan siklus II selama empat kali pertemuan dan tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setelah melakukan analisis dan pembahasan dalam penelitian ini, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa penerapan permainan puzzle huruf dapat mengembangkan kognitif pada anak usia 3-4 tahun di Kober Kuntum Melati Indah desa Braja Indah Kecamatan Braja Selebah Kabupaten Lampung Timur Propinsi Lampung. Hal ini dapat dibuktikan dengan presentase perkembangan kognitif anak pada pra survey yang kriteria baik 0% dan pad siklus 1 meningkat menjadi 20%, dan siklus II meningkat lagi 80%.
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI RA ASH-SHIDIQI SRIREJO AGUNG RAJABASA BARU KECAMATAN MATARAM BARU Trimayang Anisa; Damanhuri; Fitriyah
AZZAHRA Vol 1 No 1 (2019): ENAM ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan hingga kini masih dipercaya sebagai media yang sangat ampuh dalam membangun kecerdasan sekaligus kepribadian anak manusia menjadi lebih baik. Oleh karena itu, pendidikan secara terus-menerus dibangun dan dikembangkan agar dari proses pelaksanaannya menghasilkan generasi yang diharapkan. Demikian pula dengan pendidikan karakter anak usia dini agar kedepannya menjadi penerus bangsa yang baik. Maka, perbaikan sumber daya manusia yang cerdas, terampil, mandiri, dan berakhlak mulia terus diupayakan melalui proses pendidikan akan tetapi permasalahan utama dalam pendidikan anak usia diani adalah ada beberapa anak yang memiliki sifat tidak jujur, tidak disiplin, egois, tidak taggung jawab, tidak mandiri, tidak hormat dan santun padahal tujuan yang hendak dicapai dalam pendidikan anak usia dini adalah untuk mengimplementasikan pendidikan karakterPendekatan dalam Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang bertempat di RA As Shidiqi Srirejo Agung. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan anak didik Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpulkan diperiksa keabsahannya dengan triangulasi.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa RA As Shidiqi Srirejo sangat memperhatikan pendidikan karakter untuk anak. Penanaman pendidikan karakter anak usia dini (5-6 tahun) dengan menggunakan kegiatan pembiasaan yang dilakukan secara terus-menerus, mulai peserta didik masuk gerbang dengan berjabat tangan serta mengucap salam kepada pendidik sampai penjemputan peserta didik oleh orang tua. Adapun jenis kegiatan dalam penanaman pendidikan karakternya yaitu, penyambutan kehadiran anak, penataan alat permainan di dalam kelas, cuci tangan, makan bersama, dan penjemputan.
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI RA DARUL ISITIQOMAH 2 DESA KARANG ANYAR LAMPUNG TIMUR Fatimah; Siti Kholijah; Septiani Selly Susanti
AZZAHRA Vol 1 No 1 (2019): ENAM ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di RA Darul Istiqomah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas B dengan jumlah anak yang diikutsertakan dalam penelitian ini adalah 24 anak terdiri dari 13 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Aspek kemampuan membaca permulaan yang diteliti meliputi: 1) Menyebutkan Simbol huruf yang diketahui, 2) Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk kata 3) Mengenal suara huruf awal dari nama-nama benda yang ada di kelas. Berdasarkan hasil hasil yang didapat Thitung (9,22) > Ttabel (1,68) (pada taraf signifikansi 5%).
PENGENALAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA USIA 5-6 TAHUN DI RAUDLATUL ATHFAL DARUL ISITIQOMAH 2 KARANG ANYAR Siti Fatimah; Novita Herawati; Elly Purwanti
AZZAHRA Vol 1 No 1 (2019): ENAM ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewasa ini banyak kita temui sekolah-sekolah SD khususnya SD favorit yang mensyaratkan bagi peserta didik ketika akan memasuki sekolah tersebut harus sudah bisa membaca dan menulis. Kemampuan membaca dan menulis menjadi patokan kelayakan anak untuk memasuki sekolah tersebut. Kriteria inilah yang mengakibatkan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang memaksa muridnya belajar membaca. Namun pada hakikatnya, di lembaga pendidikan anak usia dini tidak ada kewajiban anak belajar membaca kecuali hanya ajang sosialisasi prasekolah. Kondisi ini mengisyaratkan lembaga pendidikan anak usia dini menjadikan pelajaran membaca sudah menjadi bagian kurikulum sekolah, sehingga membuat guru sibuk mengajarkan anak didiknya untuk membaca sejak dini.Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan bersifat kualitatif. Penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di RA Darul Istiqomah 2 desa Karang Anyar sesuai dengan prinsip belajar behaviorisme yang berpendapat bahwa peran guru adalah menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan anak-anak melakukan kegiatan yang telah disusun oleh guru. Dalam belajar membaca permulaan dengan menggunakan media gambar siswa lebih semangat, tertarik dan dapat membaca dengan lancar, mudah paham ketika di beri penjelasan, siswa mampu membaca dengan mandiri, siswa mampu berkonsentrasi mendengarkan saat peneliti memberikan contoh membaca kata dengan benar, siswa mudah diarahkan untuk membaca. Penggunaan media gambar dapat menjembatani kemampuan yang diperoleh anak di sekolah dengan lingkungan. Hal ini karena pada media gambar tersebut disertai gambar-gambar yang menarik dari mulai huruf awalnya sesuai dengan huruf yang di pelajari hingga gambar yang mempermudah mereka belajar. Dengan digunakan media gambar kegiatan bermain sambil belajar lebih menyenangkan bagi anak.
PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF LEGO DI TAMAN KANAK-KANAK AL HIDAYAH SILIR SARI LABUHAN RATU IV LABUHAN RATU Siti Zulaikhakh; Nur Kholis; Rina Wulandari
AZZAHRA Vol 1 No 1 (2019): ENAM ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kreativitas anak melalui bermain konstruktif lego di taman kanak-kanak al-hidayah silir sari labuhan ratu IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil peneletian menunjukan bahwa pengembangan kreativitas peserta didik sudah berkembang dengan baik hal ini dapat dilihat pada indikator pencapaian (1).Kemampuan anak untuk mengeluarkan ide baru, (2).Gagasan atau produk baru, (3).Kombinasi baru berdasarkan data yang ada, (4).Idealis dalam berkarya tidak sama dengan hasil karya teman-temannya dan terlihat dari adanya semangat peserta didik dalam melakukan kegiatan bermain konstruktif lego. Kontribusi hasil penelitian dapat dijadikan sebagai acuan pada Pendidikan anak usia dini untuk memanfaatkan lego sebagai media pengasah kreatifitas anak.
IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL Dewi Trismahwati; Nur Indah Sari
AZZAHRA Vol 1 No 2 (2020): APE TUMBUH KEMBANG ANAK
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Current of globalization can affect the nation's cultural identity. One of the national cultures affected by the current of globalization is a traditional game. Traditional games besides being played safely from various ages are a characteristic of national culture that has various benefits and has character values that can be developed, one of the behaviors that exist in traditional games is cooperative behavior. Since early childhood cooperation behavior needs to be instilled in order to prepare active children for their future in the community. The purpose of this study was to analyze children's cooperative behavior through traditional games. The research method in writing is qualitative research. The results showed that children's cooperative behavior could be seen from traditional games. children become interactive, communicative and foster a sense of togetherness and mutual help.
PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA KULIAH SEJARAH PERADABAN ISLAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PRODI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD) STAI DARUSSALAM LAMPUNG Damanhuri; Sumaryati
AZZAHRA Vol 2 No 1 (2020): KOMPETENSI RANCANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

A saturated attitude in learning is one of the problems that results in a decrease in student motivation in learning the History of Islamic Education, a solution must be sought. The mind mapping method applied in the course of the History of Islamic Civilization can be an alternative solution to overcome it. The aim of this research is to obtain an overview of the implementation of learning using the mind mapping method in increasing the motivation of the third semester students of the 2020/2021 Academic year of the PIAUD Study Program at STAI Darussalam in the History of Islamic Civilization course. The data were taken from PIAUD Semester III students, with classroom action research (PTK). To obtain complete data, this study uses a qualitative approach to retrieve, analyze, and process data and information that will be made to answer the problem being studied. The results showed that, the method of implementing mind mapping learning in the History of Islamic Civilization course could: (1) increase student motivation, (2) increase student activity and make quality, and (3) increase student learning to make creative and varied.
PERLINDUNGAN ANAK DALAM KELUARGA MENURUT AL QUR’AN Siti Fatimah; Selly Virgo Riska
AZZAHRA Vol 2 No 1 (2020): KOMPETENSI RANCANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research was motivated by the concern of Al-Qur'an for children, which is the greatest gift from Allah s.w.t. Children as the greatest gift should be properly cared for. In this case the family has an important role, because it is the first place of refuge for a child. One of the verses in the al-Qur'an which instructs to provide protection for children, namely Q.S. al-Tahrim [66]: 6. However, ironically, nowadays violence against children is rampant. What is more concerning is that some of the perpetrators of these acts of violence are the closest people to the child; relatives and even parents. Even though parents or relatives should be the first and foremost people in protecting children, because a child still cannot protect himself. The objectives of this study are: 1) To explain the function of the family in an Islamic perspective. 2) To explain the essence of children in the Qur'an. 3) To explain the forms of child protection in the family according to the Qur'an. The research method used is library research (library research), with the object of research on the al-Qur'an book and supported by several other books. By using the method of tafsir maudhu'i (thematic). The results showed that: 1) The family in the view of Islam plays a very important function, namely: religious function, biological function, reproductive function, economic function, psychological function, educational function, and social function. 2) Children as a gift from Allah s.w.t. in the Koran it has two connotations, namely positive and negative connotations. 3) The forms of child protection in the family according to the Qur'an, namely: first, protection of children before birth, protection of children after birth, and protection of children in special conditions.
MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF BERWARNA Nur Kholis; Linda Astuti
AZZAHRA Vol 1 No 2 (2020): APE TUMBUH KEMBANG ANAK
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to improve the ability to recognize hijaiyah letters through the Color letter card game method. This type of research is a classroom action research, which is conducted in 2 cycles. The subjects in this study were children of Group B T RA Maarif Daarul Rahman Marga Tiga Lampung Timur, aged 5-6 years with a total of 25 children. The object of this research is the ability to recognize letters. Data collection techniques in this study are observation and documentation. The research instrument used was an observation guide. The data analysis technique used quantitative descriptive. The results showed that the ability to recognize Hijaiyah letters could be improved through a colorful letter card game. This is evidenced by the ability to recognize letters in the Pre-Cycle, the average percentage only reached 48%, then in Cycle I the average percentage increased to 76%, and the average percentage in Cycle II was able to increase up to 86%. The increase from Pre Cycle to Cycle I was 28%, and an increase from Cycle I to Cycle II was 10%. The positive contribution of this research is to provide information to the wider community that colored lettering cards can be used to improve children's literacy skills.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEWARNAI Suharti; Nur Kholis
AZZAHRA Vol 2 No 1 (2020): KOMPETENSI RANCANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to improve fine motor skills through coloring activities. Fine motor skills are very important to support the next level of education. This type of research is a classroom action research conducted in 2 cycles. The subjects of this study were 16 children of group B RA Babussalam, Bauh Gunung Sari Village, with the object of fine motor skills. The data collection techniques used were observation and documentation. Data analysis used descriptive qualitative and quantitative. The results showed that the fine motor skills before the action had an average percentage of 64.58% with BSH criteria, an increase of 3.65% in the first cycle was in the BSH criteria, in the second cycle it had an increase of 11.72% and became BSB. . Based on these data, it can be concluded that the child's fine motor skills have increased and achieved success indicators of more than 75% with the criteria of Very Good Development. The positive contribution of this research is to provide information to the wider community that playing coloring activities can help improve fine motor skills in early childhood.