cover
Contact Name
Hariyanto
Contact Email
kpihariyanto@gmail.com
Phone
+6285788740474
Journal Mail Official
Dakwahalidzaah@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH Dewantara No.116 Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro Lampung
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Al-Idzaah : Jurnal Dakwah dan Komunikasi
ISSN : 26139707     EISSN : 27221091     DOI : https://doi.org/10.24127
Jurnal Al-Idzaah : Dakwah dan komunikasi mempublikasikan artikel dakwah dan ilmu komunikasi. Scope artikel meliputi kajian media, dakwah, komunikasi, analisis framing.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 01 (2022)" : 5 Documents clear
Dampak Konten Dakwah Media Sosial Terhadap Perkembangan Religiusitas Mahasiswa PAI UNJ Anastya Zalfa
AL-IDZA'AH: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 4 No 01 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/al-idzaah.v4i01.1709

Abstract

Di era teknologi informasi tidak mungkin memisahkan perilaku mahasiswa dengan penggunaan internet baik yang diakses melalui komputer, laptop, dan gadget. Dakwah merupakan sebuah tanggung jawab setiap umat muslim, siapa dan apa pun profesinya dituntut untuk dapat menyampaikan dakwah walaupun hanya satu ayat. Untuk menyampaikan dakwah tentu harus memiliki sarana yang efektif agar tujuan dari dakwah tersebut dapat diterima oleh masyarakat. Media sosial merupakan salah satu sarana untuk mengakses pesan moral dari dakwah yang disampaikan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak konten dakwah di media sosial terhadap religiusitas mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data tidak langsung yaitu melalui kuesioner yang disebar ke beberapa mahasiswa PAI UNJ angkatan 2018-2021. Hasil dalam penelitian ini yaitu konten dakwah yang ada di media sosial berdampak baik pada perilaku keagamaan mahasiswa dari berbagai dimensi religiusitas seperti meningkatkan keimanan, meningkatkan ketaatan, menambah pengetahuan ajaran Islam serta dapat memotivasi dan menjadi pengingat untuk terus beribadah.
Analisis ANALISIS SEMIOTIKA SOSOK IBU NUSSA DALAM FILM ANIMASI “NUSSA BISA” DI CHANNEL YOUTUBE NUSSA OFFICIAL Lukmana Lukmana Lukmana
AL-IDZA'AH: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 4 No 01 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/al-idzaah.v4i01.1939

Abstract

Penyandang disabilitas di masyarakat dimaknai sebagai seseorang yang mengalami kelainan atau keterbatasan baik dari segi fisik maupun mental. Dalam melakukan aktivitas sosialnya di masyarakat, penyandang disabilitas dianggap sebagai manusia yang tidak mampu untuk ikut serta dalam kegiatan sosial, sehingga penyandang disabilitas dan keluarganya kerap mengalami pengucilan dan penindasan hak dari orang normal lainnya. Diperlukanlah dukungan sosial untuk menunjang rasa keberpihakan terhadap disabilitas, salah satunya dari sosok terdekat, yakni Ibu. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian untuk mengetahui bagaimana sosok seorang ibu ideal yang memiliki anak disabilitas digambarkan dalam film animasi “Nussa dan Rara’ episode Nussa Bisa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode analisis semiotika Roland Barthes yang meliputi tiga level pemaknaan, yaitu denotasi, konotasi dan mitos. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa penggambaran sosok Ibu Nussa nampaknya tidak bisa lepas dari emosional yang berbeda-beda, namun kemudian batin yang terjadi dapat konflik dapat diselesaikan karena adanya sikap menerima dan ikhlas dengan segala ketentuan yang telah diberikan oleh Allah swt. Mitos yang muncul adalah ekspresi kecemasan namun juga perhatian, citra ideal seorang ibu yang mengayomi, memprioritaskan anak, memberikan motivasi yang dilakukan dalam segala geraknya agar dikemudian hari anak-anaknya tumbuh menjadi generasi yang ceria dan pribadi yang baik sesuai dengan tuntunan al-qur’an dan al-hadits.
TRUK SEBAGAI "MEDIA DAKWAH" ALTERNATIF asyhari amri
AL-IDZA'AH: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 4 No 01 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/al-idzaah.v4i01.1956

Abstract

Trucks are one of the most popular means of transportation in Indonesia. Trucks operating in Indonesia have a uniqueness that is not found in other countries. The back of the tailgate (generally an open truck) is mostly decorated with typography or paintings that have various themes, but in general the writings contain comedy content, da'wah messages and also words of wisdom. From this phenomenon, this study aims to examine the message of da'wah on paintings and typography contained in trucks. In this case the research will focus on the meaning of typography in trucks. The result is that trucks containing da'wah messages have certain characteristics, including attracting attention, not being patronizing, entertaining, easy to remember, to the point and reaching many areas and audiences. Keywords: Trucks, Messages of Da'wah, Alternative Da'wah.
Manajemen MANAJEMEN RADIO AMOEBA (ANAK MOEDA BANGKA) 105.1 PANGKALPINANG DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN KONSEP SIARAN MENJADI RADIO DAKWAH siti siti haryati
AL-IDZA'AH: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 4 No 01 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/al-idzaah.v4i01.2119

Abstract

Diambilnya permasalahan ini berdasarkan pertimbangan bahwa saat ini permasalahan perubahan yang terjadi dalam sebuah organisasi harus memiliki manajeman yang baik dan benar, termasuk perubahan konsep siaran yang terjadi di Radio Amoeba yaitu berubah menjadi radio dakwah. Kendala dan hambatan yang dialami dialami Radio Amoeba mengganggu proses siaran. Penelitian ini merupakan hasil kajian dan pengamatan dari proses manajemen Radio Amoeba (Anak Moeda Bangka) 105.1 FM Pangkalpinang dalam menghadapi perubahan konsep siaran menjadi radio dakwah. Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara mendalam (indepth interview), observasi lapangan serta diperkuat dengan dokumentasi berupa struktur organisasi, program acara, dan profil radio. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen Radio Amoeba (Anak Moeda Bangka) 105.1 FM Pangkalpinang dalam menghadapi perubahan konsep siaran menjadi radio dakwah masih tergolong lemah dan perlu dilakukan evaluasi sumber daya manusia yang berkompeten, serta pengawasan dan evaluasi hasil kinerja dengan cara membangun komunikasi yang baik dan efektif.
ETIKA KOMUNIKASI PERSPEKTIF AL-QUR’AN: TELAAH KRITIS SOLUSI MENGATASI PROBLEMATIKA HOAX DI MEDIA SOSIAL muhamad irhamdi
AL-IDZA'AH: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 4 No 01 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/al-idzaah.v4i01.2222

Abstract

Abstract. The insistence of the flow of social media must be acknowledged that it brings various consequences in the line of life that must be borne by modern civilization. In addition to offering as an enjoyment of life that tends to be material and physical, social media has brought many negative impacts, especially in the social area. Good communication ethics over time and changing times have eroded. The number of hoax news that is scattered in the media seems to be human food for social media users. The contextualization of the holy book (al-Qur'an) today is the right answer to this modern problem. the main focus in this research is tracking the deep communication ethics of the Qur'an as a solution in responding to the problem of hoaxes on social media. The type of research used is library research, namely research that is used to solve conceptual-theoretical problems. The data sources used in this paper are primary and secondary sources. The analytical method of writing this work is descriptive-analytical. Keywords: Al-Qur'an, Problematics, Social Media

Page 1 of 1 | Total Record : 5