cover
Contact Name
Perminas Pangeran
Contact Email
perminas@staff.ukdw.ac.id
Phone
+62274-563929
Journal Mail Official
jrmb@staff.ukdw.ac.id
Editorial Address
Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana Jl. Dr. Wahidin S. No. 5-25, Yogyakarta 55224
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
ISSN : 19077343     EISSN : 27147312     DOI : http://dx.doi.org/10.21460/jrmb
Focus and Scope Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (p-ISSN: 1907-7343; e-ISSN: 2714-7312) adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana yang terbit dua kali setahun (Juli dan Desember). Jurnal ini didedikasikan sebagai sarana untuk berbagi dan diseminasi studi-studi terbaru dari para peneliti manajemen dan bisnis. Artikel-artikel empiris yang menyajikan riset yang akurat dan teliti secara metodologis dan temuan yang mencerahkan sangat dinantikan. Kami memastikan proses penyuntingan dan ulasan sejawat yang berkualitas tinggi untuk menegakkan integritas ilmiah dan memberikan asupan pengetahuan terbaik untuk masyarakat yang lebih luas. Kami hanya menerima karya asli penulis yang belum pernah diterbitkan di jurnal atau penerbitan lainnya. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis menyambut paper-paper dalam bidang-bidang berikut: Manajemen Keuangan Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Pemasaran Manajemen Operasi Kewirausahaan Manajemen Pengetahuan dan Inovasi Manajemen Strategik
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis" : 6 Documents clear
GAYA KEPEMIMPINAN DAN TINGKAT STRES KERJA KARYAWAN PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI INDONESIA Elvira Azis; Arif Partono Prasetio; Lugina Suciati Putri; Annisa Yasya Zhafira
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 2 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.668 KB) | DOI: 10.21460/jrmb.2017.122.293

Abstract

ABSTRACTThe study investigates the effect of leadership style on employee’s work stress in ESS Transportation Management Service Telkom. The data were collected from 92 employees and obtained using a questionnaire consisted of 29 items with 6 point Likert scale. Desciptive analysis used to illustratedthe leadership style and work stress level inside the organization. Simple regression analysis was used to analyze the data and to measure the relation between independent and dependent variables. Employee perceives that the leadership style implemented in the organization was already appropriate and in line with their expectation regarding how their leader should engage the work relation. Meanwihle, the work stress level among employees were low. The regression analysis revealed the negative relation between leadership style and work stress level. When employeesperceived that their leader was act accordance to what their expectaion then the stress level will lessen. The coefficient of determination was 0.321. This mean the leadership style can only explain 32.1% of work stress, then the organization need to identify other factors which also affect the work stress. The comparison with the previous literatures also discussed.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap tingkat stres kerja karyawan di Divisi ESS Transportation Management Service Telkom. Data penelitian diperoleh daripenyebaran kuesioner terhadap 92 orang responden. Kuesioner yang digunakan memiliki 29 pertanyaan dengan skala Likert 6 poin. Teknik analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan tingkat gaya kepemimpinan dan tingkat stres yang dipersepsikan oleh karyawan. Sedangkan untuk menganalisis pengaruh antara dua ariabel tersebut digunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa karyawan merasa gaya kepemimpinan yang diterapkan sudahsesuai dengan apa yang mereka harapkan. Mereka menilai bahwa pemimpin sudah menerapkan gaya yang tepat dalam setiap kondisi yang terkait pekerjaan. Tingkat stres karyawan di perusahaan ini relatif rendah. Selanjutnya, analisis regresi memperlihatkan hubungan signifikan negatif antara gaya kepemimpinan dan tingkat stres. Karyawan yang merasa sesuai dengan gaya kepemimpinan atasan akan memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Koefisien determinasi dari hasil penelitian ini adalah 0.321. ini berarti bahwa gaya kepemimpinan hanya dapat menjelaskan tingkat stres sebesar 32.1% of work stress. Hasil ini menjadi masukan bagi perusahaan untuk mempelajari faktor-faktor lain penyebab stres. Pembahasan di dalam penelitian ini akan menyajikan pula hasil riset terdahulu dari berbagai latar belakang budaya
PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN KUALITAS PROSES E-COMMERCE PADA PELANGGAN TRAVELOKA.COM Indri Irma Oktaviani; Reza Widhar Pahlevi
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 2 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.015 KB) | DOI: 10.21460/jrmb.2017.122.288

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this paper is to examine quality satisfaction between transactional and relationalcustomers in process e-commerce on Traveloka.com. Transactional customers are defined as the newcustomers or the customers who may remain with the firm for a short time and may demonstrate defection behavior. Relational customers represent the customers who stay longer with the firm and have a very low probability of defecting. Quality satisfaction in this study is defined as customer satisfaction with system quality, information quality, service quality, perceived control, and perceived enjoyment. Business transactions over the internet or better known by the term e-commerce is not a new phenomenon in the business world. This research is a quantitative research using descriptivestatistical analysis techniques, MANOVA (Multivariate Analysis of Variance), and TWO WAY ANOVA (Analysis of Variance) conducted to test the study hypothesis. The samples include 60 persons who used Traveloka.com and have experienced on it in Indonesia. Result show that relational customers more satisfy with system quality, information quality, dan service quality than transactional customers. Moreover, perceived control and perceived enjoyment strengthen qualitysatisfaction of transactional and relational customers.Keywords : Eletronic Commerce (e-commerce), Quality Satisfaction, Transactional Customers, Relational CustomersABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kepuasan kualitasantara pelanggan transaksional dan relasional dalam proses e-commerce pada Traveloka.com. Pelanggan transaksional yaitu pelanggan baru atau pelanggan yang mungkin ingat dengan perusahaan untuk waktu yang singkat dan dapat menunjukkan perilaku untuk beralih dari perusahaan.Pelanggan relasional mewakili pelanggan yang setia dengan perusahaan dan memiliki probabilitas sangat rendah untuk beralih.Kepuasan kualitas dalam penelitian ini didefinisikan sebagai kepuasan pelanggan terhadap kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kontrol yang dirasakan, dan kesenangan yangdirasakan. Transaksi bisnis melalui internet atau yang lebih dikenal dengan istilah e-commerce bukan menjadi suatu fenomena baru di dunia bisnis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, MANOVA (Multivariate Analysis of Variance), dan TWO WAY ANOVA (Analysis of Variance) digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Responden dalam penelitian ini sebanyak 60 orang yaitu pelanggan yang mempunyai pengalamanmenggunakan Traveloka.com di seluruh Indonesia.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelanggan relasional lebih puas dengan kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan daripada pelanggan transaksional; kontrol yang dirasakan serta kesenangan yang dirasakan memperkuat kepuasan kualitas pelanggan relasional dan pelanggan transaksional.
PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, BUDAYA KERJA DAN PERILAKU INDIVIDU TERHADAP KINERJA PEGAWAI: STUDI KASUS PADA PT. TELEVISI MANDIRI PAPUA Margareth Sylvia Sabarofek; Magriet Ester Sawaki
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 2 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2017.122.289

Abstract

ABSTRACTThis study aims: to analyze the influence of individual characteristics, work culture and individual behavior to employee performance in PT. Papua Independent Television: and to analyze the dominant factor influencing the performance of employees at PT. Papua Independent Television. The method of analysis used in this research is statistical integral multiples regression model analysis using. The result of analysis that: the first problem showed that the simultaneous behavior of employees, work culture and employee characteristics of strong and significant influence on the performance of employees; the second problem shows that partially dominant culture influence the performances ofemployees and thus concluded that the partially dominant culture and the most significant effect onperformance.Keywords: Individual characteristics, work culture, individual behavior, and performance.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik individu, budaya kerja dan perilaku individu terhadap kinerja pegawai; dan untuk menganalisis faktor yang berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai pada PT. Televisi Mandiri Papua. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik integral model multiples regression analysis.Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa secara simultan perilaku pegawai, budaya kerja dankarakteristik pegawai berpengaruh kuat dan signifkan terhadap kinerja pegawai, serta menunjukkansecara parsial budaya kerja berpengaruh dominan dan paling signifikan terhadap kinerja pegawai.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI KAWASAN WISATA DLINGO Ambar Kusuma Astuti
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 2 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2017.122.290

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this research is to examine the effect of tangibility, reliability, responsiveness, assurance and empathy to the satisfaction of tourists. This research was conducted in the province of Yogyakarta Special Region (DIY). Measurement of variables in this study using Likert scale. Questionnaires that are answered complete well and deserve to be analyzed in the research as many as 100 questionnaires. After the process of data entry to 100 questionnaires, then done descriptive statistical processing and PLS-SEM. From the test results, the variable tangibility, responsiveness,and empathy have positive and significant effect on the variable of tourist satisfaction. While the variable reliability and assurance does not significantly influence the variable satisfaction of tourists.Keywords: tangibility, reliability, responsiveness, assurance, empathy, satisfactionABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh tangibilitas, keandalan, ketanggapan, penjaminan dan empati terhadap kepuasan wisatawan. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pengukuran variabel dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Kuesioner yang terjawab lengkap dengan baik dan layak dianalisis dalam penelitian sebanyak 100 kuesioner. Setelah proses masuk data dari 100 kuesioner, kemudian dilakukan pengolahan statistik deskriptif dan PLS-SEM. Dari hasil pengujian, variabel tangibilitas, ketanggapan, dan empati berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan wisatawan. Sedangkan variabel keandalan dan jaminan tidak berpengaruh terhadap variabel kepuasan wisatawan.
CATATAN TENTANG STUDI KEADILAN DISTRIBUTIF, KOMITMEN AFEKTIF DAN DAMPAKNYA PADA PERILAKU RETALIASI Heru Kurnianto Tjahjono; Majang Palupi
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 2 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2017.122.291

Abstract

ABSTRACTThis study is a review of an article wrote by Majang Palupi and had published in the Journal of Management and Business Research 2013, 8 (1): 15-24 under the heading of “The influence of compensation justice, employee rotation policy and affective commitment to the retaliation behavior of civil servants.” The purpose of this study is to provide a good record of conceptual side, method and research context. The method is done by reviewing a number of literaturerelated to the topic of the article. Results indicate that it is important to consider the conceptual, methodological and contextual aspects of providing a number of records for this study. Future studies are important to conduct a broader review of the effects of distributivejustice and commitment to retaliation behavior in Indonesia in different contexts such as different industries, among different workers generations and other demographic factors.Keywords:distributive justice, affective commitment, context and retaliation behaviorABSTRAKStudi ini merupakan review atas artikel Majang Palupi yang dimuat di Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis tahun 2013, 8(1):15-24 dengan judul pengaruh keadilan kompensasi, kebijakan rotasi karyawan dan komitmen afektif pada perilaku retaliasi karyawan PNS. Tujuan studi ini adalah memberikan catatan baik dari sisi konsepsual, metode dan konteks penelitian. Metode yang dilakukan dengan review sejumlah literatur yang berkaitan dengan topik paper. Hasil menunjukkan bahwapenting mempertimbangkan aspek konseptual, aspek metode dan konteks dalam memberikan sejumlah catatan untuk penelitian ini. Studi ke depan penting melakukan review yang lebih luas terkait pengaruh keadilan distributif dan komitmen pada perilaku retaliasi di Indonesia dalam berbagai konteks seperti industri yang berbeda, antar generasi dan faktor demografi lainnya
PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM BERBELANJA PRODUK KOPI SECARA DARING: STUDI KASUS PADA SITUS INTERNET OTTEN COFFEE Jonathan Herdioko
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 2 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2017.122.292

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study is to examine the effect of product and place to customer intention to buy online coffee product on Otten Coffee website. Data for this study were collected by offline administered survey to 200 respondents in five districts in Daerah Istimewa Yogyakarta. They areGunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Bantul, and Kotamadya Yogyakarta. The hyphotesis testing was conducted using multiple regression analysis. Findings of this study indicate that product and price have strong influence on customers’ intention to buy online coffee product in Otten Coffee.Keyword: online product, customers intention.ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh dari variabel produk dan tempat terhadap minat konsumen untuk membeli produk kopi di situs online Otten Coffee. Data yang dikumpulkan adalah dengan penyebaran questioner kepada 200 oang pada lima wilayah yang tersebar di Daerah Istimewa Yogakarta. Antara lain Kabupaten Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Bantul dan Kota Yogyakarta. Uji hipotesis di sini adalah dengan memakai analisis regresu berganda. Temuan dari studi ini menunjukkan kalau variable produk dan harga memiliki pengariih yang kuat perhadap minat beli untuk membeli kopi pada situs Otten Coffee

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 2 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 1 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 1 (2019): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 13, No 2 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 12, No 2 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2 (2016): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 1 (2016): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 2 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 9, No 1 (2014): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 9, No 2 (2014): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 8, No 1 (2013): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 2 (2012): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 7, No 1 (2012): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 6, No 2 (2011): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2011): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 5, No 2 (2010): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2010): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2009): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 4, No 1 (2009): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 3, No 2 (2008): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 3, No 1 (2008): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 2, No 2 (2007): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2007): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2006): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2006): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis More Issue