cover
Contact Name
Hariyanto
Contact Email
kpihariyanto@gmail.com
Phone
+6285788740474
Journal Mail Official
Dakwahalidzaah@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH Dewantara No.116 Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro Lampung
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Al-Idzaah : Jurnal Dakwah dan Komunikasi
ISSN : 26139707     EISSN : 27221091     DOI : https://doi.org/10.24127
Jurnal Al-Idzaah : Dakwah dan komunikasi mempublikasikan artikel dakwah dan ilmu komunikasi. Scope artikel meliputi kajian media, dakwah, komunikasi, analisis framing.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 01 (2019)" : 6 Documents clear
STRATEGI DAN GERAKAN ORGANISASI DAKWAH DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI (Studi Kasus Pada Lembaga Keuangan Baitul Maal Wat Tamwi) Sabdo Sabdo
AL-IDZA'AH: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 1 No 01 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.057 KB) | DOI: 10.24127/al-idzaah.v1i01.130

Abstract

Bmt merupakan penerapan peraturan ekonomi dari syariat islam. Keberadaan bmt merupakan salah satu media dalam dakwah, yaitu dakwah untuk menyelamatkan manusia dari segala bentuk kemiskinan dan praktik ekonomi dan kapitalis riba yang dipropagandakan oleh kaum kapitalis. Implementasi keberadaan bmt sebagai strategi altrenatif ekonomi dengan berbagai bidangnya : yaitu dalam bentuk penyediaan produk investasi, tabungan dan jasa. Ketiga komponen inilah yang merupakan unsur utama dalam peningkatan ekonomi syariah untuk menyelamatkan manusia dari kemunduran ekonomi.
TAFSIR AL-FATIHAH DALAM TERAPAN Fathur Rohman
AL-IDZA'AH: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 1 No 01 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.864 KB) | DOI: 10.24127/al-idzaah.v1i01.132

Abstract

Al-Qur’an adalah mu’jizat yang istimewa. Kitab yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, yang berguna sebagai petunjuk hidup bagi semua manusia untuk menuju jalan yang benar. Al-Fatihah adalah surat yang pertama turun, dan merupakan esensi ataupun induk dari Al-Qur’an itu sendiri. Bahkan siapapun orang Islam yang melaksanakan sholat pasti membaca surat Al-Fatihah. Al-Fatihah berisi tentang beberapa petunjuk: bahwa seorang muslim dalam memulai pekerjaannya haruslah dengan nama Allah SWT, Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang; Yang menguasai di Hari Pembalasan; Kepada-Nya umat Islam beribadah dan meminta pertolongan; dan hanya kepada-Nya umat Islam memohon petunjuk untuk diberikan jalan yang lurus; yaitu jalan orang-orang yang telah diberikan nikmat dan jalan orang-orang yang diridhai oleh Allah swt.
KONSEP GLOBALISASI & PERAN PENDIDIKAN SPIRITUAL: Sebuah Analisis Terhadap Posisi Pendidikan Islam di Tengah Absurditas Peradaban Global Kuliyatun Kuliyatun
AL-IDZA'AH: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 1 No 01 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.875 KB) | DOI: 10.24127/al-idzaah.v1i01.133

Abstract

Globalisasi sebagai proses integrasi karakteristik lokal kepada arus global, yang sebagian besar dilakukan melalui teknologi komunikasi dan informasi. Secara historis, globalisasi bukanlah fenomena baru tapi perubahannya dapat diselidiki dalam hal skala, kecepatan dan kognisi. Dalam kerangka skala, hubungan ekonomi, politik dan sosial antara Negara telah menjadi lebih dari sebelumnya. Globalisasi telah mengalami semacam kompresi temporal dan spasial dalam hal kecepatan yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Dalam kerangka kognisi yang dianggap dunia sebagai ruang kecil di mana setiap fenomena dan peristiwa memiliki beberapa konsekuensi pada kehidupan ekonomi, sosial dan politik.
HAKEKAT REALITAS PESAN DAKWAH KONTEKSTUAL DALAM MERESPON PERADABAN DUNIA ISLAM Junaidi Songidan
AL-IDZA'AH: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 1 No 01 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.153 KB) | DOI: 10.24127/al-idzaah.v1i01.134

Abstract

Dakwah adalah penyiaran agama di kalangan dan pengembanganya, seruan untuk memeluk, mempelajarai dan mengembangkan, mengamalkan ajaran agama. Rosyid shaleh mengatakan bahwa ditinjau dari segi bahasa berarti panggilan, seruan atau ajakan bentuk perkataan tersebut dalam bahasa arab disebut masdar, sedangkan bentuk kata kerjanya atau fi’ilnya adalah da’a yad’u yang berarti memanggil, menyeru dan mengajak.
TIPOLOGI ORGANISASI DAKWAH M. Samson Fajar
AL-IDZA'AH: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 1 No 01 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.562 KB) | DOI: 10.24127/al-idzaah.v1i01.135

Abstract

Dakwah adalah sebuah aktifitas dalam rangka mengajak manusia menuju jalan Allah swt. Dalam aktifitas dakwah sangat efektif jika dilakukan dengan berorganisasi. Akan tetapi dengan munculnya organisasi ini menyebabkan banyaknya tipologi organisasi dakwah. Tipologi ini menyebabkan berbedanya pemahaman dan gerakan. Dapat digambarkan bahwa ada tiga tipologi besar organisasi dakwah, tipologi salafi, tipologi moderat dan tipologi kholafi. Juga dapat diklasifikasikan dalam tipologi organisasi dakwah dilihat dari umur, strata sosial dan metodologis.
KERANGKA BANGUN ILMU DAKWAH DALAM MEMBANGUN TEORI KEILMUAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM Faizal Faizal
AL-IDZA'AH: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 1 No 01 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.607 KB) | DOI: 10.24127/al-idzaah.v1i01.136

Abstract

Keraguan tentang dakwah sebagai ilmu tidak perlu diragukan lagi, sejak diakuinya ilmu agama sebagai salah satu rumpun keilmuan. Tetapi, membangun teori sebagai upaya pengembangan keilmuan perlu dilakukan. Keilmuan dakwah dibangun berdasarkan kerangka fikir yang bersumber dari pengetahuan tentang realitas dakwah, baik secara langsung maupun tidak langsung. Realiatas dakwah yang dikaji secara ilmiah akan memperdalam bahkan menghasilkan penemuan baru sebagai pengembangannya. Misalnya, pengetahuan tentang interaksi antar unsure-unsur dakwah dalam aktivitas dakwah melahirkan berbagai kajian ilmu secara ilmiah, seperti keilmuan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Manajemen Dakwah (MD). Bahkan, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dimungkinkan kajian keilmuan tentang teknologi informasi sebagai media yang wajib dikuasai oleh setiap pelaku dakwah (da’i).

Page 1 of 1 | Total Record : 6