cover
Contact Name
Arif Maulana Yusuf
Contact Email
arif@rosma.ac.id
Phone
+6285777006828
Journal Mail Official
lppm@rosma.ac.id
Editorial Address
Jl. Kertabumi No.62, Karawang Kulon, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang, Jawa Barat 41311
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Dirgamaya: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi
ISSN : -     EISSN : 27980936     DOI : 10.35969
Dirgamaya: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi adalah jurnal yang di kelola secara independen oleh LPPM STMIK ROSMA. Misi jurnal Dirgamaya adalah menyebarkan pengetahuan yang menginformasikan tentang penelitian dan praktik dibidang manajemen dan sistem informasi serta dedikasikan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial. Setiap isu dari jurnal ini mencakup laporan penelitian, penjelasan teori, dan ulasan terkait pengembangan intelektual manajemen dan informasi pada organisasi dan masyarakat. Jurnal Dirgamaya merupakan open access journal yang disediakan untuk peneliti, dosen dan mahasiswa yang akan mempublikasikan hasil penelitiannya. Jurnal dirgamaya menyambut baik penelitian yang menggunakan berbagai macam metode penelitian termasuk kuantitatif, kualitatif, studi kasus, studi lapangan, design science dan eksperimental. Purpose And Scope Dirgamaya menerbitkan penelitian, metodologi dan studi kasus tentang manajemen dan sistem informasi secara umum. Jurnal ini juga membahas berbagai penelitian tentang fondasi teoritis tentang manajemen umum, sumber daya manusia, ERP(Enterprises Resource Planning), E-Commrce. Naskah ilmiah dalam jurnal ini mengandung data dan informasi yang memajukan ilmu pengetahuan secara umum dan penelitian yang nyata. Naskah ilmiah yang terkandung dalam jurnal ini mencakup: Sistem Informasi E-Commrce Social Commerce Business Process Management Business Model Canvas Enterprises Resource Planning (ERP) Manajemen Sumber Daya Manusia Sistem Informasi Akuntansi Manajemen Keuangan E-Learning Software Engineering IT Strategi Audit IT Adopsi Teknologi (TAM, UTAUT, dan lain – lain) UMKM Digital Marketing
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): Dirgamaya : Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi" : 5 Documents clear
Aplikasi Pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Menggunakan Metode Berbasis Android Pada PT.Yangtze Optics Indonesia Febriand Yesaya; Dhian Nur Rahayu; Asep Samsul Bakhri
Dirgamaya: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi Vol. 2 No. 1 (2022): Dirgamaya : Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35969/dirgamaya.v2i1.244

Abstract

Upaya peningkatan produktivitas ditujukan untuk melindungi pekerja di sektor manufaktur, khususnya dengan melibatkan pekerja dalam aplikasi pembelajaran kesehatan dan keselamatan pekerja yang aman. Ini adalah kewajiban untuk dipenuhi oleh perusahaan. Analisis penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada PT. Yangtze Optik Indonesia, berbasis Android, merupakan bagian dari sistem manajemen global yang mencakup struktur organisasi perencanaan, tanggung jawab, implementasi, prosedur, proses, dan sumber daya yang diperlukan untuk menghasilkan hasil, mengevaluasi, dan memelihara kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja yang terkait dengan konteks risiko pengelolaan. menciptakan tempat kerja yang aman. Dengan bantuan software keselamatan dan kesehatan kerja (K3) informasi tentang keselamatan dan kesehatan kerja dapat diketahui dengan baik. Situasi ini digunakan untuk memudahkan karyawan memahami aturan kondisi kerja yang sehat dan aman dengan bantuan smartphone berbasis Android.
Analisis Kepuasan Mahasiswa Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Menggunakan End User Computing Satisfaction (Studi Kasus STMIK Rosma) Hizkia Budiman; Anggi Elanda; M. Wahidin
Dirgamaya: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi Vol. 2 No. 1 (2022): Dirgamaya : Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35969/dirgamaya.v2i1.256

Abstract

SIAKAD merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk menunjang seluruh aktivitas belajar mengajar disebuah instansi akademik seperti Universitas atau Perguruan Tinggi. SIAKAD STMIK ROSMA belum banyak diteliti mengenai kepuasan dalam penggunaanya. Agar dapat diketahui apakah SIAKAD STMIK ROSMA telah berjalan dengan baik atau tidak, maka dapat dilihat dari kepuasan penggunanya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menerapkan model dari End User Computing Satisfaction (EUCS), yang dianalisis menggunakan analisis faktor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pengguna berdasarkan hasil dari analisis faktor yaitu pada indikator Content yang memiliki pengaruh besar terhadap kepuasan pengguna SIAKAD STMIK ROSMA, dengan nilai sebesar 4,154 atau > 1 yang dapat ditentukan menjadi faktor pertama. Sedangkan pada indikator Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeless mendapatkan nilai < 1 dan dianggap tidak dapat ditentukan menjadi faktor penentu kepuasan pengguna.
Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Dari Penjualan Tunai Berbasis Web (Studi Kasus : PT. Karawang Distribusindo Raya) Agnes Triarti; Yeny Rostiani; Indaryono Indaryono
Dirgamaya: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi Vol. 2 No. 1 (2022): Dirgamaya : Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35969/dirgamaya.v2i1.257

Abstract

Wings Group sebagai salah satu perusahaan ternama, memproduksi perlengkapan mandi (sabun cuci) dan produk makanan, dan mendistribusikan produknya menggunakan jalur distribusi dengan tujuan agar produk yang dihasilkan dapat tersampaikan ke seluruh masyarakat Indonesia bahkan mampu mengekspor produknya ke seluruh dunia. Untuk memperlancar pendistribusian produknya didukung oleh distributor yang tergabung dalam Wings Group salah satunya PT Karawang Distribusindo Raya (KDR) yang diperuntukan untuk pendistribusian produk Wings di wilayah Karawang, Subang dan Purwakarta. sehingga kehadiran distributor ini membantu memastikan produk diterima oleh masyarakat, tepat waktu, tepat sasaran, dan tanggap terhadap keluhan konsumen, tanpa bantuan distributor suatu usaha tidak akan berjalan semulus yang seharusnya. Penjualan merupakan komponen yang paling penting dan merupakan salah satu roda penggerak dalam kelangsungan usaha perusahaan untuk menghasilkan pendapatan baik pada perusahaan jasa maupun perdagangan, Metode Penelitian menggunakan Design Science Research Methodology (DSRM) merupakan salah satu pendekatan untuk mendapatkan solusi dari suatu permasalahan yang ada. Hasil penelitian ini adalah system informasi penjualan tunai untuk memudahkan karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya dan menghasilkan laporan penjualan yang cepat dan akurat.
Analisis dan Desain Sistem Informasi Pelayanan Pasien (Studi Kasus : Klinik Yolita Dental Care) Nur Ika Anung Essa; Darmansyah Darmansyah; M. Wahidin
Dirgamaya: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi Vol. 2 No. 1 (2022): Dirgamaya : Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35969/dirgamaya.v2i1.259

Abstract

Yolita Dental Care merupakan klinik gigi yang berada di Bekasi dan mempunyai cabang di Karawang yang dibangun untuk menunjang aspek pelayanan kesehatan gigi. Klinik Yolita Dental Care memiliki sistem yang berjalan secara tertulis atau manual, untuk meningkatkan kinerja Klinik Yolita Dental Care maka diusulkan sebuah desain sistem informasi pelayanan pasien tujuan penelitian ini untuk meningkatkan efektivitas waktu dalam pelayanan klinik gigi. Metode pengembangan untuk perancangan desain sistem pelayanan gigi ini menggunakan metode Design Science Research Methode (DSRM). Hasil dalam penelitian ini dapat membantu meningkatkan efektivitasi waktu secara cepat dan akurat, serta dapat membantu meminimalisir terjadinya kesalahan pencatatan data pasien, serta dapat mempermudah proses pencarian data pasien, menggunakan rekam medis, serta pengolahan pembayaran dan dapat memudahkan pegawai dalam melaksanakan pekerjaan.
Perancangan dan Implementasi Aplikasi Administrasi Gudang di PT. Karawang Distribusindo Raya Syaepudin Syaepudin; Rini Malfiany; Meiniarti Meiniarti
Dirgamaya: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi Vol. 2 No. 1 (2022): Dirgamaya : Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35969/dirgamaya.v2i1.260

Abstract

Sistem informasi berbasis komputerisasi merupakan salah satu faktor penting bagi perusahaan dalam mengelola segala aktifitas perusahaan. Sistem informasi aplikasi administrasi gudang berbasiskan website di PT Karawang Distribusindo Raya dirancang karena pada aktifitas sehari-harinya masih menggunakan cara manual untuk validasi turun barang, pendataan daftar muat barang dan report Surat Perintah Keluar Barang (SPKB), sehingga mempengaruhi dalam pelaksanaan operasional kerja, baik dalam segi kecepatan, pelayanan dan dari segi informasi yang dihasilkan. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat memudahkan proses aktifitas yang ada digudang. Dalam proses perancangan aplikasi ini menggunakan metode Design Science Reseach Method (DSRM) dengan alat bantu pemodelan sistem menggunakan Unified Model Language (UML) sebagai analisa data yang terdiri dari class diagram, use case diagram, sequential diagram, dan activity diagram. Implementasi aplikasi administrasi gudang di PT Karawang Distribusindo Raya memanfaatkan framework CodeIgniter, PHP dan MySQL dan melakukan tahap pengujian menggunakan metode blackbox. Hasil yang diharapkan dari perancangan aplikasi ini perusahaan dapat melakukan proses transaksi gudang secara tersistem dan membantu dalam membuat laporan secara efektif.

Page 1 of 1 | Total Record : 5