cover
Contact Name
Syarifuddin
Contact Email
bimaberilmu@gmail.com
Phone
+6285290880751
Journal Mail Official
jurnal.diksi01@gmail.com
Editorial Address
Jalan Lintas Sumbawa, desa Leu, RT. 009, RW. 004, Bolo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
ISSN : 28093585     EISSN : 28093593     DOI : https://doi.org/10.53299/diksi.v2i1
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan di satuan pendidikan, proses pembelajaran, dan kajian lainnya keterkaitannya dengan pendidikan. Kemudian kajian dibidang sosial kemasyarakatan diantaranya, kehidupan masayarakat lokal suatu daerah, perkembangan jaman terhadap perubahan tingkah laku masayarakat, dan kajian-kajian lainnya terkait kehidupan sosial masyarakat. Jurnal Diksi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bima Berilmu dan terbit 2 kali dalam setahun.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 61 Documents
Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Relasi dan Fungsi pada Siswa SMP Imayanti Imayanti; Syarifuddin Syarifuddin; Mikrayanti Mikrayanti
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 2 No. 1 (2021): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.147 KB) | DOI: 10.53299/diksi.v2i1.81

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisi bagaimana Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Relasi dan Fungsi pada Siswa SMP Negeri 11 Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 0rang siswa berdasarkan tingkat kemampuan tinggi,sedang dan rendah siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Bima dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Instrumen dalam penelitian ini yaitu 1) Lembar tes berpikir kritis, 2) Observasi, 3) Wawancara, 4) Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu 1) Reduksi Data. 2) Penyajian Data, dan 3) Pengambilan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu 1. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal materi Relasi dan Fungsi yang ditinjau dari komunikasi matematika pada tiap indikator diantaranya pada indikator menyatakan masalah sehari-hari ke dalam bahasa atau simbol atau menyususn model matematika adalah siswa salah dalam menyimbolkan data yang diketahui, salah menuliskan apa yang ditanyakan. Pada indikator melakukan dugaan siswa salah dalam menentukan rumus, salah dalam menghitung data prasyarat, siswa tidak menuliskan rumus. Kesalahan pada indikator melakukan operasi matematika yaitu kesalahan penggunaan tanda operasi matematika, siswa salah dalam memasukkan data yang diketahui dalam soal, salah dalam urutan operasi matematika. 2. Penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal Relasi dan Fungsi yang ditinjau dari komunikasi matematika diantaranya, Siswa kesulitan dalam mengubah soal cerita ke dalam simbol matematika, siswa tidak terbiasa dalam menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan, siswa tidak ingat rumus-rumus pada materi Relasi dan Fungsi, kurangnya latihan untuk soal-soal cerita, siswa sering terburu-buru dalam mengerjakan soal dan tidak mengecek ulang jawaban, mayoritas siswa tidak belajar terlebih dahulu sebelum ulangan, anggapan siswa bahwa menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan tidak terlalu penting bahkan akan menguraningi waktu dalam perhitungan.
Pembelajaran Kooperatif Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Besaran dan Satuan Indriani Indriani
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 1 No. 1 (2020): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.797 KB) | DOI: 10.53299/diksi.v1i1.87

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan adalah sebagian besar metode pembelajaran masih bersifat tradisional. Dimana proses pembelajaran sering didominasi dengn metode ceramah sehingga interaksi antara siswa yangg satu dengn yangg lainnya kurang dan hasil belajarnyapun rendah khususnya pada mata pelajaran IPA Fisika. Dengn menerapkan model pembelajaran koperatif tipe Bamboo Dancing diharapkan mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII materi pokok Besaran dan Satuan SMP Negeri 1 Praya Timur. Hasil penelitiaan ini adalah, pada siklus I rata-rata nilai evaluasi siswa adalah 64,91 dengn persentase ketuntasan 68,75%, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh skor rata-rata 37,5 ini menunjukkan kategori cukup aktif. Pada siklus II rata-rata nilai evaluasi siswa 73,24 dengn persentase 87,50% dimana hasil observasi aktivitas siswa diperoleh skor rata-rata 46 ini menunjukkan kategori aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koperatif tipe Bamboo Dancing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika kelas VII pokok bahasan Besaran dan Satuan semester ganjil SMP Negeri 1 Praya Timur tahun pelajaran 2019/2020.
Penerapan Model Pembelajran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Segiempat Kelas VII-4 Semester II SMP Negeri 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2019/2020 Murtalib Murtalib; Gunawan Gunawan; Mutmainah Mutmainah; Pri Ayu Nurwadani; Ayu Almahira
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 1 No. 1 (2020): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.035 KB) | DOI: 10.53299/diksi.v1i1.88

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah model pembelajran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dapt meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalm pembelajran materi pokok segiempat kelas VII-4 SMP Negeri 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalm tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, dua kali pertemuan untuk proses pembelajran, dan satu kali pertemuan untuk evaluasi. Data prestasi belajar dikumpulkan melalui tes evaluasi pada akhir siklus sedangkan data kegiatan guru dan siswa dikumpulkan melalui lembar observasi. Melalui analisis hasil evaluasi secara keseluruhan dari setiap siklus dapt dilihat adanya peningkatan persentase hasil belajar secara klasikal dari siklus I sebesar 71,42%, siklus II sebesar 80,64%, siklus III sebesar 90,32%. Sedangkan aktivitas siswa juga meningkat dari siklus kesiklus, dimana pada siklus I rata-rata skor 2,93 berkategori cukup aktif, siklus II rata-rata 3,52 berkategori aktif, siklus III rata-rata 4,03 berkategori aktif. Dengn melihat proses pembelajran dan hasil evaluasi yang diperoleh, diketahui bahawa penerapan model kooperatif tipe NHT dapt meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa materi pokok segiempat kelas VII-4 SMP Negeri 1 Madapangga tahun pelajaran 2019/2020.
Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Negeri 3 Bolo Tahun Pelajaran 2018/2019 Komala Sari
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 1 No. 1 (2020): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.297 KB) | DOI: 10.53299/diksi.v1i1.89

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajran koperatif tipe TAI (Team assisted individualization) terhadap pembelajran di kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ynag dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Ada dua jenis data ynag digunakan yaitu data kualititatif ynag berupa lembar observasi dan data kuantitatif ynag berupa hasil test. Untuk analisis data digunakan pedoman ketuntasan belajar dimana siswa dikatakan tuntas secara klasikal 85% atau lebih dan secara individual apabila memperoleh nilai ≥ 60 sesuai dengn kurikulum. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dari siklus I dan II, dimana padaa siklus I rata-rata hasil belajar siswa 63,80 dengn ketuntasan klasikal 71% kemudian padaa siklus II rata-rata hasil belajar siswa 70,17 dengn ketuntasan klasikal 89%. Sedangkan aktivitas siswa siklus I adalah 2,35 sehingga  dapat digolongkan kurang aktif dan siklus II adalah 2,85 tergolong aktif. Maka dapat disimpulkan bhwa dengn menerapkan model pembelajran koperatif tipe TAI (Team Assisted Indulization) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika materi gerak lurus padaa siswa kelas VIIA semester II di SMP Negeri 3 Bolo Tahun Pelajaran 2018/2019.
Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode Index Card Match padaa Materi Pokok Persegi dan Persegi Panjang Kelas VII-b SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2019/2020 Dusalan Dusalan; Mikrayanti Mikrayanti; Basrin Basrin; Rista Salma Jauhari; M. Furqan
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 1 No. 1 (2020): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (817.835 KB) | DOI: 10.53299/diksi.v1i1.90

Abstract

Penerapan suatu metode dalaam pembelajarn memiliki peranan yaang sangat penting. Jika tidak sesuai maka siswa tidak akan belajar sebaik-baiknya karena tidak adanya daya tarik baginya. Dalaam pembelajarn guru dituntut memperhatikan metode mengajar yaang digunakan. Meningkatnya prestasi belajar siswa tergantung padaa kemampuan guru dalaam memilih metode pengajaran yaang sesuai dengn bahan yaang diajarkan. Salah satu upaya yaang dilakukan adalah mencari metode mengajar yaang mampu mengajak siswa lebih aktif dalaam kegiatan belajar serta melatih siswa untuk banyak belajar sendiri. Mencermati hal tersebut di atas, sudah saatnya untuk diadakan pembaharuan, inovasi ataupun gerakan perubahan kearah pencapaian tujuan pendidikan di atas. Pembelajarn matematika hendaknya menggunakan metode yaang sesuai dengn karakter siswa yaang dapat mengoptimalkan potensi siswa. (Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Wera dalaam pembelajarn matematika padaa materi Persegi dan persegi panjang dengn metode index card match dan meningkatkan Prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Wera, padaa materi pokok Persegi dan persegi panjang dengn metode index card match Tahun Pelajaran 2019/2020). Adapun tempat penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Wera Bima. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) tentang metode index card match. Adapun pendekatan yaang digunakan dalaam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini terdiri darii dua siklus, hasil penelitian menunjukkan bahwa darii siklus ke siklus mengalami peningkatan. Hal ini terbukti darii persentase ketuntasan klasikal belajar siswa padaa siklus I mencapai 75% dan nilai rata-rata sebesar 61,08 dengn kategori siswa cukup aktif sedangkan padaa siklus II sebesar 91,67% dan nilai rata-rata sebesar 79,58 dengn kategori siswa aktif, terlihat bahwa persentase ketuntasan belajar siswa padaa siklus II sudah memenuhi kriteria yaang ditetapkan yakni ≥ 85%. Darii data yaang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode index card match dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Wera padaa materi pokok Persegi dan persegi panjang tergolong aktif.
Penerapan Pembelajaran Berbasis PAIKEM untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Tahun Pelajaran 2011/2012 Dewa Made Suparwata
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 1 No. 1 (2020): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.869 KB) | DOI: 10.53299/diksi.v1i1.91

Abstract

Kurangnya pemahaman sisswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru berakibat pada rendahnya hasil beljar IPA sisswa, salah satu penyebab dari masalah ini adalah kurang tepatnya pendekatan atau metode yang digunakan dalaam proses beljar mengajar IPA. Tujuan Penelitian ini adalah Mengetahui Penerapan Pembelajran Berbasis PAIKEM umtuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Beljar IPA Sisswa Kelas VIII SMPN 1 Tanjung Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalaam dua siklus. Data aktifitas beljar sisswa diambil dangan menggunakan lembar observasi, sedangkan data hasil beljar sisswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Data hasil pengamatan dianalisis dangan menggunakan rumus persentase dan rumus ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktifitas beljar sisswa pada siklus I sebesar 56% tergolong dalaam kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 88% tergolong dalaam kategori sangat aktif. Sedangkan data hasil beljar sisswa pada siklus I, dangan ketuntasan yang diperoleh sebesar 25%, artinya bahwa belum tuntas dan pada siklus II memperoleh ketuntasan sebesar 86% dangan kategori tuntas. Berdasarkan hasil tersebut daapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajran berbasis PAIKEM daapat meningkatkan aktifitas dan hasil beljar IPA pada sisswa kelas VIII SMPN 1 Tanjung Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Kelas VII SMP Negeri 4 Narmada Tahun Pelajaran 2010/2011 Arif Budiman
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 1 No. 2 (2020): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.548 KB) | DOI: 10.53299/diksi.v1i2.94

Abstract

Masalah yangg dihadapi oleh guru IPA Biologi di SMP Negeri 4 Narmada adalah kesulitan siswa dalaam memahami materi yangg diberikan dengn menggunakan model pembelaajaran yangg belum mengaktifkan seluruh siswa. Selama ini guru masih menggunakan model pembelaajaran kelompok yangg konvensional. Model pembelaajaran seperti ini menyebabkan kurangnya keterlibatan seluruh siswa dalaam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian adalah untuuk mengetahui penerapan pembelaajaran koperatif tipe Index Card Match dalaam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi kelas VII SMP Negeri 4 Narmada. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yangg dilaksanakan dalaam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Ada dua jenis data yangg digunakan dalaam penelitian ini yaitu kuantitatif berupa hasil tes dan data kualitatif berupa lembar observasi. Teknik analisis data yangg digunakan adalah rumus ketuntasan klasikal (KK). Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari kategori cukup aktif pada siklus I menjadi sangat aktif pada siklus II. Sementara persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 62,6% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi kelas VII SMP Negeri 4 Narmada Tahun pelajaran 2010/2011.
Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numberead Head Together) terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia Pokok Bahasan Konsep Hidrokarbon Ammi Latifatunnisak
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 1 No. 2 (2020): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.735 KB) | DOI: 10.53299/diksi.v1i2.95

Abstract

Salah satu model pembelajaran ynag dapat mengajak siswa berfikir dan menyebabkan siswa aktif yaitu pembelajaran tipe NHT (Numberead Head Together). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe NHT terhadap aktivitas siswa dan ketuntasan belajar kimia pada pokok bahasan konsep hidrokarbon pada siswa kelas X MA NW Boro’ Tumbuh tahun pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA NW Boro’ Tumbuh tahun pelajaran 2009/2010 ynag berjumlah 64 orang siswa dalam dua kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil semua karena terdiri dari dua kelas yaitu satu kelas untuk kelas kontrol dan satu kelas untuk kelas eksperimen. Dalam penelitian ini diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol adalah 66.8, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 76.7. Untuk analisis data dalam penelitian ini digunakan uji t polled varians dengn taraf signifikan 5 % dan diperoleh hasil bahwa t­hitung adalah sebesar 2.86 dan ttabel sebesar 1.998. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran tipe NHT (Numberead Head Togheter) berpengaruh terhadap ketuntasan belajar kimia pada pokok bahasan konsep hidrokarbon siswa kelas X MA NW Boro’ Tumbuh tahun pelajaran 2009/2010, tetapi tidak berpengaruh terhadap aktivitas siswa.
Pembelajaran Berbasis Kontekstual dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Segitiga di Kelas VII SMP Negeri 2 Bolo Tahun 2019/2020 Dewi Sartika; Nur Baeti; Saifullah Saifullah; Asniati Tunisah; Rizki Furahman
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 1 No. 2 (2020): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.91 KB) | DOI: 10.53299/diksi.v1i2.96

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran CTL padaa materi segitiga dalaam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Bolo. Jenis penelitian yanng digunakan adala Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalaam 2 siklus. Hasil analisis data prestasi belajar siswa padaa siklus I mencapai nilai rata-rata siswa 68,70 dengn persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 70,58% sedangkan padaa siklus II mencapai nilai rata-rata siswa 78,91 dengn persentase ketuntasan klasikal sebesar 92,17%. Skor aktivitas siswa padaa siklus I adala 17,67 dengn kategori aktif dan skor aktivitas siswa padaa siklus II adala 23,01 dengn kategori aktif. Dengan demikian, penerapan pembelajaran berbasis kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Bolo Pelajaaran 2019/2020.
Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa melalui Penerapan Model PAIKEM Kelas VIII SMPN 1 Kediri pada Materi Pokok Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2010/2011 Sahnan Sahnan
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 1 No. 2 (2020): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.517 KB) | DOI: 10.53299/diksi.v1i2.97

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru berakibat pada rendahnya Prestasi belajar matematika siswa, salah satu penyebab dari masalah ini adalah kurang tepatnya pendekatan atau metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar matematika. Tujuan Penelitian ini adalah Mengetahui Penerapan Pembelajaran Berbasis PAIKEM untuk Meningkatkan Aktifitas dan Prestasi belajar matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kediri Tahun Pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Data aktivitas belajar siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data Prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan rumus ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 56% tergolong dalam kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 88% tergolong dalam kategori sangat aktif. Sedangkan data Prestasi belajar siswa pada siklus I, dengan ketuntasan yang diperoleh sebesar 25%, artinya bahwa belum tuntas dan pada siklus II memperoleh ketuntasan sebesar 86% dengan kategori tuntas. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas dan Prestasi belajar IPA pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kediri Tahun Pelajaran 2010/2011.