cover
Contact Name
Ridho Hilmawan
Contact Email
ridho.tif@gmail.com
Phone
+6282174477779
Journal Mail Official
ridho.tif@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No.7, Damon, Kec. Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau 28784
Location
Kab. bengkalis,
Riau
INDONESIA
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
ISSN : 26860295     EISSN : 27235653     DOI : -
Jurnal ini merupakan media terbitan online yang mendiseminasikan karya ilmiah para pendidik, kepala sekolah, dosen, dan masyarakat umum yang peduli dengan dunia pendidikan. Jurnal ini menerima dan hanya mempublikasikan karya ilmiah yang belum pernah dipublikasikan tentang penelitian literatur dan lapangan yang terkait dengan kurikulum, pengajaran, pembelajaran, penggunaan media teknologi, kepemimpinan dan program pengembangan profesi di berbagai tingkatan pendidikan baik formal maupun non-formal.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2021): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif" : 7 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN; STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 14 BUKIT BATU FARIDA ARIANI, S.Pd
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 5 No. 1 (2021): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III Semester I SDN 14 Bukit Batu Kecamatan Bukit Batu Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan penerapan metode latihan. Berdasarkan hasil ulangan harian yang diberikan kepada siswa, banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah standar ketuntasan belajar minimal. Dari 15 siswa kelas III semester I SDN 14 Bukit Batu Kecamatan Bukit Batu Tahun Pelajaran 2019/2020 hanya 5 (33,3%) siswa yang tuntas dan sebanyak 10 (66,6%) siswa yang tidak tuntas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sebelum dilakukan perbaikan ketuntasan belajar siswa hanya sebesar 5 (66,6%) saja. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran, hasil belajar, daya serap, dan aktivitas siswa meningkat.Disarankan kepada guru menggunakn metode latihan pada mata pelajaran IPA.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DENGAN MENERAPKAN METODE DISKUSI KELOMPOK Norman, S.Pd
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 5 No. 1 (2021): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan observasi awal, hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn rendah. Itulah yang menjadi latar belakang penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 berjumlah 19 orang dan dilaksanakan mulai bulan April 2018 sampai dengan Mei 2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Reseach dengan 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang diterapkan adalah diskusi kelompok. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn. Disarankan kepada guru mata pelajaran untuk menerapkan metode diskusi dalam PBM agar hasil belajar mata pelajaran PPKn meningkat.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ASPEK MEMBACA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI KWL (KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED) PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SEMESTER 1 SMAN 4 BENGKALIS T. P. 2019/ 2020 Hudaria, S.Pd.I
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 5 No. 1 (2021): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan didasari oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas XI. Banyak siswa yang dapat membaca dengan lancar suatu bacaan tetapi tidak memahami isi bacaan tersebut. Kesulitan tersebut antara lain disebabkan penguasaan kosa kata dan tata bahasa, serta panjangnya teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris pada aspek membaca dengan menerapkan strategi KWL (Know-Want to know- Learned) pada siswa. Prosedur penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus, terdiri atas dua kali pertemuan sesuai dengan empat tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, tindakan, dan pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPA 1 semester I SMAN 4 Bengkalis T.P 2019/2020 terdiri atas 25 orang. Penelitian ini Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tabel observasi dan test tertulis 20 soal objektif pilihan berganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi KWL dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris pada aspek membaca siswa kelas XI IPA 1 SMAN 4 Bengkalis. Strategi KWL memberikan kepada siswa tujuan membaca dan memberikan suatu peran aktif siswa sebelum, saat dan sesudah membaca. Disarankan kepada guru mata pelajaran untuk menerapkan strategi KWL untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM TATANAN BELAJAR KELOMPOK SUTOPO
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 5 No. 1 (2021): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Buddha dengan penerapan metode penemuan terbimbing dalam tatanan belajar kelompok pada siswa Kelas X SMAN 1 Bengkalis Kecamatan Bengkalis Tahun Pelajaran 2017/2018. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa dapat ditingkatkan menjadi 97% jika dibandingkan data awal. Selanjutnya, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II ketuntasan belajar siswa dapat ditingkatkan lagi menjadi 100%. Daya serap siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Sebelum dilakukan perbaikan daya serap siswa hanya sebesar 70% saja. Tetapi, setelah dilakukan perbaikan pada siklus I daya serap siswa mengalami peningkatan menjadi 86%. Selanjutnya, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II daya serap siswa dapat ditingkatkan lagi menjadi (98%) mengalami peningkatan sebesar 12% jika dibandingkan dengan daya serap siklus I. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode Penemuan Terbimbing dalam Tatanan Belajar Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Agama Buddha.
PENGARUH SIKAP KASIH SAYANG GURU PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA(PAB) DAN BIMBINGAN PENYULUHAN(BP) TERHADAP PERILAKU SISWA YANG BERBUDI PEKERTI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 BENGKALIS Jasmi, S.Pd.B
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 5 No. 1 (2021): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh sikap kasih sayang guru Pendidikan Agama Buddha (PAB) dan Bimbingan Penyuluhan(BP) terhadap perilaku siswa yang berbudi pekerti dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Bengkalis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 10% dari 696 jumlah siswa-siswi SMP Negeri 1 Bengkalis Tahun Pelajaran 2020/2021 dan diperoleh sampel 55 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, skala sikap, dan tes. Hasil analisis dari pengolahan data penelitian diketahui bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara sikap kasih sayang guru PAB dan BP terhadap perilaku siswa yang berbudi pekerti, semakin tinggi sikap kasih sayang guru PAB dan BP, maka semakin tinggi pula perilaku siswa yang berbudi pekerti contohnya, menanamkan rasa tolong menolong dan menghormati kepada siswa, serta pola hidup guru yang baik mampu meningkatkan kualitas karakter dan budi pekerti siswa dalam kehidupan sehari-hari. Serta ada pengaruh positif dan signifikan juga antara sikap kasih sayang guru PAB dan BP terhadap hasil belajar siswa, semakin tinggi pengaruh sikap kasih sayang guru PAB dan BP, maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa contohnya, kasih sayang guru mampu meningkatkan semangat belajar siswa dalam memahami soal dan tugas PAB dan BP dengan percaya diri, serta aktif dalam kegiatan diskusi di kelas.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA KELAS IV SEMESTER SDN 2 BUKIT BATU KECAMATAN BUKIT BATU TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MUJIYANTI, S.Pd. B
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 5 No. 1 (2021): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pelaksanaan terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 16 siswa. Sumber data berasal dari informasi guru dan siswa, tempat, dan peristiwa berlangsungnya kegiatan pembelajaran, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan mengenai Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SDN 2 Bukit Batu, Kecamatan Bukit Batu Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil itu sesuai dengan rata-rata presentase siklus pertama 70% dan presentase siklus kedua 90% siklus yang dilaksanakan telah mencapai presentase maksimal 100%.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 8 F PADA MATA PELAJARAN IPA Ekasuita
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 5 No. 1 (2021): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan didasari oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas 8 F. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw di SMP Negeri 1 Bengkalis Tahun Pelajaran 2017/2018. Prosedur penelitian dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes objektif dan pengamatan (observasi). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru mata pelajaran sejenis untuk menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 7