cover
Contact Name
Fajar Dwi Mukti
Contact Email
fajardwimukti@gmail.com
Phone
+6285293134610
Journal Mail Official
journalwaniambey@gmail.com
Editorial Address
Jl. Merah Putih Buper Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Provinsi Papua, 99351
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Waniambey: Journal of Islamic Education
ISSN : 27229661     EISSN : 27229505     DOI : https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i2
Core Subject : Education,
Jurnal Waniambey ini adalah Jurnal Pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Fakultas Pendidikan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua - Indonesia. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam / madrasah ibtidaiyah dan pendidikan Agama Islam oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, dan mahasiswa. Selain itu, jurnal ini dirancang sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan ide / gagasan yang progresif guna kemajuan pendidikan Islam / madrasah ibtidaiyah dan pendidikan Agama Islam di Indonesia.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2023): Juni, Waniambey: Journal of Islamic Education" : 3 Documents clear
ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATERI SIFAT-SIFAT ROSUL KELAS III MI YAPPI KARANG SAPTOSARI TAHUN AJARAN 2022/2023 Muhamad Mahali
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education Vol. 4 No. 1 (2023): Juni, Waniambey: Journal of Islamic Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53837/waniambey.v4i1.531

Abstract

Pemahaman mengenai sejarah kebudayaan Islam dari sisi konsep dan komponennya merupakan kompetensi yang penting bagi guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Pembelajaran SKI harus menggunakan pendekatan yang tepat untuk memahami peristiwa sejarah yang memuat nilai-nilai yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penyajian materi SKI harus mempertimbangkan tujuan pembelajaran dan standar kompetensi lulusan, sehingga pembelajaran SKI di kelas dapat terasa menyenangkan, membangkitkan pemikiran kritis, serta dapat mengembangkan kepribadian sesuai dengan nilai-nilai SKI pada diri siswa. Evaluasi pembelajaran SKI dilakukan secara berkelanjutan agar kualitas pembelajaran dapat terus ditingkatkan dengan menyeimbangkan aspek pengetahuan, sikap, dan psikomotorik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran SKI berbasis Kurikulum 2013 pada materi Sifat-sifat Rosul kelas III MI Yappi Karang Saptosari tahun ajaran 2022/2023 dengan menggunakan pendekatan saintifik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran SKI di kelas III MI Yappi Karang Saptosari telah dilaksanakan dengan cukup baik, dengan penerapan pendekatan saintifik dan penggunaan beragam media pembelajaran. Namun, terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran, seperti keterbatasan waktu dan fasilitas serta kesulitan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran SKI, disarankan agar guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, seperti penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran dan pengembangan bahan ajar yang lebih inovatif. Selain itu, evaluasi pembelajaran perlu dilakukan secara berkelanjutan agar dapat mengidentifikasi kelemahan dalam pelaksanaan pembelajaran.
PERAN KEPEMIMPINAN VISIONER SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN ORGANISASI LEARNING ORGANIZATION Ayu safitri ayu
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education Vol. 4 No. 1 (2023): Juni, Waniambey: Journal of Islamic Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53837/waniambey.v4i1.192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi yang valid dalam rangka mengetahui peran kepemimpinan visioner dalam upaya pengembangan learning organizing.mengetahui visi misi kepemimpinan visioner kepala sekolah dan mengetahui organisasi pembelajaran disekolah tersebut. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode kepustakaan. Data dikumpulkan melalui rujukan yang relevan untuk dianalisis seperti mengumpulkan data dengan mengidentifikasi wacana dari buku-buku, makalah atau artikel, jurnal, internet (web) atau informasi lain berupa informasi, majalah dan lain sebagainya yang berkaitan dengan Peran kepemimpinan visioner sebagai upaya pengembangan learning organizing. Hasil penelitian Ini ialah Kepemimpinan visioner menekankan jika keberadaan visi sangat berguna buat organisasi yang mau mewujudkan organisasi efisien serta kompetitif. Kekuatan kepemimpinan menciptakan bermacam kebijakan serta operasionalisasi kerja yang di bimbing oleh visi organisasi. Suatu organisasi yang mau maju serta kompetitif mesti milik visi yang jelas. Dalam tentang ini kepala sekolah berfungsi dalam mencipta, memelihara, memajukan, mengkomunikasikan, serta menyegarkan visi sekolah supaya senantiasa ada keahlian guna membagikan reaksi yang pas serta segera terhadap bermacam perkara serta tuntutan yang dialami sekolah. Kepemimpinan dalam ruang lingkup pendidikan memiliki fungsi yang krusial guna menggerakkan serta mengarahkan lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
PENERAPAN TEORI BELAJAR THORNDIKE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD N MENDUNGAN 2 UMBULHARJO YOGYAKARTA Indah Anggita Nadya Anggraeni; Nikmatul Ulya; Dina Ayu Muti'ah; M. Rofi Fauzi
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education Vol. 4 No. 1 (2023): Juni, Waniambey: Journal of Islamic Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53837/waniambey.v4i1.630

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teori belajar Thorndike di terapkan dalam pembelajaran matematika di kelas 5 SD N Mendungan 2 dan apakah teori belajar Thorndike cocok di terapkan di kelas 5. Penelitian ini dilakukan menggunakan penerapan kualitatif. Instrumen penelitian berupa pertanyaan-pertanyaan dan pengamatan secara langsung pada saat pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama toeri belajar Thorndike sudah di terapkan di kelas 5 SD N Mendungan 2 teori belajar Thorndike cocok di terapkan di kelas 5 SD N Mendungan 2. Ketiga mempersiapkan (Law of Readiness) siswa sebelum pembelajaran sangat berpengaruh terhadap apa yang didapat siswa dalam proses pembelajaran. Keempat pelatihan dan pengulangan (Law of Excercise) yang terus menerus dan selalu digunakan (Law of Use) akan membuat siswa lebih mudah dalam memahami setiap materi yang diajarkan. Kelima pemberian hadiah atau reward (Law of Effect) bisa membuat siswa lebih giat dan termotivasi dalam setiap pembelajaran. Dan pemberian hadiah juga bisa memberikan rasa dihargai dalam proses pembelajarannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 3