cover
Contact Name
Salman Alfarizi
Contact Email
salman.slz@bsi.ac.id
Phone
+62212121231170
Journal Mail Official
jurnal.simpatik@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Kramat Raya No 98, Senen, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Simpatik: Jurnal sistem Informasi dan Informatika
ISSN : -     EISSN : 27771024     DOI : https://doi.org/10.31294/simpatik
Core Subject : Science,
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika adalah Jurnal Ilmu Komputer yang diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kabupaten Karawang. Nomor ISSN (Elektronik): 2777-1024 yang diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Awal terbit tahun 2021. Periode Penerbitan dua kali dalam setahun Juni dan Desember. Jurnal ini di publikasikan secara nasional dengan menggunakan Open Journal System (OJS). Redaksi menerima naskah berupa artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang Sistem Informasi, Data Mining, Sistem Pakar, Web Programming, Teknologi Komputer, Mobile Programming.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021" : 7 Documents clear
Perancangan Aplikasi Bahasa Isyarat “Isyaratku” Dengan Deep Learning Serta Google Cloud Platform Robby Kamil Siregar; Anton; Widiastuti
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.95 KB) | DOI: 10.31294/simpatik.v1i2.630

Abstract

Sebagai mahluk sosial sudah sewajarnya manusia memerlukan interaksi satu sama lain dengan cara berkomunikasi, bergaul di masyarakat untuk sekedar bertukar informasi ataupun saling memenuhi kebutuhan seperti bertransaksi dan proses belajar mengajar di sekolah. Namun kesulitan dialami bagi penyandang tuna rungu untuk berinteraksi sepenuhnya karena lingkungan yang tidak ramah bagi mereka, salah satunya yaitu masih sangat sedikit masyarakat yang mengerti bahasa isyarat. Aplikasi berbasis Android “Isyaratku” dirancang untuk mengedukasi masyarakat mengenai Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO), dengan fitur yang ingin dihadirkan diantaranya deteksi bahasa isyarat dengan model deep learning dan menerjemahkan kata dengan output animasi, serta memanfaatkan layanan Google Cloud Platform sebagai infrastruktur aplikasi. Pengembangan aplikasi ini menggunakan model Extreme Programming yang merupakan salah satu bentuk model dari metode pengembangan Agile, sehingga diharapkan pengembangan aplikasi ini bisa menciptakan ramah lingkungan bagi penyandang tuna rungu.
Perancangan User Interface Sistem Informasi Akademik Sekolah Dasar (Siakad) Menggunakan Metode Waterfall Jefri H Sitorus; wina Yusnaeni
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.752 KB) | DOI: 10.31294/simpatik.v1i2.671

Abstract

Dalam proses kegiatan akademik yang berjalan di SD PETRA CIKAMPEK saat ini banyak dilakukan dengan paper based atau menggunakan software Microsoft Excel sebagai pendukung berbagai kegiatan akademik yang dilakukan, sehingga memungkinkan proses tersebut kurang efektif dan sering terjadi kesalahan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan sebuah website sistem informasi akademik sebagai media pengembangan sistem akademik dan mempermudah admin, guru atau bahkan siswa dalam meningkatkan sistem akademik pada sekolah. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan Metode observasi dan Studi Kepustakaan. Pendekatan yang digunakan pada pembuatan sistem ini yaitu model waterfall sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Kebutuhan sistem pada pembuatan sistem informasi akademik ini diantaranya admin yang memiliki hak akses yang dapat melakukan proses input data master hingga proses data transaksi. Berbeda dengan hak akses pada guru, siswa dan pengguna baru memiliki menu masing-masing yang dapat diakses pada halaman dashboardnya. Perancangan program menggunakan rancangan database dalam bentuk gambar Entity Relationship Diagram (ERD) dan Logical Record Structure (LRS) serta pembuatan database pada aplikasi  MySQL dan bahasa pemograman yang digunakan berupa  PHP framework Laravel.
Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Gigi Pada Manusia Berbasis Android Muhammad Hassan Habibillah; Irwan Agus Sobari
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.545 KB) | DOI: 10.31294/simpatik.v1i2.867

Abstract

Penyakit yang paling banyak dikeluhkan masyarakat Indonesia adalah penyakit gigi, ini dikarenakan kurangnya perhatian terhadap kesehatan giginya sendiri. Kurangnya pengetahuan dan cara merawat gigi secara benar juga menjadi perhatian yang perlu ditingkatkan. Dikarenakan penyakit gigi ini sering dianggap remeh bagi sebagian orang. Sehingga dari permasalahan tersebut, diperlukannya suatu aplikasi dalam membantu tersedianya informasi di bidang kesehatan gigi serta dapat membantu dalam memahami gejala penyakit gigi beserta solusi yang harus diberikan. Artificial Intelegent merupakan kecerdasan buatan yang dibuat berdasarkan pemikiran seorang pakar. Sistem pakar aplikasi ini menggunakan metode forward chaining dimana akan menemukan gejala melalui pertanyaan dan menyimpulkan berdasarkan hasil analisa gejala yang diderita. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu sesorang dalam mengetahui informasi diagnosa penyakit gigi pada penderita, serta menjadi alternatif sebagai salah satu solusi cepat dalam menangani penyakit gigi dengan melihat dari gejala yang terjadi tanpa harus pergi ke puskesmas terlebih dahulu. Selain itu, aplikasi ini sangatlah efisien dan efektif serta dapat berfungsi secara offline dimanapun dan kapanpun
Perancangan Program Manajemen Gudang Pada Programmer Room Diskominfosantik Kabupaten Bekasi Dila Delia Fadilah; Abdussomad; Eka Fitriani; Royadi
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (759.725 KB) | DOI: 10.31294/simpatik.v1i2.904

Abstract

Diskominfosantik Kabupaten Bekasi merupakan instansi pemerintah yang menangani pengolahan teknologi informasi di lingkungan Kabupaten Bekasi. Terutama bagian Programmer Room dan Network Operation Center (NOC Room) didalam instansi ini terdapat gudang untuk menyimpan berbagai peralatan teknisi. Dalam rangka pembuatan prasarana jaringan Fiber Optik (FO) sejauh 1.153 km dan tersambung dengan 14 desa, guna mencapai cita-cita yakni menjadikan Kabupaten Bekasi sebagai smart city. Maka Diskominfosantik haruslah dibekali dengan peralatan mengenai teknologi informasi. Untuk mengupayakan pelayanan internet terbaik tersebut Diskominfosantik menyediakan layanan command room untuk menanggapai setiap keluhan pengguna, lalu diteruskan ke Network Operation Center (NOC Room). Setelah itu pihak Diskominfosantik mengirimkan teknisi ke titik gangguan. Untuk itu Diskominfosantik membutuhkan program manajemen gudang yang berfungsi untuk mencatat setiap penggunaan alat teknisi pada saat perbaikan jaringan tersebut. Oleh karena itu Penulis membuat Perancangan Program Manajemen Gudang dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Air Terjun (Waterfall). Dimana program ini mampu mencatat setiap transaksi peminjaman dan pengembalian barangserta dapat membuat laporan data peminjaman untuk diserahkan kepada pimpinan instansi. Dengan menggunakan program manajemen pergudangan ini diharapkan mampu mempermudah pencatatan barang-barang di gudang Diskominfosantik Kabupaten Bekasi.
Sistem Informasi Penggajian pada Patroli Kopi 3 Karawang Dengan Metode Waterfall Surtika Ayumida; Dian Ardiansyah; Nur Maulidah; Mohammad Syamsul Azis
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (847.96 KB) | DOI: 10.31294/simpatik.v1i2.951

Abstract

Hardware dan Software saat ini memiliki perkembangan dan kecanggihan teknologi yang kian pesat yang dampaknya dapat dirasakan oleh kebanyakan masyrakat baik yang berasal dari era dulu maupun era sekarang. Semua era menikmati manfaat dari kecanggihan teknologi saat ini karena memudahkan segala pekerjaan mereka. Teknologi yang dapat dirasakan saat ini salah satunya adanya sistem informasi di berbagai bidang. Salah satunya misalnya sistem informasi penggajian karyawan yang sekarang banyak dibutuhkan untuk mengelola sistem penggajian dari ribuan bahkan puluhan ribu karyawan. Tetapi masih ada beberapa toko atau instansi yang masih belum memanfaatkan teknologi tersebut. Salah satu contohnya disini ada Patroli Kopi 3 Karawang. Sistem penggajian karyawan pada Patroli Kopi 3 Karawang  sampai dengan saat ini masih belum menggunakan sistem terkomputerisasi. Patroli Kopi 3 Karawang adalah perusahaan yang bergerak di sector makanan dan minuman. Sistem yang ada pada Patroli Kopi 3 Karawang masih menggunakan rekapan buku untuk mengakumulasi gaji para karyawannya, mulai dari absensi hingga laporan gajinya, sehingga kerap kali saat dilakukannya proses penghitungan dan perekapan gaji terjadi kesalahan. Solusi terbaik saat ini adalah dengan menggunakan sistem komputerisasi sehingga permasalahan-permasalahan yang terjadi dapat diselesaikan/diatasi, serta bisa terpenuhinya suatu rangkaian aktivitas yang lebih efektif dan efisiesn untuk mencapai proses bisnis tempat usaha tersebut.  Oleh sebab itu dengan adanya sistem penggajian yang sudah terkomputerisasi ini tentunya akan lebih baik dari sistem kovensional yang dijalankan sebelumnya dan tentunya akan lebih kondusif dan akuntabel dari sistem sebelumnya.
Penerapan Metode Waterfall Sebagai Pengembangan Perangkat Lunak Sistem Informasi Penjualan PT. Arta Putra Nugraha Karawang Tri Haryati -; Dwi Hidayah Kusuma; Herlina Ferliyanti
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.205 KB) | DOI: 10.31294/simpatik.v1i2.955

Abstract

PT Arta Putra Nugraha merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan barang dagang berupa furniture. Sistem yang berjalan pada PT Arta Putra Nugraha masih belum optimal karena dalam pengolahan data transaksinya masih belum menggunakan sistem yang terkomputerisasi, perusahaan ini masih menggunakan pengolahan data yang sederhana menggunakan Microsoft Excel. Sehingga banyak permasalahan pada saat proses transaksi berlangsung baik kesalahan pada saat pencatatan transaksi, kurang akuratnya dalam pembuatan laporan dan keterlambatan dalam pencarian data barang, dara customer dan juga data transaksi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi penjualan dan aplikasi yang terhubung dengan database sehingga bisa memecahkan permasalahan yang ada dan bisa meningkatkan kinerja dan juga efektifitas dalam sistem penjualan. Pengembangan sistem perangkat lunak menggunakan metodologi waterfall. Setelah dibuatkan aplikasi sistem informasi penjualan maka memudahkan perusahaan dalam mengelola data khususnya data penjualan, barang dan juga customer karena mampu mengatasi permasalahan sebelumnya, sehingga data yang didapat lebih efektif, akurat dan efisien serta resiko kesalahan akan lebih kecil.
Implementasi Model Waterfall dalam Pemecahan Masalah Penggajian Melalui Sistem Informasi Penggajian Karyawan pada Rumah Sakit Umum Widya Apriliah; Panji Elang Mahardika; Ali Hasin
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.677 KB) | DOI: 10.31294/simpatik.v1i2.960

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan memberikan alternatif solusi dari ruang lingkup permasalahan pada pengolahan data penggajian yang dihadapi oleh Rumah Sakit Umum karena dalam pengolahan data penggajian pada sistem berjalan saat ini masih menggunakan sistem yang masih semi terkomputerisasi belum menggunakan sebuah sistem informasi pengolahan data berbasis aplikasi dan belum terintegrasi database yang mengakibatkan kendala yang dihadapi seperti kesalahan dalam mengolah data oleh user, sistem pelaporan data yang tidak efisien waktu dan kurang akurat nya laporan yang dihasilkan. Dalam rancang bangun Sistem Informasi Penggajian Karyawan pada penelitian ini menggunakan model waterfall sebagai model dalam pengembangan software. Sistem informasi penggajian karyawan ini memungkinkan dalam pengolahan data menjadi lebih efektif dan akurat dalam penyajian pelaporan data serta meminimalkan permasalahan pencatatan data yang disebabkan oleh user.

Page 1 of 1 | Total Record : 7