cover
Contact Name
Marlina
Contact Email
marlina@iaintakengon.ac.id
Phone
+6281376326630
Journal Mail Official
lppm@iaintakengon.ac.id
Editorial Address
Jl. Yos Sudarso No. 10 Takengon Kab. Aceh Tengah, 24552
Location
Kab. aceh tengah,
Aceh
INDONESIA
Ta'dib
ISSN : 20894422     EISSN : 28083784     DOI : https://doi.org/10.54604/tdb.v12i2
Core Subject : Religion, Education,
TADIB: Jurnal Pemikiran Pendidikan adalah jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang diterbitkan oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM-IAIN Takengon). Tadib menyediakan platform yang menyambut baik makalah penelitian empiris orisinal tentang Jurnal Pemikiran Pendidikan yang ditulis oleh para peneliti, akademisi, profesional, meliputi : Kajian pemikiran dan terapan pendidikan Islam, Pemikiran dan Hasil penelitian Pendidikan matematika, pra sekolah, sekolah dasar, bahasa Arab/Inggris di lembaga pendidikan Islam, Manajemen pendidikan islam, Kajian bimbingan konseling dan psikologi pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2022): Maret 2022" : 10 Documents clear
Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quick On The Draw Dan Dreadlines Pada Materi Operasi Aljabar Bentuk Akar Rahmy Zulmaulida
Ta'dib Vol. 12 No. 1 (2022): Maret 2022
Publisher : IAIN Takengon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54604/tdb.v12i1.96

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Bireuen yang terdiri dari 10 kelas. sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas yang diajarkan dengan metode Quick on The Draw yang berjumlah 30 orang siswa dan kelas X IPA 4 sebagai kelas yang diajarkan dengan metode Dreadlines yang berjumlah 24 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 2,719 > 1,68 pada taraf signifikan ∝ = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Quick On The Draw lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Dreadlines pada materi operasi aljabar bentuk akar di kelas X MAN Bireuan.
Partisipasi Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Daring Di MTsN 1 Aceh Tengah Pada Masa Pandemi Covid-19 Susidamaiyanti Susidamaiyanti; Irwansyah Irwansyah; Siti Hadijah
Ta'dib Vol. 12 No. 1 (2022): Maret 2022
Publisher : IAIN Takengon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54604/tdb.v12i1.97

Abstract

Salah satu dampak dari pandemi covid-19 menyebabkan proses pembelajaran yang semula secara tatap muka di sekolah menjadi proses pembelajaran berbasis daring. Oleh karena itu, untuk melakukan proses belajar di rumah tentunya anak membutuhkan partisipasi orang tua agar proses belajar tetap berjalan dengan semestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, 1) bentuk partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran daring di MTsN 1 Aceh Tengah, 2) kendala apa saja yang dihadapi orang tua dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data: orang tua siswa dan wali kelas. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk partisipasi orang tua terhadap anaknya dalam melakukan proses pembelajaran secara daring yaitu, orang tua sebagai pembimbing, orang tua sebagai fasilitator dan orang tua sebagai motivator. Kendala yang dihadapi orang tua dalam proses pembelajaran daring adalah kurangnya pemahaman orang tua terhadap materi pembelajaran anak, gadget yang belum memadai untuk pembelajaran daring, dan orang tua tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak belajar di rumah karena tuntutan pekerjaan. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan pihak-pihak yang memiliki tanggungjawab dan kewenangan agar mampu mendukung kegiatan belajar jarak jauh agar dapat dilakukan secara efektif dan efisien dengan cara memberikan pemahaman dan pelatihan kepada para orang tua terkait proses pelaksanaan belajar jarak jauh atau secara online pada masa pandemi covid-19. Dengan demikian orang tua dapat berperan aktif dalam membimbing dan mengarahkan anak saat melakukan pembelajaran daring.
Tantangan Distribusi Guru di Daerah Terpencil Indonesia: Antara Manajemen, Isu Personal, dan Faktor Geografi Muhammad Haekal
Ta'dib Vol. 12 No. 1 (2022): Maret 2022
Publisher : IAIN Takengon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54604/tdb.v12i1.100

Abstract

This conceptual study evaluates the implementation, challenges, and possible solutions to teacher distribution in Indonesia in 2021. The researcher analyzed the issue based on archival records and previous research findings by using document analysis. The researcher found several main factors contributing to the challenges of teacher distribution in Indonesia, including the problem of education management, geography, and teachers’ personal constraints. The findings indicate that Indonesia still encounter challenges in terms of implementing an ideal and comprehensive distribution of teachers. The distribution of authority related to school policies to the provincial level seems to still need improvement and good synchronization between the central government and local governments, including the issue of increasing human resource capacity. This study recommends that the Government of Indonesia manages the distribution of teachers by firstly analyzing the factors that influence it, so that the rights of students to get proper education, and teachers’ needs as a human, especially in remote areas, can be fulfilled
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Masa Covid-19 Melalui Zoom Meeting di MTs Jam’iyah Mahmudiyah Diani Syahfitri; Hayatun Sabariah; Muhammad Arif
Ta'dib Vol. 12 No. 1 (2022): Maret 2022
Publisher : IAIN Takengon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54604/tdb.v12i1.102

Abstract

Efforts to improve connected skills through Zoom Meeting learning models for MTs students. Jam’iyah Mahmudiyah Private. 1). Grade IX MTs students. Jam’iyah Mahmudiyah Private who obtain learning by using the Zoom Meeting learning model approach shows that the understanding of the Qur'anic material of the Hadith is significantly better than that of students who get regular learning. This can be seen from the average score of the connected ability of students in the study of the Qur'anic Hadith; 2). Connected ability of IX grade MTs students. Jam’iyah Mahmudiyah Private can be done by applying the Learning Zoom Meeting model; 3). There is a significant relationship between the improvement of connected skills through the Learning Zoom Meeting model in MTs. Jam’iyah Mahmudiyah Private. 4). The attitude of students during the learning of the Qur'an the Hadith looks good, namely students have the enthusiasm to participate in classroom learning activities, students look more enthusiastic in learning and communication activities that occur during the learning process in the classroom runs effectively, as the communication runs two directions, namely from teacher to student and vice versa from students to teachers; 5). Activities of students who get learning using learning models Zoom Meeting is more active in learning in class and students who get the application of learning models Zoom Meeting is more active in improving students' connected skills, and also students are more daring to ask or ask questions to teachers, and be more creative in solve the problem given, so the connected ability of MTs students. Jam’iyah Mahmudiyah Private can be improved through the application of the Zoom Meeting model.
Pendidikan Pondok Pesantren Era Revolusi Industri 4.0 Misnatun Misnatun
Ta'dib Vol. 12 No. 1 (2022): Maret 2022
Publisher : IAIN Takengon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54604/tdb.v12i1.110

Abstract

This paper discusses Islamic boarding schools in the 4.0 industrial revolution era which have their own characteristics and are different from educational institutions in general. however, along with the changing times (as is the case now in the 4.0 era), Islamic boarding schools have experienced very significant changes and developments. This is done so that Islamic boarding schools graduates can compete with graduates from other public education institutions.
I Serahen Ku Tengku-Guru Sebagai Model Komunikasi Edukatif Berbasis Kearifan Lokal di Dayah As-Sirajy Kabupaten Aceh Tengah Luthfi Auni; Johansyah Johansyah
Ta'dib Vol. 12 No. 1 (2022): Maret 2022
Publisher : IAIN Takengon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54604/tdb.v12i1.111

Abstract

This study aims to determine the concept and application of Iserahen ku tengku-guru at Dayah As-Sirajy Central Aceh as a form of interpersonal communication. This research is a qualitative research with the type of phenomenological-naturalistic research. Based on the results of the study, it was found that Dayah As-sirajy Central Aceh made local wisdom one of the flagship programs. Various programs and activities in this dayah are correlated with the values of local wisdom, including in building educational communication. As for its implementation, this Dayah has tried to build communication with the parents of the students through the traditional ceremony of iserahen ku tengku-guru as a model of interpersonal communication since the beginning of students receiving education in this dayah. Furthermore, students' parents are active in tingok-sino, namely the process of monitoring the development of students. Likewise, the community and government agencies are also actively monitoring. The final stage of iulaken ku urangtue has not been carried out because no one has completed their education. Based on communication theory, Iserahen ku tengku guru is a form of educative communication based on local wisdom that is applied by this dayah
Peran Guru Kelas dalam Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Siswa Kelas Rendah Putri Wulan Dhari; Heni Anggraini; Mustafa Kamal Nasution
Ta'dib Vol. 12 No. 1 (2022): Maret 2022
Publisher : IAIN Takengon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54604/tdb.v12i1.121

Abstract

The study was conducted to find out, describe, and explore data on the role of teachers in developing the language skills of low-grade students at MIN 12 Aceh Tengah, as well as the obstacles faced by teachers in the process. This type of research is descriptive qualitative using case study method that is natural setting. Data sourced from MIN 12 Aceh Tengah teachers with data collection techniques through observation, interviews, and document analysis. Some of the roles of teachers in developing the language skills of low-grade students in MIN 12 Aceh Tengah are; 1) as mentors and educators, teachers train, educate, guide, and teach students using a good and correct Bahasa; 2) as demonstrators and motivators, teachers can provide understanding in Indonesian language learning, are required to have exemplary qualities, and motivate students in learning; 3) as a mediator, teachers provide the right tools to support the success of the learning process; 4) as a facilitators, teachers become providers of all students’ needs in learning Bahasa; and 5) as a evaluators, teachers reflect, assess, and measure the extent of students' language skills.
Peningkatan Mutu Kinerja Berbasis Kompetensi dan Motivasi SDM Dalam Organisasi Pembelajaran Irwansyah Irwansyah
Ta'dib Vol. 12 No. 1 (2022): Maret 2022
Publisher : IAIN Takengon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54604/tdb.v12i1.124

Abstract

Masalah sumber daya manusia masih menjadi sorotan dan tumpuhan bagi suatu organisasi untuk tetap dapat bertahan di era globalisasi. Sumber daya manusia mempunyai peran utama dalam setiap kegiatan organisasi. Walaupun didukung dengan sarana dan prasarana serta sumber dana yang berlebihan, tetapi tanpa dukungan sumber daya manusia yang handal kegiatan perusahaan tidak akan terselesaikan dengan baik. Untuk mencapai tujuan organisasi dalam menggerakkan dan menyinergikan sumber daya lainnya diperlukan SDM yang handal. Sebagai kunci pokok, sumber daya manusia akan menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Tuntutan organisasi (perusahaan) untuk memperoleh, mengembangkan dan mempertahankan sumber daya manusia yang berkualitas semakin mendesak sesuai dengan dinamika lingkungan yang selalu berubah. Perubahan perlu mendapat dukungan manajemen puncak sebagai langkah pertama yang penting untuk dilakukan bukan hanya sekedar lip service saja. Pemimpin harus dapat memobilisasi sebuah tim, proses pekerjaan harus dapat dikembangkan dan proses sumber daya manusia harus menjadi fokus utama. Perubahan dan peningkatan peran fungsi sumber daya manusia sangat esensial untuk mendukung keberhasilan organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk studi literatur. Penelitian dengan studi literatur merupakan penelitian yang dikatagorikan sebagai sebuah karya ilmiah kerena pengumpulan data dilakukan dengan sebuah strategi dalam bentuk metodologi tiga penelitian. Data yang diperoleh dianalisis secara mendalam oleh penulis. Penulis menyimpulkan bahwa Peningkatan mutu kinerja individu dan organisasi akan terjadi dalam organisasi pembelajar yang mampu menggabungkan fungsi leadership, kompetensi para manager dan kultur yang memungkinkan kompetensi itu berkembang dan terpakai secara optimal dalam bentuk kontribusi inovasi yang terus menerus dalam organisasi
Pengembangan Kurikulum Studi Literatur Budaya Gayo di IAIN Takengon Hendriyanto Bujangga
Ta'dib Vol. 12 No. 1 (2022): Maret 2022
Publisher : IAIN Takengon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54604/tdb.v12i1.125

Abstract

Institut Agama Islam Negeri Takengon yang merupakan Lembaga Pendidikan yang pertama didirikan di dataran tinggi Gayo telah melakukan inisiatif terkait pelestarian dan pengembangan budaya lokal. Dalam upaya melestarikan dan mengembangkan kearifan lokal masyarakat Gayo, lembaga pendidikan ini telah melakukan sebuah langkah penting dengan memberlakukan kurikulum studi literatur dan budaya Gayo. Salah satu materi pembelajaran yang terdapat di dalam kurikulum studi literatur dan budaya Gayo adalah sistem pendidikan dalam masyarakat Gayo sebagaimana disebut dalam bahasa Gayo yaitu i serahen ku guru. Jauh sebelumnya, adat dan budaya di Gayo telah menempatkan kedudukan seorang guru pada level yang sangat mulia dan terpandang, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya tradisi pendidikan masa lampau yang berorientasi pada pendidikan agama dan adat istiadat yang harus memiliki minimal seorang guru. Guru berkedudukan sangat di dimuliakan dan memiliki derajat yang sangat tinggi dalam masyarakat Gayo, dengan kata lain ketika seorang siswa telah melakukan tradisi i serahen ku guru maka siswa tersebut harus lebih patuh terhadap guru bahkan jika dibandingkan dengan orang tuanya sekalipun. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan teknik wawancara. Dari hasil penelitian yang telah di lakukan, peneliti menyimpulkan bahwa desain kurikulum pada mata kuliah studi literatur dan budaya Gayo pada Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Takengon menunjukkan pola yang dinamis. Pengembang kurikulum yang berbasis kepada kearifan lokal tersebut harus melalui berbagai upaya yang berkelanjutan dalam menyusun dan mengadaptasi berbagai komponen kurikulum (analisis kebutuhan, formulasi tujuan, pengembangan bahan ajar, konseptualisasi materi, pengorganisasian pembelajaran dan penyusunan rencana penilaian).
EFEKTIVITAS MEDIA JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN Lola Mandasari; Asnawi Asnawi
Ta'dib Vol. 12 No. 1 (2022): Maret 2022
Publisher : IAIN Takengon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54604/tdb.v12i1.226

Abstract

Education is a need for every individual, which is obtained through the learning process. One of the lessons is mathematics, but learning mathematics is still hampered by several problems, one of which is the low student learning outcomes. To help students in learning mathematics, various kinds of media can be used, one of which is media that can help students in learning. This study aims to examine whether there are learning outcomes in mathematics using the media of jarimatika at MIN 9 Central Aceh. This type of research is descriptive quantitative. The population of this research is all students of class V MIN 9 Central Aceh for the 2021-2022 academic year. The sample consisted of 34 students, the sample in this study was determined using cluster random sampling. Research data collection was carried out by observation, questionnaires, tests, and documentation. Based on research that has been conducted in class V MIN 9 Central Aceh, it shows that there is an influence from the use of multimedia media from the research results that 90.90% of students complete classically. The results of observing student activity yielded 77.5% in the good category. And the average score obtained from the distribution of student response questionnaires is 82 in the good category. From the results of the research above, it can be concluded that the media of media is effectively used in learning mathematics for class V students on multiplication material at MIN 9 Central Aceh

Page 1 of 1 | Total Record : 10