cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Update
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 105 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen" : 105 Documents clear
PENGARUH KEMUDAHAN, KEMANFAATAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEINGINAN MENGGUNAKAN E-BANKING PADA BANK BCA CABANG PONTIANAK ANDRIANI, RANTI
Jurnal Manajemen Update Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK  PT. Bank Central Asia, Tbk. merupakan salah satu Bank Umum Swasta Nasional yang telah eksis di dunia perbankan, PT. BCA Cabang Pontianak mulai menekankan pentingnya memperdalam fokus dari transactional banking menjadi relationship banking menuju suatu strategi yang lebih dipusatkan pada pemenuhan kebutuhan keuangan nasasabah yang lebih beragam, sehingga akan mendorong pertumbuhan BCA dari tahun ke tahun. PT. BCA Cabang Pontianak memandang bahwa fokus terhadap pemenuhan kebutuhan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan, kemanfaatan dan kepercayaan terhadap keinginan menggunakan e-banking pada Bank BCA Cabang Pontianak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dan skunder yang diperoleh dari PT. Bank BCA. Teknik analisa dengan pendekatan uji regresi berganda. Berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan diperoleh hasil penelitian pengujian ini untuk mengetahui pengaruh dari PDRB (X1) terhadap permintaan konsumtif (Y). Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,000 disimpulkan bahwa variabel PDRB berpengaruh terhadap permintaan konsumtif. Pengujian ini untuk mengetahui pengaruh dari inflasi (X2) terhadap permintaan konsumtif (Y). Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keinginan Menggunaan ebanking pada PT BCA Cabang Pontianak, pemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keinginana menggunaan ebanking pada PT BCA Cabang Pontianak dan Kepercayaan Nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keinginana Menggunaan e-banking pada PT BCA Cabang Pontianak. Kata Kunci : Kemudahan, Kemanfaatan Dan Kepercayaan dan Keinginan Menggunakan e-banking.  DAFTAR PUSTAKA  Arikunto, Suharmi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Asdi Mahasatya. Jakarta. 2006. Ariani, Wahyu. Manajemen Operasi Jasa. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2009. Bank BCA Cabang Utama Pontianak, 2016. Chin, W.W., and Todd, P.A. On the Use, Usefulness, and Ease of Use of Structural Equation Modeling in MIS Research: A Note of Caution. MIS Quarterly, 19. 237-246. 1995. Davis, F.D. User Acceptance of Information Technology: System Characteristics, User Perception and Behavioral Impacts. International Journal of Man-Machine Studies. 38 (3): 475-487. 1993. D. Wahyu Arini. Manajemen Operasi Jasa. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2009. FX, Ario, Bagus Senoaji. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Nasabah, Studi Kasus Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk di Kota Semarang. Tesis Universitas Diponegoro Semarang. 2008. Freddy, Rangkuti. Measuring Customer Satisfaction : Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2003.Gede I Yogi Pramana. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabangveteran Denpasar Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.1, 706-733. 2016.Hariwijaya. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tesis. Penerbit Oryza. Jakarta. 2011. Handoko, Hani. Manajemen Personalia Dan Sumberdaya Manusia. BPFE. Yogyakarta. 2006. Husein, Umar Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Gramedia Pustaka. Jakarta. 2003. Joseph, M. and Stone, G. “An empirical evaluation of US bank customer perceptions of the impact of technology in service delivery in the banking sector”, International Journal of Retail & Distribution Management, Vol. 31 No. 4, pp. 190-202. 2003. Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. PT. Prenhallindo. Jakarta. 2000. Kotler, Philip dan Gary Armstrong. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Salemba Empat. Jakarta. 2001. Kotler et.al. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid Satu, Prenhallindo, Jakarta. 2003. Kotler, Philip dan K. L. Keller. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Indeks, Jakarta. 2007. ---------------------------------------. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Dua, Indeks, Jakarta. 2008. Lupiyoadi, Rambat.. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta. 2001.Maman, Abdurahman. Dasar-dasar Metode Statistik Untuk Peneliti. Penerbit CV Pustaka Setia. Bandung. 2011. Mangkunegara Anwar Prabu. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Penerbit Aditama. Bandung. 2005. Mouawad, M. and Kleiner, B. “New developments in customer service training”,Managing Service Quality, Vol. 6 No. 2, pp. 49-56. 1996. Nasution. Metode Research. Bumi Aksara. Jakarta. 2000. Nita, Ambariki. Pengaruh Tingkat Kepuasan Nasabah Atas Pelayanan Teller Pada Bank Permata Area Jakarta. Skripsi Universitas Gunadarma. Jakarta. 2005. Nyoman Ni Luh Sherina DeviAnalisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol 6. No 1. pp 167-184. 2014. Peter. J. Paul C. Olson, Consumer Behavior Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, edisi keempat, cetakan pertama, penerbit : Erlangga, Jakarta. 1999. Priyanto, Duwi. Buku Saku Analisis Statistik Data, Yogyakarta : Penerbit MediaKom. 2011. Prasetyo, Adi. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah BMT Kaffah Yogyakarta. Skripsi Stain Surakarta Sem Institute Yogyakarta. 2008.Prasetijo, Ristiyanti dan Ihalauw John, Perilaku Konsumen, edisi pertama, Andi, Yogyakarta. 2005. Purbayu, Ashari. Analisis statistic dengan Microsoft exel dan SPSS. Andi Offset. Yogyakarta. 2005. Riduwan, Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian, Edisi 7, Bandung : Penerbit Alfabeta. 2010. Sanjaya, I.P.S. Pengaruh Manfaat dan Kemudahan Pada Minat Berperilaku (behavioral intention) Dalam Penggunaan Internet, Kinerja, 9, 146-156. 2005. Santos, J. E-service quality: a model of virtual service quality dimensions. Managing Service Quality. Vol. 13 No. 3, pp. 233-46. 2003. Schneider, B. and Bowen, D.E. Wining the Service Game, Harvard Business School Press,Boston, MA. 1995.Swastha, Basu, dan T. Hani Handoko. Manajemen Pemasaran, AnalisaPerilaku Konsumen,Edisi Pertama, Cetakan Ketiga, Penerbit : BPFE, Yogyakarta. 2000.Swastha dkk, Anwar Prabu, Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Penerbit PT Revika Aditama, Bandung. 2002.Swastha, Basu dan Irawan. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Kedua Belas, Liberty, Yogyakarta. 2005. Swastha, Basu dan T. Hani Handoko, Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, edisi kedua, cetakan keempat, Penerbit : BPFE, Yogyakarta. 2008.Sumarwan, Ujang, Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, cetakan pertama, Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta. 2003. Sureshchandar, G., Rajendran, C. and Anantharaman, R. “Determinants of customer-perceived service quality:a confirmatory factor analysis approach”,Journal of Services Marketing, Vol. 16 No. 1, pp. 9-34. 2002. Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung. 2001. Suliyanto. Studi Kelayakan Bisnis. Penerbit Andi. Yogyakarta. 2011. Sujana. Metode Statistika.Tarsito Bandung. Bandung. 2005. Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran, Edisi 1. Penerbit Andi, Yogyakarta. 1997. Tjiptono, Fandy. Manajemen Jasa. ANDI. Yogyakarta. 2000. Tjiptono, Fandy. Manajemen Jasa. ANDI. Yogyakarta. 2006. Tjiptono, Fandy. Manajemen Jasa. ANDI. Yogyakarta. 2007. Venkatesh, V. dan Michael G. Morris. Why Don’t Men Ever Stop to Ask for Direction? Gender Social Influence, and Their Role in Technology Acceptence and Usage Behavior. MIS Quarterly, 24 No. 1, 115-139. 2000. Yazid. Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi, Edisi Kedua. Sleman, EKONISIA, Yogyakarta: 2003. Zeithaml, Valerie, Bitner M. J., Gremler, Dwayne. Service Marketing. McGraw-Hill International Edition, Singapore. 2000. 
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN STUDI KASUS KARYAWAN PT. SIME INDO AGRO KEC. PARINDU SANGGAU B1021131055, Aprilianus
Jurnal Manajemen Update Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.763 KB)

Abstract

ABSTRAK            Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan PT Sime Indo Agro Kec. Parindu Sanggau. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilakukan pada 81 karyawan PT Sime Indo Agro Kec. Parindu Sanggau. Analisi data pada penelitian ini menggunaka SPSS versi 18. Teknik sampling yang digunakan adalah Random Sampling dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Uji asumsi klasik dan analisi regresi linier berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian.            Hasil analisi menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja dengan nilai koefisien regresi X1 sebesar 0,210 dan nilai signifikan sebesar 0,043. Motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja dengan nilai koefisien regresi X2 sebesar 0,390 dan nilai signifikan sebesar 0,000. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Kinerja Karyawan.Daftar PustakaArief, F. (2004). Pengantar penelitian dalam Pendidikan.yogyakarta: Pustaka Pelajar.Aurelia Potu. (2013). Kepemimpinan, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Suluttenggo dan Maluku Utara Di Manado. Jurnal EMBA. 1(4); 1208-1218.Bryan Johanes Tampi. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Negara Indonesia,TBK (Regional Sales Manado). Jurnal Acta Diurna. 3(4): 1-20.Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.Gibson, James L. Et al. (1996). Organisasi: Perilaku, struktur, proses. Diterjemahkan oleh Ninuk Adriani. Jakarta: Binarupa Aksara.Kadek Juli Arthawan, Ni Wayan Mujiati. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Trasnformasional Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kirenja Karyawan Pada LPD Kesiman Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud. 6(3): 1221-1247.Kajanto, (2003). Teori Path Goal. http://mumanajemen.com.Mangkunegara, A. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.Malayu, Hasibuan. (2011). Manajemen Dasar, pengertian dan masalah. Jakarta. Penerbit: PT Bumi Aksara.Malthis, R.L dan Jackson. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat. Jakarta.Moeheriono. (2014). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetisi, edisi revisi. Jakarta: Rajawali Pers.Rivai, Veithzal dan Basri. (2005). Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk:Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. PT RAJAGRAFINDO PERSADA. Jakarta.Robbins, S. P. (2003). Perilaku Organisasi, Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok. Gramedia.Robbins, Stephen. P. (2006). Perilaku organisasi. Edisi Bahasa Indonesia. PT Indeks Kelompok GRAMEDIA. Jakarta.Robert dan Dteven Taylor. (1992). Pengantar metode kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.Sedarmayanti, (2011). Membangun Dan Mengembangkan Kepemimpinan Serta Meningkatkan Kinerja Untuk Meraih Keberhasilan. Bandung: PT. Refika Aditama.Siagian, Sondang. (2002). Kepemimpinan organisasi dan perilaku administrasi. Jakarta: Gunung Agung.Sitty Yuwalliantin. (2006). Pengaruh budaya organisasi, motivasi dan komitmen terhadap kinerja serta pengaruhnya terhadap keunggulan kompetitif dosen Unissula Semarang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol 7 no. 2, Juli, p. 241-256.Sofyandi, H. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.Sutrisno, H.E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.Tampubolon, Bianata. (2007). Analisis faktor gaya kepemimpinan dan faktor etos kerja terhadap kinerja pegawai pada organisasi. Jurnal standarisai No. 9.Thoha, Miftah. (2012). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Edisi pertama, Jakarta : Rajawawli Pers.Tika, P. (2006). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta : Bumi Aksara.Tjoanda, P. M., Irianto, J., & Suaedi, F. (2014). Pengaruh Motivasi Karyawan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Srikandi Plastik Di Sidoarjo. Jurnal Pengembangan Sumber Daya Manusia, 1 (23): 1-8.Umar, H. (2010). Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan Paradigma Positivistik danBerbasis Pemecahan Masalah. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.Wahjsumidjo. (1991). Kepemimpinan yang efektif. Yogyakarta: Balai Pustaka.Wibowo. (2010). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.Winardi, J. (2011). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers. 
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA B11111110, Hipolitus Rendra Heroni
Jurnal Manajemen Update Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA OlehHIPOLITUS RENDRA HERONI PenelitianinibertujuanuntukmengujidanmenganalisispengaruhFree Cash Flow, Return On Equity, Debt to Equity Ratio, Investment Opportunity Set, danFirm Size sebagaivariabel moderator terhadapDividend Payout Ratio. Sampeldiambilmenggunakanteknikpurposive sampling. Jumlahsampelsebanyak 31 perusahaan. Teknikanalisis data yang digunakanadalahteknikanalisisregresi linier berganda. Penelitianinimenggunakanlaporankeuangantahunandaritahun 2011-2016untuksetiapvariabelpenelitian. HasilpenelitianinimenunjukanbahwaFree Cash Flow, Debt to Equity Ratio, danFirm Size tidakberpengaruhsignifikanterhadapDividend Payout Ratio. Return On Equity danInvestment Opportunity Set berpengaruhsignifikanterhadapDividend Payout Ratio. Hasiluji F secarasimultanterdapatpengaruh yang signifikanantaraFree Cash Flow, Return On Equity, Debt to Equity Ratio, Investment Opportunity Set, danFirm Size terhadapDividend Payout Ratio. Kata Kunci :Free Cash Flow, Return On Equity, Debt to Equity Ratio, Investment Opportunity Set, Firm Size danDividend Payout Ratio.        ABSTRACT ANALYSIS OF THE FACTORS AFFECTING DIVIDEND POLICY ON MANUFACTURING COMPANIES LISTED IN INDONESIA STOCK EXCHANGE By HIPOLITUS RENDRA HERONI This study aims to test and analyze the effect of Free Cash Flow, Return On Equity, Debt to Equity Ratio, Investment Opportunity Set, and Firm Size as a moderator variable to Dividend Payout Ratio. Samples were taken using purposive sampling technique. The sample size is 31 companies. Data analysis technique used is multiple linear regression analysis technique. This study uses annual financial statements from 2011-2016 for each research variable. . The result of this research shows that Free Cash Flow, Debt to Equity Ratio, and Firm Size have no significant effect to Dividend Payout Ratio. Return On Equity and Investment Opportunity Set have significant effect to Dividend Payout Ratio. F test results simultaneously there is significant influence between Free Cash Flow, Return On Equity, Debt to Equity Ratio, Investment Opportunity Set, and Firm Size to Dividend Payout Ratio. Keywords: Free Cash Flow, Return On Equity, Debt to Equity Ratio, Investment Opportunity Set, Firm Size and Dividend Payout Ratio. DAFTAR PUSTAKA Aharony, Joseph dan Itzhak Swary.1980. Quertely dividend and Earning Announcement and Stockholders Return: An Empirical Analyzis. The Journal of Finance vol.XXXV.No.1.Atika Jauhari Hatta. 2002. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kkebijakan Dividen: Investigasi Pengaruh Teori Stakeholder. JAAI Volume 6 No. 2, Desember 2002.Brigham. Fundamental Financial Management. Mc. Graw-Hill. Penerbit PT BEJ. Jakarta. 2004.Dini Rosdini (2009). Pengaruh Free Cash Flow Terhadap Dividend Payout Ratio. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 3(2), 14-26.Gordon, Myron and John Lintner. 1956. “Distribution of Income Corporations Among Dividend, Retained Earning and Taxes”. The American Economic Review, May.Hartono, Jogiyanto; Tarjo. 2003. Analisis Free Cash Flow dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Publik di Indonesia. Prosiding Simposium Nasional Akuntansi VI Surabaya.Hidayah Nur. Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Dividen Kas di Bursa Efek Jakarta. Skripsi. Fakultas  Ekonomi  Universitas  Islam Indonesia. Yogyakarta. 2006.Ismiyanti, Fitri dan M. Hanafi. 2003. Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Risiko, Kebijakan Utang dan Kebijakan Dividen: Analisis Persamaan Simultan. Simposium Nasional Akuntansi VI. Surabaya.Jeffriansyah Erwin. Analisis Faktor- Faktor Fundamental Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.2005.Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.Keown Arthur J., John D. Martin, J. William Petty, David F. Scott,JR. Manajemen Keuangan: Prinsip-prinsip dan Aplikasi. Terjemahan oleh Haryandini. Penerbit PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta. 2004Munawir S. Analisis Informasi Keuangan. Penerbit Liberty. Yogyakarta. 2002.Myers, S.C & N.S Majluf., 1984.”Corporate Financing & Investment Decision When Firm Have Information That Investor Do No Have”, Journal of Financial Economics, 13, pp, 187-221Parthington. Dividend Policy Case Study Australian Capital Market. Journal Of finance. 2000Priyatno Dwi. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Penerbit Media KOM. Yogyakarta. 2010.Robbert Ang. Buku Pintar : Pasar Modal Indonesia. Penerbit Mediasoft Indonesia. 1997.Ross et. Al., 2003, Corporate Finance, 5th, Mc Graw-Hill.Sulaiman Wahid. Analisis Regresi Menggunakan SPSS Contoh Kasus dan Pemecahannya. Penerbit ANDI OFFSET. Yogyakarta.2004.Sunarto dan Andi Kartika. Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Dividen Kas di Bursa Efek Jakarta. Jurnal. STIE Stikubank Semarang. Semarang. 2003.Suroto. (2015). PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ-45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Februari 2010-Januari 2015). Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, Vol. 4 No. 3, 2015.Tandelilin Eduardus. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Penerbit BPFE. Yogyakarta.2001.Van Horne, James C. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Erlangga. Jakarta. 1986.White, Gerald I., et al. 2003. The Analysis and Use of Financial Statement. Third Edition. USA : John Wiley & Sons, Inc.
ANALISIS PERBANDINGAN METODE CAPITAL ASSETS PRICING MODEL (CAPM) DAN ARBITRAGE PRICING THEORY (APT) DALAM MEMPREDIKSI RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA OKTAVIANI PUTRI, ATICHA HARUMIA B1021131051
Jurnal Manajemen Update Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKModel yang sering digunakan dalam mengestimasi  expected return  saham berdasarkan faktor-faktor yang dianggap memengaruhi  return  saham adalah Capital Asset Pricing Model (CAPM) dan Arbitrage Pricing Theory (APT). CAPM merupakan model untuk menentukan expected return saham pada keadaan equilibrium. APT mengasumsikan bahwa expected return saham dipengaruhi oleh berbagai faktor dalam perekonomian dan industri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan tingkat keakuratan CAPM dan APT dalam mengestimasi  expected return pada saham-saham yang terdaftar pada BEI. Penelitian ini menggunakan data close price bulanan saham dengan periode Juni 2012-Juli 2016. Berdasarkan hasil uji-t Dua Sampel Independen dapat diambil kesimpulan yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keakuratan CAPM dan APT dalam mengestimasi expected return saham yang terdaftar pada BEI. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa perbandingan keakuratan dari CAPM dan APT yang dilihat dari nilai Mean Absolute Deviation (MAD) yang memiliki selisih yang sangat kecil.Kata Kunci : CAPM, APT, Expected Return. DAFTAR PUSTAKAAgustiono dan Ratna Mariaty Goni. 2015. Analysis on the Implementation of Capital Asset Pricing Model in Predicting Stock. Jurnal Eksekutif. Vol. 2, No. 1. Ahmad Kamarudin, Dasar-dasar Manajemen Investasi dan Portofolio, Jakarta: Rineka Cipta, 2004 Brigham, Eugene F dan Joel F. Houston. 2001. Manajemen Keuangan. EdisiKedelapan. Jakarta: Erlangga. Dyah, Ratih Sulistyastuti. 2002. Saham dan Obligasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: UAJY Fahmi, Irham. 2014. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta. Farkhan., Ika. 2012. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Unimus. Vol. 9, No. 1. Hanafi, M Mamdu. 2004. Manajemen Keuangan. Edisi Pertama. Edisi KeduaYogyakarta: BPFE. Hartono, Jogiyanto. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketujuh: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM Hendranata Anton, ARIMA (Autoregressive Moving Average), Manajemen Keuangan Sektor Publik, Jakarta: FEUI, 2003. Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada MediaGroup. Lemiyana. 2015. Analisis Model CAPM dan APT dalam Memprediksi Tingkat Return Dalam Syariah. I-Finance. Vol. 1, No. 1. M. Hanafi, Mamduh. 2014. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta M. Irsyadul Aqli. 2015. Analisis Perbandingan Keakuratan Capital Assets Pricing Model (CAPM) dan Arbitrage Pricing Theory (APT) dalam memprediksi Return Saham?. Marcus, Brealey Myers. 2007. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Perusahaan.Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga. Muizudin. 2015. Analisis Risiko Keuangan Sebagai Alat Untuk Menilai Kinerja Keuangan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 4, No. 9. Munawir. 2007. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta: PT. Liberty.Nurhidayah., Rony Okta Andrianto. 2014. Penerapan Capital Asset Pricing Model untuk Menilai Kinerja Saham. Jurnal JIBEKA, Vol. 8, No. 2. Sartono, R. Agus. 2002. Manajemen Keuangan : Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFESatori, Djam?an., & Aan, Komariah. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA, cv. Sharpe, WF., and Cooper, G.M. ?Risk ? Return class of New York stock exchane common stock 1931-1967?. Financial analyst journal, march ? april 1972. Sunyoto, Danang. 2011. Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi. Yogyakarta: CAPS. Tandelilin Eduardus, Portofolio dan Investasi : Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: BPFE 2010 Uyanto Stanislaus S.,Pedoman Analisis Data Dengan SPSS, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006. Widianita Sulistriarini, Analisis Perbandingan Keakuratan CAPM dan APT dalam memprediksi Return Saham LQ-45 Di BEI, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. www.bi.go.id diakses pada tanggal 27 Juli 2018www.idx.co.id di akses pada tanggal 9 Agustus 2018https://finance.yahoo.com di akses pada tanggal 13 Juli 2018www.investing.com di akses pada tanggal 18 September 2018
PENGARUH KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. HM SAMPOERNA PONTIANAK FITRILIA, SATYA PUTRI FITRILIA B11111133
Jurnal Manajemen Update Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memberikan bukti empiris mengenai variabel kepemimpinan, lingkungan kerja dan komunikasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. HM Sampoerna.Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 16. Populasi yang digunakan adalah karyawan yang bekerja di PT. HM Sampoerna. Sampel yang digunakan sebanyak 56 karyawan yang bekerja di PT. HM Sampoerna.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan, lingkungan kerja dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan.. Kata kunci: kepemimpinan, lingkungan kerja, komunikasi dan kepuasan kerja karyawan
Pengaruh Store Atmosfer, Promosi Penjualan, dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Indomaret Sepakat 2 Ayani Kota Pontianak) Suwanda, Mahfuz Suwanda B1021141105
Jurnal Manajemen Update Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK  Pengaruh Store Atmosfer, Promosi Penjualan, dan Kelengkapan Produk  Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Indomaret Sepakat 2 Kota Pontianak) Mahfuz SuwandaManajemen Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Store Atmosfer, Promosi Penjualan, dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembeliain di Indomaret Sepakat 2 Kota Pontianak. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang pernah berbelanja di Indomaret Sepakat 2 Kota Pontianak yang berada di Kota Pontianak dan khususnya masyarakat Sepakat 2 (A Yani). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan kriteria responden harus berusia diatas 17 tahun dan pernah berbelanja di Indomaret Sepakat 2 minimal 1 kali dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linear.Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosfer tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan yang terakhir yaitu kelengkapan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemampuan ketiga variabel tersebut dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah 27,4% sedangkan sisanya sebesar 72,6% dijelaskan oleh faktor lain diluar model penelitian ini.Kata Kunci: Store Atmosfer, Promosi Penjualan, Kelengkapan Produk, Keputusan Pembelian  DAFTAR PUSTAKA Indomaret.co.id.(2018).Website resmi Indomaret.(online).Tersedia: http://indomaret.co.id/.(31 maret 2018)Tunjungsari, Fauzi dan Mawardi. (2016). Pengaruh Store Atmosfer (suasana Toko) Terhadap Emosi serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survey Pembeli Pada Ria Djenekan Cafe dan Resto Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.30. No.1.Tumbuan, Tommy dan Tumbuan. (2017). Pengaruh Store Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Para Konsumen yang Berbelanja di UD. CAHAYA LESTARI TATELI TIGA. Jurnal EMBA. Vol.5. No.3.Sumarni, Titin.(2017).pengaruh store atmosfer, kualitas produk, harga dan word of mouth terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada Cafe Oishii Ramen Pontianak). Skripsi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.Sasongko, Singgih Priatmaji (2013). Pengaruh kualitas pelayanan, harga kompetitif, kelengkapan barang, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di swalayan Alfa Omega Baturetno, Wonogiri. Skripsi di fakultas ekonomika dan bisnis universitas diponogoro, Semarang.Hariadi.(2012).Pengaruh produk, harga, promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk projector microvision. Jurnal ilmu dan Riset Manajemen. Vol.1. No.8.Widagdo herry.(2011). Analisis pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap keputusan konsumen membeli komputer pada PT. XYZ Palembang. Jurnal ilmiah STIE MDP. Vol .1. No.1.Weenas R.S Jackson.(2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bad Comforta. Jurnal EMBA. Vol .1. No.4.Samomsir, Prayoga. (2015). Pengaruh persepsi harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen produk Enervon-C. Jurnal ilmiah Manajemen dan Bisnis. Volume 1, No 3, November 2015Hayat, Fikri. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap kepuasan dan dampaknya pada kepercayaan serta loyalitas nasabah PT. Bank Negara Indonesia Tbk KC. Singkawang. Skripsi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.Santoso, Imam.(2016). Peran kualitas produk dan layanan, harga dan atmosfer rumah makan cepat saji terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Jurnal manajemen teknologi. Vol.15. No.1Nataia dan Mulyana. (2014). Pengaruh periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. Jurnal ilmiah manajemen kesatuan. Vol. 2. No. 2.Harahap Dedy Ansari. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak Usu (Pajus) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis Vol. 7. No. 3.Hadi Sopan Sopian. (2015). Analisis pengaruh store atmosfer terhadap minat beli konsumen di indomaret kota mataram. Jurbal Magister Manajemen UNRAM.Muhani, Syarifah.(2017). Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak di Kecamatan Pontianak Kota dan Pontianak Barat). Skripsi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.Gomarketingstrategic.com.(2016). Pengertian supermarket,  jenis pasar swalayan, minimarket, midmarket, hypermarket.[online]. Tersedia :https://www.gomarketingstrategic.com/2016/06/pengertian-supermarket-jenis-pasar.html.[30 Maret 2018]KalimantanBisnis.com.(2017). Kinerja Ritel : Penjualan semester I 2017 terbuktilesu.[online].Tersedia:http://kalimantan.bisnis.com/read/20170801/448/676635/kinerja-ritel-penjualan-semester-i2017-terbukti-lesu.[30 Maret 2018]Raiby.com.(2017). Jumlah gerai minimarket Alfamart vs Indomaret tahun 2017.(online).Tersedia:http://raiby.com/blog/jumlah-gerai-minimarket-alfamart-vs-indomaret-2017.(30 Maret 2018)Sugiyono.(2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.Sujarweni V Wiratna. (2014). Metodologi penelitian. Yogyakarta. Pustakabarupress.Laksana Fajar.(2008). Manajemen Pemasaran. Jogja. Graha Ilmu.Gitosudarmo Indriyo.(2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta.Ghozali Imam.(2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program.
PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA INDUSTRI SEKTOR BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2013-2017 Triawan, Agus B1021151065
Jurnal Manajemen Update Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK      Pengujian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel manajemen modal kerja dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan industri sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2013-2017. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalur (path analysis). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan tahunan dan keuangan perusahaan dari tahun 2013-2017     Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa secara parsial variabel leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas dan juga variabel profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel manajemen modal kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan. Variabel profitabilitas tidak dapat memediasi pengaruh manajemen modal kerja dan leverage terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: Manajemen Modal Kerja, Leverage, Nilai Perusahaan, dan Profitabilitas.  DAFTAR PUSTAKA Ademola, O. J., & C. Kemisola, O. (2014). The Effect Of Working Capital Management On Market Value Of Quoted Food And Beverages Manufacturing Firms In Nigeria. International Journal Of Business And Social Science, 5 (8), 168-177.Ambarwati, S. D. A. (2010). Manajemen Keuangan Lanjut. Yogyakarta: Graha Ilmu.Arachchi, A. N. H., Perera, W., & Vijayakumaran, R. (2017). The Impact of Working Capital Management on Firm Value: Evidence from a Frontier Market. Asian Journal of Finance & Accounting, 9 (2), 399-413.Ashari, M. H., & Sampurno, R. D. (2017). Pengaruh Leverage Keuangan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Pariwisata Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Diponegoro Journal Of Management, 6 (4), 1-12.Ayu, D. P., & Suarjaya, A. A. G. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Pertambangan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6 (2), 1112-1138.Brigham, E. F., & J. Houston. (2004). Fundamentals Of Financial Management Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.Christiawan, Y. J., & Tarigan, J. (2007). Kepemilikan Manajeral: Kebijakan Hutang, Kinerja Dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9 (1), 1-8.Darmanto, T.,  & Ardiansari, A. (2017). Peran Kebijakan Hutang Memediasi Business Risk Dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan. Management Analysis Journal, 6 (4), 449-460.Fahmi, I. (2014). Pengantar Manajemen Keuangan: Teori Dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta, CV.Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Gitman, L. J. (1994). Principles Of Managerial Finance. New York: Harper Collins College Publishers Inc.Halim, A., & Sarwoko. (2008). Manajemen Keuangan: Dasar-Dasar Pembelajaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.Hamidah, G., & Umdiana, N. (2017).  Pengaruh Profitabilitas Dan Investment Opportunity Set (IOS) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Harga Saham Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, 3 (2), 90-106.Hanafi, M, M. (2015). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.Hasibuan, V., AR, M. D., & NP, N. G. W. E. (2016). Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2012-2015). Jurnal Administrasi Bisnis, 39 (1), 139-147.Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan: Pendekatan Rasio Keuangan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).Iswandi. (2012). Analisis Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Dalam Industri Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Binus Business Review, 3 (1), 183-198.Keown, A. J., Martin, J. D., Petty, J. W., & JR, D. F. S. (2010). Manajemen Keuangan: Prinsip Dan Penerapan. Jakarta: PT Indeks.Kuncoro, M. (2009). Metodologi Untuk Bisnis Dan Ekonomi: bagaimana meneliti dan menulis tesis?. ErlanggaLai, L. (2012). The Impact Of Working Capital Management On Firm Value: Evidence From Airline Industry. Master Thesis: Finance, Tilburg University, 1-45.Maryam, S. (2014). Analisis Pengaruh Firm Size, Growth, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar  Di BEI). Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia.Marzuki. (1999). Vink Mayangsari: Penelitian Kausal Komparatif. Diakses dari http://googleweblight.com/?lite_url=http://vinkmayangsari.blogspot.com/2011/03/penelitian-kausal-komparatif.html?m%3D1&ei=LZJi59OC&lc=en-ID&s=1&m=942&host=www.google.co.id&ts=1514350592&sig=AOyes_QoeeE_4phe8v8jQ_V8Ntd_0ChI_wMeidiawati, K., & Mildawati, T. (2016). Pengaruh Size, Growth, Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5 (2), 1-16.Nurein, S., & Din, S. (2017). Working Capital Management And Firm Value: The Role Of Firm Innovativeness. Proceeding Of The International Conference On Economic And Development, 1, 7-24.Pratiska, N. G. A. P. S. (2013). Pengaruh IOS, Leverage, Dan Dividend Yield Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan Sektor Manufaktur Di BEI. 147-174.Sartono, A. (2012). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (Edisi 4). Yogyakarta: BPFE.Setiadewi, K. A. Y., & Purbawangsa, I. B. A. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan. 596-609.Setyanto, A. D., & Permatasari, I. (2014). Manajemen Modal Kerja Dan Dampaknya Terhadap  Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance  Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi, 6 (1), 66-82.Sudana, I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori Dan Praktek. Jakarta: Erlangga.Sugiyono. (2013). Rayendar: Metode Penelitian Menurut Sugiyono (2013). Diakses dari http://googleweblight.com/?lite_url=http://rayendar.blogspot.com/2015/06/metode-penelitian-menurut-sugiyono-2013.html?m%3D1&ei=7ObARNrx&lc=en-ID&s=1&m=942&host=www.google.co.id&ts=1514351042&sig=AOyes_RGKh5ru9SxxBncQW5zP_hLaurwQwSugiyono, (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, CV.Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.Supriyanto, (2009). Metodologi Riset Bisnis. Jakarta: PT Indeks.Suwardika, N. A., & Mustanda, K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen Unud, 6 (3), 1248-1277.Utari, D., Purwanti, A., & Prawironegoro, D. (2014). Manajemen Keuangan: Kajian Praktik Dan Teori Dalam Mengelola Keuangan Organisasi Perusahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media.Vural, G. Gökhan, Sokmen, A. G, & Cetenak, E. H. (2012). Affects Of Working Capital Management On Firm’s Performance:  Evidence From Turkey. International Journal Of Economics And Financial Issues, 2 (4), 488-495.Wardani dan Siregar. (2009). Pengertian Investment Opportunity Set - Definisi Menurut Para Ahli. Diakses dari http://googleweblight.com/i?u=http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-investment-opportunity-set/&hl=id-IDWeston, & Brigham. (1981). Manajemen Keuangan. Jakarta:Erlangga.Weston, J. F., & Copeland, T. E. (2001). Manajemen Keuangan. Jakarta: Binarupa Aksara.www.idx.co.idwww.finance.yahoo.com
ANALISIS KOMPARATIF KUALITAS DAN MANFAAT SMARTPHONE SAMSUNG DAN IPHONE REVELINO ANDRIE DITA ADITAMA, WAN B11111092; ADITAMA, WAN REVELINO ANDRIE DITA B11111092
Jurnal Manajemen Update Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dibuat bedasarkan ketertarikan untuk membandingkan smartphone Samsung dan Iphone yang terlihat di market share dari perempatan tahun pertama 2016 dan 2017. Tujuan penelitian ini membuat perbandingan smatphone Samsung dan Iphone berdasarkan varibel kualitas produk, manfaat utilitarian, dan manfaat hedonis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif, yaitu metode penelitian yang bersifat membandingkan produk dengan indikator yang diambil dari variabel yang telah ditentukan. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya secara pasti, maka dari itu dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data sampel. Variable yang digunakan dalam penelitian ini memiliki indikator masing-masing untuk menilai suatu perbandingan produk, variabel kualitas produk menggunakan indikator ketahanan body, ketahanan mesin, fitur, speaker (audio), personal hotspot, daya tampung penyimpanan, RAM, serta sitem operasi. Variabel manfaat utilitarian memiliki indikator manfaat kualitas, manfaat kemudahan, dan manfaat biaya. Manfaat hedonis menggunakan indikator kepuasan status sosial, kepercayaan diri, serta pengakuan dari orang lain. Dalam penelitian ini jumlah responden yang diambil adalah 50 orang pengguna Samsung dan 50 orang pengguna Iphone.Hasil dari penelitian bahwa smartphone Samsung dan Iphone memiliki kedudukan yang sama-sama tinggi berdasarkan kualitas Produk, terdapat perbedaan yang signifikan antara smartphone Samsung dan Iphone berdasarkan manfaat utilitarian, serta terdapat perbedaan yang signifikan antara smartphone Samsung dan Iphone berdasarkan manfaat hedonis.Kata Kunci :  Kualitas Produk, Manfaat Utilitarian, Manfaat Hedonis, Smartphone Samsung, Smartphone Iphone DAFTAR PUSTAKA Ahmad Ubaidilah dan Nuraeni. (n.d.). Pengaruh Kualitas dan Word Of Mouth Communication terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada Toko Emas Ari Jaya. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik .Ahyani, A. (1985). Perencanaan Sistem Produksi. Yogyakarta: BPFE.Aiken, L. R. (1997). Psychogolical 'lesting and Assesment. Boston: Allyn and Bacon.Armstrong, P. K. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 8. Jakarta: Erlangga.Babin. (1994). Work and or Fun; Measuring Hedonic and Utilitarian Shoping Value. Journal of Consumer Research , 644-654.Elizabet Hirschman & Moris E. Holbrook. (1982). Hedonic Constamtion Emergging Concepts, Methods, and Propotions. Jurnal Of Marketing , 92-101.Hernowo, R. A. (2005). Pengaruh Manfaat Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Nevada di Matahari. Tesis .Hill, S. (2013, Maret 14). A history of Samsung’s Galaxy phones and tablets, from the S1 to the S4. Retrieved Mei 27, 2018, from digitaltrends.com: A history of Samsung’s Galaxy phones and tablets, from the S1 to the S4J, J. S. (2010). Percivied value, satisfaction, and behavioral intention: The role of familiarity in Korean restaurant. International Journal Hospitality Management , 2-13.James F Engel, R. D. (1995). Consummer Behavior 8 Edition. The Dryden Press Series in Marketing.Johnson, L. (2018, April 20). Samsung Galaxy S history: from iPhone copycat to dazzling design. Retrieved Mei 27, 2018, from teachradar: https://www.techradar.com/news/samsung-galaxy-s-historyKusum Ailawadi Keren Gedenk Scott A. Neslin. (2001). Pursuing The Value Conscious Consumer: Store Brand Versus National Brand Promotion. Journal of Marketing , 71-89.Lamarto, Y. (1984). Konsultan Manajemen. Jakarta: Erlangga.Lee, J. O. (2006). The effects of ultilitarian and hedonic online shoping value on consumer preference and intention. Journal of Business Research , 11160-1166.Mawston. (2011). Penjualan Turun, Samsung Seharusnya Pilih Android Volume 1.Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.Nurgiyantoro, B. (2004). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.Philip Kotler dan Gary Amstrong. (2006). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Erlangga.Prawirosentono, S. (2002). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu Total Quality Management Abad 21 Studi Kasus dan Analisis. Jakarta: Bumi Aksara.Rakhmat, J. (2004). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.Rambat Lupiyado dan A. Hamdani. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.Rizana, A. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Tehadap Loyalitas dengan Minat Beli Ulang Sebagai Variabel Intervening.Salam, B. (1997). Etika Sosial : Asas Moral Dalam Kehidupan Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.Sangaji, E. M. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Ofset.Segan, S. (2013, Maret 12). Samsung’s Smartphone History: From Zero to Galaxy S4. Retrieved Mei 27, 2018, from Pcmag.com:Shomali, M. A. (2005). Relativime Etika : Menyisi Perdebatan Hangat dan Menarik Wawasan Baru Tentang Dasar-dasar Moralitas. Jakarta: Serambi.Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendakatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Uyanto, S. (2006). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.Wijayanti, T. (2017). Marketing Plan dalam Bisnis Third Edition. Jakarta: Elex Media Komputindo.Zaki, A. (2008). E-LIFE STYLE. Jakarta: Salemba Infotek.  
PENGARUH STRES KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PDAM TIRTA KHATULISTIWA PONTIANAK VILASARIE, FENIE B1021151001
Jurnal Manajemen Update Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK     Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh stres kerja dan lingkungan kerja terhadap turnover intention karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Khatulistiwa Pontianak. Penelitian ini adalah penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak. Jumlah sampel 70 dipilih dengan metode insidental sampling, selanjutnya pengolahan data menggunakan agresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres kerja berpengaruh positif dan  signifikan terhadap turnover intention sedangkan lingkungan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Khatulistiwa Pontianak. Kata Kunci: Stres Kerja, Lingkungan Kerja, dan Turnover Intention DAFTAR  PUSTAKA                                                                                                                                             Agus. A. P & Intan Kusumadewi (2016)” Pengaruh Stres Kerja, Kepuasan Kerja, dan Kepuasan Atas Gaji Terhadap Turnover Intention Karyawan (PT. Adira Semesta Idustry Cabang Ii Sumedang)” Jurnal J-Ensitec. Vol. 3 No. 1. pp. 14-20 Ferdinand, Augusty, 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Firdaus. S., et al. (2017)”Pengaruh Lingkungan Kerja, Stres Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention Karyawan pada PT. Supranusa Indogita Tbk. Sidoarjo”, Jurnal Manajemen Branchmark. Vol. 3 No. 3. pp. 733-745 Fuaidah, N.R., et al. (2018)” Pengaruh Kompensasi Karyawan dan Lingkungan Kerja Karyawan Terhadap Turnover Intention (Studi pada Karyawan Auto2000 Malang-Sutoyo”, Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 60 No. 2, pp. 192-198 Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IMB SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IMB SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip Halimah.T.N., et al (2016)”Pengaruh Job Insecurity, Kepuasan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Turnover Intention Pramuniaga di Gelael Supermarket (Studi Kasus pada Gelael Superindo Kota Semarang)”, Journal of Management. Vol. 2 No.2 Hasibuan, 2001. Manajemen Sumber daya manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara Hasibuan, 2014 . Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Bumi Aksara Irvianti. L. S & Renno Eka Verina (2015)” Analisis Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja  dan Lingkungan Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan Pada PT Xl Axiata Tbk Jakarta” Binus Business Review. Vol.6 No.1. pp. 117-1126 Mathis, R.L. & J.H. Jackson. 2006. Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat Nasution. M. I (2017)” Pengaruh Stres Kerja, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention Medical Representative” MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. 7 No. 3. pp. 407-428 Nitisemito, Alex S. 1986. Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta: Ghalia Indonesia Notoprawior. F. R. 2016. “ Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan (Studi Kasus Pada PT. Graha Sumber Berkah)” Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta P. Siagian. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara. Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Media Kom Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset Sedarmayanti. 2001. Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang Manajemen Perkantoran: Suatu Pengantar. Bandung: Mandar Maju Sopiah, 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset Sufren dan Yonathan Natanael, 2013. Mahir Menggunakan SPSS Secara Otodidak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Sugiyono. 2014. Metode penelitian. Bandung: ALFABETA.Sugiyono. 2017. Metode Penelitian, Bandung: ALFABETA Sule Tisnawati dan Kurniawan Saefullah. 2018. Pengantar Manajemen. Depok: PRENADAMEDIA GROUP Waspodo. A. A (2013)” Pengaruh Kepuasan Kerja dan Stres Kerja Terhadap Turnover Intention  Pada Karyawan PT. Unitex di Bogor” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol. 4 No. 1. pp. 97-115 Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
PENGARUH PRICE EARNING RATIO (PER), DEBT TO EQUITY RATIO (DER) DAN DEVIDEND PAYOUT RATIO (DPR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Yanuarti, Enggal Saras
Jurnal Manajemen Update Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKNilai perusahaan dapat diartikan sebagai persepsi investor terhadap perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Kenaikan atau penurunan harga saham berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh price earning ratio (PER), debt to equity ratio (DER) dan devidend payout ratio (DPR) terhadap nilai perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Objek perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Berdasarkan hasil dari Purposive Sampling menghasilkan sampel penelitian yang digunakan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan adalah sebanyak 13 perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai hubungan antara variabel dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 20. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel PER memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variabel DER dan DPR tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan PER, DER dan DPR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Price earning ratio (PER), Debt to equity ratio (DER) dan devidend payout ratio (DPR) DAFTAR PUSTAKAHasnawati, Sri. 2005. Dampak Set Peluang Investasi terhadap Nilai Perusahaan Publik di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia.9 (2). Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 2004. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Edisi 4). UPP AMP YKPN, Yogyakarta.Raharjo, Eko. 2007. Teori Agensi dan Teori Stewarship dalam Persepsi Akuntansi. Vol. 2, No. 1. Fokus Ekonomi.Rompas, Gisela Prisilia.2013. Likuiditas Solvabilitas dan Rentabilitas terhadap Nilai Perusahaan BUMN yang terdaftar BEI. Vol.1, No.3, Hal 252-262. Jurnal EMBA. Universitas Sam Ratulangi: Manado.Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Kanisius: Yogyakarta.Wijaya, L. R. P., dan B. A. Wibawa. 2010. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, dan Kepemilikan Insider Terhadap Nilai Perusahaan. Kumpulan Makalah, Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XIII, Purwokerto.

Page 1 of 11 | Total Record : 105


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 4 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 10, No 3 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 10, No 2 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 10, No 1 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 9, No 3 (2020): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 9, No 2 (2020): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 9, No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 8, No 4 (2019): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 8, No 3 (2019): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 4, No 4 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 4, No 3 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 3, No 4 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Mahasiswa Manajemen More Issue