cover
Contact Name
Restu Hayati
Contact Email
restuhayati@eco.uir.ac.id
Phone
+6281277692023
Journal Mail Official
kiat@jurnal.uir.ac.id
Editorial Address
Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau JL. Kaharuddin Nasution Km 11. Marpoyan Damai - Pekanbaru Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ekonomi KIAT
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 14103834     EISSN : 25977393     DOI : 10.25299
Journal Ekonomi KIAT is a scientific journal published by the Faculty of Economics and Business, Universitas Islam Riau. The purpose of Jurnal Ekonomi Kiat is to disseminate the results of research, study, and development in the fields of economics and finance, in particular in the fields of accounting, management, capital markets, business law, taxation, information systems, and other fields of economics and finance. The focus and scope of this journal are subjected to the area of economics and finance in particular in the fields of accounting, management, capital markets, business law, taxation, information systems, and other fields of economics and finance. Jurnal Ekonomi KIAT invites papers on a wide range of topics, including the following (but not limited on these topics area) : Accounting Business Management Capital market Business Law Taxation Information System
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 32 No. 1 (2021): Juni 2021" : 15 Documents clear
Pengaruh Seleksi, Kemampuan Kerja dan Pelatihan terhadap Kinerja pada Kantor Regional XII BKN Pekanbaru Posman Andra Faizal; Susi Hendriani; Dhaviq Chairilsyah
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 32 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2021.vol32(2).2904

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh seleksi, kemampuan kerja, dan pelatihan terhadap Kinerja pada pegawai Aparatur Sipil negara (ASN) Kanwil XII BKN Pekanbaru. Sampel penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil di Kantor Wilayah XII BKN Pekanbaru yang berjumlah 92 orang dengan menggunakan teknik sensus. Teknik data yang digunakan dan wawancara. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan dan parsial seleksi, kemampuan kerja, dan pelatihan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai Aparatur Sipil negara (ASN) Kanwil XII BKN Pekanbaru. This study aims to analyze the effect of selection, workability, and training on the performance of state civil servants (ASN) Kanwil XII BKN Pekanbaru. The sample in this study was Civil Servants at Regional Office XII BKN Pekanbaru, amounting to 92 people using the census technique. Data techniques used and interviews. The analytical tool used is Multiple Linear Regression Analysis using the SPSS program. The results of this study indicate that simultaneously and partially selection, workability, and training have a positive effect on the performance of State Civil Apparatus (ASN) employees at Kanwil XII BKN Pekanbaru.
Analisis Pengaruh Perilaku Manajer, Job Relevant Information, dan Pengetahuan Manajer terhadap Kinerja Anggaran dengan Pengawasan sebagai Pemoderasi pada PT Angkasa Pura II (Persero) Fergieta Sanra; Yulia Efni; Novita Indrawati
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 32 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2021.vol32(1).2906

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku manajer. informasi yang relevan dengan pekerjaan, pengetahuan manajer tentang kinerja anggaran dengan moderator supervisi. Populasi dalam penelitian ini adalah para manajer di 15 cabang wilayah kerja PT Angkasa Pura II (Persero) yaitu 398 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 199 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku manajer berpengaruh signifikan terhadap kinerja anggaran. Job Relevant Information berpengaruh terhadap Kinerja Anggaran. Pengetahuan manajer berdampak pada kinerja anggaran. Perilaku manajer berpengaruh signifikan terhadap kinerja anggaran dengan pengawasan sebagai moderator. Informasi relevan pekerjaan berpengaruh pada kinerja anggaran dan dimoderatori oleh pengawasan. Pengetahuan manajer mempengaruhi kinerja anggaran yang dimoderatori oleh pengawasan. This study aims to determine the effect of manager behavior. job-relevant information, managers' knowledge of budget performance with moderator supervision. The population in this study were managers in 15 branches of the work area of PT Angkasa Pura II (Persero), namely 398 people. The sample in this study was 199 people. The data analysis technique used in this research is Structural Equation Modeling (SEM). The results showed that the behavior of managers had a significant effect on-budget performance. Job Relevant Information has an effect on Budget Performance. Manager's knowledge has an impact on-budget performance. Manager behavior has a significant effect on budget performance with supervision as a moderator. Job-relevant information affects budget performance and is moderated by supervision. Manager's knowledge affects budget performance which is moderated by supervision.
Pengaruh E-Satisfaction dan E-Trust terhadap Repurchase Intention Melalui E-Word of Mouth (E-Wom) sebagai Variabel Intervening E-Commerce Buka Lapak pada Generasi Millenial Muchlis; Gatot Wijayanto; Sri Endang Komita
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 32 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2021.vol32(1).7404

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-satisfaction dan e-trust terhadap repurchase intention melalui e-word of mouth (E-WOM) sebagai variabel intervening e-commerce Bukalapak pada generasi milenial. Populasi di dalam penelitian adalah kaum milenial (Gen Y) yang telah melakukan transaksi minimal dua kali di e-commerce Bukalapak di smartphone mereka dengan menggunakan aplikasinya. Selanjutnya teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner pada google form dan sampel diklasifikasi menjadi 185 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan Smart PLS 3.2.9 untuk pengolahan datanya. Hasil penelitian menunjukkan e-satisfaction berpengaruh terhadap e-word of mouth. E-trust mempengaruhi e-word of mouth. E-satisfaction mempengaruhi e-word of mouth dan repurchase intention.E-Trust mempengaruhi e-word of mouth dan repurchase intention. Setelah itu, e-satisfaction memberikan pengaruh terhadap niat beli ulang melalui e-word of mouth dan antara e-word of mouth dan e-satisfaction memiliki korelasi untuk menciptakan hubungan tersebut. The object of this study is to find out the influence of e-satisfaction and e-trust on repurchase intention through e-word of mouth ( E-WOM ) as variable intervening e-commerce Bukalapak on the millennial generation. The population is millennial (Gen Y) who has done the transaction minimum twice in Bukalapak e-commerce in their smartphone by using its application. Furthermore, the data collection technique is by using questionnaires on google form and the sample was classified to 185 people. Technical data analysis in this study is with Structural Equation Modelling (SEM) by using Smart PLS 3.2.9 for data processing. The results showed e-satisfaction had an effect on the e-word of mouth. E-trust affects the e-word of mouth. E-satisfaction affects the e-word of mouth and repurchase intention. E-Trust affects the e-word of mouth and repurchase intention. After that, e-satisfaction gives the effects to the repurchase intention through the e-word of mouth, and between the e-word of mouth and e-satisfaction have a correlation to create those become a relation.
Pengaruh Profitabilitas, Cash Flow, Likuiditas dan Net Working Capital terhadap Cash Holding dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Real Estate dan Properti di Indonesia Robby Harviandi Rahman
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 32 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2021.vol32(1).7405

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, cash flow, likuiditas dan net working capital Terhadap Cash Holding dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah perusahaan Real Estate dan Property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019. Dari jumlah populasi tersebut, sampel ditentukan sebanyak 34 perusahaan. Teknik analisis data dalam penilitian ini menggunakan 2 metode analisis data yaitu regresi berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan temuan penelitian profitabilitas, Cash Flow dan Net Working Capital berpengaruh signifkan terhadap Cash Holding. Sedangkan Likuiditas tidak berpengaruh signifkan terhadap Cash Holding. Ukuran perusahaan memoderasi pengaruh profitabilitas, Cash Flow dan Net Working Capital terhadap Cash Holding. Akan tetapi Ukuran perusahaan tidak memoderasi pengaruh likuiditas Cash Holding. This study aims to analyze the effect of profitability, cash flow, liquidity, and net working capital on Cash Holding with firm size as a moderating variable. In this study, the population is Real Estate and Property companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019. From the total population, the sample is determined as many as 34 companies. The data analysis technique in this research uses 2 methods of data analysis, namely multiple regression and Moderated Regression Analysis (MRA). Based on the findings of profitability research, Cash Flow and Net Working Capital have a significant effect on Cash Holding. Meanwhile, Liquidity has no significant effect on Cash Holding. Firm size moderates the effect of profitability, cash flow, and net working capital on cash holding. However, company size does not moderate the effect of Cash Holding's liquidity.
Pengaruh Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Andes Rahmat Fajrin; Gatot Wijayanto; Sri Endang Kornita
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 32 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2021.vol32(1).7406

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pengunjung dan minat berkunjung kembali pada Objek Wisata Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang pengunjung objek wisata. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa fasilitas dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Hasil penelitian ini memperlihatkan fasilitas dan lokasi terhadap minat berkunjung. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung. Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung melalui kepuasan. Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung melalui kepuasan pada Objek Wisata Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. This study aims to analyze the effect of facilities and location on visitor satisfaction and interest in revisiting the Muara Takus Temple Tourism Object, District XIII Koto Kampar, Kampar Regency. The sample in this study was 100 visitors to the tourist attraction. The data analysis used in this research is path analysis. The results showed that the results of this study showed that the facilities and location had a positive and significant effect on satisfaction. The results of this study show the facilities and location of interest in visiting. Satisfaction has a positive and significant effect on interest in visiting. Facilities have a positive and significant effect on interest in visiting through satisfaction. The location has a positive and significant effect on interest in visiting through satisfaction at the Muara Takus Temple Tourism Object, District XIII Koto Kampar, Kampar Regency.
Pengaruh Motivasi dan Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan pada PT. Primalayan Citra Mandiri (Datascrip Service Center) di Indonesia Andy Adam; Machasin; Yulia Efni
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 32 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2021.vol32(1).7407

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Penelitian dilakukan di PT. Primalayan Citra Mandiri di Indonesia. Sampel di dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Primalayan Citra Mandiri berjumlah 133 orang. Analisis jalur dari SPSS digunakan sebagai alat analisis. Variabel yang digunakan adalah motivasi dan kepemimpinan sebagai variabel bebas, kinerja sebagai variabel terikat dan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi, kepemimpinan, dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Motivasi dan kepemimpinan yang dimediasi oleh kepuasan kerja berpengaruh kuat terhadap kinerja karyawan. Di sisi lain motivasi secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan kerja pada PT. Primalayan Citra Mandiri di Indonesia. This study aims to examine and analyze the effect of motivation and leadership on employee performance with job satisfaction as an intervening variable. The research was conducted at PT. Primalayan Citra Mandiri in Indonesia. The sample in this study were all employees of PT. Primalayan Citra Mandiri totaled 133 people. Path analysis from SPSS was used as an analytical tool. The variables used are motivation and leadership as independent variables, performance as the dependent variable, and job satisfaction as the intervening variable. The results showed that motivation, leadership, and job satisfaction had a positive and significant effect on employee performance. Leadership has a positive and significant effect on employee job satisfaction. Motivation has no significant effect on employee job satisfaction. Motivation and leadership mediated by job satisfaction have a strong effect on employee performance. On the other hand, partial motivation has no significant positive effect on job satisfaction at PT. Primalayan Citra Mandiri in Indonesia.
Pengaruh Sales Promotion, Personal Selling dan Advertising terhadap Keputusan Pembelian Produk Buku Terbitan CV. As Salam di Kota Pekanbaru Rival Victoria Putra; Machasin; Syakdanur Nas
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 32 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2021.vol32(1).7408

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sales Promotion, Personal selling dan Advertising terhadap keputusan pembelian Buku dan untuk mengetahui pengaruh Sales Promotion, Personal Selling dan Advertising secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi dan sampel adalah konsumen yang membeli buku di CV As Salam wilayah Pekanbaru tahun 2019 sebanyak 99 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan sales promotion, personal dan advertising secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa sales promotion, personal selling dan advertising dapaat menentukan tingkat keputusan pembelian konsumen. This study aims to determine the effect of sales promotion, personal selling, and advertising on book purchasing decisions and to determine the effect of sales promotion, Personal Selling, and Advertising together on consumer purchasing decisions. In this study, the population and sample were consumers who bought books at CV As Salam Pekanbaru area in 2019 as many as 99 people. The data analysis technique used in this study was multiple linear regression. The results showed that sales promotion, personal and advertising partially or simultaneously affect purchasing decisions. This shows that sales promotion, personal selling, and advertising can determine the level of consumer purchasing decisions.
Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Sherliyana Anggraini; Kamaliah; Novita Indrawati
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 32 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2021.vol32(1).7409

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh struktur modal, profitabilitas dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan sampel akhir adalah 15 perusahaan yang membagikan kebijakan dividen tahun 2014-2018. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa struktur modal yang diproksikan dengan Debt to Asset Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitablitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA) berpengaruh postif terhadap nilai perusahaan, namun profitablitas yang diproksikan dengan Return On Equity (ROE) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen diproksikan dengan Dividend Payout Ratio (DPR) berpengaruh postif terhadap nilai perusahaan, namun kebijakan dividen yang diproksikan dengan Dividend Yield (Yield) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Struktur modal, profitabilitas dan kebijakan dividen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia. The purpose of this study was to analyze the effect of capital structure, profitability, and dividend policy on firm value. The population in this study are consumer goods industrial companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The sampling technique was purposive sampling with the final sample being 15 companies that distributed dividend policies in 2014-2018. The data analysis method used is multiple linear regression using SPSS. The results of the study prove that the capital structure proxied by Debt to Asset Ratio (DAR) and Debt to Equity Ratio (DER) has a positive and significant effect on firm value. Profitability proxied by Return On Assets (ROA) has a positive effect on firm value, but profitability proxied by Return On Equity (ROE) has a negative and significant effect on firm value. Dividend policy proxied by Dividend Payout Ratio (DPR) has a positive effect on firm value, but dividend policy proxied by Dividend Yield (Yield) has a negative and significant effect on firm value. Capital structure, profitability, and dividend policy simultaneously have a significant effect on the value of the Consumer Goods Industry company on the Indonesia Stock Exchange.
Keputusan Konsumen Memilih Kredit Usaha Mikro Pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk Cabang Pangkalan Kerinci Detri Karya; Syugianto
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 32 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2021.vol32(1).7676

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan bauran pemasaran jasa dan keputusan konsumen memilih kredit usaha mikro pada PT. BTPN, Tbk Cabang Pangkalan Kerinci serta menganalisis dan menjelaskan pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen memilih kredit usaha mikro pada PT. BTPN, Tbk Cabang Pangkalan Kerinci. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah kredit usaha mikro pada PT. BTPN, Tbk Cabang Pangkalan Kerinci. Teknik sampling yang digunakan Non- probability Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah dengan metode deskriptif. Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen memilih kredit usaha mikro pada PT. BTPN, Tbk Cabang Pangkalan Kerinci digunakan anilisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara bauran pemasaran jasa (variabel independen) dengan keputusan konsumen (variabel dependen) mempunyai tingkat hubungan yang kuat. Bauran pemasaran jasa memberikan sumbangan pengaruh yang cukup besar terhadap keputusan konsumen dalam memilih kredit usaha mikro pada PT. BTPN, Tbk Cabang Pangkalan Kerinci. This study aims to analyze and explain the marketing mix of services and consumer decisions to choose micro credit at PT. BTPN, Tbk Pangkalan Kerinci Branch and analyze and explain the influence of the service marketing mix on consumer decisions to choose micro credit at PT. BTPN, Tbk Pangkalan Kerinci Branch. The population in this study were micro business credit customers at PT. BTPN, Tbk Pangkalan Kerinci Branch. The sampling technique used is Non-Probability Sampling. Data was collected by observation, questionnaires and interviews. The data analysis used is descriptive method. The influence of the service marketing mix on consumer decisions to choose micro credit at PT. BTPN, Tbk Pangkalan Kerinci Branch used statistical analysis. The results showed that the relationship between the service marketing mix (independent variable) and consumer decisions (dependent variable) had a strong relationship. The service marketing mix contributes significantly to consumer decisions in choosing micro-credit at PT. BTPN, Tbk Pangkalan Kerinci Branch.
Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Indikator Kesejahteraan Masyarakat di Kota Pekanbaru Nawarti Bustamam; Shinta Yulyanti; Kantthi Septiana Dewi
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 32 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2021.vol32(1).7677

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persentase penduduk miskin dan PDRB terhadap kesejahteraan masyarakat di Kota Pekanbaru. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berbentuk angka kuantitatif tahunan dari tahun 2005 hingga tahun 2019. Dan sumber data pada penelitian ini berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS). Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dan menggunakan beberapa uji yaitu Uji statistik Uji asumsi klasik. Data diolah dengan menggunakan aplikasi Eviews 10. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa persentase penduduk miskin tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat di Kota Pekanbaru sedangkan PDRB berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kesejahteraan masyarakat di Kota Pekanbaru. The purpose of this study was to determine the effect of the percentage of poor people and GRDP on the welfare of the people in Pekanbaru City. The type of data used in this study is secondary data in the form of annual quantitative figures from 2005 to 2019. And the source of data in this study comes from the Central Statistics Agency (BPS). This study uses the multiple linear regression analysis methods and uses several tests, namely the statistical test of the classical assumption test. The data was processed using the Eviews 10 application. From the results of this study, it is known that the percentage of poor people does not significantly affect the welfare of the people in Pekanbaru City, while GRDP has a significant and positive effect on the welfare of the people in Pekanbaru City.

Page 1 of 2 | Total Record : 15