cover
Contact Name
Welem Lolangluan
Contact Email
jargariasprint@gmail.com
Phone
+6281357567071
Journal Mail Official
jargariasprint@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Pattimura (Unpatti)-ARU Alamat: Kampus PSDKU Unpatti-ARU, Jl. Cenderawasih, Kota Dobo
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health
Published by Universitas Pattimura
ISSN : -     EISSN : 27235165     DOI : 10.30598
Core Subject : Education, Social,
JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health merupakan jurnal online yang menerima dan mempublikasikan tulisan-tulisan ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian terbaru, short communication, maupun review terhadap artikel dari bidang keilmuan Sains olahraga yaitu Kedokteran Olahraga, Psikologi Olahraga, Fisiologi Olahraga, Massage Olahraga, Sosiologi Olahraga, Pedagogik Olahraga, Biomekanika Olahraga, Gizi Olahraga, Hukum Olahraga, Industri Olahraga, Filsafat Olahraga, dan Kesehatan
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health" : 7 Documents clear
NINGKATAN HASIL BELAJAR PUKULAN SMASH DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI TERPADU 11 GOMARMETI ARU SELATAN TIMUR Kalara Gou
JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health Vol 2 No 2 (2021): JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health
Publisher : Porgram Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Pattimura Program Studi Pendidikan Jasmani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/jargariasprintvol2issue2page17-24

Abstract

Permainan bulutangkis merupakan olahraga yang dimainkan menggunakan raket, kok, dan net dengan teknik pemukulan yang bervariasi mulai dari yang relative lambat hingga yang cepat disertai dengan gerakan tipuan.Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pukulan smash dalam permainan bulutangkis melalui metode drill pada siswa kelas VII SMP Negeri Terpadu 11 Gomarmeti Aru Selatan Timur.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai tindakan yang sejalan dilakukan didalam kelas atau di lapangan tindakan tersebut diberikan oleh guru atau arahan dari guru dan dilakukan oleh siswa. Pengumpulan sumber data diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi secara langsung atau pengamatan hasil belajar dasar pukulan smash dalam permainan bulutangkis, serta seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Terpadu 11 Gomarmeti Aru Selatan Timur yang terkait dengan tujuan penelitian untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu Meningkatkan Hasil Belajar Pukulan smash Dalam Permainan Bulutangkis Melalui Metode drill Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Terpadu 11 Gomarmeti Aru Selatan Timur, peneliti menggunakan metode drill dalam meningkatkan kemampuan belajar pukulan smash dengan menggunakan II siklus dalam I siklus I kali pertemuan dalam penelitian ini untuk memperoleh hasil yang terbaik hal ini dilakukan agar ketika hasil dari proses pembelajaran di siklus I belum tuntas maka siswa harus perbaiki pada siklus yang ke II Hasil belajar permainan bulutangkis dengan materi atau teknik dasar pukulan smash dengan menerapkan metode drill dapat menunjukan bahwa adanya peningkatan yang positif terhadap pembelajaran siswa dikelas, hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian efektif tes keterampilan siswa dengan materi pukulan smash selama II siklus, yaitu siklus I 69,31 % dan siklus II 30,69% telah mencapai ketuntasan
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASING ATAS DALAM PERMAINAN BOLAVOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK JELJAKAKA DOBO Oliva Titirloloby
JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health Vol 2 No 2 (2021): JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health
Publisher : Porgram Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Pattimura Program Studi Pendidikan Jasmani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/jargariasprintvol2issue2page8-16

Abstract

Permainan bolavoli adalah salah satu permainan yang termasuk dalam cabang olahraga permainan bola besar, dan cabang olahraga prestasi. Bolavoli artinya pukulan langsung atau memukul bola langsung diudara sebelum jatuh ke tanah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pasing atas pada permainan bolavoli melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas X Akuntansi SMK Jeljakaka Dobo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai tindakan yang sejalan dilakukan didalam kelas atau di lapangan tindakan tersebut diberikan oleh guru atau arahan dari guru dan dilakukan oleh siswa. Pengumpulan sumber data diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi secara langsung atau pengamatan serta tes hasil belajar dasar pasing atas pada permainan bolavoli, serta seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Jeljakaka Dobo yang terkait dengan tujuan penelitian untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu Meningkatkan Hasil Belajar pasing atas dalam permainan bolavoli Melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas X Akuntansi SMK Jeljakaka Dobo, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas X Akuntansi SMK Jeljakaka Dobo dalam meningkatkan kemampuan belajar pasing atas dengan menggunakan II siklus dalam I siklus 2 kali pertemuan dalam penelitian ini untuk memperoleh hasil yang terbaik hal ini dilakukan agar ketika hasil dari proses pembelajaran di siklus I belum tuntas maka siswa harus perbaiki pada siklus yang ke II Hasil belajar permainan bolavolis dengan materi atau teknik dasar pasing atas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat menunjukan bahwa adanya peningkatan yang positif terhadap pembelajaran siswa dikelas, hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian efektif tes tulis dan tes keterampilan siswa dengan materi pasing atas selama II siklus, telah mencapai ketuntasan.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X TKJ SMK JELJAKAKA DOBO Penina Makdala Langer
JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health Vol 2 No 2 (2021): JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health
Publisher : Porgram Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Pattimura Program Studi Pendidikan Jasmani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/jargariasprintvol2issue2page1-7

Abstract

Senam lantai adalah satu cabang olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota badan yang seluruh ketrampilan gerakan dilakukan dilantai. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar senam lantai guling depan pada siswa kelas X TKJ SMK Jeljakka Dobo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai tindakan yang sejalan dilakukan didalam kelas atau di lapangan tindakan tersebut diberikan oleh guru atau arahan dari guru dan dilakukan oleh siswa. Pengumpulan sumber data diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi secara langsung atau pengamatan serta tes hasil belajar senam lantai guling depan pada siswa kelas X TKJ SMK Jeljakka Dobo yang terkait dengan tujuan penelitian untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu Meningkatkan Hasil Belajar senam lantai guling depan melalui media audio visual pada siswa kelas X TKJ SMK Jeljakaka Dobo, peneliti menggunakan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan belajar senam lantai guling depan dengan menggunakan II siklus dalam I siklus I kali pertemuan dalam penelitian ini untuk memperoleh hasil yang terbaik hal ini dilakukan agar ketika hasil dari proses pembelajaran di siklus I belum tuntas maka siswa harus perbaiki pada siklus yang ke II Hasil belajar senam lantai dengan materi atau teknik dasar guling depan dengan menerapkan media audio visual dapat menunjukan bahwa adanya peningkatan yang positif terhadap pembelajaran siswa dikelas, hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian efektif tes tulis dan tes keterampilan siswa dengan materi guling depan selama II siklus, yaitu siklus I dan siklus telah mencapai ketuntasan.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI MELALUI METODE LATIHAN PADASISWA KELAS IX4 SMP NEGERI 2 PULAU PULAU ARU Marselina Letlora
JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health Vol 2 No 2 (2021): JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health
Publisher : Porgram Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Pattimura Program Studi Pendidikan Jasmani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/jargariasprintvol2issue2page25-33

Abstract

Permainan bolavoli merupakan salah satu jenis materi pembelajaran wajib yang diberikan kepada siswa, untuk mencapai tujuan pendidikan baik pada tingkat SD/MI, SMP dan SMA/SMK. Olahraga untuk alat pendidikan, jika sekolah harus memilih atau memberikan prioritas kepada satu atau dua cabang yang dapat dilaksanakan di sekolah serta bermanfaat bagi kesehatan peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah pada permainan bolavoli melalui metode latihan pada siswa kelas IX4 SMP negeri 2 pulau-pulau aru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai tindakan yang sejalan dilakukan didalam kelas atau di lapangan tindakan tersebut diberikan oleh guru atau arahan dari guru dan dilakukan oleh siswa. Pengumpulan sumber data diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi secara langsung atau pengamatan serta tes hasil belajar passing bawah dalam permainan bolavoli, serta seluruh siswa kelas IX4 SMP Negeri 2 pulau-pulau Aru, yang terkait dengan tujuan penelitian untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu Meningkatkan Hasil Belajar Passing bawah Pada Permainan Boavoli Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas IX4 SMP Negeri 2 pulau-pulau Aru, peneliti menggunakan metode latihan dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah dengan menggunakan II siklus dalam I siklus I kali pertemuan dalam penelitian ini untuk memperoleh hasil yang terbaik hal ini dilakukan agar ketika hasil dari proses pembelajaran di siklus I belum tuntas maka siswa harus perbaiki pada siklus yang ke II Hasil belajar bolavoli dengan materi atau teknik dasar passing bawah dengan menerapkan metode latihan dapat menunjukan bahwa adanya peningkatan yang positif terhadap pembelajaran siswa dikelas, hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian efektif tes tulis dan tes keterampilan siswa dengan materi passing bawah.
SUIVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DI SMA NEGERI 3 KEPULAUAN ARU Ruben Gurgurem
JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health Vol 2 No 2 (2021): JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health
Publisher : Porgram Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Pattimura Program Studi Pendidikan Jasmani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/jargariasprintvol2issue2page34-41

Abstract

Penelitian ini bertujuan sarana dan prasarana pendidikan jasmani di sma negeri 3 kepulauan aru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui sarana dan prasarana pendididkan di sma negeri 3 kepulawan aru. Sarana dan prasarana pendididkan jasmani lengkap untuk pembelajaran di skolah sma negeri 3 kepulawan aru lengkap atau daftar pertanyaan angket ini berupa checklist dan dibuat berdasarkan tujuan penelitian, sehingga dari angket ini diperoleh data mengeniai kondisi yang sebenarnya mengenai keadaan prasarana dan sarana olahraga di sekolah sma negeri 3 dobo kabupaten kepulauan aru.
HUBUNGAN KEBUGARAN JASMANI DENGAN HASIL BELAJAR PENJAS DI SMP NEGERI GWAMAR DOBO Mathias Rano Kobawon
JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health Vol 2 No 2 (2021): JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health
Publisher : Porgram Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Pattimura Program Studi Pendidikan Jasmani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/jargariasprintvol2issue2page42-49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebugaran jasmani dengan hasil belajar penjas di SMP Negeri Gwamar Dobo. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan populasi adalah siswa putra SMP Negeri Gwamar Dobo yang berumur 13-15 tahun dengan sampel berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanankan dari bulan agustus – bulan september 2020. Untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani siswa di gunakan tes TKJI(Tes Kebugaran Jasmani Indonesia) untuk putra yang berumur 13-15 tahun dan untuk penilain hasil belajar di ambil nilai Rapot ujian tengah semester. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui rata-rata(mean) kebugaran jasmani sebesar 15,7, median untuk kebugaran jasmani sebesar 17,66, Modus untuk kebugaran jasmani 21,58 dan standar deviasi untuk kebugaran jasmani sebesar 68,15 sedangkan untuk rata-rata (mean) hasil belajar 41,50, median untuk hasil belajar sebesar 58,57, modus untuk hasil belajar 92,71 dan standar deviasi untuk hasil belajar sebesar 2,039. Dari hasil analisis korelasi penghitungan di peroleh koifisien korelasi r = 0,79 yang berarti terdapat hubungan yang yang signifikan antara kebugaran jasmani dngan hasil belajar penjas di SMP Negeri Gwamar Dobo.
PAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENENDANG BOLA MELALUI MODIFIKASI ALAT BANTU PADA SISWA KELAS IV SD KRISTEN TUNGU KABUPATEN KEPULAUAN ARU Thomson D. Sairatu
JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health Vol 2 No 2 (2021): JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health
Publisher : Porgram Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Pattimura Program Studi Pendidikan Jasmani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/jargariasprintvol2issue2page50-57

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Objek penelitian melalui modifikasi alat bantu sedangkan subjeknya adalah siswa kelas IV SD Kristen Tungu Kecamatan Pulau-Pulau Aru yang berjumlah 18 siswa. Pertemuan dalam penelitian ini menggunakan dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil tes unjuk kerja yang ditampilkan siswa pada saat pelaksanaan tes. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II, baik dari peningkatan nilai ratarata pembelajaran sepak bola maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Pada kondisi awal hasil belajar siswa menunjukan hanya 5 siswa (20.83%) yang telah tuntas dari KKM yang diharapkan yaitu 65, sedangkan 9 siswa masih dibawah KKM. Peningkatan kemampuan gerak pada pembelajaran menendang bola dalam modifikasi alat bantu dapat dilihat dari nilai KKM (65,00) atau tuntas sebesar 89,29% setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai belajar siswa yang tuntas sebanyak 5 dari 14 siswa (37,71%) dan pada siklus II yang tuntas sebanyak 14 dari 14 siswa keseluruhan atau tuntas sebesar 100 %

Page 1 of 1 | Total Record : 7