cover
Contact Name
Christine Diah Wahyuningsih
Contact Email
lpkdgeneration2022@gmail.com
Phone
+6224-8441821
Journal Mail Official
chrisayudia@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Pawiyatan Luhur, Bendan Dhuwur, Semarang, Provinsi Jawa Tengah, 50233
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Public Service And Governance Journal
ISSN : -     EISSN : 27979083     DOI : 10.56444/psgj.v1i01
Core Subject : Education, Social,
Public Service And Governance Journal terbit 2 (dua) kali dalam setahun, pada bulan Januari dan Juli. Public Service And Governance Journal adalah jurnal berkala ilmiah yang menjadi sarana publikasi bagi akademisi, peneliti, dan praktisi di bidang administrasi publik dalam menerbitkan artikel hasil penelitian (riset) maupun artikel telaah konseptual atau riview.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 46 Documents
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEPUTUSAN MENTERI AGAMA NOMOR 90 TAHUN 2018 TENTANG PETUNJUK PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN TERPADU KEMENTERIAN AGAMA DI KANWIL KEMENTRIAN AGAMA PROVINSI JAWA TENGAH Indra Kertati; Adhi Nur Setyo
Public Service and Governance Journal Vol 1, No 02 (2020): Public Service and Governance Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.663 KB) | DOI: 10.56444/psgj.v1i02.1566

Abstract

AbstractThe quality of public services emphasizes three things, which are based on shared values, individual preferences as social capital, and a bridge between individual and social desires as a collective goal. The role of service providers is to provide systems, procedures, mechanisms, human resources and infrastructure to ensure quality service. The purpose of this research is to know the implementation of KMA Number 90 Year 2018 in the Regional Office of the Ministry of Religion in Central Java Province, analyze the quality of public services in the One Stop Integrated Service (PTSP) and describe the factors that support and hinder implementation. The results showed the achievements of the implementation of KMA Number 90 of 2018 there were 21 indicators that had been achieved according to service standards and there were 7 indicators that had not been achieved. The community satisfaction index for services at PTSP Kanwil of the Ministry of Religion in Central Java Province received an excellent category. Some things that need to be improved from several service elements include information about the service, handling public complaints, ease of reaching / reach of residence and settlement time. Factors that support the implementation of the KMA are in accordance with the service standards in the KMA. The inhibiting factor is that instructions for implementing service, standard operational procedures, organizational structure, vision and mission and service motto have not yet been prepared and facilities are available for the disabled.Keywords: service, KMA, PTSP, SKM, qualityAbstrakKualitas pelayanan publik menekankan tiga hal yaitu berlandaskan pada nilai-nilai bersama, preferensi individu sebagai modal sosial, dan menjadi jembatan antara keinginan individu dan sosial sebagai tujuan sosial kolektif. Oleh karena itu peran besar dari penyedia layanan untuk menyediakan sistem, prosedur, mekanisme, sumberdaya manusia dan sarana prasarana untuk menjamin kualitas layanan yang terbuka, mudah, murah dan berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi KMA Nomor 90 Tahun 2018 pada Kementerian Agama di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, menganalisis kualitas pelayanan publik pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan mendiskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi. Hasil penelitian menunjukkan capaian implementasi KMA Nomor 90 Tahun 2018 terdapat 21 indikator yang sudah tercapai sesuai standar pelayanan dan ada 7 indikator yang belum tercapai. Indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pada PTSP Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah mendapatkan kategori sangat baik. Beberapa hal yang perlu ditingkatkan dari beberapa unsur pelayanan antara lain unsur maklumat pelayanan, penanganan pengaduan masyarakat, kemudahan mencapai/jangkauan dari tempat tinggal dan waktu penyelesaian. Faktor-faktor yang mendukung dalam implementasi KMA adalah standar pelayanan penyelenggaraan, sebagian besar sudah memenuhi standar pelayanan pada KMA sedangkan yang menghambat adalah belum dibuatnya petunjuk pelaksanaan pelayanan, standar operasional prosedur, struktur organisasi, visi misi dan motto layanan serta penyediaan sarana bagi masyarakat berkebutuhan khusus.Kata kunci: pelayanan, KMA, PTSP, SKM, kualitas
Pembangunan Ketenagakerjaan dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Tenaga Kerja (Studi Kasus Peningkatan Daya Saing Tenaga Kerja di Kota Surakarta) Setyohadi Pratomo
Public Service and Governance Journal Vol 1, No 01 (2020): Public Service and Governance Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.252 KB) | DOI: 10.56444/psgj.v1i01.1415

Abstract

AbstractThe problem of employment in the city of Surakarta is high unemployment. One of the efforts that must be made to reduce unemployment is to increase competitiveness so that the population of the workforce in Surakarta has job opportunities. The purpose of this study is to describe the conditions of employment in the city of Surakarta, describe the problems of employment and formulate a strategy, the policy direction of increasing labor competitiveness in the city of Surakarta in order to reduce unemployment. This type of research in this study is a qualitative descriptive study, which describes the conditions of labor competitiveness, competitiveness issues and strategies to improve labor competitiveness in the city of Surakarta. The result of the research is that the competitiveness of workers in Surakarta City is lacking because many workers do not have certification. The link and match of vocational education   is still not yet realized so there is a buil dup of vocational graduates who are not absorbed. Fighting spirit Workers in Surakarta City are not high enough to meet job vacancies in various places in Indonesia and even abroad. The recommendations of this research are to improve the skills of job seekers in accordance with the needs of the labor market and provide or seek certification of expertise in the workforce. Link and match vocational education  must be improved so that graduates of vocational schools can immediately be absorbed by the labor market.   Keywords: Labor Competitiveness, Unemployment  Abstrak Permasalahan ketenagakerjaan di Kota Surakarta  tingginya angka pengangguran.  Upaya yang harus dilakukan untuk menurunkan pengangguran salah satunya adalah peningkatan daya saing agar penduduk angkatan kerja di Kota Surakarta memiliki kesempatan kerja.  Tujuan penelitian adalah menggambarkan kondisi ketenaga kerjaan di Kota Surakarta, menggambarkan permasalahan ketenaga kerjaan dan merumuskan  strategi, arah kebijakan peningkatan daya saing tenaga kerja di Kota Surakarta dalam rangka mengurangi angka pengangguran. Tipe penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah Daya saing tenaga kerja di Kota Surakarta kurang karena banyak tenaga kerja yang tidak memiliki sertifikasi. Link and match pendidikan kejuruan (SMK) masi belum terwujud sehingga terjadi penumpukan lulusan SMK yang tidak terserap.  Semangat juang Tenaga kerja di Kota Surakarta kurang tinggi untuk memenuhi lowongan pekerjaan di berbagai tempat di Indonesia bahkan di Luar Negeri. Rekomendasi penelitian ini adalah  Meningkatkan ketrampilan pencari kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja dan memberikan  atau mengupayakan sertifikasi keahlian pada tenaga kerja. Link and match pendidikan kejuruan (SMK) harus ditingkatkan agar lulusan sekolah kejuruan segera dapat terserap oleh pasar tenaga kerja.   Kata Kunci: Daya Saing Ketenagakerjaan, Pengangguran
IMPLEMANTASI PELAYANAN WAJIB PAJAK PADA UNIT PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH KOTA SEMARANG I Ali Achmad; Pratiwi Tedjo
Public Service and Governance Journal Vol 2, No 02 (2021): Public Service and Governance Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.082 KB) | DOI: 10.56444/psgj.v2i02.2282

Abstract

ABSTRAKImplementasi pelayanan wajib pajak pada Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Semarang I dilakukan dengan mengoptimalkan titik layanan dan kemudahan akses pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online, Sosialisasi program pajak daerah dan retribusi daerah, meningkatkan kegiatan door to door bagi wajib pajak yang menunggak membayar pajak dan melakukan razia gabungan dengan pihak Kepolisian, Jasa Raharja dan Satuan Polisi Pramong Praja untuk kepatuhan membayar pajak. Sarana dan prasarana serta pegawai yang memadai di dalam mendukung pelayanan wajib pajak serta perlunya partisipasi wajib pajak dalam menciptakan pelayanan yang bersih tanpa menggunakan biro jasa/calo.Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk mengetahui mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pelayanan wajib pajak dan kendala dalam implementasi pelayanan wajib pajak di Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Semarang I.Kata Kunci : Pelayanan, kemudahan akses pembayaran, partisipasi wajib pajak ABSTRACTThe implementation of taxpayer services at the Local Revenue Management Unit of Semarang I is carried out by optimizing service points and facilitating access for online vehicles tax payments, socializing local tax and regional retribution programs, increasing door to door activities for taxpayers who are in arrears paying taxes and conducting joint raids with the Police, Jasa Raharja and the Municipal Police Unit for tax compliance. Facilities and infrastructure as well as adequate employees in supporting taxpayer services and the need of taxpayer participation in creating clean services without using service bureaus / brokers.The research method used is descriptive with a qualitative approach aims to determine and describe the implementation of taxpayer services and constraints in implementation of taxpayer services at the Local Revenue Management Unit of Semarang I. Keywords: Service, easy access to payments, taxpayer participation.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA MASA PENDEMI COVID 19 (Studi Kasus Di Puskesmas Ngesrep Kota Semarang) Domingos Lino Ximines Belo; Christine Diah Wahyuningsih
Public Service and Governance Journal Vol 2, No 02 (2021): Public Service and Governance Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.111 KB) | DOI: 10.56444/psgj.v2i02.2273

Abstract

ABSTRAK Menjaga kualitas pelayanan kesehatan pada massa pandemic Covid-19, Puskesmas dituntut untuk memberikan pelayanan secara cepat, tepat dan sehat. Covid-19 sebagai pandemic dunia, harus disikapi seluruh penduduk dunia termasuk Indonesia, teristimewa di puskesmas-puskesmas sebagai garda pelayanan public, dan sebagai pusat pemberantasan ataupun investigasi Covid-19. Penelitian ini berujuan menganalisis pelayanan kesehatan di Puskesmas Ngesrep dengan menggunakan purposive random sampling, yaitu memilih secara sengaja beberapa anggota masyarakat yang datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Ngesrep.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Ngesrep Kota Semarang masa pandemi Covid-19 relatif baik yang ditunjukkan dengan kompetensi teknik petugas kesehatan yang baik,  keterjangkauan dan akses ke puskesmas juga mudah, fasilitas nyaman, informasi yang diberikan sangat baik, ketepatan waktu pelayanan cukup baik dan hubungan antar manusia sangat baik. Inovasi terus dilakukan antara lain puskesmas mengefektifkan jumlah tenaga kesehatan yang ada sesuai kebutuhan pelayanan. Dengan sistem komputerisasi pasien tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Kata kunci : Pelayanan, Kesehatan, Covid-19, Puskesmas.  ABSTRACT Maintaining the quality of health services during the Covid-19 pandemic, Puskesmas (Public Health Center) was required to provide services quickly, accurately and healthily. Covid-19 is a world pandemic, and must be addressed by the entire world population including Indonesia, especially in health centers as public service guards, and as centers for the eradication or investigation of Covid-19. This study aimed to analyze health services at the Ngesrep Health Center using purposive random sampling, which is to deliberately select several community members that come to get health services at the Ngesrep Health Center.The results showed that the quality of health services at the Ngesrep Health Center in Semarang City during the Covid-19 pandemic was relatively good as indicated by good technical competence of health workers, affordability and easy access to puskesmas, comfortable facilities, very good information provided, timeliness of service was sufficient. good and human relations were very good. Innovations have continued to be made, among others, the puskesmas streamlines the number of existing health workers according to service needs, such as, a computerized system of the services, patients do not have to wait too long to get health services.  Keywords: Service, Health, Covid-19, Puskesmas.
PENGKAJIAN PENGEMBANGAN DESA WISATA (Studi Penyusunan Rencana Desa Wisata Widarapayung Wetan, Secara Partisipatif) Setyohadi Pratomo; Wahyu Wirasati
Public Service and Governance Journal Vol 2, No 01 (2021): Public Service and Governance Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.012 KB) | DOI: 10.56444/psgj.v2i01.1962

Abstract

Abstract Development of tourism villages based on local excellence and socio-cultural potential in Central Java is a strategic policy choice in accelerating village development and overcoming village problems, especially poverty reduction, the capacity of business actors and tourism village managers. This study aims to describe the potentials and problems and opportunities for the development of Widarapayung Wetan Village in Binangun District which has various potentials to become a tourist village, both marine potential, cultural arts, village culinary and learning for disaster resilient villages. It is necessary to increase promotion and cooperation with stakeholders so that the development is more attractive.Keywords: tourism village, innovation and village superior potential. Abstrak  Pembangunan desa wisata berbasis  unggulan  lokal dan  potensi sosial budaya di  Jawa Tengah  menjadi pilihan kebijakan strategis dalam  percepatan pembangunan desa dan mengatasi  masalahan  desa, terutama penanggulangan kemiskinan, kapasitas pelaku usaha dan pengelola desa wisata. Penelitian ini bertujuan menggambarkan tentang potensi dan masalah serta peluang pengembangan Desa Widarapayung Wetan di Kecamatan Binangun memiliki potensi beragam menjadi desa wisata, baik potensi bahari, seni budaya, kuliner desa dan pembelajaran bagi desa tangguh bencana. Perlunya ditingkatkan promosi dan kerjasama dengan pemangku kepentingan agar pengembangannya semakin menarik. Kata Kunci : desa wisata, inovasi dan potensi unggulan desa.
KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PERSPEKTIF MASYARAKAT PENDIDIKAN Rini Werdiningsih
Public Service and Governance Journal Vol 1, No 02 (2020): Public Service and Governance Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.294 KB) | DOI: 10.56444/psgj.v1i02.1562

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study is to find out the zoning system policies in the perspective of the Education Society. The study was conducted using a qualitative approach. The perspective that was raised was the perspective of the education community, including educators and parents. The results showed that the community's perspective on zoning included: a positive perspective namely the zoning system facilitates access to educational services, equalizing the quality of schools, and a negative perspective that the zoning system would reduce the quality of schools, as well as limiting students in choosing schools, so the zoning system has an impact on student motivationKeyword: Policy, Zoning System, Perspective, Society ABSTRAKTujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kebijakan sistem zonasi dalam perspektif Masyarakat Pendidikan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Perspektif yang diangkat ialah perspektif masyarakat pendidikaan, meliputi pendidik dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan perspektif masyarakat tentang zonasi meliputi; perspektif positif yaitu Sistem zonasi memudahkan akses layanan pendidikan, memeratakan kualitas sekolah, dan perspektif negatif yaitu system zonasi akan menurunkan kualitas sekolah, serta membatasi siswa dalam memilih sekolah, sehingga sistem zonasi berdampak pada motivasi belajar siswa Kata kunci: Kebijakan, Sistem Zonasi, Perspektif, Masyarakat
PELAYANAN ADMINISTRASI TIKET TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KM. KELIMUTU PADA PT. PELAYARAN NASIONAL INDONESIA (PELNI SEMARANG) Iik Suryuati Azizah; Karjono Karjono
Public Service and Governance Journal Vol 2, No 02 (2021): Public Service and Governance Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.104 KB) | DOI: 10.56444/psgj.v2i02.2278

Abstract

Abstrak PT. Pelayaran Nasional Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi laut yaitu kapal penumpang. PT.PELNI menitik beratkan kepada pelayanan terhadap kepuasan penumpang, Pelayanan penumpang dapat didefenisikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan penumpang dan dalam bentuk barang dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka ketentuan peraturan perundang-undangan. Tujuan penelitan disi adalah untuk mengetahui kinerja jasa pelayanan serta mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa Pelayanan terhadap PT. PELNI. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, dari aspek kualitas pelayanan, sikap pegawai PT. PELNI terhadap penumpang dan, secara umum kinerja pelayanan yang belum memuaskan, masih memerlukan beberapa pembenahan agar bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada seluruh pengguna jasa PT. PELNI. Kedua, berdasarkan penilaian penumpang terhadap fasilitas yang disediakan oleh pihak PT. PELNI masih kurangnya tempat penjualan tiket dan tempat loket tiket, sehingga menimbulkan antrian panjang yang menimbulkan penumpang saling rebutan untuk segera bisa masuk ke dalam kapal KM. Kelimutu. Ketiga keamanan terhadap penumpang yang masih menyebabkan keresahan dan kerugian pada penumpang terhadap masih adanya pencaloan atau tiket palsu, bentrokan antar penumpang. Artinya sebagian besar penumpang menginginkan perbaikan pada tiga indikator tersebut dan harus menjadi prioritas dalam peningkatan pelayananannya oleh pihak PT. PELNI pada masa akan datang dalam memberikan layanan. Kata kunci : pelayanan, tiket, penumpang, kepuasan, PELNI Abstract:PT. Pelayaran Nasional Indonesia is a company engaged in sea transportation services, namely passenger ships. PT.PELNI focuses on service to passenger satisfaction, passenger service can be defined as all forms of passenger service and in the form of goods, which in principle are the responsibility and carried out by government agencies at the central, regional, and in the environment of BUMN, or BUMD in the framework of fulfilling community needs as well as in the framework of the provisions of laws and regulations. The purpose of this research is to determine the performance of services and to determine the level of service user satisfaction with PT. PELNI. The research design used is descriptive qualitative. The results of this study are as follows. First, from the aspect of service quality, the attitude of the employees of PT. PELNI to passengers and, in general, the service performance is not satisfactory, still needs some improvements in order to provide better service to all service users. Second, based on the passenger's assessment of the facilities provided by PT. PELNI still lacks ticket sales places and ticket booth places, resulting in long queues that cause passengers to fight over each other to immediately get onto the KM ship. Kelimutu. Third, security for passengers who still cause anxiety and loss to passengers due to brokering or fake tickets, clashes between passengers. This means that most passengers want improvements in these three indicators and must be a priority in improving its services by PT. PELNI in the future in providing services.Keywords: service, passenger,  tickets, satisfaction, PELNI
KUALITAS KEPERCAYAAN PADA ATASAN DIPENGARUHI OLEH GAYA KEPEMIMPINAN ISLAM SERTA LINGKUNGAN SEBAGAI MODERASI PADA KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA Yustiana Dwirainaningsih
Public Service and Governance Journal Vol 2, No 01 (2021): Public Service and Governance Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.519 KB) | DOI: 10.56444/psgj.v2i01.1971

Abstract

Abstract This study using purposive sampling method . Data taken in this research , using qualitative and quantitative data types . The research instrument in this study was a questionnaire distributed to respondents to search for data related to this study . This type of research is purposive sampling Because of the limited population number as many as 98 respondents , in this study all members of the study population sampled . So in this study used as a sample of 98 respondents . Based on the validity of the test results in this study all the variables which include the belief in the superior variable ( X1 ) , the Islamic leadership style ( X2 ) , HR performance ( Y1 ) and work environment ( Y2 )  is valid because the value Sig ( 2 - tailed) < Alpha 0005 .Results of testing the first hypothesis that the variable gain confidence in the boss turned out to have a positive and significant impact on the performance of human resources. When you see sig Islamic leadership style variable has a value of 0001 <0:05 What this means is that the Islamic leadership style variable effect on the performance of human resources. From Table Anova known that sig value 0,000 smaller than Alpa (0.05). From Table Coefficients known that t to trust the boss is equal to 3.623. With an error rate of α = 0.05 and n = 98 Table t value of 1.660, then based on the calculation turns out t> t table then Ho is rejected. Thus the null hypothesis (Ho) is rejected. Rejection of the null hypothesis indicates that the 95% confidence level there is influence between the belief in the superior leadership style.  Keywords: trust, boss, style, leadership, Islam, environment, work, performance, human resources Abstrak Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini yaitu, menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah kuesioner yang dibagikan kepada responden untuk mencari data yang berhubungan dengan penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah purposive sampling Karena jumlah populasi yang terbatas yaitu sebanyak 98 responden, maka dalam penelitian ini semua anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Jadi dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 98 responden. Berdasarkan hasil uji validitas pada penelitian ini seluruh variabel yang meliputi variabel kepercayaan pada atasan  (X1), gaya kepemimpinan islam (X2), kinerja SDM (Y1) dan lingkungan kerja (Y2) dinyatakan valid karena nilai Sig(2-tailed) < Alpha 0.005. Hasil pengujian hipotesa 1 mendapatkan bahwa variabel kepercayaan pada atasan ternyata memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja SDM. Bila melihat nilai sig variabel gaya kepemimpinan Islam mempunyai nilai sebesar  0.001 < 0.05 Yang ini berarti bahwa variabel gaya kepemimpinan islam berpengaruh terhadap kinerja SDM. Dari Tabel Anova diketahui bahwa nilai sig sebesar 0,000 lebih kecil dari Alpa (0,05). Dari Tabel  Coefficients  diketahui bahwa  t hitung untuk kepercayaan pada atasan adalah sebesar  3,623.  Dengan tingkat kesalahan  α= 0,05  dan n=98  diperoleh nilai t Tabel sebesar 1,660, maka berdasarkan hasil perhitungan ternyata  t hitung > t Tabel  maka Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak . Ditolaknya hipotesis nol menunjukkan bahwa pada tingkat keyakinan 95% terdapat pengaruh antara kepercayaan pada atasan terhadap gaya kepemimpinan. Kata Kunci: kepercayaan,  atasan, gaya,  kepemimpinan,  islam, lingkungan,  kerja, kinerja,  SDM
GOOD GOVERNANCE DALAM KEMITRAAN GUNA MELAKSANAKAN PELAYANAN KESEHATAN DI KOTA SEMARANG Maya Wulan Pramesti; Dyah Kusumawati
Public Service and Governance Journal Vol 2, No 01 (2021): Public Service and Governance Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.097 KB) | DOI: 10.56444/psgj.v2i01.1967

Abstract

Abstract The government needs a partnership to fulfill its duties and obligations in implementing public services, including health services. Partnership with private health facilities is BPJS Kesehatan's effort to fulfill its duties and obligations to implement public health services. In public affairs, it is important to implement good governance, including in partnerships. The research objective is to analyze the application of good governance and determine the driving and inhibiting factors in a partnership to provide health services in the city of Semarang. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The results showed that the data were collected through interview, observation and documentation techniques which were then analyzed by using the data analysis technique of Miles and Heberman and the source trangulation test used to verify and validate the data. The research results reveal that the implementation of good governance in partnership to provide health services in the city of Semarang has been implemented. However, there are several principles of good governance that have not been implemented optimally, including responsiveness, consensus orientation, and equity. The driving factors for the implementation of good governance are information disclosure and transparency, mutual undestanding and mutual adjustment as well as a strong and binding partnership commitment. The inhibiting factors are the different perspectives between sectors and the absence of concessions in partnership.Keywords : Public Services, Good Governance, Partnership, Healthcare Services. Abstrak Pemerintah memerlukan kemitraan untuk memenuhi tugas dan kewajiban dalam melaksanakan pelayanan publik, tak terkecuali pelayanan kesehatan. Kemitraan dengan Fasilitas Kesehatan Swasta merupakan upaya BPJS Kesehatan dalam memenuhi tugas dan kewajiban melaksanakan pelayanan kesehatan publik. Dalam urusan publik, penting menerapkan good governance, termasuk dalam kemitraan. Tujuan penelitian menganalisis penerapan good governance serta mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam kemitraan guna memberikan pelayanan kesehatan di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan teknis analisis data Miles dan Heberman serta uji trangulasi sumber digunakan untuk memverifikasi dan memvalidasi data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan good governance dalam kemitraan guna memberikan pelayanan kesehatan di Kota Semarang telah dilaksanakan. Meski demikian, terdapat beberapa prinsip good governance yang belum terlaksana secara optimal, diantaranya daya tanggap (responsiveness), berorientasi konsensus (consensus orientation), dan berkeadilan / keseimbangan (equity). Faktor pendorong penerapan good governance adalah keterbukaan informasi dan transparasi, upaya saling memahami (mutual undestanding) dan saling menyesuaikan (mutual adjustment) serta komitmen kemitraan yang kuat dan mengikat. Faktor penghambatnya adalah perbedaan perspektif antar sektor dan tidak adanya konsesnsus dalam kemitraan.Katakunci : Pelayanan Publik, Good Governance, Kemitraan, Layanan Kesehatan
Implementasi Kebijakan Pengembangan Perpustakaan di Kabupaten Rembang Harsoyo Harsoyo
Public Service and Governance Journal Vol 1, No 01 (2020): Public Service and Governance Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.691 KB) | DOI: 10.56444/psgj.v1i01.1416

Abstract

Abstract The library is not only an institution that provides services for reading, but a learning process for the community to build the peradap of a nation. The library is an important element not only in the world of education but is widely an important part of developing the nation's character and intelligence. The presence of the library has not been able to encourage interest in reading the public. The assumption that the library is only a place to provide books, not a place to study, makes the library less desirable. The library administration policy already exists, even requiring all local governments to provide these services. It is the implementation of this library that must continue to be fought for in order to get closer to the goal of increasing community intelligence. This study tries to answer the question of how to implement library management policies in Rembang Regency. The aim is to explore the extent to which libraries are able to encourage people to enjoy reading. Keywords: library, technical standards, implementation, policy  AbstrakPerpustakaan bukan hanya sebuah institusi penyedia layanan untuk membaca, namun sebuah proses belajar bagi masyarakat untuk membangun peradapan sebuah bangsa. Perpustakaan merupakan elemen penting bukan hanya dalam dunia pendidikan namun secara luas menjadi jantung bagi pengembangan karakter dan kecerdasan bangsa. Kehadiran perpustakaan masih belum mampu mendorong minat membaca masyarakat. Anggapan bahwa perpustakaan hanya tempat menyediakan buku, bukan tempat belajar, menjadikan perpustakaan kurang diminati. Kebijakan penyelenggaraan perpustakaan sudah ada, bahkan mewajibkan kepada seluruh pemerintah daerah menyediakan layanan tersebut. Implementasi atas penyelenggaraan perpustakaan inilah yang harus terus diperjuangkan agar makin mendekati tujuan yaitu peningkatan kecerdasan masayrakat. Penelitian ini mencoba menjawab pertanyaan bagaimana imlementasi kebijakan penyelengagraan perpustakaan di Kabupaten Rembang. Tujuannya untuk mengekplorasi sejauhmana perpustakaan mampu mendorong masyarakat untuk gemar membaca. Kata Kunci : perpustakaan, standar teknis, implementasi, kebijakan