cover
Contact Name
Agus Junaidi
Contact Email
agus.asj@bsi.ac.id
Phone
+6221231170
Journal Mail Official
jurnal.abdiekbis@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Kramat Raya No 98, Senen, Jakarta Pusat
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 27755134     DOI : https://doi.org/10.31294/abdiekbis
Core Subject : Economy,
Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang pertama kali publikasi tahun 2021 dengan ISSN (Elektronik) No 2775-5134 dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis merupakan jurnal hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dibidang Ekonomi dan Bisnis dengan persyaratan artikel tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis diterbitkan dalam versi online dengan jadwal publikasi pada bulan Mei dan November setiap tahunnya.
Articles 22 Documents
Pelatihan Laporan Keuangan Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM Hanung Atmaja; Gentur Jalunggono; Dian Marlina Verawati
Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Volume 1 No 1 Mei 2021: Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.43 KB) | DOI: 10.31294/abdiekbis.v1i1.209

Abstract

Laporan Keuangan digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi kinerja keuangan. Dari laporan keuangan kita dapat memperoleh informasi keseluruhan mengenai kondisi keuangan dalam suatu usaha yang dapat digunakan sebagai dasar membuat kebijakan dan keputusan para pengusaha untuk dapat mengembangkan usahanya. Program Kemitraan Masyarakat ini dilakukan di mitra UMKM Berkah Abadi Magelang yang bergerak di bidang kuliner atau makanan ringan. Program ini bertujuan untuk mengetahui kendala – kendala atau masalah yang dialami oleh para pelaku UMKM dan memberikan solusi atau cara mengatasi dan memperbaiki kendala atau masalah pada mitra. Kendala atau masalah tersebut belum memiliki sistem laporan keuangan yang memenuhi standar SAK EMKM. Dalam sistem pembukuan yang dilakukan mitra sejauh ini hanya mencatat modal, pencatatan pemasukan dan pengeluaran saja. Hal itu terjadi karena belum adanya pelatihan dan pembinaan kepada mitra terkait pembukuan yang memenuhi standar SAK EMKM. Selanjutnya permasalahan mitra yang kami temui sebagai bahan pelatihan dan pembinaan agar mitra dapat berkembang maju dan mendorong perekonomian masyarakat sekitar dengan mampu mempraktekkan sistem pembukuan yang memenuhi standar SAK EMKM. Pemilihan dasar laporan keuangan yang memenuhi standar SAK EMKM ditujukan untuk entitas mikro kecil dan menengah sesuai dengan Undang-Undang No 20 Tahun 2008 yang mengatur tentang UMKM. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat ini adalah metode ceramah, tutorial dan diskusi.
Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Pemasaran Susan Rachmawati; Eigis Yani Pramularso; Imelda Sari
Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis Vol. 2 No. 1 (2022): Volume 2 Nomor 1 Mei 2022: Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu ujung tombak dalam operasional usaha adalah bidang pemasaran. Pemasaran menjadi kunci dimana produk yang dihasilkan oleh perusahaan. dapat diterima atau tidak. Peran yang penting ini menjadi tantangan manajemen agar dapat mengelola bidang pemasaran ini dengan lebih optimal. Salah satu pengelolaan yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan dan menyesuaikan pemasaran dengan teknologi digital yang sangat berkembang saat ini. Berkaitan dengan pemasaran di era digital untuk para pelaku usaha Siwindu Maju Kabeh masih mempunyai permasalahan dalam upaya mengerti dan memilih lebih jauh media digital yang cocok untuk digunakan dalam kegiatan pemasarannya. Permasalahan yang ada pada Siwindu Maju Kabeh ini antara lain pengetahuan yang kurang detil terhadap pemahaman media pemasaran online serta pengetahuan yang masih kurang terkait pemilihan aplikasi dan penggunaan aplikasi media sosial dalam pemasaran produk. Solusi yang dilakukan dengan memberikan pelatihan tentang pemahaman media sosial yang tepat dari berbagai pilihan yang ada sebagai salah satu sarana yang nantinya dapat digunakan bagi pelaku usaha di Siwindu Maju Kabeh dalam memasarkan produk. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu observasi, pelaksanaan kegiatan PkM dan evaluasi serta monitoring. Dalam kegiatan PKM ini antusias peserta sangat besar untuk mengetahui, memahami dan mempaktekkan penggunaan instagram sebagai sarana pemasaran secara online.  Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatnya pengetahuan peserta PkM mengenai instagram yang dapat digunakan sebagai media pemasaran.
Merubah Tantangan Sebagai Peluang Di Masa Pandemi Bagi Komunitas Umkm Naik Kelas Kota Bekasi Nurhidayati Nurhidayati; Sugiyah Sugiyah; Dedy Syahyuni; Wiwin Wianti
Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Volume 1 No 1 Mei 2021: Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.673 KB) | DOI: 10.31294/abdiekbis.v1i1.240

Abstract

Pembatasan pergerakan manusia dalam kehidupan sehari-hari sebagai akibat dari adanya pandemic covid 19 yang berlangsung hampir satu tahun berdampak pada semua sendi kehidupan. Tuntutan untuk melakukan adaptasi dengan kondisi baru ini menjadi keharusan, baik dalam kesehariannya atau diluar kegiatan keseharian seperti berekonomi, dan sebagainya. UMKM sebagai pelaku ekonomi sangat merasakan imbas dari kondisi pandemi ini. Daya beli masyarakat menjadi berkurang sebagai akibat semakin berkurangnya pendapatan dan bahkan ada yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Oleh karena itu para pelaku usaha mikro, kecil, menengah atau UMKM harus dapat melihat dan menyikapi perubahan ini, melalui adaptasi, digitalitasi, kolaborasi dan yang penting lagi adalah ketangguhan mentalitas pelaku UMKM. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode deskriptif dan bertujuan untuk membuka wawasan para pelaku UMKM melalui webinar dengan tema merubah tantangan sebagai peluang di masa pandemi bagi komunitas UMKM naik kelas kota Bekasi. Harapannya pelaku UMKM terus berkreasi dan berinovasi atas usahanya menyesuaikan keadaan pandemi ini, agar kegiataan perekonomian masyakat tetap berkesinambungan.
Pendampingan UMKM Ipunk Snack and Coocies Dalam Mempertahankan dan Meningkatkan Usaha Perekonomian Menggunakan Teknologi di Masa Pandemi Covid-19 Andi Saryoko; Susafa'ati; Ardiansyah; Nur Kholis
Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Volume 1 No 1 Mei 2021: Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.827 KB) | DOI: 10.31294/abdiekbis.v1i1.245

Abstract

Indonesia mendorong UMKM agar dapat bangkit dan berkembang meskipun di masa pandemi Covid-19. Dimulai dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ditantang untuk dapat eksis dan bertahan menghadapi segala bentuk ancaman yang ada, mulai dari merosotnya daya beli masyarakat hingga berakibat jatuhnya UMKM karena kondisi yang tidak stabil. Dalam menjaga dan mengantisipasi adanya penyebaran virus Covid-19 maka UMKM harus pandai-pandai beralih dari penjualan konfensional ke penjualan online dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Rumusan masalah dari pengabdian masyarakat ini adalah bagaimana pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat mempertahankan dan mengembangkan usahanya terutama dalam memasarkan produknya di masa pandemi dan dapat memanfaatkan platform atau teknologi sehingga tidak perlu melakukan kontak langsung dengan pembeli. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini melakukan pendampingan dan memberikan pembinaan secara terpadu kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan bantuan teknologi yang ada saat ini.
Peningkatan Keterampilan Dalam Penggunaan MYOB Accounting Untuk Menyusun Laporan Keuangan Bagi Siswa SMK Muhammadiyah 9 Jakarta Achmad Syarif; Tio Prasetio; Reni Hariyani
Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2021): Volume 1 No 2 November 2021: Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.972 KB) | DOI: 10.31294/abdiekbis.v1i2.273

Abstract

Perkembangan era digital pada bidang akuntansi sudah semakin pesat. Salah satunya adalah perangkat lunak akuntansi MYOB (Mind Your Own Business) Accounting dalam menyusun laporan keuangan. MYOB Accounting menjadi salah satu mata pelajaran yang berbasis kompetensi komputerisasi akuntansi yang diberikan kepada Siswa di SMK Muhammadiyah 9 Jakarta. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam penggunaan MYOB Accounting dalam menyusun laporan keuangan bagi Siswa Jurusan Akuntansi Kelas XI SMK Muhammadiyah 9 Jakarta. Permasalahan bagi mitra yaitu proses belajar mengajar MYOB Accounting terbatas hanya pada studi kasus perusahaan jasa. Terkait dengan cukup panjangnya siklus penyelesaian studi kasus dalam menyusun laporan keuangan perusahaan jasa dengan menggunakan MYOB Accounting. Sehingga tujuan dari kegiatan pengabdian adalah untuk dapat meningkatkan keterampilan dalam penggunaan MYOB Accounting pada studi kasus perusahaan dagang. Dengan metode yang diberikan dalam pelatihan ini yaitu memberikan ceramah dan metode praktikum dalam mengoperasikan MYOB Accounting untuk menyusun laporan keuangan. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pelatihan ini yaitu meningkatnya keterampilan siswa dalam menyusun laporan keuangan perusahaan dagang dengan menggunakan MYOB Accounting. Peserta merasakan manfaat dari pelatihan tersebut dalam menyusun laporan keuangan dengan menggunakan MYOB Accounting menjadi lebih cepat, akurat dan efisien.
Pentingnya Mengelola Kestabilan Arus Kas Di Era New Normal Pada Asosiasi UMKN Naik Kelas Provinsi DKI Jakarta Amin Setio Lestiningsih; Ratiyah Ratiyah; Syamsul Bahri; Nida Salsabila; Tiara Yuliyana
Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Volume 1 No 1 Mei 2021: Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.17 KB) | DOI: 10.31294/abdiekbis.v1i1.300

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan di dalam pertumbuhan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja, UMKM juga berperan di dalam mendistribusikan hasil-hasil pembangunan. UMKM juga telah terbukti tidak terpengaruh terhadap krisis. Ketika krisis menerpa pada periode 1997-1998, hanya UMKM yang mampu tetap berdiri kokoh. Asosiasi UMKM Naik Kelas Provinsi DKI Jakarta pada masa pandemi Covid-19 saat ini menghadapi permasalahan yang cukup pelik terutama dari Segi Keuangan. Hal ini dikarenakan pasar yang lesu akibat dari wabah corona sehingga tidak mampu mendongkrak angka penjualan Asosiasi UMKM Provinsi DKI Jakarta. Imbasnya besar pasak daripada tiang. Hal ini menyebabkan kesimbangan arus kas terganggu. Pengelolaan kestabilan arus kas di masa new normal ini merupakan faktor utama yang menyebabkan keberhasilan atau kegagalan UMKM. Kesalahan pengelolaan arus kas UMKM bisa berdampak pada kekurangan dana untuk menjalankan operasional hariannya.Pengelolaan dana yang buruk berakibat UMKM tidak bisa mencegah, mendeteksi, atau mengoreksi kecurangan di UMKM tersebut Asosiasi UMKM Naik Kelas Provinsi DKI Jakarta merupakan salah satu Asosiasi yang membutuhkan pendampingan dan pembinaan dalam segi keuangan terutama dalam menjaga kestabilan arus kas di masa new normal ini agar tidak gulung tikar.
UMKM Go Online Upaya Lawan Covid-19 Kelompok Ibu-ibu PKK Kelurahan Lubang Buaya Jakarta Timur Kartika Yuliantari; Suparman Hilawu; Riris Lestiowati; Mohammad Amas Lahat
Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Volume 1 No 1 Mei 2021: Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.442 KB) | DOI: 10.31294/abdiekbis.v1i1.328

Abstract

Since the Corona Virus pandemic has disrupted almost all business industries from various sectors, and changed the behavior of the world community in all circles. Likewise, the impact of Covid-19 was most pronounced in the Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) sector which experienced problems with the low ability of MSME players to use technology TO market products, a decrease in sales turnover results, and problems in hampered distribution of goods. The solutions offered in this PM activity to solve the problems faced are prioritized in terms of increasing the sales ability of PKK Jamaah Masjid Ar-Royyan women as MSME business actors by going online, so that it is expected to increase sales turnover results and smoothen the distribution of goods. With the implementation of PM through training provided through zoom, it is hoped that the PKK women of Lubang Buaya Village, East Jakarta as MSME business actors can improve their ability to market their products online in the midst of the Covid-19 pandemic so that their businesses can survive and get more advanced. Output targets in the form of articles in print or electronic mass media, activity videos, and increased knowledge of online marketing (go online). The method of implementation in this activity consists of the preparation stage, namely by conducting a survey at the location where community service activities will be carried out, the implementation stage, namely marketing training through go online in an effort to increase sales and distribution of goods as well as the monitoring and evaluation stage to find out how much increased ability you have. by partners
Pelatihan Pengelolaan Keuangan Untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga Dan Usaha Pada Komunitas E-Warong Jatinegara Pratama Amin Setio Lestiningsih; Ratiyah Ratiyah; Syamsul Bahri; Nida Salsabila; Tiara Yuliayana Natasia
Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2021): Volume 1 No 2 November 2021: Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.246 KB) | DOI: 10.31294/abdiekbis.v1i2.593

Abstract

Warung elekronik gotong royong (e-warong) menjadi kepanjangan tangan pemerintah dalam menyalurkan bantuan sosial (bansos) non tunai bagi warga tidak mampu. Dengan sistem ini setiap bantuan sosial dan subsidi akan disalurkan secara non tunai menggunakan sistem perbankan. Tujuannya untuk mengurangi penyimpangan, kemudahan kontrol serta tepat sasaran, waktu dan jumlah. Oleh karena pemerintah menggandeng para ibu rumah tangga yang bergabung dalam PKK untuk mendirikan e-waroeng sebagai alternatif untuk menjalankan program pemerintah agar tepat sasaran.Pada saat menjalankan usahanya maka diperlukan pengelolan keuangan yang baik agar tidak terjadi besar pasak daripada tiang. Agar tidak terjadi masalah besar pasak daripada tiang maka diperlukan pelatihan dalam mengelola keuangan dalam hal ini memberikan cara menetapkan skala prioritas keuangan keluarga dan juga ketrampilan dalam mencatat pos-pos penerimaan dan pengeluaran cash sehingga tidak menggangu cash flow usaha dan akan memperkuat ketahanan keluarga. Ketahanan keluarga dan usaha sangat penting di masa pandemic demi terciptanya masyarakat Indonesia yang harmonis dan bahagia.
Pendampingan UMKM Milio Shop dan Bakoel Cemal Cemil Berbasis Teknologi untuk Mempertahankan Usaha di Masa Pandemi Covid-19 Mohammad Badrul; Chaerul Bachri; Sumarna; Ani Yoraeni
Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2021): Volume 1 No 2 November 2021: Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1565.924 KB) | DOI: 10.31294/abdiekbis.v1i2.607

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Jumlah UMKM di Indonesia yakni sebesar 64,19 juta, di mana komposisi Usaha Mikro dan Kecil sangat dominan yakni 64,13 juta atau sekitar 99,92% dari keseluruhan sektor usaha. Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak buruk terhadap UMKM. Sesuai rilis Katadata Insight Center (KIC), mayoritas UMKM (82,9%) merasakan dampak negatif dari pandemi ini dan hanya sebagian kecil (5,9%) yang mengalami pertumbuhan positif. Pandemi Covid-19 mengubah Perilaku Konsumen dan Peta Kompetisi Bisnis yang perlu diantisipasi oleh para pelaku usaha akibat adanya pembatasan kegiatan. Dalam bidang ekonomi pandemi covid-19 memunculkan berbagai masalah bagi pelaku UMKM, seperti penurunan volume penjualan, permodalan, distribusi terhambat, bahan baku sulit didapat, penurunan omset, produksi menurun bahkan sampai pemutusan hubungan kerja (PHK) karena tidak mampu untuk menggaji pegawai. Milio Shop dan Bakoel Cemal Cemil merupakan brand UMKM yang dirintis oleh Ibu rumah tangga. Kondisi Pandemi covid-19 ini memaksa Ibu Indah Prastiwi selaku pemilik Milio Shop dan Ibu Istiqomah selaku pemilik Bakoel Cemal Cemil harus dapat bertahan dan tetap eksis untuk memasarkan produk-produknya. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah ceramah, diskusi dan pemberian materi secara online melalui zoom meeting dan group whatsApp. Dengan adanya kegiatan Lentera UMKM yang merupakan salah satu bukti Pengabdian Masyarakat di Universitas Nusa Mandiri, Milio Shop dan Bakoel Cemal Cemil diberikan pendampingan mulai dari permasalahan produk dari segi kemasan, varian, logo dan proses pemasaran menggunakan teknologi yang ada untuk membantu melakukan pemasaran dan penjualan secara online di tengah pandemi covid-19 ini.
Penggunaan Edlink untuk Kemudahan Proses Perkuliahan Mahasiswa FEBI IAIN Lhokseumawe di Masa Pandemi Covid-19 Angga Syahputra; Khalish Khairina; Husna Hayati; Heny Rofizar; Asmah Savitri
Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2021): Volume 1 No 2 November 2021: Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1032.265 KB) | DOI: 10.31294/abdiekbis.v1i2.620

Abstract

The Covid-19 pandemic has forced various parties to use technological innovations in the lecture process so that students can continue to receive knowledge safely and vice versa with lecturers. Unfortunately, the use of technology in lectures has various negative impacts for students and other users. For this reason, the service team disseminates the use of learning applications that can minimize the negative impacts that exist through the use of the Edlink application. This activity was carried out using the Edlink usability socialization method, practice of using it, and question-and-answer discussions about this application. This activity was attended by residents of the FEBI IAIN Lhokseumawe campus consisting of students and lecturers who attended in person or virtually, considering the progress that had to be carried out. The results of this activity are felt to be very useful for lecturers and students in particular. With various features and conveniences in the Edlink application, this application is believed to be able to facilitate the lecture process. This application is also integrated with the Siakad application which has been used in the lecture process, so that the lecture process is more effective and efficient. The Edlink application can also be accessed freely via a computer, laptop or mobile phone and is free. Thus eliminating the limitations that exist in other applications and reducing internet costs for students.

Page 1 of 3 | Total Record : 22