cover
Contact Name
Wirdati
Contact Email
wirdati@fis.unp.ac.id
Phone
+6281374090055
Journal Mail Official
annuhaiaiunp@gmail.com
Editorial Address
Jalan Prof Hamka Air Tawar Kota Padang Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
An-Nuha : Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 27757226     EISSN : 27757617     DOI : https://doi.org/10.24036/annuha.v1i3.46
Teaching Education Development Islamic Education Material Learning Models and Strategies Curriculum Philosophy of Islamic Education Politics of Islamic Education History of Islamic Education Educators and Students
Articles 166 Documents
Peran Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Tengah Pandemi Covid-19 Nur Afni Lubis; Imelda Wahyuni
An-Nuha Vol 1 No 1 (2021): Islamic Education
Publisher : Prodi Pendidikan Keagamaan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/annuha.v1i1.3

Abstract

AbstrakTulisan ini membahas tentang pemanfaatan dan kendala menggunakan teknologi ditengah pandemi Covid-19 dalam pembalajaran PAI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran teknologi terhadap pembelajaran PAI di tengah pandemi Covid-19, mendeskripsikan kendala dan solusi dari pemanfaatan teknologi pembelajaran PAI di tengah pandemi. Menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data metode dokumentasi dan penyusunannya menggunakan analisis deskriptif. Kesimpulannya ditengah pandemi Covid-19 ini mengharuskan kita untuk belajar secara daring tidak luring lagi. Karena dengan menggunakan teknologi ini sangat berpengaruh penting dalam peranan dunia pendidikan. Selain itu ada beberapa pemanfaatan teknologi ini yang dapat dilakukan pendidik dalam proses pembelajaran PAI yaitu menggunakan platform e-lerning, zoom, Google meet, WhatsApp dan aplikasi lainnya. Kata kunci: Teknologi, Covid-19, Pembelajaran PAI AbstractThis paper discusses the use and constraints of using technology in the midst of the Covid-19 pandemic in learning PAI. The purpose of this study is to describe the role of technology in learning Islamic education in the midst of the Covid-19 pandemic, to describe the constraints and solutions of using Islamic education learning technology in the midst of a pandemic. Using qualitative methods with data collection methods of documentation and compilation using descriptive analysis. The conclusion is that in the midst of the Covid-19 pandemic, it requires us to study online, not offline anymore. Because using this technology is very influential in the role of the world of education. In addition, there are several uses of this technology that educators can do in the PAI learning process, namely using the e-lerning platform, zoom, Google meet, WhatsApp and other applications.Keywords: Technology, Covid-19, PAI Learning
Aplikasi Hakikat Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Fuan Sa'adah; Dinda Dwi Azizah
An-Nuha Vol 1 No 1 (2021): Islamic Education
Publisher : Prodi Pendidikan Keagamaan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/annuha.v1i1.5

Abstract

AbstrakSaat ini terdapat beragam inovasi baru di dalam dunia pendidikan terutama pada proses pembelajaran. Salah satu inovasi tersebut adalah konstruktivisme. Pemilihan pendekatan ini dikarenakan agar pembelajaran membuat siswa bersemangat terhadap persoalan yang ada, sehingga mereka mau untuk mencoba memecahkan persoalan tersebut. Pembelajaran di dalam kelas masih dominan dengan menggunakan metode ceramah dan metode tanya jawab sehingga kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berintekrasi secara langsung. Seorang guru harus memperhatikan konsep awal siswa sebelum pembelajaran. Jika tidak demikian, maka seorang pendidik tidak akan pernah berhasil menanamkan konsep yang benar, bahkan dapat memunculkan sumber kesulitan belajar selanjutnya. Mengajar bukan hanya untuk meneruskan gagasan dari pendidik kepada siswa, melainkan sebagai proses mengubah konsepsi siswa yang sudah ada dan di mana mungkin konsepsi itu salah, dan jika ternyata benar maka pendidik harus dapat membantu siswa dalam mengkonstruk konsepsi tersebut biar lebih matang. Maka penulis tertarik melakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sebenarnya hakikat dari teori belajar konstruktivisme bisa mengembangkan keaktifan siswa dalam mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Kata kunci: Aplikasi, Konstruktivisme, Pendidikan Islam. Abstract Currently there are various new innovations in the world of education, especially in the learning process. One such innovation is constructivism. The choice of this approach is because learning makes students face existing problems, so they are willing to try to solve these problems. Learning in the classroom is still dominant by using the lecture method and the question and answer method so that it does not provide opportunities for students to interact directly. A teacher must pay attention to students' initial concepts before learning. If this is not the case, then an educator will not succeed in instilling the correct concept, it can even limit the source of further learning difficulties. Teaching is not only to initiate ideas to students, but as a process of changing students' existing conceptions and where it might be wrong, and if it turns out to be true, educators must be able to help students construct these conceptions so that they are more mature. So the authors who are interested in conducting this research are to find out how the true nature of constructivism learning theory can develop student activeness in constructing their own knowledge.Keywords: Applications, Constructivism, Islamic Education.
Teori Belajar Humanistik dan Implikasinya dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Fikri Armedyatama
An-Nuha Vol 1 No 1 (2021): Islamic Education
Publisher : Prodi Pendidikan Keagamaan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/annuha.v1i1.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang teori belajar humanistik dan implikasinya terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini adalah menggunakan literature researchatau penelitian kepustakaan yang akan dianalisis dan disimpulkan. Data penelitian diperoleh dari pencatatan buku dan jurnal. Hasil penelitian ini berupa pengertian teroi belajar humanistik, tokoh belajar humanistik yang meliputi: 1) Abraham Maslow sebagai berikut; a) biografi Abraham Maslow, b) teori belajar humanistik Abraham Maslow c) Implikasi Teori Abraham Maslow dalam Pendidikan Agama Islam. Aliran teori humanistik Rogers dan implikasinya pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kesimpulan teori humanistik bertujuan memanusiakan manusia semanusiawi mungkin. Proses pembelajaran dinilai efektif bila peserta didik memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik dalam rangkaian pembelajaran hendaknya berupaya agar cepat atau lambat dia dapat mengaktualisasikan dirinya sebaik mungkin.
Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Mohammad Raihan
An-Nuha Vol 1 No 1 (2021): Islamic Education
Publisher : Prodi Pendidikan Keagamaan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/annuha.v1i1.13

Abstract

Teori belajar behavioristik merupakan teori belajar yang memfokuskan kepada perubahan tingkah laku siswa karena adanya stimulus(rangsangan) dan respon(tanggapan).Jadi,siswa dikatakan belajar apabila ia menunjukan perubahan tingkah lakunya.Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan mengetahui pentingnya mengaplikasikan teori belajar behavioristik dalam pembelajaran PAI,Pembelajaran PAI mencakup ruang lingkup sebagai berikut Al-quran dan hadits,aqidah,fikih,akhlak,dan tarikh.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.Melalui penelitian ini,penulis mencoba mengkungkapkan terkait metode-metode yang digunakan oleh guru PAI di SMAN 3 Batam dan perubahan tingkah laku siswa dalam mengaplikasikan teori belajar behavioristik.Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa mengaplikasikan teori belajar behavioristik dalam pembelajaran PAI dengan cara motivasi,latihan,dan penguatan karakter siswa.Adapun perubahan tingkah laku yang baik dari peserta didik ialah sikap toleransi,interaktif dalam belajar,termotivasi dalam belajar,penghargaan dan sanksi.
Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 Vikri Aflaha Qomari; Nurjanah Nurjanah
An-Nuha Vol 1 No 1 (2021): Islamic Education
Publisher : Prodi Pendidikan Keagamaan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/annuha.v1i1.19

Abstract

Syariat islam adalah syariat yang betul-betul memperhatikan segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh pemeluknya mulai dari sisi spiritual hingga sisi sosial, tak terlepas masalah kesehatan beserta pendidikan. Maka islam sangat menjunjung tinggi nilai kemanusiaan sehinnga satu jiwa disisi islam sangatlah mahal, oleh sebab itu islam menganjurkan untuk senantiasa menjaga kesehatan diri terlebih di situasi pandemi sekarang ini. Lalu apa kaitan pandemi ini dengan masalah pendidikan. Maka artikel ini dibuat bertujuan untuk melihat seberapa besar dampak dari covid-19 ini terkusus di bidang pendidikan, lalu apakah disebabkan covid-19 ini pembelajaran harus dihentikan, maka jawabannya tidak sebab pembelajaran adalah aktifitas yang sangat penting dalam kehidupan ini. Bagaiamana peradaban bangsa ini bisa berjalan kalau lah pendidikan dihentikan disebabkan covid-19, oleh sebab itu harus diadakan inovasi agar pembelajaran tetap bisa dilaksanakan walau tidak seefektif sebelum datangnya covid-19. Daring adalah solusi yang saat ini dirasa tepat sebab sekarang manusia dilarang untuk berkerumunan disebabkan covid-19. Lalu hendaknya seorang pendidik untuk tidak terlalu membebankan tugas yang berlebihan layaknya pembelajaran luring yang akan mengakibatkan para peserta didik akan tidak paham dengan pelajaran serta akan membuat mereka jenuh dan bosan.
Hubungan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang Wira Yulianti; Rini Rahman; Riza Wardefi
An-Nuha Vol 1 No 2 (2021): Islamic Education
Publisher : Prodi Pendidikan Keagamaan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/annuha.v1i2.23

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji Prestasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2017 Jurrusan Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil IPK Mahasiswa adalah 92,35. (Hal ini jika mengacu pada standar Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yaitu 3,65 ( 93) Maka dengan demikian mahasiswa yang memiliki IPK diatas 3,50, maka dengan itu dinyatakan prestasi belajar mahasiswa jurusan ilmu agama islam tinggi. Dengan IPK tertinggi yaitu 3,79 (95,8) dan nilai IPK terendah dengan yaitu 3,44 (88,8) Dari 37 mahasiswa jurusan Ilmu Agama Islam yang memiliki IPK diatas 3,50 yaitu 32 orang sedangkan mahasiswa yang memiliki IPK dibawah 3,50 yaitu 6 orang. Dengan ini membuktikan bahwa prestasi belajar mahasiswa jurusan Ilmu Agama Islam sangat tinggi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data penulis dapatkan melalui angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 147, maka penulis mengambil sampel 25% dari 147 populasi yaitu 37 responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Prestasi Belajar mahasiswa angkatan 2017 jurusan Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang karena merupakan jurusan baru sebagai angkatan pertama tahun 2017 diperguruan tinggi negeri dengan program studi Pendidikan Keagamaan Islam. Kata kunci : Prestasi Belajar, Mahasiswa , Jurusan Ilmu Agama Islam
Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ihsan Basari; Rengga Satria
An-Nuha Vol 1 No 2 (2021): Islamic Education
Publisher : Prodi Pendidikan Keagamaan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/annuha.v1i2.24

Abstract

Agar tercapainya tujuan dari kurikulum 2013 terutama dengan pendekatan saintifik maka peneliti menfokuskan untuk meneliti mengenai implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Tanah Datar. Penelitian bertujuan: Pertama, Untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Tanah Datar. Kedua, Untuk mengetahui kendala yang dihadapi serta solusi guru dalam penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Tanah Datar. Ketiga, Untuk mengetahui hasil didapatkan peserta didik dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran akidah akhlak. Jenis penelitian adalah kualitatif. Metode pengumpulan data ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji pengabsahan data mengunakan triangulasi. Hasil penelitian, guru mempersiapkan perangkat ajar sebelum belajar seperti RPP, silabus, prota, prosem, minggu efektif, dan bahan ajar. Pendahuluan yang dilakukan guru sebelum memulai pelajaran, guru meminta peserta didik memulai berdoa, membersihkan dan merapikan lokal, mengambil absen dilanjutkan dengan apersepsi. Dalam pembelajaran guru telah menerapkan lima komponen yang terdapat pada pendekatan saintifik. Adapun kendala yang dihadapi guru dalam penerapan saintifik yaitu masalah waktu yang singkat di masa pandemi Covid 19 yaitu hanya 30menit satu jam pembelajaran, adanya peserta didik yang ngantuk dan kurang semangat dalam belajar serta kendala lainya. Untuk menjawab kendala tersebut sekolah dan guru memberikan solusi agar peserta didik lebih giat belajar dengan diberikan tugas rumah, meminta datang keperpustakaan mencari materi ajar, membagikan bahan ajar untuk dipelajari dirumah dan mengoptimalkan waktu belajar disekolah.
Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengajarkan Materi Fiqih Bersifat Khilafiyah Novia Susanti; Murniyetti Murniyetti
An-Nuha Vol 1 No 2 (2021): Islamic Education
Publisher : Prodi Pendidikan Keagamaan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/annuha.v1i2.25

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi apakah dalam mata pelajaran fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu, kemudian untuk mengetahui strategi pembelajaran guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu, dan apa kendala yang dihadapi guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah field research (penelitian lapangan). Sedangkan metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa fiqih yang bersifat khilafiyah yang di pelajari di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu pada kelas X, XI dan XII tingkat aliyah tentang hukum bang dalam islam, hukum asuransi dalam islam, nisab barang yang dicuri, had mencuri, had meminum khamar, had perampok, penyamun dan perompak. Sedangkan strategi pembelajaran guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Adapun kendala yang dihadapi guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu yang pertama pada santri itu sendiri, tingkat kecerdasan santri itu berbeda-beda sehingga dalam proses pembelajaran ada santri yang mudah menyerap pembelajaran ada juga yang sulit menerima pembelajaran, kedua pada guru fiqih sendiri yakni kurang mampunya guru fiqih dalam membangun pemahaman para santri, ketiga terkait pada sarana dan prasarana, karna sarana dan prasarana untuk media pembelajaran masih terbatas maka guru hanya menggunakan metode pembelajaran sederhana dan kurang bervariasi. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Fiqih, Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu.
Analisis Kesulitan Membaca dan Menulis Alquran Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Jessy Okta Nalysta; Ahmad Kosasih
An-Nuha Vol 1 No 2 (2021): Islamic Education
Publisher : Prodi Pendidikan Keagamaan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/annuha.v1i2.26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebab-sebab kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam membaca dan menulis Al-Qur'an di SMP Negeri 40 Padang, kemudian untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan baca tulis Al-Qur'an yang dialami peserta didik di SMP Negeri 40 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan) dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa sebab-sebab kesulitan yang dihadapi peserta didik di kelas VII SMP Negeri 40 Padang adalah terbata-bata dalam membaca Al-Qur'an, Belum mengetahui tanda baca, kurang menguasai kaidah ilmu tajwid,tidak mengenal huruf Hijaiyah, tidak pandai dalam irama, nafas masih pendek serta tidak percaya diri dan takut salah dalam membaca Al-Qur'an. Sedangkan faktor penyebab kesulitan membaca dan menulis Al-Qur'an di kelas VII SMP Negeri 40 Padang terbagi menjadi 2 faktor yakni, faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya adalah sarana prasarana yang memadai seperti mushalla, speaker,mic dan Al-Qur'an, serta partisipasi semua guru SMP Negeri 40 Padang. Untuk faktor penghambat terbagi atas 2 yaitu internal dan eksternal. Faktor internal seperti kurangnya motivasi dalam diri peserta didik dan malas belajar. Faktor eksternalnya yaitu lingkungan keluarga yang kurang mendukung, Lingkungan teman sepermainan yang kurang memadai serta waktu yang sangat terbatas.
Motivasi Orang Tua Memilih Pondok Pesantren Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh Refoyanis Sukma; Wirdati Wirdati
An-Nuha Vol 1 No 2 (2021): Islamic Education
Publisher : Prodi Pendidikan Keagamaan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/annuha.v1i2.27

Abstract

Pemilihan sekolah yang baik menjadi satu hal yang harus dipertimbangkan oleh orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak. Apalagi saat sekarang ini orang tua khawatir dengan adanya dampak negatif dari perkembangan teknologi dan arus globalisasi. Penelitian ini bermaksud menjelaskan motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik orang tua dalam memilih pondok pesantren Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh sebagai sarana pendidikan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi dengan sumber data utama adalah orang tua/wali peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi orang tua memilih pondok pesantren Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh meliputi dua jenis yaitu motivasi intrinsik diantaranya agar anak dapat menyeimbangkan ilmu umum dan agama, agar anak menjadi seorang hafidz dan hafidzah, mandiri, disiplin, dan bertakwa kepada Allah SWT serta berbakti kepada orang tua. Motivasi ekstrinsik diantaranya orang tua melihat ICBS Payakumbuh berkualitas dan bermutu, sarana prasarana yang baik serta lokasi sekolah yang strategis.

Page 1 of 17 | Total Record : 166