cover
Contact Name
Elida Soviana
Contact Email
jurnalidcom@gmail.com
Phone
+6285157550006
Journal Mail Official
jurnalidcom@gmail.com
Editorial Address
Jalan Serma Mukhlas, Karangtengah, RT 02 RW 03, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Kode pos 53416
Location
Kab. banjarnegara,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Penelitian Inovatif
Published by CV Firmos
ISSN : 2808148X     EISSN : 28081366     DOI : https://doi.org/10.54082/jupin.IDPaper
Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN) merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti Teknik, Pendidikan, Ilmu Sosial Humaniora, Bahasa/Linguistik, Kesehatan, serta Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN) dipublikasikan oleh CV Firmos dan terdaftar di LIPI dengan P-ISSN : 2808-148X dan E-ISSN : 2808-1366 serta terdaftar di Crossref dengan Prefix DOI : 10.54082. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN) dipublikasikan 3 kali dalam setahun, yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember. Semua penerimaan naskah diproses secara double blind review oleh mitra bestari.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 3 (2023): JUPIN Desember 2023" : 18 Documents clear
Personal Branding di Media Digital pada Akun Tik Tok @dailyjour Novai Winda Budiarti; Kemala Dewi
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 3 No 3 (2023): JUPIN Desember 2023
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.207

Abstract

Personal Branding merupakan salah satu strategi yang digunakan dalam menciptakan kesan positif seseorang ataupun perusahaan kepada publik . Personal branding dapat dilakukan melalui media ataupun tidak. Seorang influencer diharapkan memiliki personal branding yang khas serta kuat untuk membedakan dengan influencer lain salah satunya influencer TikTok Halimah dengan akun @dailyjour sama halnya dengan perusahaan dalam membentuk branding perusahaan. penelitian ini, penulis ingin mengetahui bagaimana cara content creator @dailyjour dalam membangun personal branding melalui konten parenting di akun media sosial Tik Tok. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan indikator 11 kriteria personal branding menurut Rampersad. Penelitian ini menunjukkan bahwa personal branding membuat influencer lebih mudah dalam memberikan informasi kepada followersnya, konsistensi dan juga fokus dalam bidang parenting sehingga memperkuat personal branding influencer. Sehingga kedepannya dapat dijadikan bahan evaluasi diri jika mendapatkan kritik dari followers ataupun client yang sedang bekerjasama.
Peran Humas dan Manajemen Opini Publik di SMP-SMA Al Binaa Islamic Boarding School M. Syarifuddin Haromain
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 3 No 3 (2023): JUPIN Desember 2023
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.209

Abstract

Dalam era digital yang terus berkembang, peran Humas dan manajemen opini publik menjadi sangat penting dalam konteks pendidikan, khususnya di SMP-SMA AL BINAA ISLAMIC BOARDING SCHOOL. Media digital, termasuk media sosial, situs web, dan aplikasi mobile, telah menjadi sarana utama bagi sekolah untuk berkomunikasi dengan siswa, orang tua, dan masyarakat secara luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana peran humas, pemanfaatan media digital, dan manajemen opini publik dapat memengaruhi citra dan reputasi sekolah. Metode penelitian yang digunakan melibatkan studi literatur, wawancara dengan staf humas sekolah, analisis konten media sosial sekolah, dan survei kepada berbagai pihak yang terlibat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humas sekolah memiliki peran strategis dalam membangun citra positif SMP-SMA AL BINAA ISLAMIC BOARDING SCHOOL. Media digital merupakan alat efektif dalam berkomunikasi dengan siswa dan orang tua, sementara manajemen opini publik yang baik membantu sekolah mengelola persepsi publik dengan lebih efektif. Penelitian ini memberikan wawasan tentang strategi yang dapat diterapkan oleh sekolah untuk meningkatkan peran humas, memanfaatkan media digital secara optimal, dan mengelola opini publik secara efisien, sehingga dapat mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang lebih baik.
Implementasi Klasifikasi Tipe Dasar Telekesehatan pada Rumah Sakit di Kota Batu Syi’ar Aprilla Tanazza; Ni Putu Desy Purnama Sari; Bayu Prastowo
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 3 No 3 (2023): JUPIN Desember 2023
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.217

Abstract

Pelayanan fasilitas kesehatan jarak jauh di Indonesia diatur dalam kebijakan pemerintah dan asosiasi kesehatan. Pelayanan tersebut diartikan sebagai telemedisin guna memfasilitasi sistem informasi, komunikasi dan klinis bagi kesehatan individu ataupun kelompok. Penerapan sistem telekesehatan tertuang di dalam peraturan menteri kesehatan nomor 20 tahun 2019. Kesiapan kebijakan tersebut memberikan nilai positif dilingkungan rumah sakit untuk memaksimalkan dalam memberikan pelayanan. Namun, apakah dukungan pemerintah tersebut berkaitan dengan implementasi sistem telekesehatan dilingkungan rumah sakit. Penelitian ini tidak menganalisis sistem telekesehatan secara kompleks melainkan dasar telekesehatan mengikuti standar protokol Indian Medical Council. Dasar standar protokol telekesehatan berupa karateristik tekstual dikonversikan menjadi nilai angka dengan memodifikasi skala likert. Penilaian berdasarkan observasi kesesuaian standar dengan media telekesehatan yang digunakan di setiap rumah sakit. Rumah sakit yang menjadi sampel penelitian yaitu yang terdaftar dalam data set komisi akreditasi rumah sakit. Nilai kesesuaian tersebut dianalisis menggunakan partial least square. Pengolahan data menunjukkan bahwa nilai average variance extracted, reabilitas komposit dan cronbach’s alpha berada direntang 0.8 hingga 1.0, nilai korelasi antar indikator ≥0.06 serta nilai R2 sebesar 1.0. Nilai-nilai tersebut menyatakan bahwa karakteristik dasar telekesehatan yang digunakan sebagai indikator memiliki validitas diskriminan, realinitas dan reabilitas yang tinggi dalam penyusunan hipotesis. Indikator tersebut memiliki keterkaitan yang positif terhadap konstruknya dan membentuk model struktural yang kuat.
Manajemen Komunikasi Reputasi dan Krisis di PT Gunbuster Nickel Industry Firmansyah Kusumajaya; Muhammad Najihul Hibatulloh
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 3 No 3 (2023): JUPIN Desember 2023
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.225

Abstract

Manajemen komunikasi reputasi dan respons terhadap situasi krisis sangat penting dalam menjaga keberlanjutan operasional dan citra positif perusahaan. PT Gunbuster Nickel Industry, perusahaan pertambangan nikel terkemuka di Indonesia, telah berhasil mengembangkan strategi komunikasi reputasi yang kuat dan tindakan proaktif untuk mempertahankan citra positifnya saat menghadapi tantangan krisis. Selain itu, perusahaan ini juga merespons situasi krisis dalam industri pertambangan dengan cepat dan efektif. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi praktik-praktik terbaik yang digunakan perusahaan dalam menjaga dan memperbaiki reputasinya saat menghadapi tantangan krisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan telah mengambil pendekatan komprehensif dalam mengelola situasi krisis, dengan berkomunikasi terbuka kepada publik, merespons permasalahan dengan cepat, dan berusaha memperbaiki hubungan dengan pemangku kepentingan yang terdampak. Meskipun PT Gunbuster Nickel Industry telah berhasil mengembangkan strategi komunikasi reputasi yang kuat, mereka juga dihadapkan pada sejumlah tantangan krisis, seperti insiden lingkungan dan ketegangan dengan komunitas setempat. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan dalam industri serupa harus proaktif dalam mengembangkan strategi manajemen komunikasi reputasi dan respons terhadap situasi krisis yang kuat untuk menjaga keberlanjutan operasional dan reputasi yang baik dalam menghadapi tantangan krisis yang tak terhindarkan.
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi dengan Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery) pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Simpang Hulu Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat Tahun Pelajaran 2019/2020 Triyono Triyono
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 3 No 3 (2023): JUPIN Desember 2023
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.210

Abstract

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran penemuan (discovery)? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran penemuan (discovery) terhadap motivasi belajar siswa? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran penemuan (discovery). (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran penemuan (discovery). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Simpang Hulu. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (67,57%), siklus II (78,38%), siklus III (89,19%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode penemuan (discovery) dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SMAN 1 Simpang Hulu, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Biologi.
Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Model Pengajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Prestasi dan Penguasaan Materi Pelajaran Biologi Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Tumbang Titi Tahun Pelajaran 2020/2021 Erwin Erwin
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 3 No 3 (2023): JUPIN Desember 2023
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.214

Abstract

Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar,melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setian putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalh siswa kelas XII SMKN 1 Tumbanhg Titi Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (64,00%), siklus II (XII6,00%), siklus III (88,00%). Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual berbasis masalah dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas XII SMKN 1 Tumbang Titi serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Biologi.
Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament) Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X MM SMKN 1 Ella Hilir Tahun Pelajaran 2020/2021. Yuce Alpiokta
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 3 No 3 (2023): JUPIN Desember 2023
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.215

Abstract

Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima, sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Dalam pembelajaran matematika agar mudah dimengerti oleh siswa, proses penalaran deduktif untuk menguatkan pemahaman yang sudah dimiliki oleh siswa. Tujuan pembelajaran matematika adalah melatih cara berfikir secara sistematis, logis, kritis, kreatif dan konsisten. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TGT? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model TGT terhadap motivasi belajar siswa? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TGT. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model TGT. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X MM Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model TGT dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas X MM serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PPKN Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Stad (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas X IIS SMAN 1 Jelai Hulu Tahun Pelajaran 2021/2022 Sutinah Sutinah
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 3 No 3 (2023): JUPIN Desember 2023
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.216

Abstract

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD ? (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar PKn?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif. (c) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMAN 1 Jelai Hulu Tahun Pelajaran 2021/2022. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (68,42%), siklus II (81,58%), siklus III (94,74%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas X IIS SMAN 1 Jelai Hulu, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PPKn.
Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Boyband Nct 127, Citra Merek, dan E-wom Terhadap Minat Beli Konsumen pada Aplikasi Belanja Online Blibli.com : Survei pada Pengikut Akun Instagram @Bliblidotcom Musela Carentia; Rangga Deri
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 3 No 3 (2023): JUPIN Desember 2023
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.223

Abstract

- Blibli merupakan e-commerce buatan Indonesia dengan model bisnis yang fokus pada B2B, B2C, dan B2B2C (Business to Business to Consumer). Pada 5 Juli 2022 NCT 127 resmi dipilih menjadi brand ambassador Blibli. Pemilihan NCT 127 karena sebagian besar pelanggan di Indonesia didominasi oleh generasi millenial dan Z, dari hal tersebut menjadi beberapa alasan yang tepat untuk menjadikan NCT 127 sebagai Brand Ambassador Blibli untuk mewakili Brand yang dapat menjadi pengaruh masyarakat dalam penggunaan e-commerce Blibli. Selain variable Brand Ambassador, ada variable lain seperti Citra Merek dan E-WOM yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat seseorang dalam membeli suatu produk atau jasa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian explanatory dan metode pengolahan data menggunakan Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM-PLS) melalui aplikasi software SmartPLS 3.0. Variabel citra merek, indikator nilai adalah yang paling berpengaruh yaitu sebesar 0,947. Dari hasil analisis diperoleh nilai akar AVE > 0,5 (kecuali variable minat beli) hal ini menunjukkan bahwa semua variabel dalam model yang diestimasi memenuhi kriteria discriminant validity.
Efektivitas Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Mas Muhammadiyah Nangahure Rana Rana; Yuli Mira Syafriati Y.M Sani; Yuliana Dua Solo
Jurnal Penelitian Inovatif Vol 3 No 3 (2023): JUPIN Desember 2023
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54082/jupin.232

Abstract

Kurangnya ketersediaan ruangan praktikum dan alat-alat laboratorium yang memadai peserta didik dan guru tidak dapat melakukan praktikum dan memperoleh pengalaman melalui rangkaian proses pembuktian-pembuktian ilmiah dalam pembelajaran biologi di laboratorium. Laboratorium virtual merupakan laboratorium yang berbentuk perangkat lunak(softwar) komputer yang berbasis multimedia interaktif yang dioperasikan dengan menggunakan komputer dan dapat mensimulasikan kegiatan di laboratorium sehingga pengguna seakan-akan berada di laboratorium sebenarnya dan membantu proses pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran pada lembaga Pendidikan dengan fasilitas laboratorium yang kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap peningkatan hasil belajar biologi peserta didik MAS Muhammadiyah Nangahure. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA dengan jumlah 23 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design berupa Design One Group Pretest Dan Postest. Setelah data berdistribusi normal dan homogen, dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t berpasangan (sample paired t-tes) dan diperoleh  <  (54.238 < 1,717), yang berarti  ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi materi evolusi.

Page 1 of 2 | Total Record : 18