cover
Contact Name
Dian Pratiwi
Contact Email
dian.pratiwi@umpri.ac.id
Phone
+6282375697195
Journal Mail Official
jiem.febumpri@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/JIEM/about/editorialTeam
Location
Kab. pringsewu,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen : Jurnal Ilmiah Multi Science
ISSN : 20870434     EISSN : 25990810     DOI : -
Jurnal Ilmiah Multi Science received manuscripts which contains scientific on the results of critical thinking or research in various topics include of management, accounting, economic development, and social science.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen" : 6 Documents clear
PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING PADA PRODUK LADY FAME SHOP (Studi pada Mahasiswi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Pringsewu) Tahun 2018 Arohman Arohman
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 9, No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v9i02.1187

Abstract

Keputusan Impulse buying seorang konsumen berbeda antara yang satu dengan yang lainnya tergantung apa yang mempengaruhi persepsi dan harapan dari sebuah produk. Dewasa ini, pada era e-ommerance konsumen lebih banyak melakukan pembelian impulsif. Juga halnya dalam membeli pakaian, bukan hanya sekedar Digital marketing yang di gunakan untuk memasarkan produk tersebut, tetapi peran Brand ambassador juga mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian impulsif sebuah produk. Masalah dalam penelitian ini adalah Mahasiswi Perguruan Tinggi   Muhammadiyah Pringsewu banyak melakukan pembelian impulsif pada produk Lady fame shop. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Digital marketing dan Brand ambassador berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Impulse buying pada Produk Lady fame shop di kalangan Mahasiswi Perguruan Tinggi   Muhammadiyah Pringsewu ?. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh Digital marketing dan Brand ambassador secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Impulse buying pada produk Lady fame shop dikalangan Mahasiswi Perguruan Tinggi   Muhammadiyah Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan Dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan alat bantu berupa kuesioner dan diukur dengan skala Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswi yang menggunakan produk Lady fame shop di Perguruan Tinggi   Muhammadiyah Pringsewu, yang berjumlah 206 orang. Sampel yang diambil sebanyak 53 orang Mahasiswi Perguruan Tinggi   Muhammadiyah Pringsewu sebagai responden resmi yang diambil menggunakan rumus slovin. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif yaitu bentuk analisis yang menggunakan angka-angka dalam perhitungan dengan metode statistik SPSS 24. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil nilai Fhitung  (29.393) t tabel  ( 3,18     ) nilai signifikan  0,000  0,05, untuk Digital marketing t hitung   ( 3,109 )  t tabel   (1,675 ) nilai signifikan 0,003 0,05, Brand ambassador t hitung   (3,837 )    t tabel   ( 1,675 ) nilai signifikan  0,000 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Digital marketing dan Brand ambassador secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Impulse buying pada produk Lady fame shop di kalangan Mahasiswi Perguruan Tinggi   Muhammadiyah Pringsewu. Sedangkan secara parsial besarnya pengaruh Digital marketing dan Brand ambassador terhadap keputusan Impulse buying pada produk Lady fame shop sebesar 54% dan sisanya sebesar 46% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diidentifikasi dalam penelitian ini.Kata Kunci: Digital marketing, Brand ambassador, Keputusan Impulse buying.
MOTIVASI DAN MINAT MAHASISWA BERWIRAUSAHA Rahma Faelasofi
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 9, No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v9i02.1186

Abstract

Nowdays, many entrepreneurship arose, it caused one of the subject came from a group who are studying such as university students. It was in line with subject entrepreneurship as a way for students open-minded in doing entrepreneurship. Thus, by giving that subject, the objective of the research is to know how big the students motivation and interest in doing entrepreneurship. The method of this research was sampling method. This research was quantitative research. The subject of the research was students of STKIP MPL. The source of data was primer data. The data collecting technique was questioner and interview. Data analysis was simple regression. The result of this research was there is significant influence which is shown that value of determination coefficient of students motivation towards students interest was 13,3%. Keywords:  motivation, interest, simple regression.  
ANALISIS MOTIVASI, KOMPENSASI DAN STATUS KERJA TERHADAP KETERIKATAN KERJA KARYAWAN STUDI PADA PT. KARYA CANGGIH MANDIRI UTAMA Dhel Juni Pasya
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 9, No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v9i02.1190

Abstract

Keterikatan kerja dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal mengacu pada individu karyawan, sedangkan faktor eksternal mengacu pada aspek di luar diri individu, yaitu aspek fisik, sosial dan organisasional dari pekerjaan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh meliputi motivasi, kompensasi dan status kerja terhadap keterikatan kerja. Masalah dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya kinerja pegawai. Penelitian ini terdiri dari 4 variabel, meliputi motivasi (X1), kompensasi (X2) dan status kerja (3)  sebagai variabel bebas, dan keterikatan kerja (Y) sebagai variabel terikat.  Dalam analisis datanya, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model analisis regresi linear sederhana.  Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 140 yang merupakan seluruh Pegawai Karya Canggih Mandiri utama, dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data telah didapat Nilai R squere sebesar 0,167 yang berarti secara bersama-sama variabel bebas motivas(X1), kompensasi (X2) dan Status kerja (X3) memberikan kontribusi pengaruh terhadap (variasi nilai) Variabel Keterikatan Kerja (Y) pada PT. Karya Canggih Mandiri Utama sebesar 16,7%, sedangkan sebesar 83,3 % disebabkan variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam model.
ANALISIS CAMEL UNTUK MENILAI PERFORMANCE PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk TAHUN 2016 – 2017 Wagiyo Wagiyo
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 9, No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v9i02.1185

Abstract

ABSTRAK PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, merupakan salah satu dari Bank BUMN, sebuah lembaga keuangan yang sangat penting di dalam suatu negara, terutama dalam menghadapi era bebas dan globalisasi. Peran PT Bank Negara Indoesia (Persero) Tbk sebagai lembaga penghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat. Karena perannya inilah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sebagai  perbankan dituntut untuk memiliki performa keuangan yang baik. Untuk menilai performa perusahaan perbankan biasanya digunakan dengan menggunakan metode CAMEL, yang meliputi aspek Permodalan, Kualitas Aktiva Produktif, Manajemen, Ekuitas/Entabilitas dan Likuiditas. Penelitian ini bertujuan untuk menilai performa perusahaan perbankan yang dimiliki PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk,  untuk periode 2016 dan 2017 dan datanya diperoleh dari  Laporan keuangan Bank pada Bisnis Indonesia tanggal 18 Januari 2018. Hasil penilaian yang menunjukkan pada tahun 2016 dan tahun 2017 untuk 1) Permodalan (CAR) 19,36 %, dan 18,53 %, 2) Kualitas asset produktif (KAP)  2016   =  2,05 %, dan  2017 =  1,53 %; 3) Manajemen (Management)  2016 = 80,73 % dan  2017 = 80,57 %; 4) Rentabilitas (a) ROA 2016 = 2,69 % dan  2017 = 2,75 %; (b) BOPO 2016  =  73,59 %, dan BOPO 2017  = 70,99 %; 5). Likuiditas (liquidity) LDR 2016  =  90,41 %, dan  LDR 2017  =  85,58 %,.Dari hasil penelitian ini diperoleh CAMEL yang mengalami peningkatan kinerjanya yaitu 91,07 ditahun 2016 menjadi 91,57 ditahun 2017, sehingga  PT. Bank Negara Indoesia (Persero) Tbk sebagai Bank BUMN memiliki performa yang baik, dengan berpredikat sehat. Kata Kunci : Perbankan, CAMEL, kinerja Bank BNI.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk KANTOR CABANG PEMBANTU PRINGSEWU Kohar Kohar
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 9, No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v9i02.1189

Abstract

Performance is shown as a behavior resulting performance by employees in various roles in the company's work. Thus, companies can through various approaches in order to improve the performance of employees among the organizational culture, compensation and create a conducive working environment.The purpose of this study was to determine: (1) the influence of organizational culture on employee performance (2) the effect of compensation to employee performance (3) the impact of work environment on employee performance (4) the influence of organizational culture, compensation and working environment together on performance employees at PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Branch Office Pringsewu.This research uses descriptive design verification, with a sample of 46 employees at PT Bank Mandiri (Persero) Branch Office Pringsewu. Data is collected using questionnaires and documentation, then the data were analyzed using multiple linear regression. The results showed: (1) There is a positive and significant influence of organizational culture on employee performance, meaning that if the employee's performance will be improved, the one that can be taken is to promote a culture of good organization. (2) There is a positive and significant impact on the performance employee compensation, meaning that if the employee's performance will be improved, the one that can be taken is to improve the implementation of good compensation. (3) There is a positive and significant impact on the performance of the work environment of employees,, meaning that if the employee's performance will be improved, the one that can be taken is to develop a good working environment. (4) The organizational culture, compensation and working environment together affect the performance of employees at PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Branch Office Pringsewu. This means that if the organizational culture, compensation and working environment together improved the performance of employees will also increase.Keywords: Organizational Culture, Compensation, Work Environment,  Performance
PENGARUH KESADARAN HALAL, RELIGIUSITAS, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BMT AL-HAFIIDZ KALIANDA Soadin Soadin
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 9, No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v9i02.1188

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal, religiusitas dan kepercayaan terhadap keputusan menabung pada BMT Al Hafiidz Kalianda.Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah yang sudah menabung di BMT Al-Hafiidz Kalianda. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 43 responden dengan menggunakan metode accidental sampling, yaitu sebuah teknik pemilihan sampel berdasarkan secara kebetulan, yaitu nasabah yang telah menabung dan bertemu dengan peneliti di BMT Al-HafiidzKalianda. Uji validitas instrumen menggunakan Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Teknik  analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) dari uji hipotesis yang dilakukan kesadaran halal berpengaruh terhadap keputusan menabung dengan nilai thitung sebesar 15,624 dengan taraf signifikansi hasil sebesar 0,000 tersebut lebih kecil dari 0,05 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,682. (2) Religiusitas berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan menabung dengan nilai thitung sebesar 0,333 dengan taraf signifikansi hasil sebesar 0,741 tersebut lebih besar dari 0,05 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,682. (3) Kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan menabung dengan nilai thitung sebesar 2,122 dengan taraf signifikansi hasil sebesar 0,040 tersebut lebih kecil dari 0,05 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,682. (4) Kesadaran halal, religiusitas dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan menabung dengan melalui hasil perhitungan yang telah dilakukan uji F (uji secara simultan) dipeorleh nilai Fhitung sebesar 651,507dengan taraf signifikansi hasil sebesar 0,000 tersebut lebih kecil dari 0,05 sedangkan nilai Ftabel sebesar 2,85.Kata Kunci : Kesadaran Halal, Religiusitas, Kepercayaan, Keputusan Menabung 

Page 1 of 1 | Total Record : 6