cover
Contact Name
Ratna Purwanti
Contact Email
ratna.purwanti@ulm.ac.id
Phone
+6281348382024
Journal Mail Official
jikad@ulm.ac.id
Editorial Address
Jl. Brigjen H. Hasan Basri, Banjarmasin
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini
ISSN : 28085698     EISSN : 28084551     DOI : https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. JIKAD mulai diterbitkan pada tahun 2021 di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) terbit tiga kali setahun pada bulan Februari, Juni dan Desember. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir skripsi mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan anak usia dini yang belum pernah dimuat/diterbitkan di media lain, dengan ruang lingkup: Perkembangan Nilai agama dan moral AUD Perkembangan Fisik-Motorik AUD Perkembangan Kognitif AUD Perkembangan Bahasa AUD Perkembangan Sosial-Emosional AUD Perkembangan Seni AUD Model Pembelajaran dan Pengembangan Anak Usia Dini Inovasi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Media dan Teknologi Pembelajaran Anak Usia Dini Kemitraan PAUD dan Masyarakat Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini Pola Asuh Anak Karakter Anak Usia Dini Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Psikologi perkembangan anak Alat bermain dan Permainan Anak Usia Dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2022): Juni" : 6 Documents clear
MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENCOCOKAN ANGKA DENGAN LAMBANG BILANGAN PADA ANAK TK MENGGUNAKAN MODEL MATAMU Nia Moleca Saputri; Akhmad Riandy Agusta
Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) Vol 2, No 2 (2022): Juni
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jikad.v2i2.5441

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah masih belum berkembangnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep lambang bilangan, dibuktikan dari penilaian perkembangan anak sekitar 25% berhasil mengenal konsep lambang bilangan dan 75% yang belum berhasil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas anak, motivasi, dan aspek kognitif dengan menggunakan model MATAMU. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan permainan dan observasi anak kelompok B berjumlah 9 anak. Penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengembangan aspek kognitif dalam mengenal konsep dan lambang bilangan dengan menggunakan model MATAMU aktivitas guru memperoleh skor 26 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak memperoleh skor 88,9% dengan kriteria sangat aktif. Motivasi anak memperoleh skor 88.9% dengan kriteria sangat tinggi dan hasil pengembangan aspek kognitif anak mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu 77,7% atau masuk kriteria berkembang sesuai harapan.
MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE, DIRECT INSTRUCTION DAN PEMBERIAN TUGAS PADA KELOMPOK B3 Hizratun Nisa; Ririanti Rachmayanie Jamain
Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) Vol 2, No 2 (2022): Juni
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jikad.v2i2.5440

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan motorik halus anak dalam kegiatan melipat masih belum berkembang. Upaya dalam menyelesaikan masalah tersebut melalui pembelajaran menggunakan model picture and picture, direct instruction dan pemberian tugas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan motorik halus anak. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada anak kelompok B3 RA Datu Abulung Banjarmasin dengan jumlah anak sebanyak 5 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Padi dapat mengembangkan motorik halus anak pada kategori Berkembang Sangat Baik dengan persentase 100%.
MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK MENGENAL BENDA BERDASARKAN FUNGSINYA MELALUI DEMAMAPAPA DI KELOMPOK B TK NEGERI BARAMBAI Sumriah Sumriah; Ratna Purwanti
Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) Vol 2, No 2 (2022): Juni
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jikad.v2i2.5448

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil perkembangan kognitif pada anak kelompok B dalam mengenal benda berdasarkan fungsinya. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilaksanakan 3 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B berjumlah 5 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek perkembangan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, serta menganalisis aktivitas anak dan aspek kognitif dalam mengenal benda berdasarkan fungsinya melalui kombinasi model DEMAMAPAPA (metode DEmonstration, MAke a MAtch dan media PAPAn flannel). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dengan kategori sangat baik, aktivitas anak memperoleh kategori aktif dan hasil pencapaian perkembangan kognitif mendapatkan kategori BSH.
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGGUNAKAN MODEL POKEMON PADA KELOMPOK B TK CAHAYA ABADI HULU SUNGAI TENGAH Nurul Fauzatun Nisa; Ali Rachman
Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) Vol 2, No 2 (2022): Juni
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jikad.v2i2.5449

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini karena rendahnya kemampuan kognitif anak dalam menyesuaikan bilangan dengan lambang bilangan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan adanya peningkatan menggunakan model POKEMON (kerjasama kelompok/cooperative learning, make a match, demonstration). Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan guru, kegiatan siswa, dan perkembangan kognitif anak. Pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan dalam penelitian ini, yang mana dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan . Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Cahaya Abadi Hulu Sungai Tengah yang berjumlah 8 anak. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi kegiatan guru dan kegiatan anak, serta lembar kerja anak secara berkelompok. Analisis data secara kualitatif kegiatan guru mencapai > 20 dengan kriteria “baik”, kegiatan anak memperoleh > 10 dengan kriteria “aktif”, dan hasil perkembangan kognitif anak mendapat kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan guru pada setiap pertemuan terlaksana dengan sangat baik, sementara itu kegiatan anak mengalami peningkatan menjadi aktif dan sangat aktif, serta perkembangan kognitif juga mengalami peningkatan dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).
MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS MENEMPEL MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, METODE DRILL DAN TEKNIK MOZAIK KELOMPOK B norlatifah norlatifah; Novitawati Novitawati
Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) Vol 2, No 2 (2022): Juni
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jikad.v2i2.5450

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya perkembangan aspek motorik halus dalam menempel dengan tepat. Dikarenakan pembelajaran disekolah lebih sering menggambar dan mewarna, media yang digunakan kurang bervariasi, kurangnya semangat belajar anak, dan pembelajaran yang bersifat satu arah yang menyebabkan anak kurang terlibat secara langsung. Penelitian bertujuan guna meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan aspek motorik halus dalam pembelajaran menempel dengan tepat. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis yang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Objek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Melati Babirik kab. Hulu Sungai Utara yang berjumlah 6 orang anak. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru memperoleh skor 27 (sangat baik), aktivitas anak memperoleh persentasi 100% (sangat aktif), dan hasil perkembangan anak memperoleh persentasi 100% dengan kriteria BSB.
MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION, METODE ROLE PLAYING BERBASIS CERITA DAERAH Siti Nurleni; Chresty Anggreani
Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) Vol 2, No 2 (2022): Juni
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jikad.v2i2.5439

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengembangkan rasa percaya diri anak melalui metode role playing berbasis cerita daerah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 orang anak. Alat pengumpulan data yang digunakan seperti lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan menggunakan teknis analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan rasa percaya diri anak secara klasikal pada siklus 1 sebesar 50% dengan kategori mulai berkembang, meningkat pada siklus 2 sebesar 83% dengan kategori berkembang sangat baik. Peningkatan rasa percaya diri anak pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 33%. Pelaksanaan penelitian ini sudah mencapai kreriteria yang telah ditetapkan yaitu ≥75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode role playing berbasis cerita daerah dapat mengembangkan rasa percaya diri anak kelompok B TK Penerus Bangsa PGRI Banjarmasin.

Page 1 of 1 | Total Record : 6