cover
Contact Name
Niken Febrina Ernungtyas
Contact Email
niken.f@lspr.edu
Phone
-
Journal Mail Official
commentatejournal@lspr.edu
Editorial Address
Campus C, lt. 2. Sudirman Park Campus. Jl. KH. Mas Mansyur Kav 35. Sudirman Park Campus. Jakarta Pusat 10220
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
COMMENTATE: Journal of Communication Management
ISSN : 27233014     EISSN : 27745856     DOI : https://doi.org/10.37535/103001220201
The objective of COMMENTATE: Journal of Communication Management is to encourage research related but not limited to: 1. Corporate communication. Communication that involves a set of activities with external and internal stakeholders to create favourable conditions. 2. Media communication. Multimodal communication in audio, visual and audiovisual both mainstream and digital to deliver information or data. 3. Public relations. Communication that is associated with the strategic message to build corporate image and reputation. 4. Business communication. The interchange of a verbal, written or recorded message in the circumstances of business to accomplish organization objectives. 5. Entertainment communication. Communication that attaches the experience, role and impact of entertainment media on a scope of various people. 6. Global communication. Communication that implies a transfer of information, knowledge and ideas across geographic, political, economic, social and cultural divides. 7. Communication management. The systematic plan, implementation, and evaluation of all communications activities in different channels within an organization or between organizations.
Articles 48 Documents
Komunikasi dan Analisis Media dalam Evakuasi Mahasiswa WNI dari Thailand Saat Pandemi COVID19 Dimas Prakoso Nugroho
COMMENTATE: Journal of Communication Management Vol. 1 No. 1 (2020): COMMENTATE: Journal of Communication Management
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Institut Bisnis dan Komunikasi LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/103001120201

Abstract

Pendahuluan: Mahasiswa WNI peserta program KKN menjadi pihak yang rentan terjebak di luar negeri selama masa pandemi COVID19. Evakuasi mahasiswa menjadi solusi untuk menjamin keselamatan sekaligus bentuk perlindungan WNI. Perguruan tinggi sebagai pelaku hubungan luar negeri wajib melaksanakan perlindungan WNI salah satunya melalui evakuasi. Ketersediaan data, informasi dan akses komunikasi menjadi garda depan dalam proses evakuasi mahasiswa. Penelitan ini mengelaborasi bagaimana implementasi komunikasi dan analisis media dalam evakuasi mahasiswa WNI dari Thailand saat pandemi COVDI19. Tujuan makalah: penelitian ini ingin mengetahui implementasi komunikasi dan analisis media dalam evakuasi mahasiswa WNI saat pandemi COVID19. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pengelola program luar negeri perguruan tinggi saat berhadapan dengan situasi krisis. Ketersediaan referensi ini penting internasionalisasi perguruan tinggi sedang gencar dilakukan namun best practice masih sangat minim. Metode: metode penelitian deskriptif kualititatif dinilai mampu menjadi pisau analisis untuk menjawab pertanyaan penelitian. Temuan: Komunikasi dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri dapat digunakan untuk membantu proses evakuasi. Banyaknya dari pemberitaan media, unggahan resmi dan utasan media sosial membuat penguasaan multimetode untuk melakukan analisa media penting dikuasai. Jumlah data dan informasi yang di analisa secara massif berpotensi menimbulkan stress di kalangan tim evakuasi Kesimpulan: Evakuasi mandiri dapat dilakukan oleh perguruan tinggi secara jarak jauh dengan berpegang pada jejaring komunikasi yang telah terjalin dengan baik dan kemampuan untuk melakukan analisa media mulai dari proses penelusuran informasi, verifikasi kebenaran informasi melalui fact Checking, hingga analisis framming media. Guna menyajikan informasi yang akurat, kredibel dan dapat digunakan dalam evakuasi, penguasaan multi metode analisa penting dimiliki oleh pusat data dan komunikasi.
Dampak Globalisasi Terhadap Gaya Berpakaian Generasi Z Bali Gabriella Immanuel; Sri Tunggul Pannindriya
COMMENTATE: Journal of Communication Management Vol. 1 No. 2 (2020): COMMENTATE: Journal of Communication Management
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Institut Bisnis dan Komunikasi LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/103001220204

Abstract

Fenomena globalisasi terjadi di berbagai belahan dunia yang juga terjadi di Bali. Globalisasi adalah hilangnya batasan informasi dan globalisasi terjadi di aspek ekonomi, politik bahkan hingga kebudayaan. Dalam penelitian ini akan membahas dampak dari globalisasi dimana pakaian yang sebagai salah satu bentuk komunikasi seorang individu. Dengan tujuan adalah mengetahui alasan para generasi Z Bali memilih pakaian yang modern dan memahami kaitan atau dampak globalisasi terhadap gaya berpakaian gen Z Bali. Metode penelitian yang akan digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data premier yang diperoleh dari para narasumber yaitu gen Z Bali dan narasumber ahli melalui wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, maka diketahui bahwa fenomena globalisasi jelas memberikan dampak kepada para gen Z Bali dalam pemilihan gaya berpakaian. Pakaian modern seperti menggunakan kaos, kemeja, rok, celana jeans yang digunakan untuk keseharian oleh para gen Z memang dilakukan juga oleh lingkungannya. Gaya pakaian kebaya dan kemeja dan kamen sebagai pakaian sehari-hari sudah hilang tergeser dengan pakaian modern karena aspek kenyamanan. Namun gaya pakaian khas Bali yaitu kebaya dan kemeja dan kamen sekarang berubah nilai menjadi pakaian khusus acara keagamaan atau acara adat.
Analisis Kendala Penggunaan Bahasa Dalam Pekerjaan Pada Masyarakat Sunda Gusti Leony Augustya Prathiwi
COMMENTATE: Journal of Communication Management Vol. 1 No. 2 (2020): COMMENTATE: Journal of Communication Management
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Institut Bisnis dan Komunikasi LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/103001220202

Abstract

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki beragam kebudayaan dan juga bahasa. Adanya keanekaragamanan budaya ini dapat saling bersinggungan saat bertemu. Demikian juga dengan adanya sebuah perusahaan pembiayaan non-bank yang memiliki cabang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini mengakibatkan terjadinya permutasiaan karyawan yang berbeda budaya untuk beradaptasi di lingkungan kerja yang baru. Salah satunya bisa juga dengan lingkungan suku Sunda. Orang non-Sunda memasuki lingkungan Sunda yang mayoritas menggunakan bahasa daerah Sunda sebagai bahasa sehari-hari menemukan kesulitan. Kesulitan ini menjadi penghambat dalam berkomunikasi. Hambatan tersebut salah satunya adalah bahasa yang berbeda. Penelitian ini mencari tau hambatan bahasa bagi karyawan non-Sunda di lingkungan kerja Sunda dan juga bagaimana cara mereka beradaptasi untuk dapat berkomunikasi. Selain budaya organisasi dan juga strategi individu menjadi perhatian dalam penelitian ini. Dengan nara sumber dua orang Sunda dan dua orang non Sunda sebagai sumber data penelitian. Hal ini menjadi menarik dibahas karena penyesuaian dilakukan oleh individu pada saat menghadapi kegiatan dalam jangka waktu lama, dalam hal ini bekerja.
Analisis Pelaksanaan Community Relations GKI Pamulang Melalui Pelayanan Kesehatan untuk Masyarakat Sekitar Sjilaa Qirsten Latuheru; Sylvia Roennfeld
COMMENTATE: Journal of Communication Management Vol. 1 No. 2 (2020): COMMENTATE: Journal of Communication Management
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Institut Bisnis dan Komunikasi LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/103001220205

Abstract

Setiap organisasi harus membangun hubungan baik dengan masyarakat, termasuk organisasi sosial. Seperti pada penelitian yang ini, yang akan membahas mengenai pelaksanaan community relations sebuah gereja, dalam hal ini GKI (Gereja Kristen Indonesia) Pamulang. Sebagai sebuah gereja GKI Pamualng menggunakan community relations untuk menyampaikan pesan bahwa kehadiran gereja tidak hanya untuk beribadah namun untuk membantu dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan community relations GKI Pamulang melalui kesehatan yaitu LPM Lentera untuk masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan 9 langkah program public relations. Metode yang digunakan ialah kualitiatif. Data yang didapat diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi.
Literasi Media Khalayak Pada Tayangan Talkshow Rumpi No Secret di Trans TV Aulia Lutfiana Qomaria
COMMENTATE: Journal of Communication Management Vol. 1 No. 1 (2020): COMMENTATE: Journal of Communication Management
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Institut Bisnis dan Komunikasi LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/103001120207

Abstract

Talkshow Rumpi No Secret di Trans TV merupakan talkshow yang sering membahas hal pribadi narasumber. Berawal dari berita munculnya artis-artis yang memiliki konflik dengan Host Rumpi No Secret Trans TV (Feni Rose) karena gaya khas host tersebut memiliki karakter tajam sehingga mempunyai kekuatan untuk membongkar informasi yang disembunyikan narasumber. Rumpi No Secret Trans TV terkena teguran oleh KPI karena telah melanggar Pasal 13 pada P3SPS BAB IX mengenai Penghormatan Terhadap Hak Privasi yang disebabkan oleh cara penyampaian host yang terkesan mengulik hal pribadi narasumber. Penelitian ini menggunakan teori literasi media dari James W. Potter (2004) yakni Seven Skills of Media Literacy yang ditujukan untuk mengetahui tahapan bagaimana mahasiswa aktif dan dapat menyaring informasi sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing individu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara semi-terstruktur dengan lima narasumber yang merupakan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi yang telah mengikuti mata kuliah Etika Penyiaran dan juga tertarik pada bidang presenting sehingga dapat mengamati apa yang terjadi pada talkshow Rumpi No Secret Trans TV. Hasil yang dicapai oleh peneliti terdapat narasumber yang memiliki tanggapan bahwa konflik dan serangkaian acara pada talkshow Rumpi No Secret Trans TV merupakan adanya kemungkinan berupa settingan dan kurangnya briefing. Hasil yang dicapai selanjutnya, terdapat perbedaan level kecakapan literasi media pada setiap narasumber dalam mengkritisi isi pesan dalam talkshow tersebut.
Analisis Program PT. JICT Rumah Belajar dalam Mendukung Indonesian Sustainable Development Goals 2018 Hafidzah Dinda Alimuary
COMMENTATE: Journal of Communication Management Vol. 1 No. 1 (2020): COMMENTATE: Journal of Communication Management
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Institut Bisnis dan Komunikasi LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/103001120203

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan nyata program CSR Rumah Belajar di bidang pendidikan yang sebenarnya dilakukan oleh PT. Jakarta International Container Terminal (JICT) for support for Sustainable Development Goals (SDGs) 4, Quality Education. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan bisnis tersebut adalah kepedulian perusahaan dan rasa hormat terhadap lingkungan sekitar. Area tersebut dinamakan Corporate Social Responsibility (CSR). Penelitian ini mengambil studi kasus pada PT. JICT. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Hasilnya, PT JICT lebih memperhatikan program Corporate Social Responsibility (CSR), JICT membangun sekolah informal dan berskala besar Rumah Belajar (RumBel). Jumlah siswa dan guru Rumah Belajar JICT sebanyak 300 orang, sehingga lulusannya dapat diandalkan, dituntut oleh sinergi aktif dan kreatif dari guru dan tim pendamping. JICT telah mengembangkan sekolah Rumah Belajar (RumBel).
Pengaruh Paparan Iklan Terhadap Brand Awareness Serta Keinginan untuk Memainkan Game AoV Abshar Aryun; Dimas Dwi Nugraha; Leonie Di Karachi; Muhammad Ruswan; Nabil Abdurrahman
COMMENTATE: Journal of Communication Management Vol. 1 No. 1 (2020): COMMENTATE: Journal of Communication Management
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Institut Bisnis dan Komunikasi LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/103001120208

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi periklanan above the line dalam membentuk brand awareness dan intention to play pada mobile game “Arena of Valor” (AoV). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan klausal. Terdapat 3 (tiga) variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu Paparan Iklan (x1) dan Brand Awareness (x2) sebagai variabel bebas, serta Brand Awareness (y1) dan Intention to Play (y2) sebagai variabel terikat. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dengan jumlah sampel 107 orang.
Penggunaan Instagram Sebagai Media Kampanye Politik pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017: Studi Kasus pada Basuki Cahaya Purnama (Ahok) Karina Dhara; Kenny Hutomo; Laura Brigitta; Nadia Arzella
COMMENTATE: Journal of Communication Management Vol. 1 No. 2 (2020): COMMENTATE: Journal of Communication Management
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Institut Bisnis dan Komunikasi LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/103001220206

Abstract

Dengan dasar Indonesia sebagai salah satu jumlah pengguna internet terbanyak di dunia, penelitian ini menguji bagaimana pengaruh penggunaan media sosial Instagram sebagai media kampanye politik dalam memengaruhi persepsi masyarakat terhadap Basuki Cahaya Purnama (Ahok) pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Dalam studi ini, konten media sosial Instagram dan aktivitas daring masyarakat pada Instagram yang berhubungan dengan Ahok menjadi faktor dalam memengaruhi persepsi masyarakat terhadap Ahok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang menyebarkan kuesioner terhadap 103 responden dari mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia melalui simple random sampling. Hasil survei menunjukkan adanya korelasi yang rendah diantara konten media sosial yang dimiliki Ahok dan aktivitas daring masyarakat di Instagram terhadap persepsi masyarakat pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Hal ini dikarenakan adanya proses pembentukan persepsi yang panjang dan rumit dan maraknya hoax politik di masyarakat yang salah satunya diakibatkan oleh kasus Ahok mengenai penistaan agama Islam.
Analisis Pengaruh E-Service Quality, Perceived Value Terhadap Customer Satisfaction, Trust, dan Customer Behavioral Intention: Survei pada Customer Toko Online www.blibli.com William Ciputra; Wibawa Prasetya
COMMENTATE: Journal of Communication Management Vol. 1 No. 2 (2020): COMMENTATE: Journal of Communication Management
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Institut Bisnis dan Komunikasi LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/103001220201

Abstract

Pada survei popularitas e-commerce di Indonesia, e-commerce Blibli menempati peringkat pertama di media sosial, namun jumlah pengunjung/bulan dari Blibli ini lebih rendah daripada peringkat ke-2 dan ke-3 pada peta e-commerce. Beberapa hal yang mempengaruhi tingkat penjualan dari suatu perusahaan e-commerce, yaitu seperti e-service quality, perceived value dan satisfaction dari customer. Selain itu menurut Mayer et al. (1995) “trust is central in e-commerce relationships because of the presence of risks, uncertainties, and interdependencies”. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana hubungan antara e-service quality dan perceived value terhadap customer satisfaction, trust, dan behavioral intention customer e-commerce Blibli. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas kepada 200 responden. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan aplikasi LISREL (LisWin32). Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa variabel E-service quality memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perceived value, variabel E-service quality tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap customer satisfaction, variabel Perceived value memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap customer satisfaction, variabel E-service quality tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap trust, variabel Perceived value tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap trust, variabel customer satisfaction tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap trust, variabel E-service quality tidak memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap behavioral intention, variabel Perceived value tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap behavioral intention, variabel Trust tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap behavioral intention.
Special Event Sebagai Sarana Meningkatkan Citra Panasonic Beauty Adinda Mutiara Pratiwi; Mahdiah Mahdiah
COMMENTATE: Journal of Communication Management Vol. 1 No. 1 (2020): COMMENTATE: Journal of Communication Management
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Institut Bisnis dan Komunikasi LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/103001120205

Abstract

PT Panasonic Gobel Indonesia adalah sebuah perusahaan manufaktur kelas dunia di bidang elektronik, khususnya untuk kebutuhan konsumen awam, bisnis dan industri. Beberapa tahun terakhir, Panasonic meluncurkan sebuah produk baru yaitu Panasonic Beauty yang belum luas distribusinya sehingga citranya pun masih kurang di kalangan masyarakat. Tujuan dari perencanaan konsep ini adalah untuk meningkatkan citra Panasonic Beauty, disamping produk-produk elektronik Panasonic lainnya yang juga telah lama eksis di Indonesia. Perencanaan ini berupa strategi Public Relations roadshow campus-to-campus bernama “Girls Beauty Room by Panasonic Beauty” yang telah kami rancang. Perencanaan strategi ini dibuat menggunakan teori 9 Steps Strategy of Public Relations oleh Ronald D. Smith. Strategi yang digunakan adalah membuat special event “Girls Beauty Room by Panasonic Beauty” yang terdiri dari pre-event, special event, dan post-event. Pre-event berupa penyelenggaraan press conference untuk media terpilih sebagai wadah untuk mempromosikan special event. Special event “Girls Beauty Room by Panasonic Beauty” mencakup 3 acara yaitu talkshow, free hairstyling di mobile salon, dan perlombaan foto di Instagram Panasonic Beauty. Rangkaian acara diakhiri dengan post-event berupa evaluasi dan media monitoring. Untuk hasil akhir (evaluasi), perencanaan ini menggunakan 6 langkah evaluasi yaitu menghitung berapa media yang datang, menghitung berapa banyak partisipan special event, menganalisis antusiasme dari partisipan special event, menghitung berapa banyak publik yang memberikan publikasi, melakukan media monitoring, menghitung berapa persen citra Panasonic Beauty yang meningkat setelah kegiatan acara dilakukan.