cover
Contact Name
Iwan Kandori
Contact Email
iwankandori@unima.ac.id
Phone
+6281340426778
Journal Mail Official
literacyjpe@unima.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Ekonomi Fekon Universitas Negeri Manado . Jl. Kampus UNIMA,Tondano, Minahasa, Indonesia.
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
ISSN : -     EISSN : 27749185     DOI : https://doi.org/10.53682/10.53682
Core Subject : Economy, Education,
LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen & Bisnis, Administrasi Perkantoran, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran Ekonomi. Jurnal ini terbit di bulan Juni dan Desember sejak tahun 2020.
Articles 128 Documents
Pengaruh Ekspektasi Pendapatan dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Semester VIII Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021 Septi Fithra Auliaaningsih; Maria Agatha Sri W H
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i1.3156

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Semester VIII Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021, 2) Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Semester VIII Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021, 3) Pengaruh Ekspektasi Pendapatan Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Semester VIII Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Semester VIII Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021 seujumlah 195 mahasiswa. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dengan pengambilan sampel sejumlah 98 mahasiswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) ekspektasi pendapatan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha yang ditunjukkan dengan regresi Y= 10,360 + 0,367 X1 dengan nilai positif nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,7249 > 1,661. 2) pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha yang ditunjukkan dengan regresi Y= 10,360 + 1,382 X2 dengan nilai positif nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 8,354 > 1,986. 3) ekspektasi pendapatan dan pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha yang ditunjukkan dengan regresi Y = 10,360 + 0,367 X1 + 1,382 X2 dengan nilai positif nilai Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 96,718 > 3,94. Kata Kunci : Ekspektasi Pendapatan, Pendidikan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha Abstract This study aims to determine: 1) The Effect of Income Expectations on Entrepreneurial Interests in Semester VIII Students at Bhinneka PGRI University Tulungagung Academic Year 2020/2021, 2) Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Interests in Semester VIII Students at Bhinneka PGRI University Tulungagung Academic Year 2020/2021, 3) Effect Income Expectations and Entrepreneurship Education for Entrepreneurial Interests in Semester VIII University Bhinneka PGRI Tulungagung Academic Year 2020/2021. This research includes quantitative research. The population of this study was Semester VIII students at the University of Bhinneka PGRI Tulungagung for the academic year 2020/2021 totaling 195 students. The method of data collection in this study used a questionnaire or a questionnaire with a sample of 98 students. The hypothesis test used is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that: 1) income expectations have a positive effect on entrepreneurial interest as indicated by regression Y = 10.360 + 0.367 X1 with a positive value of tcount > ttable, which is 2.7249 > 1.661. 2) entrepreneurship education has a positive effect on interest in entrepreneurship as indicated by the regression Y= 10.360 + 1.382 X2 with a positive value of tcount > ttable, which is 8.354 > 1.986. 3) income expectations and entrepreneurial education have a positive effect on interest in entrepreneurship as indicated by the regression Y = 10.360 + 0.367 X1 + 1.382 X2 with a positive value of Fcount > Ftable, which is 96.718 > 3.94. Keywords: Income Expectations, Entrepreneurship Education, Interest in Entrepreneurship
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI KONSUMEN BM JH Rohadatul Aisyi; Tutut Suryaningsih
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i1.3163

Abstract

Abstrak Aisyi, Rohadatul. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi BM JH. Skripsi, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Bhineka PGRI. Pembimbing Tutut Suryaningsih, S.T, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota koperasi BM JH. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket berupa angket. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi sederhana dan uji t. Pembuatannya menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil Penelitian Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diolah, dan dianalisis, dari hasil uji t diketahui bahwa nilai (thitung) 4,054 > 1,6770 (ttabel) dengan nilai signifikan 0,000 < nilai probabilitas 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh positif signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota koperasi BM JH. Kata Kunci: Kualitas Layanan dan Loyalitas Anggota ABSTRACT Aisyi, Rohadatul. 2021. Effect of Service Quality on Loyalty of BM JH Cooperative Members. Thesis, Economic Education, Faculty of Social and Humanities, University of Bhineka PGRI. Advisor Tutut Suryaningsih, S.T, M.M. This study aims to determine the effect of service quality on the loyalty of members of the BM JH cooperative. The data collection method used is a questionnaire method in the form of a questionnaire. The analytical method used is validity test, reliability test, classical assumption test, simple regression analysis test and t test. The preparation uses a quantitative approach. Research results Based on the results of data analysis that has been carried out, processed, and analyzed, the results of the t test are known that the value (tcount) 4.054 > 1.6770 (ttable) with a significant value of 0.000 < probability value of 0.05, then Ha is accepted and Ho is rejected. so it can be concluded that "There is a significant positive effect on service quality on the loyalty of members of the BM JH cooperative. Keywords: Service Quality and Member Loyalty
STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA KERIPIK SINGKONG MGR DUSUN SELOREJO DESA MLINJON KECAMATAN SURUH KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2021 Infa Dianita Fitriana; Tutut Suryaningsih
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i1.3166

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada Usaha Keripik Singkong MGR. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT dan teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini Factor lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) yaitu sumber daya manusia, produk, harga, tempat, dan promosi. Faktor lingkungan eksternal (peluang dan ancaman) yaitu pesaing, bahan baku, konsumen, dan teknologi. Untuk strategi yang digunakan dalam meningkatkan penjualan usaha keripik singkong MGR adalah strategi S-O yaitu menjaga kualitas dan ketersediaan keripik singkong serta memanfaatkan tempat yang ramai, strategi S-T yaitu menambah daerah pemasaran dan meningkatkan produksi dengan menambah keterampilan dan kemampuan. strategi W-O yaitu melakukan kerjasama antar pengusaha dan pengusaha memberi nama pada rombong, dan strategi W-T bekerjasama dengan pemasok bahan baku dan meningkatkan promosi. Strategi yang bisa dibuat pertimbangan untuk meningkatkan penjualan yaitu 1) Segi produk : Menambah rasa yang dibuat secara alami, seperti rasa pedas manis, pedas, dan pedas gurih. 2) Segi Harga : Tetap menjaga kualitas produk. 3) Segi Tempat : Memperluas daerah pemasaran, misal di sekitar Tulungagung. 4) Segi promosi : meningkatkan promosi melalui media sosial seperti instagram dan facebook. Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran ABSTRACT The purpose of this study was to find out how the marketing strategy to increase sales at MGR's Cassava Chips Business. In this study using a qualitative descriptive method with SWOT analysis and data collection techniques consisting of interviews, observations, and documentation. The results of this study are internal environmental factors (strengths and weaknesses) namely human resources, products, prices, places, and promotions. External environmental factors (opportunities and threats) are competitors, raw materials, consumers, and technology. For the strategy used in increasing sales of MGR's cassava chips business is the S-O strategy, namely maintaining the quality and availability of cassava chips and utilizing crowded places, the S-T strategy is adding marketing areas and increasing production by adding skills and abilities. The W-O strategy is to collaborate between entrepreneurs and entrepreneurs to give names to the group, and the W-T strategy is to cooperate with suppliers of raw materials and increase promotions. Strategies that can be considered to increase sales are 1) In terms of products: Adding flavors that are made naturally, such as sweet spicy, spicy and savory flavors. 2) In terms of price: Maintain product quality. 3) Location: Expanding the marketing area, for example around Tulungagung. 4) Promotion: increasing promotion through social media such as Instagram and Facebook. Keywords : SWOT Analysis, Marketing Strategy
PENGARUH MODAL KERJA BIAYA BAHAN BAKU TERHADAP LABA PENGRAJIN MARMER DI DESA PELEM KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG Wikal Pradana Putra; Nafik Umurul Hadi Hadi
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i1.3440

Abstract

ABSTRACT Most of the famous cottage industries in Tulungagung is the marble industry. The purpose of this study was to determine the effect of working capital, raw material costs on the earnings of marble craftsmen in Pelem village, Campurdarat district, Tulungagung regency. The object of this investigation is the Marble Artisan. This study uses quantitative methods, with data analysis techniques using multiple linear regression analysis and hypothesis testing using the Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 25. The data used are secondary data obtained from marble artisans. for 5 years from 2015-to 2019. The dependent variable is profit and the independent variable is working capital and raw material costs. Based on the data processing results, it is shown that there is a significant effect of working capital, raw material costs on profit simultaneously, while working capital shows no significant effect on profit partially. Keywords: Capital, Raw Materials, profit ABSTRAK Sebagian besar kerajinan industri yang terkenal di Tulungagung adalah industri marmer. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Modal Kerja, Biaya Bahan Baku Terhadap Laba pada Pengrajin Marmer di Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Objek penelitian ini adalah Pengrajin Marmer. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Statistical Package for Social Science (SPSS) 25. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari pengarjin marmer. selama 5 tahun dari tahun 2015-2019. Variabel dependen yaitu Laba dan Variabel Independen yaitu Modal kerja, Biaya bahan baku. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan adanya pengaruh secara signifikan Modal kerja, Biaya bahan baku terhadap Laba secara simultan, sedangkan Modal kerja tidak menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap laba secara parsial. Kata Kunci : Modal, Bahan Baku, laba
PENGARUH INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PELAJARAN EKONOMI KELAS X DAN XI SMA JAWAAHIRUL HIKMAH BESUKI TAHUN AJARAN 2020/2021 Ferdina Putri Pradani; Sulastri Rini Rindrayani
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i1.3443

Abstract

Abstract The Effect of the Internet as a Source of Learning and Independent Learning on Understanding Economics Class X and XI SMA Jawaahirul Hikmah Besuki Academic Year 2020/2021. The purpose of this study was to determine the effect of the internet as a source of learning and independent learning on the understanding of subject matter for students in class X and XI at SMA Jawaahirul Hikmah Besuki. The type of research used is quantitative with a survey approach. The results of this study are: (a). There is a partial influence between the independent variables of the internet as a learning resource (X1) on the understanding of economics subject matter (Y), namely tcount 3.858 > ttable 1.682 which means significant, (b). There is a partial effect between the independent variable learning independence (X2) on the understanding of economics subject matter (Y), namely tcount 3.359 > ttable 1.682 which means significant, and (c). There is a simultaneous influence of the independent variable of the internet as a learning resource (X1) and the independent variable of learning independence (X2) on the dependent variable of understanding economics subject matter (Y), namely fcount 19,419 > ftable 3,220 which means significant. Then the contribution given is 48.6% and the remaining 51.4% is influenced by other variables. The conclusion is that there is a partial influence on the internet as a learning resource (X1) on the understanding of economics subject matter (Y) and independent learning (X2) on the understanding of economics subject matter (Y) for students of class X and XI SMA Jawaahirul Hikmah Besuki Academic Year 2020 /2021 with a contribution of 48.6%. Keywords: Internet as a Learning Source, Learning Independence Abstrak Pengaruh Internet Sebagai Sumber Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Pemahaman Materi Pelajaran Ekonomi Kelas X dan XI SMA Jawaahirul Hikmah Besuki Tahun Ajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh internet sebagai sumber belajar dan kemandirian belajar terhadap oemahaman materi pelajaran siswa kelas X dan XI di SMA Jawaahirul Hikmah Besuki. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey. Hasil dari penelitian ini yaitu: (a). Terdapat pengaruh secara parsial antara variabel bebas internet sebagai sumber belajar (X1) terhadap pemahaman materi pelajaran ekonomi (Y) yaitu thitung 3,858 > ttabel 1,682 yang berarti signifikan, (b). Terdapat pengaruh secara parsial antara variabel bebas kemandirian belajar (X2) terhadap pemahaman materi pelajaran ekonomi (Y) yaitu thitung 3,359 > ttabel 1,682 yang berarti signifikan, dan (c). Terdapat pengaruh secara simultan variabel bebas internet sebagai sumber belajar (X1) dan variabel bebas kemandirian belajar (X2) terhadap variabel terikat pemahaman materi pelajaran ekonomi (Y) yaitu fhitung 19.419 > ftabel 3,220 yang berarti signifikan. Kemudian kontribusi yang diberikan yaitu sebesar 48,6% dan sisanya 51,4% dipengaruhi oleh variabel – variabel lainnya. Kesimpulan yang dihasilkan adalah terdapat pengaruh secara parsial pada internet sebagai sumber belajar (X1) terhadap pemahaman materi pelajaran ekonomi (Y) dan kemandirian belajar (X2) terhadap pemahaman materi pelajaran ekonomi (Y) siswa kelas X dan XI SMA Jawaahirul Hikmah Besuki Tahun Ajaran 2020/2021 dengan kontribusi yang diberikan sebesar 48,6%. Kata kunci: Internet Sebagai Sumber Belajar, Kemandirian Belajar
Strategi Peningkatan Perekonomian Masyarakat Sekitar Daerah Wisata Pantai Prigi Kabupaten Trenggalek Tahun 2020 Fenny Yunika; Tutut Suryaningsih
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i1.3446

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi peningkatan perekonomian masyarakat sekitar daerah wisata. Penelitian ini dilakukan di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan karena meningkatknya pengunjung objek wisata dan pendapatan sektor pariwisata yang berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat sekitar objek wisata. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran kondisi pariwisata, dan mengidentifikasi dampak yang ditimbulkan dari adanya pengembangan pariwisata terhadap kondisi perekonomian masyarakat sekitarnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan Pemerintahan Kabupaten Trenggalek khususnya dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke wisata Pantai Prigi sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakatnya yaitu dengan terus berupaya melakukan pengembangan secara berkelanjutan terhadap potensi yang ada, melakukan upaya promosi untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung, dan harus ada kerja sama yang baik antara pihak pengelola wisata dengan masyarakatnya. Kata Kunci : Dampak ekonomi wisata, pengembangan wisata ABSTRACT This study identifies a strategy for improving the economy of the community around the tourist are. This research was conducted in Tasikmadu Village, Watulimo District, Trenggalek Regency, East Java. This research was done because of the rise in visitor attractions and tourism revenue that affect the economy of the surrounding community attraction. This type of research uses descriptive qualitative research methods. The purpose of this study is to describe the condition of tourism, and to identify the impact of tourism development on the economic conditions of the surrounding community. The results of this study indicate that the strategy used by the Trenggalek Regency Government, especially from the Department of Tourism and Culture to attract tourists to visit Prigi Beach tourism so that it can improve the economy of the community, is by continuing to strive for sustainable development of existing potential, making promotional efforts to attract tourists to visit, and there must be good cooperation between the tourism management and the community. Keywords : Economic impact on tourism , tourism development
PENGARUH KOMPETENSI AKUNTANSI KEUANGAN DAN PENGALAMAN PRAKERIN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII AK SMKN 1 REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2020/2021 Hilda Istikomah; Hari Subiyantoro
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i1.3447

Abstract

ABSTRAK Kesiapan kerja akan terbentuk apabila faktor-faktor dari kesiapan kerja terpenuhi, beberapa faktor diantaranya ialah kompetensi akuntansi dan juga pengalaman prakerin. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah “Adakah Pengaruh antara variabel Kompetensi Akuntansi Keuangan (X1) dan Pengalaman Prakerin (X2) terhadap Kesiapan Kerja (Y). Metode pengumpulan data ialah angket dan dokumentasi. Dokumentasi dilakukan untuk pengumpulan data variabel (X1) dan (X2). Instrumen angket digunakan untuk pengumpulan data (Y) dengan penskoran sangat setuju(SS), setuju (S), tidak setuju (TS), sangat tidak setuju (STS). Sampel penelitian yang digunakan ialah 72 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Untuk mengetahui pengaruh antara variabel X1, X2 dan Y menggunakan analisis regresi berganda. Dari hasil analisis data bahwa Fhitung 251,430 > F tabel 3,13, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji koefisiensi determinasi mendapatkan nilai sebesar 0,879, artinya secara simultan pengaruh X1 dan X2 terhadap Y sebesar 87,9%. Dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh yang Signifikan antara Kompetensi Akuntansi Keuangan dan Pengalaman Prakerin terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII AK SMKN 1 Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk memperbaiki kebijakan maupun progam-progam yang berkaitan dengan kesiapan kerja siswa. Kata Kunci : Kompetensi Akuntansi, Prakerin, Kesiapan Kerja. ABSTRACT Work readiness will be formed if the factors of job readiness are met, several factors including accounting competence and internship experience. The formulation of the problem in this study is "Is there any influence between the variables of Financial Accounting Competence (X1) and Prakerin Experience (X2) on Work Readiness (Y). Data collection methods are questionnaires and documentation. Documentation was carried out for data collection on variables (X1) and (X2). The questionnaire instrument was used for data collection (Y) with a score of strongly agree (SS), agree (S), disagree (TS), strongly disagree (STS). The research sample used was 72 students using random sampling technique. To determine the effect of variables X1, X2 and Y using multiple regression analysis. From the results of data analysis that Fcount 251.430 > F table 3.13, thus H0 is rejected and Ha is accepted. Based on the results of the coefficient of determination test, the value is 0.879, meaning that the simultaneous effect of X1 and X2 on Y is 87.9%. It can be concluded that “There is a Significant Influence between Financial Accounting Competence and Prakerin Experience on Work Readiness of Class XII AK Students at SMKN 1 Rejotangan Tulungagung for the Academic Year 2021/2022. The results of this study can be used as a reference to improve policies and programs related to student work readiness. Keywords : Accounting Competence, Industrial Work Practices, Job Readiness
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN SINGKANAUNG TANAH PUTIH Altika Feronika Rolleh; Yance Tawas Tawas
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i1.3448

Abstract

Abstract Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model E-learning. Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan model E-learning di kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Kr.Singkanaung Tanah Putih. Penelitian ini menggunakan eksperimen dengan Desain Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Kr.Singkanaung Tanah Putih tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelompok dalam satu kelas. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan test. Hasil penelitian menunjukan: bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Inkuiri di kelas XII Administrasi Perkantoran kelompok A mengalami peningkatan setelah penerapan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model E-learning kelas XII Administrasi Perkantoran kelompok B mengalami peningkatan setelah penerapan menggunakan model E-learning. Berdasarkan pembahasan dan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan model E-learning di kelas XII Administrasi Perkantoran berbeda. Bila t hitung lebih kecil dari t table maka Ho diterima yang berarti tidak terdapat perbedaan hasil belajar, dan sebaliknya bila t hitung lebih besar dari t table maka Ha yang diterima, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa dari penerapan yang dilakukan pada kelas eksperimen tersebut. Kata kunci : model pembelajaran Inkuiri, model E-learning, Hasil Belajar. Abstract This study aims to determine how student learning outcomes using the inquiry learning model. Knowing how student learning outcomes by using the E-learning model. Knowing the differences in student learning outcomes using the Inquiry learning model and the E-learning model in class XII Office Administration at SMK Kr. Singkanaung Tanah Putih. This study uses an experiment with a Pretest-Posttest Control Group Design. The population in this study were students of SMK Kr. Singkanaung Tanah Putih for the academic year 2020/2021. The sample of this study consisted of two groups in one class. Methods of data collection using documentation and tests. The results showed that the use of the inquiry learning model in class XII Office Administration group A experienced an increase after the application of the inquiry learning model. Based on the research, it is known that student learning outcomes using the E-learning model for class XII Office Administration group B have increased after the application of using the E-learning model. Based on the discussion and research conducted, it is known that student learning outcomes using the inquiry learning model and the E-learning model in class XII Office Administration are different. If t-count is smaller than t-table, then Ho is accepted, which means there is no difference in learning outcomes, and conversely if t-count is greater than t-table, Ha is accepted, which means that there are differences in student learning outcomes from the application carried out in the experimental class. Keywords: Inquiry learning model, E-learning model, Learning Outcomes.
PENGEMBAGAN MATERI PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA BAGI IBU – IBU PKK DI DESA TIMU KECAMATAN REMBOKEN Edwin Wantah; Listriyanti Palangda; Tesalonika Zaveria Supit
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i1.4439

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan – permasalahan yang di hadapi Ibu – Ibu PKK di Desa Timu Kecamatan Remboken . Menyusun materi pengelolaan keuangan keluarga di Desa Timu Kecamatan Remboken. Spesifikasi produk yang di harapkan konten materi pelatihan pengelolaan keuangan keluarga bagi Ibu – Ibu PKK di Desa Timu Kecamatan Remboken. Produk pengembangan materi pengelolaan keuangan keluarga berhasil di susun dengan proses pengembangan Four D dengan tahapan identifikasi masalah dan analisis kebutuhan pengembangan, desain prototype dan materi pengelolaan keuangan keluarga, uji coba produk , serta revisi produk materi pengelolaan keuangan keluarga. Materi yang di kembangkan yaitu materi pengelolaan keuangan keluarga dengan garis besar materi ,tujuan dan tahapan pengelolaan keuangan keluarga, kegiatan menabung dalam pengelolaan keuangan keluarga, pengelolaan hutang , dan pengelolaan cash flow (Aliran) keuangan keluarga. Kata Kunci: Pengelolaan Keuangan Keluarga , Ibu – Ibu PKK ABSTRACT This study aims to identify the problems faced by PKK women in Timu Village, Remboken District. Prepare materials for family financial management in Timu Village, Remboken District. The product specifications are expected to be the content of family financial management training materials for PKK mothers in Timu Village, Remboken District. The product development of family financial management materials has been successfully compiled with the Four D development process with the stages of problem identification and development needs analysis, prototype design and family financial management materials, product trials, and product revision of family financial management materials. The material developed is family financial management material with an outline of the material, goals and stages of family financial management, saving activities in family financial management, debt management, and family financial cash flow management. Keywords: Family Financial Management, PKK Mothers
Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tondano Henry J. D. Tamboto; Rommy J. R. Mottoh; Gebrielle Angel Muaya
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i1.4441

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tondano. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tondano yang berjumlah 89 siswa. Sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah 73 siswa dengan menggunakan Teknik proposional random sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Teknik kuisioner (angket). Teknik analisis dalam penelitian ini adalah dengan metode analisis regresi liner sederhana, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi berganda dengan menggunakan uji T dan uji F. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Disiplin Belajar terhadap Minat Belajar pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tondano. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Belajar terhadap Minat Belajar pada Siswa Kelas XI Negeri 2 Tondano. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Minat Belajar pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tondano. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar, Minat Belajar Siswa ABSTRACT This study aims to determine the effect of learning discipline and learning environment on student interest in class XI SMK Negeri 2 Tondano. The population in this study were Class XI students of SMK Negeri 2 Tondano, totaling 89 students. While the sample in this study were 73 students using proportional random sampling technique. The technique used in data collection is a questionnaire technique (questionnaire). The analytical technique in this study is the simple linear regression analysis method, simple correlation analysis and multiple correlation analysis using the T test and F test. The results of this study indicate: (1) There is a positive and significant influence of Learning Discipline on Student Interest in Learning Class XI SMK Negeri 2 Tondano. (2) There is a positive and significant effect of the learning environment on learning interest in the students of class XI Negeri 2 Tondano. (3) There is a positive and significant effect of Learning Discipline and Learning Environment on Learning Interest in Class XI Students of SMK Negeri 2 Tondano. Keywords: Learning Discipline, Learning Environment, Student Interests

Page 1 of 13 | Total Record : 128